Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Tumis Buncis Ayam

Bahan:

  1. 250 gr buncis, siangi ujungnya
  2. 100 gr/1 buah wortel ukuran besar
  3. 500 gr dada atau paha ayam, ambil dagingnya
  4. 2 sdm saos tiram
  5. 1 sdt bubuk kaldu ayam
  6. 1 sdt gula atau sesuai selera
  7. 1 sdt garam atau sesuai selera
  8. minyak goreng untuk menumis

Bumbu Iris:

  1. 3 buah/30 gr bawang merah, iris halus
  2. 1 siung/ 3 gr bawang putih, iris halus
  3. 1-2 buah cabe merah, iris menyerong halus
Bahan Buncis Ayam Saus Tiram Buncis Dan Wortel Iris Daging Ayam Cincang Bumbu Tumis Buncis Ayam Bawang Merah Putih Ditumis Cabe Merah Bumbu Tumis Ayam Cincang Ditumis Buncis Dimasak Tumis Saos Tiram Untuk Tumis Garam Untuk Tumis Buncis Tumis Buncis Ayam Matang
Tumis Buncis Ayam

Tumis Buncis Ayam

Rated 4.8/5 based on 4 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P0H45M
Porsi 4 • Waktu 0 jam, 45 menit Indonesian makanan utama Tumis Buncis Ayam, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa

Catatan..

Tumis adalah sebutan umum untuk masakan yang dibuat dengan proses menggoreng dengan sedikit minyak atau ditumis sambil diaduk-aduk sampai matang. Dalam bahasa Inggris disebut "Stir-Fried". Masakan ini cocok untuk anda yang sibuk, tak punya waktu banyak untuk mengulek bumbu dan memeras santan atau sedang malas memasak resep yang prosesnya ribet ;-).

Bumbu tumis di Indonesia umumnya digolongkan dalam 2 versi, pertama tumis kering artinya tidak berkuah atau lebih dikenal dengan istilah oseng-oseng. Versi ini umumnya terasa asin dan pedas, contohnya Tumis Kangkung. Versi kedua tumis basah atau berkuah meski sedikit, rasanya cenderung manis karena umumnya memakai kecap manis, contohnya Tumis Buncis Wortel. Keduanya unik dan enak, tergantung mood dan selera mau yang pedas atau manis.

Tips: Kunci kelezatan resep ini terletak pada saus tiram, cari yg berkualitas bagus supaya rasanya optimal. Satu lagi tips penting, pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang sebelum sayuran dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar/cemplang.

Bagi anda yang ingin mencoba variasi tumis yang tak kalah enak, silahkan lihat resep Tumis Bok Choy Udang Tumis Cakalang Suwir khas Manado, Tumis Sawi Ayam, Tumis Tahu Pedas atau Tumis Ikan Asin Peda. Semoga menambah khasanah resep tumis di dapur anda. Selamat Mencoba dan semoga sesuai selera anda ;-).

Cara Membuat:

  1. Siangi buncis, cuci bersih dan potong2 sepanjang 3 cm. Sisihkan.
  2. Kupas wortel, cuci bersih dan potong2 tipis. Sisihkan.
  3. Potong/cincang daging ayam bentuk dadu kecil. Sisihkan.
  4. Siapkan dan iris halus bahan bumbu.
  5. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu.
  6. Tambahkan irisan cabai merah, teruskan menumis hingga bumbu benar2 matang dan berbau harum.
  7. Masukkan ayam cincang, aduk2 hingga ayam kaku dan berubah warna.
  8. Masukkan buncis dan wortel, aduk2 hingga rata.
  9. Tambahkan saus tiram dan bubuk kaldu ayam. Aduk hinga rata.
  10. Cicipi, tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  11. Masak dengan api besar sambil terus diaduk hingga sayur matang.

Catatan Tambahan:

  1. Jangan merendam potongan atau irisan buncis/kacang panjang di dalam air. Setelah dicuci langsung ditiriskan supaya buncis/kacang tidak banyak menyerap air dan tetap kaku setelah dimasak.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  2. Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


Reviews & Comments

  |  2020-12-20 23:55:09
Rita from Solo says:
Kalau saos tiram diganti saos teriyaki bgmn, kira2 terlalu merubah rasa atau tidak, mohon masukannya. Tks.
Hallo Rita :-). Kalau diganti tentu saja bisa kan terserah yang masak dan makan he he :-). Becanda lho. Kalau masalah rasa jelas berubah dan beda karena bahannya juga beda. Saus tiram dari kerang jadi berasa fishy gitulah kalau teriyaki kan semacam kecap khas jepang campur mirin. Terus terang saya gak tahu rasa saus teriyaki karena gak pernah mengkonsumsi tapi saya rasa setiap saus atau kecap pasti enak untuk bikin tumisan dengan ciri khas dan aroma masing-masing. Coba saja eksperimen kan nanti Rita tahu hasilnya untuk bisa diterapkan lain kali :-) Salam..Endang

  |  2020-11-22 15:09:57
isti from klaten says:
Tumis singkatan dari TUang MInyak Sedikit (plesetan) hihi. Hari ini rencana bikin tumis buncis tp ayamnya diganti secuil daging sapi hehe..salam dari penggemar resep njenengan :)
Hallo Isti :-). Selamat Datang Kembali :-). Oh rencana asem-asem buncis, jadinya Tumis Buncis gitu wa kk kkk. Kreatif dan Gercep juga nich. Thx untuk plesetannya, pas jgua wa kkkkk. Selamat Menikmati sisa akhir pekan :-). Salam untuk penggemar setia yang sibuk wira -wiri :-)... Endang

  |  2020-07-11 10:34:56
wiwien from sawangan depok says:
tq ya resepnya..sbb biasanya sy ga suka buncis..tp bingung bekel sayur apalagi buat suami..ada buncis dr hasil beli sayuran sop.kok banyak jg.jd nyoba ditumis aja..ternyata mantab jg..tp sy pakai udang dan bakso.
Hallo Wiwien :-) Salut utuk eksperimen disertai modifikasi sesuai bahan yang ada. Yakin hasilnya juga mantao. Ayo silahkan lihat-lihat resep tumis yang lain siapa tahu ada yang menarik untuk dicoba. Buncis cocok sekali dimasak asem-asem buncis (daging). Asam, manis dan segar rasanya. Terima Kasih juga untuk uji coba dan masukan yang menginspirasi. Salam..Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: