Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Gulai Cubadak

Bahan:

  1. 500 gr nangka muda, kupas, potong2 sesuai selera (atau ganti dengan sediaan nangka jadi)
  2. 250 gr daging sop/tetelan potong2 bentuk dadu
  3. 100 gr kacang panjang (ganti dengan buncis jika tak ada), potong sepanjang 3 cm
  4. 1 batang serai, geprak, potong jadi 2 bagian
  5. 3 helai daun jeruk purut
  6. 1 buah asam kandis (jika tak ada ganti dengan 2 sdt asam jawa larutkan dengan 4 sdm air)
  7. 3 sdm kelapa parut atau 15 gr kelapa parut kering, sangrai, haluskan (optional)
  8. 500 ml santan sangat kental
  9. 1 liter air
  10. gula pasir secukupnya (jika suka)
  11. 2 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Halus:

  1. 100 gr cabe merah
  2. 10 buah / 100 gr bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 1 sdm/10 gr lengkuas segar, kupas
  5. 1 sdm/10 gr jahe, kupas
  6. 1 cm kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk
  7. 1 sdt ketumbar bubuk
Bahan Gulai Cubadak Bumbu Halus Gulai Cubadak Bumbu Halus Cubadak Nangka Untuk Gulai Cubadak Masak Gulai Cubadak Gulai Cubadak Masak Gulai Cubadak Masak Gulai Cubadak Masak Gulai Cubadak Masak Gulai Cubadak Masak Gulai Cubadak Masak Gulai Cubadak
Gulai Cubadak

Gulai Cubadak

Rated 5/5 based on 5 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H30M
Porsi 4 • Waktu 1 jam, 30 menit Indonesian makanan utama Gulai Cubadak / Gulai Nangka Muda, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Sumatra Barat

Catatan..

Bagi anda penggemar masakan Padang pasti tak asing lagi dengan menu yang satu ini: "Gulai Cubadak" atau bahasa Indonesianya Gulai Nangka Muda. Bumbu dan proses pembuatannya mirip rendang hanya jumlah santan dan waktu masak tidak selama seperti saat membikin rendang daging. Tetapi jika masakan ini dimasak sampai kering bisa juga disebut Rendang Cubadak.

Terserah mau anda santap sebagai gulai atau rendang yang jelas sajian ini menurut saya sangat istimewa. Kalau mau bikin gulai ini secara total, sertakan juga kelapa parut sangrai yang dihaluskan dan ditambahkan ke dalam kuah. Saya jamin rasanya semakin nikmat, paduan antara pedas, asin, gurih dan lezaat... hmmm jadi ngiler sendiri nich he he he..

Cara Membuat:

  1. Panaskan 1 liter air sampai mendidih, * tambahkan daging dan masak sampai daging setengah matang.
  2. Jika anda memakai nangka segar, masukkan potongan nangka, masak hingga nangka matang dan lunak.
  3. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cobek atau blender, jika perlu tambahkan air secukupnya ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  4. Masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk purut dan asam kandis atau air asam.
  5. Jika anda memakai sediaan nangka jadi, masukkan potongan nangka dam masak sampai mendidih.
  6. Sangrai kelapa parut dengan api kecil sampai berwarna kecoklatan (jangan sampai gosong), haluskan.
  7. Ulek kelapa sangrai dengan ulekan atau blender. Tambahkan ke dalam panci.
  8. (Lewati kedua step di atas jika anda tak memakai kelapa parut).
  9. Tuangkan santan dan kacang panjang, masak dengan api sedang sampai semua bahan matang dan empuk. Aduk sekali-kali supaya santan tidak pecah.
  10. Cicipi, tambahkan garam dan gula ( jika suka) sesuai selera.
  11. Kecilkan api, masak sampai kuah mengental sesuai kekentalan yang anda inginkan. Aduk sekali-kali.
  12. Cicipi, tambahkan garam sesuai selera.
  13. Hidangkan panas dengan nasi, ikan goreng, ayam pop dan sambal lado mudo.

Catatan Tambahan:

  1. * Masukkan daging di air mendidih supaya sari daging terkunci dan rasanya lebih sedap.
  2. Kalau mau lebih pedas, silahkan tambah cabai rawit sesuai selera ke dalam bumbu halus. Resiko tanggung sendiri ;-)

Tips:

  • Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  • Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


  • Reviews & Comments

      |  2021-04-09 12:30:23
    Fenny Margaretha from batam says:
    ini salah satu hidangan sayuran paling nikmat
    Setuju Fenny :-D. Bahannya murah meriah dan simpel tapi rasanya lezat, dipadu dengan rendang padang, woi lamak bana ;-)

      |  2021-04-07 18:59:57
    Alda Siburian from medan says:
    jujur saya sukaaa dan ini emang nikmat apalagi kalau sebagai lauk tambahan buat nasi rendang nya, ohhh... lezat sekali
    Setuju Alda :-). Selain itu juga asupan sayur untuk mengimbangi biar gak daging semua. Gulai daun singkong juga enak disantap dengan rendang :-)

      |  2021-03-16 20:27:39
    Adinda Nadyawati from Solo says:
    waaah akhir nya resep sayur khas padang yang saya cari 2 ketemu juga di situs ini, dari penampilan nya aja udah sama kayak gulai sayur padang yang ada di rumah makan padang (jadi pengen rasa nya dan bikin lapar nih hehehe :-D). Oh iyah, ada yang kurang nih, resep gulai ayam padang nya koq belum ketemu yah di situs ini? semoga aja kedepan nya resep tersebut bisa hadir di situs ini, terima kasih
    Silahkan bikin resep yang ada dulu Adinda. Sudah banyak resep lezat dari Aceh sampai Papua menunggu. Resep Gulai Ayam Padangnya tunggu dulu ya, sabar soalnya website ini cuman bisa saya kerjakan sekaligus prakteknya di akhir pekan saja. Keliling dulu sana, jangan di dapur Padang melulu :-). Banyak lho resep ayam yang enak dari Sulawesi misalnya Ayam Woku Belanga, Ayam Rica-Rica dan seabreg resep ayam dari pulau pulau lain :-)

    Tulis Komentar Anda:

    Rating:



    Nama:



    Lokasi:



    Write your text:

    Tulis Komentar: