Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Tumis Kangkung

Bahan:

  1. 250 gr kangkung
  2. 5 bh cabe rawit merah, iris tipis
  3. 5 bh bawang merah, iris tipis
  4. 3 bh bawang putih, iris tipis
  5. 1 cm lengkuas, geprek, iris tipis
  6. garam secukupnya
Bahan Tumis Kangkung Bumbu Tumis Kangkung Menumis Kangkung Masukin Batang Tumis Kangkung Masukin Daun Tumis Kangkung Tumis Kangkung Masak Tumis Kangkung Lauk Tempe
Tumis Kangkung

Tumis Kangkung

Rated 4.6/5 based on 38 reviews
RecipeYield 3 • PrepTime P0H30M
Porsi 3 • Waktu 0 jam, 30 menit Indonesian makanan utama Tumis Kangkung, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia

Catatan..

Kunci kenikmatan oseng-oseng terletak pada keberanian bumbu alias jangan terlalu pelit;-). Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang sebelum sayuran dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar / cemplang.

Catatan: Bagi yang ingin menyantap Tumis Kangkung dengan bumbu terasi, silahkan coba resep dari Pontianak yang sudah populer di seluruh nusantara yaitu Cah Kangkung Belacan.

Tipps penting : Masak Tumis Kangkung sesaat sebelum dihidangkan dan santap segera sampai habis. Kalau bisa jangan panaskan kembali Tumis Kangkung ya. Karena kangkung termasuk keluarga Bayam makanya punya nama inggris Water Spinach. Menurut para ahli bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro). Kalau terlalu lama kontak dengan O2 (oksigen dari udara), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Jadi kalau bayam atau kangkung dipanasi, akan terjadi oksidasi tersebut. Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah ferro, sedangkan ferri bersifat toxid pada bayam. Saya tidak menjamin keakuratan informasi ini karena saya bukan ahli kimia ;-) tapi tidak ada salahnya kita berhati-hati, OK?!

Bagi anda yang ingin mencoba variasi tumis yang tak kalah enak,silahkan lihat resep Tumis Buncis Ayam Tumis Cakalang Suwir khas Manado, Tumis Bok Coy Udang, Tumis Sawi Ayam, Tumis Tahu Pedas atau Tumis Ikan Asin Peda. Semoga menambah khasanah resep tumis di dapur anda. Selamat Mencoba dan semoga sesuai selera anda ;-).

Cara Membuat:

  1. Siangi kangkung, petiki sesuai selera, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan lengkuas sampai matang dan berbau harum.
  3. Masukkan kangkung, masukkan irisan batang lebih dulu, aduk sebentar sampai layu.
  4. Kemudian masukkan bagian daun, aduk sebentar.
  5. Tambahkan garam sesuai selera. Angkat segera dari api.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  2. Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


Reviews & Comments

  |  2021-02-06 14:27:41
srihandayani from purwodadi jateng says:
Mba mksh resep sarang tawon nya.. maknyus bangeeet...
Wow langsung praktek, gila ekspres banget. Sri koki hebat nich, wong cuman saya kasih resep dasar gak nyebut jumlah berapa persisnya tapi hasilnya langsung mantap. Saluut !! Wah saya ikut bangga nich murid2 pada tambah pinter memadu padan bumbu dapur. Lanjuuut :-D

  |  2021-02-05 16:43:30
srihandayani from purwodadi jateng says:
Mba sy pnya sarang tawon madu drmh,enak nya di bikin apa ya,tlng ksh resep nya mba,mksiiih... salam manis...
Hallo Sri :-). Kalau di kampung saya di Kediri Jatim, seringnya dibikin botok sarang tawon.Bumbunya bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah (biar warnyanya cantik, kemiri (biar gurih), gula merah, garam dan daun salam. Trus kasih belimbing wuluh kalau ada diiris-iris. Bumbunya diulek, trus sarang tawonnya di iris-iris beberapa bagian, campur jadi satu dengan irisan belimbing wuluh. Bungkus daun pisang bentuk tum, kasih daun salam dan dikukus sampai matang kurang lebih 25 menit. Wis ditanggung enak dech. Selamat Mencoba :-). Salam...Endang

  |  2021-01-18 17:48:32
srihandayani from purwodadi jateng says:
Halo mba endang,sy mmpir lg nih,gk tau udh kadung tresno sm resepnya mba endang,jd kl mw msk apa j yg kiranya bubu sendiri kurang mantp slalu liat2 resep nya mba endang. Dan hasil nya maknyus tenan hehe mksh mba endang..
Lho kemana aja Jeng Sri ?? baru absen ha ha :-) Yang penting sehat, dapur ngebul. Waduh saya jafi terharu dan banggat nich blog saya kayak primbon wa kkkk . Tapi jangan lupa kemampuan sendiri harus diasah, sekali-kali ikuti saja kata hati bereksperimen di dapur masak, bumbu seingatnya nanti lama-lama hapal dan tambah pedhe, OK? Terima Kasih sudah singgah kembali. Jaga diri dan kesehatan baik-baik :-). Salam...Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: