Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Rendang Daging

Bahan untuk 4-5 porsi:

  1. 1 kg daging sapi gandik atau paha, potong sesuai selera
  2. 2 buah serai, geprek, potong jadi 2 bagian
  3. 1 lembar daun kunyit, iris kasar (jika ada)
  4. 1 buah asam kandis ( ganti dengan 1 sdt asam jawa jika tidak ada)
  5. 5 helai daun jeruk purut, buang tulangnya
  6. 2 liter santan kental (dari 3 butir kelapa tua)
  7. 1.5 sdt garam atau secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 250 gr cabe merah (buang bijinya kalau tak suka pedas)
  2. 10 buah/100 gr bawang merah
  3. 5 siung/15 gr bawang putih
  4. 25 gr lengkuas segar, kupas
  5. 25 gr jahe, kupas
Bahan Rendang Daging Bumbu Rendang Diblender Bumbun Halus Rendang Bumbu Rendang Santan Untuk Rendang Masak Rendang Masak Kalio Kalio Rendang Basah Rendang Kering
Rendang Daging

Rendang Daging

Rated 4.8/5 based on 54 reviews
RecipeYield 5 • PrepTime P3H0M
Porsi 5 • Waktu 3 jam, 0 menit Indonesian daging Rendang, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Sumatra Barat.

Sumber: Filmawati, teman sekaligus eks rekan kerja di Batam.

Catatan!

Rendang adalah salah satu resep asli Minangkabau yang sudah mulai populer di Eropa. Orang sini menyebutnya "Rendang, Indonesian Curry". Kadang saya heran kok bisa disebut kari padahal bumbunya jauh dari bumbu2 khas kari yaitu : kapulaga, cengkeh, kayu manis, ketumbar dan jintan. Tapi sudah terlanjur salah kaprah susah kalau mau dikoreksi. Ngomong2 pertama saya belajar membuat rendang sendiri sekitar tahun '93, diajari sama Filma, teman sekaligus mantan rekan kerja waktu masih nyangkul di salah satu MNC di Batam. Saya yang berasal dari Jawa awalnya cuman bengong waktu diajak belanja ke pasar beli kelapa parut sekitar 2 kg untuk 1 kg daging. Lebih heran lagi waktu diterangin cara meras santannya pakai kain serbet bersih. Kata Filma supaya semua sari santan keluar. Caranya kelapa ditaruh di tengah-tengah kain, serbet kita gulung seperti bikin lontong, kemudian masing-masing dari kita pegang salah satu ujung serbet terus kita pelintir kain serbet sampai ngos-ngosan ha ha hah. Pengalaman berharga yang tak pernah saya lupakan.

Kunci bikin rendang hanya satu : SABAAAAAAR!!! ;-) Bikin rendang memang makan waktu, minimal 2.5 jam seperti buatan saya ini. Menurut beberapa sumber orang Minang bahkan perlu waktu sekitar 4 jam. Kalau selama itu terus terang saya tidak sanggup :-( . Satu lagi yang saya tahu dari orang Minang dan Melayu, kalau masak mereka tidak pernah pakai gula tentunya berlaku juga untuk bikin rendang. Trus bumbu sebaiknya digiling semua termasuk jahe dan lengkuas bukan hanya digeprek. Kalau cuman digeprek namanya bukan rendang ;-). O ya sebagai catatan tambahan, dalam resep ini saya tidak memakai daun kunyit dan asam kandis, karena kedua bahan tsb tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Jadi untuk Udo dan Uni dari Ranah Minang mohon maaf untuk kekurangan di atas. Namanya juga usaha...mohon dimaklumi ;-). Last but not least thx and credit goes to Filma yang sudah bagi2 pengalaman bikin rendang.

Selamat mencoba semoga resep rendang simpel dan praktis ini, semoga cocok dengan selera anda :-) Bagi anda pecinta masakan Padang, silahkan coba resep populer lainnya yang tak kalah lezat yaitu Cumi Saos Padang atau Gulai Ayam Padang.

Cara Membuat:

  1. Cincang semua bahan bumbu halus kemudian blender sampai halus.
  2. Jika perlu tambahkan sekitar 50 ml santan untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Campur daging dengan bumbu yang dihaluskan, taruh dalam wajan ukuran besar (kapasitas minim 4 liter).
  4. Tuang santan, tambahkan serai, asam kandis, daun jeruk purut dan daun kunyit.
  5. Masak dengan api antara sedang dan besar sampai santan mendidih. ( Kurang lebih 0.5 jam )
  6. Kecilkan api ke posisi sedang, masak selama 1.5 jam dalam keadaan tertutup sampai keluar minyak. Aduk sekali-kali.
  7. Cicipi, tambahkan garam sesuai selera.
  8. (Catatan: Sampai di sini masakan sudah bisa anda santap dengan kuah kental, namanya Kalio).
  9. Kecilkan lagi api, masak sambil terus diaduk sampai santan mengering dan minyak terserap oleh daging. ( Kurang lebih 0.5 jam)
  10. Hidangkan panas dengan nasi, Gulai Daun Singkong dan Sambal Lado Mudo atau Terong Balado.

Video Cara Membuat Rendang:

Tips Tambahan:

  1. * Kalau suka rendang yg kehitaman, tambahkan kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus dan keluar minyaknya. Tambahkan kelapa sangrai pada waktu 0.5 jam pemanasan terakhir setelah rendang menjadi Kalio.
  2. ** Kalau saya lebih suka tidak terlalu kering, bisa dimakan sama nasi panas sambil mencocol sausnya ;-)

Catatan Khusus:

  1. Untuk menanggapi beberapa komentar dan masukan dari pembaca (Saya ucapkan terima kasih untuk input anda semua ;-) termasuk yang awalnya merasa skeptis dengan bumbu minimalis dalam resep ini, saya ingin mengklarifikasi resep yang saya posting dan saya pelajari langsung dari urang awak teman saya (Thx & credit to Filma) ini merupakan resep rendang dengan bumbu/pemasak dasar tanpa tambahan rempah-rempah.
  2. Sesuai hasil riset dan perbandingan dengan beberapa referensi buku yang saya pakai (Indonesian Regional Food & Cookery by Sri Owen) & (Rendang, Minang Legacy to The World by Reno Andam Suri) , BUMBU WAJIB dalam pembuatan rendang adalah bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, daun kunyit dan daun jeruk purut. Tetapi dalam prakteknya, masyarakat Minang memberi tambahan rempah lain. Penambahan bumbu atau rempah lain ini tergantung daerah dan kebiasaan. Masing-masing wilayah memiliki ragam tambahan rempah sendiri. Karenanya ada perbedaan dalam resep rendang asli Payakumbuh, Padang Pariaman, Batusangkar, Bukittinggi dll.
  3. Perbedaan dalam penambahan rempah ini contohnya di Padang biasanya dipakai kunyit tetapi tidak di Payakumbuh. Di Payakumbuh sendiri ada yang menambahkan kapulaga, ada juga yang tidak. Kalau di Batusangkar, ada tambahan ketumbar. Di Bukit Tinggi lain lagi, umumnya ada tambahan kemiri. Ada juga resep rendang hasil pencampuran dan asimilasi dari semua daerah tersebut dan masih ditambahkan kayu manis, jintan, pekak bahkan cengkeh. (Tips: Jika anda menyukai 4 bumbu rempah yang saya sebutkan terakhir, saya sarankan anda lebih baik membuat langsung resep Kari ).
  4. Pertanyaannya mana resep rendang yang benar dan autentik? Jawabannya tidak ada resep yang salah. Semua resep benar dan autentik karena semua versi dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari di daerah masing-masing dan semua resep rasanya enak, tergantung selera dan preferensi masing-masing. Kalau anda menyukai bumbu simpel dan original silahkan pakai resep ini, kalau suka aroma rempah yang lebih lengkap silahkan tambahkan sesuai selera. Terima Kasih dan Selamat Bereksperimen dengan bumbu Rendang yang sangat bervariasi.

Tips:

  • Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.



  • Reviews & Comments

      |  2021-08-22 02:45:15
    Rufaidah Nasyitoh from Selong says:
    Ayo kita dukung Rendang (masakan Padang (Minang) yang terkenal loh) sebagai warisan masakan indonesia yang diakui badan budaya dunia oleh UNESCO bersama Kemenparekraf 2021 Sandiaga Uno. semoga terwujud, aamiin. Rendang tuh emang Gak Ada Mati Nya (apalagi kalau disantap sama kuah ayam gulai)! mantaaap


      |  2021-07-20 00:03:00
    Lenny Fitri from Banda aceh says:
    Saya sdh mncoba resep ini dan rasanya luar biasa.trimkasih bunda resepnya
    Sama-sama Lenny :-). Ternyata bikin rendang yang lezzat tidak ribet kan? Selamat Menikmati rendan buatan sendiri :-)

      |  2021-05-29 19:44:13
    Zita Wardoyo from Jakarta says:
    saya pengen bikin rendang hitam kayak di rumah makan padang luar sana, cuman saya bingung nih gimana cara nya. Kira - kira boleh gak minta saran nya biar bisa? makasih
    Hallo Zita :-). Kan sudah saya tulis di tips tambahan di bawah video itu bagaimana caranya kalau ingin membuat rendang yang kehitaman. Silahkan dibaca dan dipraktekkan. Dan panaskan rendang lebih lama lagi sampai betul-betul kering sampai kehitaman. Salamn..Endang

    Tulis Komentar Anda:

    Rating:



    Nama:



    Lokasi:



    Write your text:

    Tulis Komentar: