Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Gulai Daun Singkong

Bahan:

  1. 500 gr daun singkong
  2. 50 gr ikan teri, goreng (jika suka)
  3. 1 buah serai, potong jadi 2, memarkan
  4. 1 sdt asam, larutkan dengan 2 sdm air
  5. 2 lembar daun salam
  6. 2 cm lengkuas, geprak
  7. 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  8. 400 ml santan sangat kental
  9. 300 ml air atau santan encer
  10. Minyak secukupnya
  11. 2 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Halus:

  1. 3 bh cabe merah
  2. 6 bh bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 5 butir kemiri
  5. 2 cm kunyit, sangrai atau 1 sdt kunyit bubuk
  6. 2 cm jahe
  7. 2 sdt ketumbar atau 1 sdt ketumbar bubuk
  8. 1 sdt jintan atau 1/2 sdt jintan bubuk
Wirsing Putzen Wirsing Putzen Wirsing Putzen Weiche Wirsing Blanched Savoy Blanched Savoy Bahan Gulai Daun Singkong Air Asam Gulai Daun Wirsing Gulai Daun Wirsing Gulai Daun Wirsing
Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Rated 4.8/5 based on 10 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H0M
Porsi 4 • Waktu 1 jam, 0 menit Indonesian makanan utama Gulai Daun Singkong, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Sumatra Barat

Catatan..

Di daerah asalnya di Sumatra Barat, gulai daun ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daun paku, makanya disebut "Gulai Daun Paku". Sementara di restauran padang saya sering melihat dengan bahan dasar kacang panjang dan kol. Daun singkong adalah favorit saya, sayangnya daun ini tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Sebagai alternatif saya ganti dengan daun kale (Inggris = Curly Kale, Jerman = Grünkohl).

Karena daun kale juga tak selalu ada, iseng2 kali ini saya bereksperimen dengan daun Wirsing (Jerman) atau Savoy (Inggris). Awalnya saya skeptis melihat teksturnya yang keras. Tapi setelah saya coba trik ini dan itu, ternyata hasilnya sangat memuaskan, paling nggak buat saya lho ;-). Bagi anda yang tinggal di LN dan mempunyai problem serupa silahkan coba alternatif di atas. Kuah Gulai ini rasanya sungguh sedap dan nikmat, jadi apapun jenis sayuran yang anda pakai tak akan mengubah rasanya. Pertimbangan saya, alangkah sayang jika resep gulai ini anda lewatkan begitu saja hanya kendala sayuran yang tak terakses ;-(.

Catatan : Jika anda menggunakan daun kale, buang bagian tulangnya yang keras, kemudian iris kasar dan bisa langsung direbus. Tips bagi anda yang memakai daun Wirsing atau Savoy : Daun sejenis kol ini cukup keras menyerupai daun pepaya. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, buang tulang daun yang keras, remas2 daun dengan garam sampai daun lemas, kemudian rebus dalam air mendidih. Tiriskan dan peras sampai air keluar. Baru potong2 kasar. Selamat bereksperimen dan semoga sukses :-)

Cara Membuat:

  1. Rebus daun singkong hingga matang, angkat dan tiriskan. Potong-potong kasar.
  2. Cuci ikan teri, goreng kering, sisihkan.
  3. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  4. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk purut dan daun salam hingga bumbu matang dan berbau harum. (kurang lebih 10 menit)
  5. Pindahkan bumbu tumis ke dalam panci ukuran sedang.
  6. Tambahkan ke dalamnya air panas atau santan encer dan air asam. Masak dengan suhu sedang hingga mendidih.
  7. Masukkan daun singkong atau daun pengganti lain yang anda punya.
  8. Tambahkan santan kental dan teruskan masak di atas api sedang sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah.
  9. Masak sampai santan mendidih dan mengental. Cicipi dan tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  10. Masukkan ikan teri goreng. Sajikan hangat bersama nasi panas, Rendang, Terong Balado dan Sambal Lado Mudo.

Tips:

  • Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  • Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


  • Reviews & Comments

      |  2021-03-03 17:44:09
    baya from purbalingga says:
    terima kasih atas resep nya, saya jadi cukup terbantu bisa belajar masak sayur ini sendiri di rumah. cuman ada yang kurang, yaitu sambal hijau dan sambal merah khas padang (yang biasa ada di nasi bungkus padang) yang sayang nya tidak ada resep nya di sini :-( saya kangen sama sambal nya. mungkin impian saya kedepan nya bisa tambahin resep sambal tersebut (dan sambal khas padang lain nya) ke situs ini biar bisa belajar bikin sendiri sambal nya :-)
    Hallo Baya :-). Selamat ya Gulai Daun Singkongnya sukses. Untuk mencari sambal, silahkan klik tombol menu paling atas, nanti akan tertera semua resep. Saya kelompokkan berdasar Pulau, Aneka Sambal dan Jajanan. Di Kelompok sambal sudah banyak sekali jenis sambal termasuk Sambal Lado Ijo dan Sambal Bada Khas Padang. Silahkan dieksplorasi. Salam..Endang

      |  2021-03-02 21:39:21
    anisa from cisarua says:
    saya masih awam nih soal cara masak makanan padang bu. Kira 2 gimana cara nya supaya bisa dapat rasa asam yang khas kayak kuah gulai ayam yang ada di restoran padang itu. saya sukaaa itu soal nya gurih dan nikmat
    Ya tinggal dikasih bahan yang berasa asam Anisa. Kalau orang Padang lebih sering pakai asam kandis bukan asam jawa. Mungkin itu yang memberi rasa asam khas. Saya kurang tahu apakah di Cisarua ada yang jual asam kandis. Silahkan cari tahu dan coba tambahkan ke bumbu. Asam kandis adalah buah tertentu yang diiris-iris dan dikeringkan. Bisa ditambahkan utuh atau dihaluskan sebagai bumbu. Silahkan berkeksperimen kalau ketemu. Salam..Endang

      |  2021-02-19 21:05:56
    Iriana Purwanti from Yogyakarta says:
    alhamudulillah akhir nya nemu juga resep sayur singkong padang, wah asik nih. saya kira di sini gak ada resep sayur padang nya, eeeh ternyata ada cuma kata "sayur" di ubah jadi "gulai" aja, hehehe... semoga kedepan nya situs ini punya lebih banyak lagi resep masakan padang sumatera barat nya sehingga bisa nge bantu saya biar mahir buat belajar bikin hidangan masakan padang sendiri, aamiin. Kalo seandai nya bahan santan di ganti ama susu putih kira 2 bisa gak yah?
    Nah kan nemu, seperti saya jawab di kolom komentar resep rendang, saya gilir praktek resep dari seluruh nusantara gak padang saja biar adil, karena ada ribuan resep tradisional yang ingin saya promosikan. Ngomong2 ngapain diganti susu? Susu itu untuk orang yang kepepet tinggal di LN misalnya. Justru kelezatan masakan padang terletak pada bahan2nya yang sebisa mungkin autentik salah satunya pemakaian santan kelapa. Kalau bisa tidaknya ya bisa kan suka-suka Iriana yang masak dan makan ha ha :-) Tapi masalah rasa tanggung sendiri. Lagian apa nanti kata orang Minang, kuahnya pakai susu? wa kkk kkk :-D.

    Tulis Komentar Anda:

    Rating:



    Nama:



    Lokasi:



    Write your text:

    Tulis Komentar: