Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Gulai Ayam Padang

Bahan untuk 4 porsi:

  1. 1 kg ayam potong jadi 4 atau 4 buah ayam bagian paha dan dada
  2. 1 batang/5 cm kayu manis
  3. 1 batang serai, memarkan
  4. 2 cm/10 gr lengkuas, memarkan
  5. 3 butir kapulaga/cardamom/Kardamom (berwarna hijau), memarkan
  6. 2 butir cengkeh/cloves/Nelken
  7. 1/4 biji pala, memarkan atau ganti dengan 1/4 sdt pala bubuk
  8. 1 buah asam kandis atau asam gelugur atau 1 sdt asam jawa, larutkan dengan 3 sdm air
  9. 5 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  10. 1/2 lembar daun kunyit, sobek-sobek kasar (jika tersedia)
  11. 1000 ml santan kental dari 1 butir kelapa atau santan kalengan yang kentalnya setara
  12. 2 sdt garam atau sesuai selera
  13. 1 sdt gula merah atau sesuai selera
  14. Minyak secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 7 bh/70 gr cabe merah segar dengan atau tanpa biji
  2. 7 bh/70 gr bawang merah
  3. 3 siung/9 gr bawang putih
  4. 5 butir kemiri
  5. 2 cm/10 gr jahe
  6. 4 cm/12 gr kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk
  7. 1 sdm ketumbar atau 1 sdt ketumbar bubuk
  8. 1/2 sdt atau 1/4 jintan bubuk
  9. 1/4 sdt adas manis/anisseed/Kümmel (hati2 tertukar dengan adas/fennel/Fenchel)
  10. 1/2 sdt merica butir atau 1/4 sdt merica bubuk
Bahan Gulai Ayam Padang Membuat Gulai Ayam Padang Step 1 Membuat Gulai Ayam Padang Step 2 Membuat Gulai Ayam Padang Step 3 Membuat Gulai Ayam Padang Step 4 Membuat Gulai Ayam Padang Step 5 Membuat Gulai Ayam Padang Step 6 Membuat Gulai Ayam Padang Step 7 Membuat Gulai Ayam Padang Step 8 Membuat Gulai Ayam Padang Step 9 Membuat Gulai Ayam Padang Step 10 Membuat Gulai Ayam Padang Step 11 Membuat Gulai Ayam Padang Step 12 Membuat Gulai Ayam Padang Step 13 Membuat Gulai Ayam Padang Step 14
GulaiAyamPadang

Gulai Ayam Padang

Rated 5/5 based on 6 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H0M
Porsi 4 • Waktu 1 jam, 0 menit Indonesian ayam Gulai Ayam Padang, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Padang - Sumatra Barat

Catatan..

Gulai Ayam Padang, salah satu resep terkenal dari dapur Minangkabau selain Rendang. Ada berbagai resep gulai khas Padang, misalnya Gule Cubadak dan Gulai Daun Singkong dengan bahan sayuran, Gulai Gajebo bagi pecinta daging yang gurih dan berlemak ;-), Gulai banak dari otak sapi, gulai tunjang dari kaki sapi dll.

Bumbu gulai juga bervariasi dari bumbu ringan seperti Gulai Ikan dan Gule Kambing dari Jawa sampai bumbu komplit yang sudah masuk kategori bumbu kari. Kalau diamati dari paduan bumbu, Gulai Ayam Padang sudah termasuk kategori resep kari.

Sekedar untuk menambah wasasan ilmu kuliner, kari adalah masakan yang mengandung 5 unsur rempah khas yaitu : kapulaga, cengkeh, kayu manis, ketumbar dan jintan. Bumbu Kari merupakan adaptasi dari seni kuliner India yang diperkenalkan para saudagar dari wilayah tersebut ke kepulauan Nusantara terutama daerah pesisir Aceh, Melayu, Sumatra Barat dan Kalimantan Selatan sejak berabad-abad lalu.

Membuat Gulai Ayam Padang sebenarnya mudah, hanya anda harus siap untuk belanja dan berburu bumbu yang seabrek dan beberapa di antaranya cukup unik dan eksotis karena tidak sering dipakai untuk resep sehari-hari. Tapi jerih payah anda tak akan sia-sia karena rasanya akan membuat anda jatuh cinta khususnya bagi anda penggemar masakan padang yang gurih dan berkuah kental.

Selamat mencoba dan semoga cocok dengan selera anda ;-)

Cara Membuat:

  1. Kupas (jika perlu) dan potong-potong semua bahan untuk bumbu halus.
  2. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Tumis bumbu halus bersama serai, lengkuas, daun jeruk purut dan daun kunyit (jika ada) dengan api sedang hingga bumbu benar2 matang dan berbau harum. (kurang lebih 5-10 menit)
  4. Masukkan ayam, masak dengan api besar sambil diaduk-aduk sampai ayam agak kaku dan berubah warna.
  5. Pindahkan ayam bersama bumbunya ke dalam panci jika anda ingin melanjutkan proses masak dengan panci.
  6. Tuangkan santan dan air asam/asam kandis/asam gelugur dan aduk-aduk supaya bumbu tercampur rata.
  7. Pecahkan biji kapulaga dengan ulekan kemudian masukkan ke panci/wajan bersama kayu manis, cengkih dan pala.
  8. Tutup wajan atau panci dan masak dengan api sedang selama kurang lebih 30-40 menit sampai ayam empuk. Cek dan aduk sekali-kali supaya santan tidak pecah/memisah.
  9. (Tips : Jangan dimasak dengan api besar terutama jika anda pakai ayam ras. Pemanasan dengan api besar dan waktu yang lama menyebabkan tekstur ayam menjadi kaku/keras).
  10. Masak sampai bumbu terserap dengan sempurna dengan tingkat kekentalan kuah yang anda inginkan. Cicipi dan tambahkan garam atau gula jika perlu.
  11. Sajikan hangat dengan nasi, lontong atau ketupat.

Tips:

  • Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.


  • Reviews & Comments

      |  2021-05-25 16:21:14
    Pramesti Vera Wati from Jakarta says:
    Saya senang akhir nya bisa nemu resep Gulai Ayam Padang nya, sangat menarik dan bikin saya kangen sama hidangan ini. Jadi ingat pernah beli masakan ini (entah di Rumah Makan Padang kayak Sederhana, Simpang Raya, Sari Bundo, dan Garuda) dan jujur begitu lezat dan gurih nya kuah gulai dan ayam nya apa lagi saat d temani bareng rendang sapi (asal bumbu rendang nya banyak dan enak), nikmat nya makin terasa di lidah. Pokok nya Rendang Sapi dan Gulai Ayam Padang adalah teman lauk makan yang tak terpis


      |  2021-04-05 21:36:46
    deby puspita from bandung says:
    aku suka ayam gulai nya, enaaak. kalo seandai nya saya bikin kuah gulai nya jadi banyak, seperti nya bisa di pake buat jadi kuah roti cane dan mar tabak telor sebagai kuah kari nya, uuuhhh... sungguh nikmat dan lezat nya
    Ide bagus juga :-) Kuahnya memang lezat, disantap dengan nasi, ketupat, roti jala, roti canai tetap sama enaknya :-D

      |  2021-04-05 13:38:44
    desi swastika wibowo from semarang says:
    lauk pauk yang paling enak buat nemenin santap makan rendang sapi padang, buat kuah kuning gulai nya emang enak buat basahin nasi rendang nya biar lebih sedap dan nikmat apalagi kalo d temani sama sambal lado hijau padang atau sambal merah padang nya dan serundeng ayam goreng padang pasti lebih menggugah selera lidah dan lebih nikmat lagi hahaha... terima kasih buat resep nya yah
    Sudah cocok jadi pengusaha Rumah Makan Padang ini Desi. Ilustrasinya lengkap dan jelas bikin ngiler ha ha :-D. Terima Kasih untuk komen yang bikin ngeces dan menginspirasi untuk segera memasak. Bikin yang lengkap ya, sekalian Rendang dan Sambal Ladi Ijo, resep masakan favorit pembaca juga di web ini. Salam...Endang

    Tulis Komentar Anda:

    Rating:



    Nama:



    Lokasi:



    Write your text:

    Tulis Komentar: