Resep Masakan Indonesia

cooking from the heart

Nasi Kuning Praktis

Nasi Kuning Praktis
Rated 5/5 based on 4 reviews
RecipeYield 5 • PrepTime P0H45M
Porsi 5 • Waktu 0 jam, 45 menit
Facebook Pinterest WhatsApp
Asal: Java IslandIndonesian nasi Nasi Kuning Praktis, resep, asli, Indonesia, step-by-step
Bahan untuk 5 porsi (Dibuat dengan Rice Cooker):
  • 500 gr beras butiran panjang, dicuci bersih
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  • 2 sdt/4 gr kunyit bubuk (ganti dengan 5 cm/15 gr kunyit segar parut jika tidak ada)
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1 cm/5 gr lengkuas memarkan atau iris-iris 3 tipis menjadi 3 potong
  • 1/2 jeruk nipis, ambil airnya
  • 900 ml santan encer (dari 1/2 butir kelapa)
  • 1 sdt garam atau secukupnya
Bahan Nasi Tempong Masak Nasi Kuning Praktis Step 1 Masak Nasi Kuning Praktis Step 2 Masak Nasi Kuning Praktis Step 3 Masak Nasi Kuning Praktis Step 4 Masak Nasi Kuning Praktis Step 5 Masak Nasi Kuning Praktis Step 6 Masak Nasi Kuning Praktis Step 7 Masak Nasi Kuning Praktis Step 8 Masak Nasi Kuning Praktis Step 9 Masak Nasi Kuning Praktis Step 10 Masak Nasi Kuning Praktis Step 11 Masak Nasi Kuning Praktis Step 12 Masak Nasi Kuning Praktis Step 13 Masak Nasi Kuning Praktis Step 14 Masak Nasi Kuning Praktis Step 15

Cara Membuat:

Catatan Tambahan:

Tips:

Catatan..

Nasi Kuning, nasi khas Nusantara ini sering anda jumpai di acara syukuran, selamatan, ulang tahun, pernikahan dan masih banyak lagi. Biasanya Nasi Kuning dihidangkan dalam perayaan atau selamatan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur.

Nasi kuning berasal dari zaman kerajaan Hindu di Jawa, jadi makanan ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Walaupun asalnya dari masyarakat Hindu, tradisi pembuatan nasi kuning terus berlanjut dan tetap lestari hingga sekarang karena sudah manjadi bagian tradisi bangsa Indonesia yang sudah melekat. Bahkan nasi kuning tumpeng yang dihiasi berbagai macam lauk pauk itu kini menjadi salah satu ikon nasional dari 30 Ikon Masakan Tradisional Indonesia.

Menurut filosofi Jawa, warna kuning memiliki makna seperti emas yang melambangkan kekayaan. Dengan adanya makanan ini dalam perayaan, masyarakat berharap bisa mendapat banyak berkah dan kemakmuran hidup.

Uniknya nasi kuning sekarang banyak dijual sebagai menu makanan sehari-hari, dijual di restauran berupa Nasi Kuning Bali, Nasi Kuning Manado dll. Sering juga dijual dalam kemasan nasi kotak untuk acara ultah anak-anak, peresmian instansi/organisasi dll. Jadi terbukti kalau yang punya usaha catering nasi kuning ini dagangannya laris jelas mendatangkan berkah dan kemakmuran :-)

Resep praktis ini saya buat untuk anda yang beranggapan bahwa membuat nasi kuning itu sangat repot dan ribet. Kalau bisa dibuat gampang ngapain dipersusah, ya nggak? Dan saya jamin tangan anda akan bebas dari belepotan kunyit yang susah hilang berhari-hari itu karena nggak harus ngupas-ngupas kunyit segala.

Selain itu prosesnya cepat dan praktis karena dimasak dengan Rice Cooker, dalam setengah jam nasi kuning sudah siap disantap. Rasanya juga gurih dan lezaat! Cobalah dan buktikan kepraktisan dan kelezatannya :-)

Reviews & Comments

  |  2022-06-27 13:35:03
Yayik from Sidoarjo says:
Bagus jelas dan sangat bermanfaat bagi pemula


  |  2021-10-04 19:41:44
Shofa Marshawati from Ogan Ilir, Palembang says:
wuih, lemak nian resep nyo. aku pikir resep nyo emang susah nian caro buat nyo, nyato nyo enggok tuh, mudoh galo bikin nyo. udah aku coba bae dan terbukti berhasil. Ngomong2 Boleh gak mintok caro bikin nasi uduk nyo soal nyo disini belom ado resep nyo?

Resep nasi uduk belum bikin Shofa. Saya lagi istirahat masak-masak dan experiment. Coba saja bikin nasi gurihnya pakai rice cooker. Coba cari di resep Nasi Tempong di sub Jawa & Madura. Tingggal lauknya divariasi sesuai selera :-)


  |  2021-05-14 23:14:46
Rohwayati from Tangerang says:
Menu Idul fitri tahun ini,ditambah kering tempe, mie goreng, sambal,krupuk. Alhamdulillaah sukses naskun bikinan aku pake resep ini, anak dan suami suka. Senengnya bisa bikin naskun ga pake ribet, hehehehe. Makasi resepnya Mba. Selamat idul fitri buat Mba Endang sekeluarga, sehat² selalu ya

Hallo Bunda :-). Wow bikin menu istimewa di hari Lebaran. Bagus juga nich, itung2 syukuran di hari kemenangan bulan Ramadhan dan melawan Covid ha ha :-D. Selamat Hari Idul Fitri. Terima Kasih untuk semua kunjungan, masukan dan laporan dari uji coba langsung di lapangan. Semoga Bunda Rohwayati dan keluarga juga selalu sehat wal afiat. Amin. Salam dari yang gak bisa mudik :-)..Endang


  |  2021-03-20 11:27:46
Citra Melinda Christy from jakarta says:
bu, makasih yah atas resep nya. aku senang sekali bisa bikin nasi kuning sesederhana dan semudah ini. Saya pikir bikin nasi kuning atau nasi tumpeng nya aja itu ribet (karena banyak tetek bengek kayak ada tambahan lauk nya yang harus di siapkan sekalian), ternyata tidak. cukup mudah asal hasil nya tidak lembek, dan untuk lauk nya bisa tambah sendiri sesuai selera

Hallo Citra :-). Selamat Nasi Kuningnya suskes. Sengaja saya bikin resep sesimpel mungkin supaya pada tertarik untuk mencoba. Kalau pakai cara konvensional memang ribet pakai diaron, dikukus belum lagi tangan belepotan kunyit. Pasti generasi milenial sudah merasa terintimidasi sebelum mencoba. Ternyata tidak susah kan? Kalau ada yang simpel ngapain cari yang ribet, tul nggak? Silahkan lauknya divariasi sendiri, coba scroll di atas tekan tombol pencarian trus cari resep berdasarkan bahan Nasi, di situ saya posting Nasi Kuning Hemat dengan lauk sederhana. Siapa tahu tertarik. Terima Kasih untuk kunjungan dan uji cobanya. Salam...Endang


Tulis Komentar Anda: