Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Nasi Kuning Hemat

Bahan untuk 5 porsi:

  1. nasi kuning
  2. kerupuk
  3. irisan mentimun
  4. sambal (jika suka)

Bahan Tahu & Telur Puyuh Bumbu Bali :

  1. 400 gr/4 buah tahu putih, potong-potong bentuk kotak 3 X 3 X 2 cm
  2. 20 buah telur puyuh
  3. 2 buah/150 gr tomat, cincang kasar
  4. 2 cm lengkuas, iris tipis atau geprak
  5. 1 batang serai, potong-potong, memarkan
  6. 3 lbr daun jeruk purut, buang tulangnya
  7. 2 lbr daun salam
  8. 300 ml air panas
  9. 1 sdt asam jawa (dilarutkan dengan 3 sdm air)
  10. 2 sdm kecap manis
  11. 1 sdt garam atau sesuai selera
  12. 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  13. minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu Halus untuk Tahu & Telur Puyuh Bumbu Bali:

  1. 8 bh/80 gr bawang merah
  2. 3 siung/9 gr bawang putih
  3. 7 bh/70 gr cabe merah, buang biji (jika tidak suka pedas)
  4. 5 butir kemiri
  5. 2 cm/10 gr jahe
  6. 1/2 sdt terasi goreng atau bakar

Bahan Kering Kentang:

  1. 500 gr kentang, iris tipis bentuk kotak 2cm x 2cm
  2. 2 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris serong tipis
  3. 2 lembar daun salam
  4. 2 lembar daun jeruk purut, iris tipis
  5. 75 ml air
  6. 100 ml minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus untuk Kering Kentang:

  1. 2 siung bawang putih
  2. 2 cm/10 gr lengkuas
  3. 1 sdt asam jawa
  4. 50 gr gula jawa, sisir halus
  5. 1 sdt garam

Bahan Mie Goreng :

  1. 250 gr mie kering atau mie telur, rebus dalam air mendidih, tiriskan
  2. 150 daging/fillet ayam, potong kasar (optional)
  3. 200 gr daun kol, iris sesuai selera
  4. 2 buah wortel, iris menyerong tipis
  5. 100 sawi hijau, potong-potong (jika suka)
  6. 3 buah daun bawang, iris sepanjang 1 cm
  7. 100 gr taoge, bersihkan (optional)
  8. 3 buah cabe merah besar, iris kasar
  9. 5 buah cabe rawit, iris kasar (optional, jika suka pedas )
  10. 2 bt telur, buat orak arik
  11. 1 sdt bubuk kaldu rasa ayam
  12. 3 sdm kecap manis
  13. 1 sdt kecap asin
  14. 3 sdm minyak

Bumbu Halus Mie Goreng:

  1. 5 buah bawang merah
  2. 3 buah bawang putih
  3. 1/2 sdt merica butir
  4. garam

Bahan Telur Dadar Rawis:

  1. 3 butir telur ayam
  2. sejumput merica bubuk
  3. 1/2 sdt garam
Bahan Nasi Kuning Nasi Kuning Praktis Bahan Tahu & Telur Puyuh Bumbu Bali Tahu Telur Puyuh Bumbu Bali Bahan Kering Kentang Masak Kering Kentang Bahan Mie Goreng Mie Goreng Matang Telur Dadar Rawis
Nasi Kuning Hemat

Nasi Kuning Hemat

Rated 5/5 based on 1 reviews
RecipeYield 5 • PrepTime P4H0M
Porsi 5 • Waktu 4 jam, 0 menit Indonesian makanan utama Nasi Kuning Hemat, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia

Catatan..

Nasi Kuning sering kita jumpai di acara syukuran, selamatan, ulang tahun, pernikahan dan masih banyak lagi. Biasanya Nasi Kuning dihidangkan dalam perayaan atau selamatan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur. Bisa berupa nasi tumpeng, nasi kotak maupun hidangan sepinggan dalam piring saji yang dipadukan dengan berbagai lauk-pauk.

Seperti halnya Nasi Campur, Nasi Kuning disajikan dalam berbagai variasi menu misalnya Nasi Kuning Jawa Timur, Nasi Kuning Jawa Tengah, Nasi Kuning Bali, Nasi Kuning Manado dan masih banyak lagi.

Saat ini Nasi Kuning banyak dijual dalam kemasan kotak, variasi lauk juga beragam sesuai budget dan selera. Ada paket nasi kuning komplit maupun ekonomis, ada paket jumbo maupun mini. Tergantung lauk yang dominan, jenisnya juga bervariasi mulai dari Nasi Kuning Ayam, Nasi Kuning Udang, Nasi Kuning Rendang dll. Sebanyak ide dan kreativitas anda :-)

Nah kali ini saya posting variasi Nasi Kuning dengan lauk-pauk tanpa daging dan ayam yang bahannya murah meriah. Cocok untuk anda yang ingin membuat acara syukuran tapi budget terbatas. Resep saya padu padan dari Tahu dan Telur Puyuh Bumbu Bali, Kering Kentang, Mie Goreng, Telur Dadar Rawis plus irisan mentimun.

Kalau tidak suka Kering Kentang, silahkan ganti dengan Kering Tempe yang rasanya masih senada. Kalau tidak ada telur puyuh ya cukup bikin tahu bumbu bali saja minus telur puyuh.

Jangan kuatir meski paket hemat, nasi kuning ini rasanya tak kalah nikmat dengan paket mewah karena kaya akan variasi rasa. Semoga menambah ide variasi Nasi Kuning di dapur anda :-)

Cara Membuat:

  1. Membuat Tahu & Telur Puyuh Bumbu Bali:
  2. Masukkan telur puyuh dan air dingin dalam panci perebus secukupnya sampai telur terendam air.
  3. (Tips: Telur yang masih bagus akan tenggelam sampai ke dasar panci saat di tuangi air dingin. Jika telur mengambang di permukaan air berarti umur telur sudah lama, bahkan mungkin sudah kadaluwarsa atau busuk).
  4. Panaskan sampai air mendidih, setelah mendidih kecilkan api ke suhu sedang dan masak selama 10 menit sampai telur benar-benar keras).
  5. (Tips: Jangan merebus telur dalam air mendidih yang terus meletup-letup supaya telur tidak pecah dan isinya keluar).
  6. Setelah matang, buang bekas air perebusan dan rendam segera telur rebus dengan air dingin supaya terjadi efek kejut dan biarkan selama 10 menit supaya kulit mudah dikupas.
  7. Kupas telur puyuh, sayat tipis telur rebus sebanyak 3-4 kali dengan pisau supaya telur tidak meletup-letup saat digoreng.
  8. Panaskan minyak goreng secukupnya, goreng telur puyuh dan balik sampai kedua permukaan berwarna keemasan. Tiriskan.
  9. Saat menunggu telur puyuh direbus dan direndam, potong-potong tahu bentuk kotak 3 x 3 x 2 cm. Taburi sedikit garam..
  10. Panaskan minyak goreng secukupnya, goreng tahu sampai semua permukaaannya berkulit, jangan terlalu garing supaya hasil akhir tidak terlalu keras. Tiriskan.
  11. Kupas, cuci dan potong-potong jika perlu semua bahan untuk bumbu halus : bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, jahe dan terasi.
  12. Haluskan bahan bumbu dengan cobek atau blender hingga halus. (Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk membantu proses penggilingan).
  13. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk purut dan daun salam dalam wajan cekung sambil terus menerus diaduk hingga bumbu benar-benar matang dan berbau harum supaya masakan lezat dan tidak langu atau hambar. (kurang lebih 5 -10 menit)
  14. (Tips: Bumbu sudah benar-benar matang jika tekturnya menggumpal atau bergerindil dan warna berubah dari oranye menjadi merah kecoklatan).
  15. Tambahkan tahu dan telur puyuh goreng, aduk rata.
  16. Tuangkan 300 ml air panas ***, air asam, garam, gula pasir dan tomat cincang. Kecilkan api ke suhu sedang dan teruskan memasak sampai air menyusut dan bumbu meresap (selama kurang lebih 15 menit).
  17. Tambahkan kecap manis, aduk rata dan koreksi rasa. Jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  18. Untuk melihat foto step by step pembuatan silahkan buka di resep khusus Tahu & Telur Puyuh Bumbu Bali

  19. Membuat Kering Kentang:
  20. Iris tipis kentang berbentuk segi empat tipis sebesar kurang lebih 2 cm x 2 cm atau sesuai selera.
  21. Rendam dalam air dingin supaya warna tidak berubah kecoklatan. Tips : Beri 1/2 sdt soda kue atau kapur sirih dan biarkan selama 10 menit supaya kentang tahan renyah setelah digoreng.
  22. Cuci bersih dalam air mengalir supaya sisa soda kue atau kapur sirih larut dan tidak menyebabkan pahit. Tiriskan.
  23. Panaskan minyak goreng dengan suhu sedang sampai benar-benar panas, goreng kentang sampai kering dan berwarna kuning keemasan. Tiriskan.
  24. Siapkan dan potong-potong bahan bumbu ulek. Iris-iris tipis cabai merah dan daun jeruk purut.
  25. Goreng cabai merah iris dengan minyak bekas menggoreng kentang sampai agak kering. Tiriskan.
  26. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan blender atau cobek : bawang putih, lengkuas, asam jawa, gula merah dan garam.
  27. Tumis bumbu halus bersama daun salam sampai berbau harum.
  28. Tambahkan air, masak sampai mendidih dan mengental, lalu kecilkan api.
  29. Masukkan kentang goreng, aduk-aduk dengan cepat hingga tercampur rata. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula.
  30. Tambahkan cabai merah goreng dan irisan daun jeruk purut. Aduk-aduk sebentar hingga daun layu.
  31. Untuk melihat foto step by step pembuatan silahkan buka di resep khusus Kering Kentang

  32. Membuat Mie Goreng:
  33. Didihkan air, rebus mie telur sesuai petunjuk. Tiriskan. ( Di Indonesia anda bisa memakai mie telur basah siap pakai ).
  34. Jika anda pakai mie telur basah, siram dengan air panas supaya minyaknya larut. Tiriskan.
  35. Kocok telur, beri sedikit garam dan buat orak arik telur. Sisihkan.
  36. Ulek bahan bumbu dengan cobek sampai halus.
  37. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai matang dan berbau harum.
  38. Tambahkan daging ayam, masak sambil diaduk-aduk sampai ayam berubah warna (skip jika tidak pakai).
  39. Tambahkan cabe, irisan wortel dan daun kol. Aduk2 sampai sayur layu dan hampir matang.
  40. Masukkan mie, sawi hijau, daun bawang, taoge dan orak-arik telur. Aduk rata. Masak sampai sayuran matang.
  41. Tambahkan bubuk kaldu, kecap asin dan kecap manis. Aduk hingga rata.
  42. Cicipi, jika perlu tambahkan garam sesuai selera. Angkat.
  43. Taburi dengan bawang goreng atau seledri. Sajikan dengan acar mentimun jika suka.
  44. Untuk melihat foto step by step pembuatan silahkan buka di resep khusus Mie Goreng

  45. Membuat Telur Dadar Rawis:
  46. Kocok 3 butir telur, sejumput lada bubuk dan 1/2 sdt garam di dalam mangkok hingga rata.
  47. Panaskan 2 sdm minyak goreng, goreng menjadi telur dadar yang tipis. Balik hingga kedua sisinya matang berwarna kecoklatan. Tiriskan.
  48. Gulung telur dadar kemudian iris-iris tipis.

  49. Cara Penyajian:
  50. Ambil nasi kuning, bisa dibentuk dengan mangkok kecil, letakkan di tengah-tengah piring saji, takir dari daun pisang, daun jati atau apapun tempat sajian yang anda pakai.
  51. Ambil masing-masing keempat lauk di atas, taruh mengelilingi nasi kuning.
  52. Beri irisan mentimun dan santap segera bersama krupuk udang dan sambal (jika suka).

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Koleksi Resep Lestariweb.



Reviews & Comments

  |  2021-03-31 11:57:09
Catherine Manohara from jakarta says:
waw saya ngelihatnya udah bikin ngiler dan lapar :-D asli itu enak banget. sepertinya gampang yah buat nya, tinggal sesuaikan aja lauk pauk nya sesuai keinginan. Kelebihan nya yakni porsi atau jatah nasi kuning nya bisa lebih banyak dan nambah sepuas nya. Kira - Kira ada perbedaan hasil gak Kalo saya masak nasi kuning nya pakai rice cooker / pemasak nasi listrik dan kompor gas bu ? makasih
Kalau masaknya benar hasilnya gak akan beda. Mau pakai cara apapun yang jelas jangan kebanyakan menambahkan santan, Mau dimasak langsung dengan rice cooker atau diaron dulu dan dikukus jika pakai kompor gas, lebih baik berhati-hati menambahkan air biar hasil akhir nasinya tidak lembek.

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: