Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Lontong Presto

Bahan untuk 8 buah lontong:

  1. 300 gr beras, cuci bersih
  2. 8 lembar daun pisang ukuran 25 x 30 cm
  3. 16 biji lidi atau tusuk gigi atau tusuk sate yang dipotong menyerong
  4. 500 ml air untuk membuat aron beras
  5. panci tekan atau presto ukuran besar
  6. air secukupnya untuk merebus lontong

Catatan Khusus:

  1. Pastikan anda mempunyai panci presto yang cukup besar untuk merebus lontong sebanyak 8 buah. Volume panci presto minimum 3 Liter.
  1. Jika perlu lemaskan daun pisang supaya tidak sobek saat proses membungkus nasi aron. Bungkusan lontong yang sobek meskipun kecil akan bocor dan rusak oleh tekanan panas tinggi. Nanti nasi akan keluar dan lontong akan ancur2an jadi bubur encer ;-)
Bahan Lontong Presto Air Untuk Beras Aron Membuat Aron Beras BerasAron Bahan Racikan Untuk Lontong Membungkus Lontong Presto Menggulung Lontong Presto Gulungan Lotong Menutup Bungkus Lontong Memadatkan Lontong Merendam Lontong Dalam Presto Merebus Lontong Dengan Presto Lontong Presto Matang
LontongPresto

Lontong Presto

Rated 4.8/5 based on 5 reviews
RecipeYield 8 • PrepTime P1H15M
Porsi 8 • Waktu 1 jam, 15 menit Indonesian makanan utama Lontong Presto, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia

Catatan..

Anda ingin membuat lontong tapi tak punya waktu atau malas memasak lontong dengan metode konvensional yang butuh waktu lama?. Jika anda punya panci tekan atau panci presto, masalah anda selesai. Dengan panci tekan hanya perlu waktu sekitar 1 jam dibandingkan proses konvensional sekitar 4 jam. Anda akan banyak menghemat waktu, bahan bakar dan tak akan segan2 lagi menyusun menu hidangan yang menyertakan lontong ;-). Metode ini lebih praktis, ekonomis dan lontong ditanggung jadi!

IMPORTANT TIPS: Untuk anda yang tinggal di LN, pilih beras kualitas sedang, beras patah atau pakai beras dari paket boiled in bag/Reisbeutel, tapi cari yang regular bukan yang ada embel2 parboiled, precooked atau easy-cook supaya beras bisa mengembang dan menyatu sehingga lontong menjadi homogen dan halus.

Kalau sudah sukses membuat lontong, silahkan coba beberapa masakan tradisional berbahan lontong yang tersebar di seluruh kepulauan Nusantara, mulai dari Gado-Gado, Lontong Sayur, Lontong Pecel, Ketoprak, Tahu Lontong, Lontong Cecek, Lontong Balap, Lontong Cap Go Meh dan masih banyak lagi. Silahkan berkreasi menu sehari-hari bersama lontong dan semoga menambah khasanah menu keluarga di dapur anda ;-)

Cara Membuat:

  1. Cuci beras hingga bersih atau air cucian berubah dari putih susu menjadi jernih transparan. Tiriskan.
  2. Masukkan beras ke panci, tuangkan 500 ml air.
  3. Masak dengan api sedang sambil sering diaduk hingga air terserap habis dan beras setengah matang atau menjadi beras aron. Angkat dari api, sisihkan.
  4. Potong2 atau gunting daun pisang ukuran 25x30 cm, cuci bersih. Jika perlu rendam daun pisang dengan air panas supaya agak lemas dan tidak sobek saat dilipat. Keringkan dengan lap atau tissue dapur.
  5. Bagi beras aron menjadi 8 bagian rata. Siapkan satu lembar daun pisang, letakkan bagian gelap atau terang di atas terserah selera anda. Kalau ingin lontong berwarna gelap, taruh bagian yang gelap di atas.
  6. Taruh satu bagian beri beras aron di atas daun searah ruas atau tulang daun dengan bentuk memanjang.
  7. Gulung daun pisang searah ruas daun dari bawah menuju ke atas hingga membentuk silinder/selongsong dengan diameter kurang lebih 5 cm.
  8. Semat salah satu ujung silinder/selongsong dengan lidi atau tusuk gigi. Rapikan bentuk selongsong, tekan isi dari lubang yang lain dengan gagang sendok kayu atau spatula hingga nasi aron padat (tapi jangan ditekan terlalu padat sampai bantat).
  9. (Langkah ini penting supaya hasil lontong padat dan tidak lembek akibar bungkusan kendor/kurang isi ).
  10. Ukur dulu diameter panci presto anda untuk memperkirakan panjang bungkusan lontong sehingga muat di panci/tidak kepanjangan.
  11. Semat ujung yang lain dengan lidi hingga kedua ujung terkunci rapat. (Kalau mau praktis silahkan pakai stapler)
  12. Ingat jangan sampai ada robekan meski minim, kalau daun sobek lebih baik lapisi dengan pembungkus kedua hingga bungkusan lontong benar2 terturup rapat.
  13. Tata bungkusan lontong di panci presto dengan cara zig-zag supaya semua bisa masuk.
  14. Beri air sebanyak mungkin sampai semua lontong benar2 terendam dalam air tapi jangan melebihi batas pemakaian air.
  15. Nyalakan kompor, masak selama 25 menit sejak panci mendesis. Jika perlu pasang alarm atau tempelkan catatan waktu di panci presto supaya anda tidak lupa waktu.
  16. Jika sudah matang, tiriskan lontong dengan posisi berdiri atau miring supaya air keluar.
  17. Jika sudah dingin, taruh dalam wadah tertutup, simpan dalam kulkas, lontong tetap awet selama 3 hari.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  2. Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.

Reviews & Comments

  |  2020-08-11 18:32:59
Indah sri wahyuni from Medan says:
Tiap cari resep apapun selalu kepikiran lestariweb.com berharap selalu ketemu apa yg di cari :-)Termasuk lontong presto ini. Krn sblm2nya tiap coba resep sllu cocok d lidah.Semangat terus mb....
Hallo Indah :-) Ha ha ha...komen Indah bikin ketawa, resep kepikiran kayak orang lagi jatuh cinta apa-apa ingat lestari wa kakk kkk :D. Semoga masih bisa menemukan banyak resep yang menarik untuk dicoba dan cocok hasilnya. Terima Kasih untuk semua kunjungan, uji coba dan komen special yang menghibur sekaligus memotivasi. Keep Cooking Indah :-). Salam..Endang

  |  2020-07-28 23:27:00
Fira from Di bekasi timur says:
Bunda kalau pake alat stainless yg dalem di lapisi daun,di presto brpajam ya....mksi bunda
Halo Fira. Maaf saya belum pernah pakai alat itu. Mungkin sama saja kan bungkus stainlessnya terendam air juga. Cobain aja hitung-hitung eksperimen ntar kalau tahu kan bisa dijadikan patok'an. Maaf tidak bisa membantu lebih banyak Fira. Semoga ekseprimennya sukses. Salam..Endang

  |  2019-11-10 12:05:00
Diti from Soroako, Sul-Sel says:
Saya biasanya kalo buat lontong langsung dari beras. tapi hasilnya ya kadang bagus, kadang keras dan kadang juga benyek. tergantung berasnya dan feelling saat buat he.he... Tapi kok ya ndak kepikiran buatnya dari beras yang di aron. kalo disini biasanya buat burasa, cuma aronnya pake santan dan di bungkus pipih lalu diikat dua - dua. karena penasaran dengan lontong yang sering gagal, makan aku nyarilah di internet. eh... ternyata ada yang lebih praktis. trims ya...manfaat banget lho...dan resep
Ayo Diti sudah mirip itu bikin Burasa sama Lontong Presto ;-). Ngirit waktu dan minyak juga. Selamat Mencoba Semoga Sukses. Salam....Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: