Resep Indonesia cooking from the heart

Sambal Goreng Kentang Hati

Bahan:

  1. 500 gr kentang
  2. 500 gr hati sapi
  3. seiris jahe & lengkuas untuk merebus hati sapi
  4. 100 gr pete, kupas, belah 2 ( ganti dengan kacang kapri jika tidak suka pete)
  5. 2 bh cabe merah, iris tipis
  6. 2 cm lengkuas, iris tipis atau geprak
  7. 1 batang serai, potong jadi 2, memarkan
  8. 3 lbr daun jeruk purut, buang tulangnya
  9. 2 lbr daun salam
  10. 200 ml santan sangat kental
  11. 1 sdt asam (dilarutkan dengan 2 sdm air)
  12. 2 sdt garam atau sesuai selera
  13. 2 sdt gula atau sesuai selera
  14. minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu Halus:

  1. 8 bh bawang merah
  2. 4 bh bawang putih
  3. 5 bh cabe merah ( Buang biji jika tidak suka pedas)
  4. 2 cm jahe
  5. 1 sdt ketumbar bubuk
Bahan Sambal Goreng Kentang Hati
Hati Rebus
Kentang Goreng dan Hati Rebus
Bumbu Sambal Goreng
Sambal Goreng Kentang Hati Pete
Sambal Goreng Dengan Santan
Masak Sambal Goreng
Sambal Goreng Kentang Hati

Sambal Goreng Kentang Hati

Rated 4.8/5 based on 27 reviews

Indonesian main dish Sambal Goreng Kentang Hati, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa

Sumber: Nenek Saya alias Mbah Toyo

Catatan..

Ini dia masakan yang sangat populer di pulau Jawa. Disantap di hari Lebaran sebagai menu pendamping Ketupat dan Opor Ayam atau lauk pendamping Nasi Tumpeng. Di Jawa Timur resep ini bahkan menjadi resep wajib acara selamatan atau kendurian. Seingat saya waktu kecil, saat orang tua dan semua tetangga saya punya hajat, entah hajat pengantin, khitanan, kelahiran bayi atau selamatan orang meninggal, mereka akan mengirimkan makanan di dalam takir atau berkat.

Takir atau berkat adalah wadah makanan yang dibuat dari daun pisang, berbentuk kotak dan didalamnya berisi nasi yang ditemani beberapa lauk-pauk yang ditaruh dalam wadah-wadah terpisah yang dibuat dari daun pisang juga. Lauk Pauk tsb umumnya terdiri dari : Mie Goreng, Sambal Goreng Kentang Ati dan tak ketinggalan Daging atau Ayam atau Telur Bumbu Bali. Sambal Goreng Kentang Hati juga sering menjadi pelengkap Nasi Tumpeng atau Nasi Kuning bersama lauk lainnya seperti Kering Tempe, Perkedel Kentang, Ayam Goreng dan Urap Sayuran.

Ada beberapa variasi bumbu Sambal Goreng, ada yang pakai kemiri, ada yang bumbunya hanya diiris bukan diulek. Tentunya setiap versi unik dan lezat. Resep yang saya posting ini saya dapat dari Nenek dan saya pakai sampai sekarang karena menurut saya rasanya paling pas ;-). Sentuhan air asam jawa berpadu dengan sambal goreng yang sedikit pedas hhmmmm lezat dan tidak bikin mblenger!! Terus terang saya hapal resep ini di luar kepala karena saking seringnya melihat Nenek memasak untuk acara selamatan, atau memenuhi undangan para tetangga dan kenalan untuk menjadi juru masak dalam acara hajatan. So, tidak ada salahnya anda mencoba, siapa tahu sesuai dengan selera anda ;-).

Bagi anda yang ingin mencoba variasi lain Sambal Goreng Kentang Hati dengan telur puyuh, silahkan lihat resep Sambal Goreng Campur

Cara Membuat:

  1. Panaskan 1.5 liter air, masukkan ke dalamnya 1 sdt garam, 1 lbr daun salam, 1 lbr daun jeruk purut, sedikit lengkuas dan jahe. Masak sampai mendidih.
  2. Masukkan hati sapi, rebus sampai matang ( kurang lebih 20 menit). Tiriskan.
  3. Potong2 hati sapi bentuk dadu. Sisihkan.
  4. Kupas kentang, potong2 bentuk dadu, rendam dalam air supaya kentang tidak berwarna kecoklatan. Tiriskan.
  5. Panaskan minyak dalam jumlah banyak, goreng kentang sampai kecoklatan. Tiriskan.
  6. Goreng sebentar cabe merah iris. Tiriskan.
  7. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  8. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk purut dan daun salam hingga matang dan berbau harum. (kurang lebih 5 menit)
  9. Tambahkan kentang dan hati sapi. Aduk rata. Kemudian masukkan pete.
  10. Tuangkan santan dan air asam. Kecilkan api dalam posisi sedang dan teruskan memasak sampai santan agak menyusut.
  11. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Cicipi.
  12. Terakhir taburkan cabe merah goreng. Aduk kemudian angkat dari api.

Tipp:

  1. Masukkan hati sapi dalam air mendidih supaya rasa hati terkunci sehingga rasanya lebih sedap.
  2. Atas masukan dari seorang pembaca di Swiss, setelah direbus dan dipotong-potong, hati bisa digoreng sebentar. Rasanya lebih sedap dan tidak terlalu bau aroma hati sapi. (Credit goes to Bernadette, Thank You)
  3. Bumbu Dasar Sambal Goreng ini bisa anda pakai untuk sambal goreng apa saja, jika tidak suka hati tinggal ganti isinya. Contoh : Sambal Goreng Daging, Sambal Goreng Telur, Sambal Goreng Tahu, Sambal Goreng Udang dll.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments

  |  2020-09-26 14:13:00
Dini from Semarang says:
Enak bgt resep2 mbak endang, beberapa resep disini dah aku coba dan cocok bgt. Cm kl sy bikin sambal goreng kok g bs merah ky di foto y? Padahal dah tak kasih lebih cabai lebih biar warna merah krn sebelumnya sesuai resep jg g merah. Apa ada tipsnya biar warna lebih menarik mbak ? Trmksh sebelumnya ☺
Hallo Dini :-). Selamat Bergabung dengan grup dapur ngebul. Sudah banyak nyoba dan enak berarti Dini bakat koki hebat nich, saya kan cuman posting resep hasil akhir tergantung yang masak. O ya menjawab pertanyaan, kalau ingin masakan berwarna cabe merah, kalau ngulek bumbunya pakai blender, sisihkan bijinya, jangan ikut diblender. Nanti kalau mau pedas, campurkan biji setelah digiling atau saat ditumis. Hampir semua bumbu yang saya giling saya skip bijinya karena keluarga saya gak bisa makan cabe, makanya bumbunya merah merona. Semoga saran saya membantu :-). Salam...Endang

  |  2020-06-17 18:01:14
Endang from Jerman says:
Untuk Eva Dapur Ummi :-). SOTO BETAWI Bahan : 500 daging sandung lamur, rebus. 500 gr jeroan (usus, babat, paru) rebus terpisah. 500 ml santan kental dr 1 butir kelapa, 1 Lt kaldu rebusan daging, 5 cm batang kayu manis, 1/4 buah pala, memarkan (jangan ditumbuk halus), 3 lbr daun salam. Bahan bumbu halus: 10 buah/100 gr bawang merah, 5 siung/15 gr bawang putih, 1 sdt merica butir , 2 cm/10 gr jahe, 1 cm/5 gr lengkuas, 2 sdt ketumbar /1 sdt ketumbar bubuk, 1/2 sdt jintan/1/4 sdt jintan, 5 kemiri
Pelengkap : potongan tomat, irisan daun bawang-seledri, bawang goreng, emping goreng, kecap manis. Cara Pembuatan: Potong-potong daging dan jeroan. Jika kaldu berkurang, tambah air hingga jumlahknya 1 liter. Tumis bumbu halus hingga benar2 matang dan berbau harum. Masukkan daging dan jeroan ke panci kaldu. Beri 1,5 sdt garam. Masak sampai mendidih. Kecilkan api dan masukkan santan. Masak sambil sekali-kali diaduk supaya santan tidak pecah hingga kuah mendidih sekali lagi. Cicipi, tambah garam atau gula (jika suka). Angkat. Selamat Mencoba dan Bereksperimen Semoga Sukses menjadi menu baru catering Dapur Ummi ;-)

  |  2020-06-17 17:45:25
Eva Dapur Ummi from Jakarta says:
Mba endang... punya resep soto betawi ga? Mau dong ;-)
Hallo Eva, maaf Soto Betawi saya tidak bisa eksperimen karena di sini gak ada yang jual jeroan (usus, babad, paru). Di sini jeroan sapi yang masih bisa didapat cuman hati sapi, lainnya dibuang karena menurut standar kesehatan di eropa gak layak dikonsumsi ;-). Kalau saya praktek dengan bahan asal-asalan nanti bisa dilabrak saya :-). Tapi saya punya resepnya kalau Eva mau, tapi hasilnya saya tidak bisa menjamin lho ya karena belum pernah praktek sendiri :-) Silahkan Eva coba kalau berkenan.

  |  2020-06-15 23:09:53
Eva Dapur Ummi from Jakarta says:
Maasya Allah mba Endang... resepnya saya pake buat usaha catering rantang rumahan. Gak mau pindah channel lah klo begini rasanya. Cocok sama lidah saya, lidah keluarga saya dan lidah pelanggan saya. Makasih banyak. Hormat buat si mbah juga yang udah nurunin resep muantep ini
Subhanallah Eva ;-). Terima Kasih banyak untuk khabar gembira ini. Saya sangat bahagia dan bersyukur resep peninggalan almarhum nenek saya membawa manfaat untuk banyak orang, apalagi urun menu untuk usaha kulineran. Alhamdulillah. Semoga usaha Eva tambah lancar, banyak pelanggan banyak rejeki. Silahkan lihat-lihat siapa tahu nemu resep yang hoki lagi ;-). Ayam Panggang/Bakar Bumbu Rujak, Ayam Goreng Lengkuas. Ayo kita promosikan dan lestarikan resep tradisional bersama-sama. Jangan lupa jaga kualitas menu dan pelayanan :-). Salam Sukses...Endang

  |  2020-05-26 17:25:03
Retno from Bangkalan says:
Karena PSBB dan corona, lebaran ini ga bisa mudik. Kangen opor dan sambel goreng kentang masakan Ibuk. Akhirnya bikin sendiri berbekal resep dari sini plus di supervisi Ibuk via video call wkwk. Alhamdulillah hari pertama langsung ludess, suami suka banget. Minta dibikinin lagi besok. Hati sapinya kuganti ati ampela ayam. Enaaak
Hebat Retno..kursus memasak via video call ha ha . Canggih juga ini Ibunda. Ternyata wabah Corona dan Dirumah saja membawa sisi positif juga ya. Jadi kreatif dan semangat sobo pawon :-D. Ayo bikin lagi SamGornya..biar keluarga benar-benar puas makannnya :-).

  |  2020-05-23 18:39:26
Sheila khan from Bintaro says:
Ini resep emezing banget.. Makasih ya Mba Lestari.. Foto2nya juga menarik sekali.. Jadi senang liat resepnya.. Selamat Lebaran ;-)
Hallo Sheila. Sengaja saya buat sedetail san sejelas mungkin supaya memudahkan untuk dipraktekkan khususnya untuk pemula. Ditambah foto biar makin ngiler dan segera praktek ha ha :-). Selamat Lebaran juga untuk Sheila ;-). Salam...Endang

  |  2020-05-23 11:29:21
ulfi from says:
Mau nanya mba.. Klo campurannya itu kulit ayan sama lemak ayam bisa ga.. Trus gimana cara mengolahnya
Hallo Ulfi. Ya bisa saja. kan sudah saya tulis di tipp paling bawah Bumbu Dasar Sambal Goreng ini bisa dipakai untuk sambal goreng apa saja, jika tidak suka hati tinggal ganti isinya. Contoh : Sambal Goreng Daging, Sambal Goreng Telur, Sambal Goreng Tahu, Sambal Goreng Udang dll. Kalau mau pakai kulit ayam dan lemak ya gak usah digoreng atau direbus karena cepat empuk setelah bumbu ditumis, kulit ayam dimasukkan. Selamat Mencoba Semoga sesuai harapan hasilnya. Salam...endang

  |  2020-05-23 11:09:39
Fey from Sby says:
Sekarang masak pun jadi lebih mudah, praktis, dan Mantul dengan resep mbk endang lestari,.. thnks
Hallo Fey..ketemu lagi :-). Waduh makin canggih saja koki baru nich ha ha :-). Fey bakat koki jos gandos nich resep percobaaannya selalu mantap. Terima Kasih untuk semua kunjungan dan uji coba resepnya. Keep cooking Fey :-). Salam...endang

  |  2020-05-22 20:00:41
dian from jateng says:
tx mbk.. mau eksekusi besok pagi, buat lebaran.. #sy pemula
Semoga berhasil Dian. Semua orang awalnya pemula dalam hal apapun termasuk urusan masak. Selamat Mencoba Semoga percobaan pertama sukses :-). Salam...endang

  |  2020-05-22 11:06:56
Qonita from Bekasi says:
Baru mau nyoba nich..buat menu besok lebaran..klo kentangny lebih banyak..bumbunya d tambahin ga sist
Silahkan Qonita. Imi memang menu special lebaran ;-). Kalau ingin rasa yang optimal ya seyogyanya bumbu ditambahin. Semakin banyak bumbu semakin lezat. Salah satu kunci kenikmatan masakan itu memang jangan pelit bumbu :-). Selamat Mencoba semoga sukses dan rasanya sesuai harapan. Salam...Endang

  |  2020-04-11 14:26:18
istiqomah from klaten says:
Maa syaa Alloh mbak.. enak bingitzz.. byk cocoknya sama resep2nya njenengan. Alhamdulillaah..
Alhamdulillah Isti:-) saya ikut senang sekaligus terharu. Selamat uji coba resepnya berhasil dan rasanya juga cocok dengan selera njenengan. Sambal Goreng kentang Hati menu khas Jawa klasik yang tak akan hilang tergusur jaman :-). Menu wajib selamatan dan hari raya. Ayo silahkan lihat-lihat resep yang lain masih banyak resep lezat menunggu. Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Salam....Endang

  |  2020-04-05 17:21:55
Karjoe Tugiman from Bandung says:
Capri,petai gak ada,kucoba dengan kara (mirip Capri rasanya mantaap :-)
Selamat Bos Sambel gorengnya sukses. Kara atau koro orang jawa bilang. Saya tahu sayuran itu, dulu waktu kecil sering menikmati sayur lodeh koro. Tak kirain tanaman itu sudah punah soalnya sudah jarang saya lihat. Ternyata masih ada ya ;-). Terima Kasih sudah mampir, uji resep bahkan berimprovisasi dengan bahan lain. Salam...Endang

  |  2020-02-12 17:39:19
Rahma from Jawa timur says:
Uenaaaaak tenaaaaaan.....suamiku suka banget padahal orang pontianak, karena dirumah gak punya stok santan akhirnya pake fiber creme deh ternyata endes juga....aduuuuhhh....enak paraaaahh....
Ha ha ha waduh yang barusan sukses nyenengin suami dengan masakan dahsyat ;-). Selamat Rahma...Sambal Gorengnya jos gandos :-). Koki hebat nich sekali coba pakai santan alternative saja sudah parah enak. Ayo silahkan lihat resep-resep yang lain baut kejutan untuk suami tercinta :-). Salam...Endang

  |  2019-11-10 12:05:21
yasmin from batam says:
mau nyoba nih yg pake' santan, di ajar mertua gak pake' santan. smpe skrg rasanya masih kurang pas di lidah sy..:)
Ha ha Yasmin. Silahkan coba, bandingkan hasilnya siapa tahu rasanya lebih pas. Banyak yg sudah nyoba kayaknya cocok tuch. Ntar kalau berhasil gak perlu mengkritik resep mertua lho ya ;-) Ntar beliau bisa tersinggung, mungkin memang tanpa santan paling pas buat mereka. Selamat Mencoba Semoga Sukses. Salam...Endang

  |  2019-11-10 12:02:52
martia from jakarta selatan says:
enakk pkai bgt thnks ya resep nya.....
Sama2 Martia. Selamat ya uji coba sambal gorengnya sukses :-). Ayo silahkan mencicipi resep2 yang lain. Thx juga sudah mampir. Salam...Endang

  |  2019-02-16 11:03:14
Jenni from Batu, Malang says:
Mbak, beli hati sapi di Jerman di mana?
Hallo Jenni. Di Supermarket meski tidak ada setiap hari tapi masing sering dijual. Beberapa Supermarket gantian menawarkan hati sapi. Ini satu2nya jeroan sapi yang masih dikonsumsi dan gampang dibeli. Kalau jeroan lainnya seperti usus, babat, paru dll sudah dibuang di lokasi penyembelian krn menurut mereka tidak layak dikonsumsi. Semoga penjelasan saya memberi pencerahan. Salam...Endang

  |  2018-01-26 13:45:37
Ryemas from Emirates says:
Mff Q baru lihat d, pinggir bahan2 ;-); Q akan coba mkasih ea atas share cook
Sudah ngebet mau masak sampai gak kebaca semua ya ;_). Selamat Mencoba Ryemas Semoga Sukses dan cocok di lidah. Salam...Endang

  |  2017-06-25 21:52:05
ani from jakarta says:
Mbk kl sy mau ganti pake ampela aja ...bgmn biar ampela itu matengnya empuk... apa ampelanya di goreng dl atau di rebus, atau dari mentah langsung di masukin ke bumbu tumisnya...?
Hallo Ani. Maaf jawabnya terlambat server web lagi problem seminggu ini :-(. Saya jawab langsung semoga masih sempat membantu. Kl pakai ampela direbus dulu sampai matang sama kayak pakai hati sapi. Trus diris-iris agak kecil baru dimasak. Jangan dimasukkan mentah nanti ampelanya alot. Selamat Mencoba Semoga Sukses. Salam...Endang

  |  2016-12-05 20:59:10
farokah from Kalimantan utara says:
resep soto asli lamongan
Hallo Farokah. Maksudnya apa ya? Kalau maksudnya mau tanya resep Soto Asli Lamongan kan sudah ada tuch, cari di Sun Menu Jawa sudah ada Soto Bandung sampai Soto Sulung Madura. Selamat Mencoba...

  |  2016-07-12 22:18:02
Carissa from Spain says:
Baru beres masak pk resep ini jam 11 mlm td,mbak. Kita bikin pk daging & kentang,tanpa ati n pete..krn pk daging kita ended up pk 400ml coconut cream biar nyusutnya agak lama,mbak (karna daging butuh waktu biar empuk).
Hallo Carissa. Sorry telat jawabnya soalnya habis liburan. Selamat untuk Sambal Goreng Dagingnya. Saya juga sempat bikin Sambal Goreng Hati waktu bulan puasa. Makannya saya temani trancam alias urap2 mentah. hmmm sedap. Anyway terima kasih untuk inputnya tentang penambahan santan untuk daging, ntar kalau sudha longgar saya update resepnya. Salam....Endang

  |  2015-08-11 22:38:06
esty from jogja says:
mbk mau nanya itu bumbu yg dihaluskan pake jahe???ga salah ya bukannya jahenya cm buat ngrebus hati sapinya.. tolong infonya makasi
Hallo Esti. Dua-duanya pakai jahe. Kira-kira seiris jahe & lengkuas untuk merebus hati supaya tidak bau hati mentah. Trus untuk bumbu halusnya juga pakai jahe seperti yang saya tulis di bahan bumbu halus. Resep sudah saya koreksi biar tidak bikin bingung ;-). Terima Kasih pertanyaan sekaligus masukannya. Selamat Mencoba, Semoga Sukses. Salam...Endang

  |  2015-07-30 21:25:36
indah lestari from pamulang, tangerang selatan says:
Udah beberapa kali masak samgor hati, karena mmg masakan favorit keluarga kami. Makanya, lihat resep samgor hati ini mesti langsung gatel pingin masak samgor hati lagi, biarpun lebaran kemarin sudah buat.. Hehehe.. Matur tengkyu for the recipe ya, Mbak Endang.. Kucoba masak untuk menu makan siang hari ini..
Gimana Indah hasil percobaaanya?? Semoga enak juga seperti resep-resep sebelumnya ;-). Terima Kasih juga sudah mampir. Ayo silahkan lihat resep-resep yang lain siapa tahu nemu resep baru selain SamGor he he. Salam...Endang

  |  2015-07-13 18:41:11
ayak sammy from mataram NTB says:
ini dia resep yg aku cari pas buat lebaran lusa,bermnfaat bnget buat yg ga terlalu bs masak kayak diriku hi hi hi tq ya ukhti....
Ayo..siapkan hidangan istimewa untuk Lebaran. Selamat Mencoba semoga rasanya Mak Nyuss ;-)

  |  2015-06-25 18:22:10
dewi sundari from jakarta timur says:
Makasih ya..dr dulu aq suka bgt resep ini,krna stiap lbaran mama aq sllu buat resep ini,,,tp aq msh kcl wkt itu..trs sekrg aq udah nikah mw bkin resep ini tp blm sempt krna mama aq kburu meniggl,,jd aq ga pnh bkin tp pas aq liat resep ini aq jd ingt resp mama aq..insyaallh lbrn ini aq mw bkin sekalian mw ingt maskn mama..mkash ya mba resep nya
Hallo Dewi. Masakan ibu paling lezat sedunia tak ada bandingannya!. Ayo silahkan dicoba semoga rasanya mirip dengan buatan Mama. Pasti Mama akan bangga resepnya dilestarikan putri tercinta. Terima Kasih juga sudah mampir ;-). Salam...Endang

  |  2015-01-03 00:23:42
Najla from Balikpapan says:
Wah enak sekali nih, Saya juga menulis resep Sambal kentang hati sapi di blog milik saya, Tentu dengan tulisan yang berbeda, Enak mbak sambalnya :-)
Hallo Najla ;-). Seperti saya tulis di atas banyak variasi resep Sambal Goreng Kentang Hati dan setiap versi tentunya unik dan lezat, tergantung daerah dan kebiasaan. Saya yakin versi Najla juga Mak nyuss ;-). Thx sudah nyasar kemari. Salam Hangat Sambal Goreng ha ha...Endang

  |  2015-01-02 02:58:05
fitri from bangka 2 g /jaksel says:
makasih ya..resepnya aku mau coba
Sama2 Fitri, resep ini termasuk salah satu yang paling banyak dicari ;-). Semoga cocok di lidah. Selamat Bereksperimen...Semoga sukses. Thx sudha nyasar ke mari ;-). Salam...Endang

  |  2014-12-24 10:33:53
rina from karawang says:
hamm kiki seng tak cari,dari kapan tau ngidam sambel goreng kentang ,pingin dibikinin emak tp ne jauh di kampung,disini muter2 rasanya beda dan jarang ada,msh y mba mau tak coba hamm ngiler tenan...
Rina resep ini memang umumnya dibuat untuk selamatan atau kendurian, wajar kalau dicari muter2 gak ketemu he he..Tapi bikinnya tidak susah kok, ayo silahkan eksperimen biar gak ngidam lagi ;-). Sudah banyak yang nyoba kayaknya banyak yang cocok tuch.. Selamat uji nyali semoga sukses. Salam...Endang

  |  2014-12-19 10:59:15
vishel from kalimantan barat says:
Mbak kalo mau diganti ati/ampela ayam gmn, Ap direbus dlu kyk ati sapi?! *Bru belajar s0alny :)
Hallo Vishel, kalau hati ayam asal dipotong kecil2 tidak perlu direbus dulu karena hati ayam lebih empuk dibanding hati sapi (silahkan lihat resep Kelia Hati Ayam dari Sumatra, hampir mirip). Untuk ampela harus direbus dulu baru dimasak kalau tidak direbus alot kayak karet nanti ;-). Ok Selamat mencoba semoga sukses. Salam... Endang

  |  2014-11-29 12:06:11
syafuroh from tegal says:
.dtambahin kemiri jg bisa kan yah,, bwt gurihkan masakan, kalo gak usah pake santen , gmana yah rasanya, soalnya saya gak suka santen.. ^_^
Ya coba saja Syafuroh. Kemiri itu fugnsi dasarnya mengentalkan kuah. Kalau gak pakai santan saya rasa tetep enak jadi mirip bumbu bali. Masak itu bukan ilmu pasti jadi silahkan saja berimprovisasi lagian masakan punya kita sendiri suka2 kita dong mau dikasih atau tanpa dikasih apapun ha ha. Salam....Endang

  |  2014-11-29 12:03:49
Lita Putri from Kota Malang says:
waaahhh mbak resepnya Mantaaap pake bingiiittss, saya udah nyoba, Alhamdulillah semua keluarga pada suka, padahal saya gak bisa masak, mereka jd heran...kok tumben masakannya bisa enak hehehehe , Makasih banyak ya resepnya mbak :-)
Ha ha ha komen Lita bikin saya ketawa. Berarti Lita jago masak dong buktinya sekali praktek langsung ces pleng :-). Cuman jarang dipakai aja tuch ilmunya ;-). Ayo diasah terus lama2 masak bisa jadi hobby lho. Terima Kasih sudah berani uji nyali... Salam...Endang

  |  2014-11-12 07:22:31
santi from bogor says:
mbak,, ini bisa tahan beraba lama ya kalo misal dimasukin kulkas gitu? biar skali masak banyak buat beberapa hari gitu ceritanya *ibu-ibu males masak*
Kalau dari pengalamanan saya Santi, di simpan di kulkas dan masih layak dikonsumsi untuk 3 hari. Jadi kalau hari ini masak, bisa dimakan sampai besok lusa begitu :-). Kalau mau bertahan lama, bagi beberapa bagian, dibungkus plastik trus disimpan di freezer, letakkan di suhu ruang sampai lunak kemudian dipanaskan sebelum disantap. Kalau difreezer seminggupun tetep bagus ;-). Semoga info saya membantu. Salam..Endang

  |  2014-10-30 08:23:47
Dewi kamilah from Bandung says:
Mantaaaappp...langsung mau praktek ahh,,kayanya enak banget.thnks ya info resep nya...:)
Emang enak Dewi. Ini resep paling diburu sama pembaca apalagi pas hari2 raya tertentu. Banyak yg sudah praktek kayaknya cocok tuch rasanya. Selamat Mencoba semoga rasanya benar2 Mantap ;-). Salam...Endang

  |  2014-10-04 16:46:51
from says:
Kyaknya resepnya muantaaaaapp ddeh,,,gue coba besok buat menu idul adha
Udah dicoba belum?? Gimana hasilnya ;-) Semoga sukses dan hasilnya Mak Nyuss...Selamat Hari Raya Idhul Adha.. Salam....Endang

  |  2014-09-15 10:26:14
Alyssa Mariana from singapore says:
Gonna try this look yummy...n make me hungry :)
Sorry Alyssa if this recipe makes you DROOL!! That's my intention ha ha ;-) So feel free to try it out and Bon Appetit . Regards...Endang

  |  2014-07-29 21:06:32
teguh from saudi says:
ini dia resep yg aku cari persis buatan nenekku di cirebon. thank's banget
Hallo Boss. Hari Lebaran pada rindu sambal goreng kentang hati, apalagi buatan Nenek tercinta !! Berarti nenek kita kitabnya sealiran dong ha ha ha. OK dech..Selamat Mencoba Semoga rasanya Mak Nyuss kaya punya Nenek. Thx juga sudah mampir. Salam...Endang

  |  2014-07-27 11:32:10
puji from ciledug says:
Thanks mbak endang resep sambal goreng hati ,sy sdh coba resepnya tuk pelengkap menu lebaran bersama kekuarga besar suami rasanya maaaantaaap...
Hallo Puji....Selamat oi....Saya ikutan senang dan bangga nich ;-). Koki hebat juga nich sekali coba langsung sukses. Selamat berlebaran bersama Keluarga Besar. Ayo bikin resep yang lain...Opor Ayam, Gule Kambing pasti laris di hari lebaran ha ha ha. Salam....Endang

  |  2014-06-06 09:27:12
rina from jakarta says:
Makasi resepnya ya mba endang... Sambelnya enak +gurih.. tapi qo atinya ga empuk ya???:( Tipss nya donk mba Biar atinya empukkk ;) Tq..:)
Hallo Rina. Supaya hati sapi tidak keras, waktu merebus potong2 tipis jangan biarkan utuh. Trus ngrebusnya agak lama bukan sampai hati berubah warna saja. Kalau kedua cara di atas gak mempan ada 2 cara praktis, pakai panci tekan/presto sekarang harganya lumayan murah. Kalau mau cara tradisional pakai buah nanas yang diparut hingga lembut atau daun pepaya, masukkan kedalam rebusan daging. Parutan nanas atau daun pepaya ini bisa dipakai merebus daging apa saja yang susah empuk dan butuh waktu perebusan yang cukup lama. Itu saja yang saya tahu, semoga tips2 di atas membantu. Coba lagi ya...dalam memasak ada sedikit gangguan itu biasa. Justru dari situ kita belajar, OK ;-) Salam...Endang

  |  2014-06-02 07:59:47
choty anwar from bangkalan madura says:
hmmmm wajib dcob nech untk menu ramadhan ntar... katax kemiri sbgai ganti santen..
Choty ada teori yang bilang kemiri adalah pengental santan atau kuah. Silahkan kalau mau ditambahkan. Dalam memasak kita bebas berekspresi yang penting hasilnya enak. Tul nggak? he he. he. Salam...Endang

  |  2014-05-31 20:05:48
Selvy bebeww from cianjur says:
Hmmmm,,resep'a mudah di dapat dan seperti'a bikin'a mudah patut di coba neh,,thx yakk dah bagi" resep n cara bikin'a.. Sya mwu coba di rumah sambel ati'a kesukaan suami saya ;)
Hallo Selvi..mangga atuh silahkan dicoba. Bikinnya emang gampang kok dan rasanya enak. Sudah banyak yang nyoba resep ini kayaknya banyak yg cocok. Selamat bereksperimen semoga sukses. Salam..Endang

  |  2014-05-02 07:28:43
tetik from kalimantan says:
Jos dech hasilnya.sampe keringetan sangking lahapnya makan.bagi" resep masakan khas jawa ya,mksh.
Hallo Tetik! Ha ha ha sampai keringetan plus kekenyangan ya. Selamat dech berarti Tetik bakat koki top juga nich sekali coba langsung Jos hasilnya. Lha resep dari jawa udah seabrek gitu Non, lihat di menu Jawa dan Madura, hampir semua resep utama khas Jawa mulai sudah tersedia tinggal diuji. Selamat bereksperimen. Salam...Endang

  |  2014-04-02 23:29:34
from says:
Kalau pakai santai Kara bisa nggak
Tentu saja bisa. Saya juga selalu pakai sediaan santan jadi soalnya kelapa untuk diparut barang langka di sini. Hasilnya juga tetap enak asal masaknya benar. ngomong2 ini siapa ya ??! ;-)

  |  2014-03-21 07:37:50
darel from bandung says:
tidak usah pake kemiri ya..
Terserah Darel dech. Ada versi resep sambal goreng kentang yang memakai kemiri katanya biar lebih gurih. Tapi kalau saya pribadi lebih suka versi dari Nenek saya ini, biar gak terlalu enek. Pakai santan kental saja menurut saya sudah cukup. Salam...Endang

  |  2014-02-14 13:27:36
Inda Naumann from germany says:
Hmmm...ini resep yg aku cari dari dulu udah ngiler nih he he...
Hallo Inda. Yach udah sana buruan bikin biar nggak lama2 ngiler hihi. Ini resep paling diburu dech nggak tahu kenapa ;-) Selamat Mencoba semoga rasanya mantap... Salam....Endang

  |  2014-01-07 07:27:30
ika from banyuwangi says:
Pengen sekali nyoba, kayaknya resep ini enak banget
Hallo Ika. Ayo2 silahkan dicoba, sudah banyak yang sudah uji nyali dengan resep ini kayaknya banyak yang cocok tuch ;-) Selamat mencoba semoga nyangkut di lidah. Salam...Endang

  |  2013-12-15 22:39:02
nita from jakarta says:
Resep ini wajib dicoba nih hehehe apalagi gebetan baru aku paling suka sama masakan ini, yummy
Ha ha ha....Nita bisa aja!! Semangat masak krn gebetan baru LOL.. Tapi kl si dia tambah sayang why not??! Cinta datang dari perut trus turun ke hati kata orang. Lanjut Non. Moga makin lengket di hati kyk kuah sambal goreng ha ha. Salam..Endang

  |  2013-12-07 16:26:52
RYEL from Bandung says:
tetep semangat mbak demi my lovely hubby yg doyan makan, seneng banget liat dia lahap makan jadi gak terasa cape nya, thanks ya sista
Aduh saya ikut senang dengernya. Istri yang sll ingin membahagiakan suami lahir batin susah dicari. Semoga Non Ryel juga selalu dilimpahi kasih sayang. Amien. Keep up the good work ;-)Salam Hangat Sist....Endang

  |  2013-12-06 07:40:07
RYEL from Bandung says:
ngak ada kata lain,,selain uenakk tenan
Oh...ternyata yang di atas itu Jeng RYEL ya he he. Masih semangat masak nich?? Lanjutkan Sist ;-) Salam....Endang

  |  2013-12-06 07:38:22
Rama anak mamah from Pabahanan Tanah Laut Kalsel says:
Masakan sambel goreng ati aku paling suka apa lg kalau mamah yg masak
Setuju Rama. Buat semua orang masakan Mama emang gak ada tandingannnya ;-)

  |  2013-12-06 07:36:51
Rina from Pabahanan says:
ganti santan dgn susu kental manis lbh ok
Pakai susu??!! Cara ini biasanya buat orang Indonesia yang lagi merantau dan susah beli santan. Kalau gak kepepet sich santan menurut saya lebih autentik dan sedap. Sekedar pendapat lho Non..

  |  2013-12-06 07:33:26
Fitriani from Amuntai HSU says:
Pakai lombok bnyk2 biar suamiku kepedasan. Xixixi
Iya biar suami nyerah trus sisanya bisa dimakan sendirian. itu sich namannya raja tega Fitri ha ha..

  |  2013-12-06 07:32:15
Slamet ae from Pantai Batakan Tala Kalsel says:
gmana cranya supaya gak terlalu bau aroma hati sapi?
Makanya waktu ngrebus hati di kasih jahe, lengkuas sama daun salam Bos biar baunya hilang. Trik ini bisa dipakai untuk hati/daging yang harus direbus dulu sebelum dimasak. Semoga membantu..

  |  2013-12-06 07:29:57
olfit from Didapur keren says:
Kalau aku suka yg pedas manis
Itu juga masalah selera Olfit, mau ditambah cabe 1 ons pun asal kuat makannya pasti makin sedap...

  |  2013-12-06 07:28:34
udien from pelaihari says:
mantap lg tambah kecap manis setelah santan
Yang ditambah kecap itu biasanya Bumbu Bali Bos. Tapi mungkin memang ada yang bikin sambal goreng pakai kecap..Indonesia banget itu hi hi.

  |  2013-12-01 08:27:15
from says:
Besok pagi mau nyobain nich special buat my bojo mumpung lg hari libur... Doa'in sukses yaaaa sista sista....
Ya gitu sing rajin masak..biar suami makin betah makan di rumah nggak marung he he he. Cinta datang dari perut trus turun ke hati kata orang. Selamat Mencoba dan semoga sukses. Ngomong2 ini siapa ya he he .. Salam..Endang

  |  2013-11-07 08:51:09
barry from padang says:
Baru tau ni ada sambel goreng pake santan
Sambal Goreng dari Jawa memang pakai santan Barry. Cobalah biar tahu rasanya pula ;-)

  |  2013-10-24 08:35:02
Eny Pudyastuti from Semarang says:
sambal goreng kesukaan anak saya nich...., tapi tanpa ati, jadi full kentang dan sambalnya aja. tq
Hallo Eny ha ha. Ngirit dong si kecil ;-). Ini resep dasar sambal goreng, isinya terserah sesuai selera. Silahkan bereksperimen siapa tahu si kecil juga suka. Salam...Endang

  |  2013-10-19 13:50:58
Elmi from NL says:
Mbak, hasilnya enak sekali. Tp knp yah,kok sambel gr kentang ati yg saya buat. Kentangnya agak hancur. Pdhl udh ikuti cara2nya Makasih
Hallo Elmi. Ada 2 penyebab. 1.Mungkin gorengnya kurang kering. 2.Kentang Eropa mmg lebih lunak dibanding kentang di Indonesia. Kl penyebabnya faktor ke2, lain kali masak kentang sebentar saja jgn dibarengin ati, biar gak hancur. Semoga membantu. Salam.

  |  2013-10-13 16:55:13
Vitry from Tangerang says:
Enak bgt,...jadi pengen lagi dan lagi,..hihihi thanks resepnya
Hallo Vitry....selamat masakan Non udah bikin ketagihan. Ayo tinggal bikin lagi..bikin lagi ;-) Thx juga sudah mampir. Salam...Endang

  |  2013-10-06 22:50:12
nada from palembang says:
trimakasih resepnya.,.,pasti nikmat.,.,. bisa d coba ,.,, simple buat pemula sprti sya,,. tapi rasanya pasti .,,. nikmatt
Hallo Nada. Ayo..ayo silahkan dicoba. Semua orang juga awalnya pemula termasuk urusan masak. Dan semua orang pasti bisa masak asal mau belajar ;-) . Selamat Mencoba...Nada yakin saja, pasti bakalan enak ha ha. Salam..Endang

  |  2013-04-29 11:21:12
shinta from madura says:
enak bangetss nicch resepnya,jadi pengen nyobain..pasti enak dan lezat....yuuuummmmyy..:)


  |  2013-04-05 17:36:33
puji from kep Riau says:
Enaaaak....bgd!!!!
Yang barusan nyoba pasti bertangan dingin nich. Thx atas kunjungannya Puji. Ayo silahkan diicoba resep2 yang lain. Salam...Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: