Resep Indonesia cooking from the heart

Mie Goreng

Bahan untuk 4-5 porsi:

  1. 250 gr mie kering atau mie telur, rebus dalam air mendidih, tiriskan
  2. 150 daging / fillet ayam, potong kasar
  3. 200 gr daun kol, iris sesuai selera
  4. 2 buah wortel, iris menyerong tipis
  5. 100 sawi hijau, potong-potong ( jika suka)
  6. 3 buah daun bawang, iris sepanjang 1 cm
  7. 100 gr taoge, bersihkan
  8. 3 buah cabe merah besar, iris kasar
  9. 5 buah cabe rawit, iris kasar (optional, jika suka pedas )
  10. 2 bt telur, buat orak arik
  11. 1 sdt bubuk kaldu rasa ayam
  12. 3 sdm kecap manis
  13. 1 sdt kecap asin
  14. 3 sdm minyak

Bumbu Halus:

  1. 5 buah bawang merah
  2. 3 buah bawang putih
  3. 1/2 sdt merica butir
  4. garam

Bahan Taburan:

  1. Bawang Merah Goreng
  2. Seledri, iris halus
Bahan Mie Goreng
Telur Diorak Arik
Bumbu Mie Goreng
Sayuran Untuk Mie Goreng
Masak Mie Goreng
Telur Mie Goreng
Kecap Untuk Mie Goreng
Mie Goreng Matang
Mie Goreng

Mie Goreng

Rated 4.6/5 based on 16 reviews
RecipeYield 5 • PrepTime P1H0M Indonesian makanan utama Mie Goreng, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia dengan pengaruh kuliner Cina Imigran

Catatan..

Siapa tak kenal Mie Goreng? Seperti halnya Bakso, Mie Goreng ibarat makanan rakyat yang bisa kita santap di mana saja, kapan saja. Mulai dari restauran mewah di hotel berbintang lima sampai warung2 di pinggiran jalan bahkan akhir-akhir ini Mie Goreng sudah sangat dikenal di luar Indonesia. Di Eropa terkenal dengan sebutan lengkap Bakmi Goreng.

Terus terang saya bangga sering melihat sajian Mie Goreng di warung2 cepat saji atau kadang tersedia dalam paket instan beku di beberapa supermarket di Jerman. Rasanya? Mulai yang lumayan sampai yang ngalor-ngidul nggak karuan di lidah. Hanya satu hal yang bikin saya sedih dan kecewa, semua produk itu bukan Made In Indonesia ;-(. Tapi mau gimana lagi? Satu2nya cara yang bisa saya lakukan adalah berusaha mempopulerkan hidangan ini dalam resep aslinya, syukur2 kalau mereka mau mencoba sendiri di rumah.

Anyway menyantap Mie Goreng panas-panas dengan tambahan acar mentimun hmmmmmmmmmmm....dari baunya saja sudah bikin lapar ;-) Anda tertarik untuk bikin sendiri di rumah? Meski kelihatannya rumit dan perlu pernak-pernik bahan, bikinnya gampang dan dijamin sajian ini cepat ludes.. Catatan: Buat anda yang tinggal di LN di mana cabe rawit susah didapat, solusinya silahkan ganti cabe rawit dengan Sambal Oelek. Selain itu jenis sayuran bisa anda variasi sesuai selera.

Cara Membuat:

  1. Didihkan air, rebus mie telur sesuai petunjuk. Tiriskan. ( Di Indonesia anda bisa memakai mie telur basah siap pakai ).
  2. Jika anda pakai mie telur basah, siram dengan air panas supaya minyaknya larut. Tiriskan.
  3. Kocok telur, beri sedikit garam dan buat orak arik telur. Sisihkan.
  4. Ulek bahan bumbu dengan cobek sampai halus.
  5. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai matang dan berbau harum.
  6. Tambahkan daging ayam, masak sambil diaduk-aduk sampai ayam berubah warna.
  7. Tambahkan cabe, irisan wortel dan daun kol. Aduk2 sampai sayur layu dan hampir matang.
  8. Masukkan mie, sawi hijau, daun bawang, taoge dan orak-arik telur. Aduk rata. Masak sampai sayuran matang.
  9. Tambahkan bubuk kaldu, kecap asin dan kecap manis. Aduk hingga rata.
  10. Cicipi, jika perlu tambahkan garam sesuai selera. Angkat.
  11. Taburi dengan bawang goreng dan seledri. Sajikan panas dengan acar mentimun jika suka.

Catatan Tambahan:

  1. Bagi anda suka makanan extra super super pedas dan mau uji nyali, silahkan coba resep hit favorit pembaca yaitu Mie Goreng Supeeer Pedas. Ditanggung anda akan ketagihan he he.
  2. Jika tertarik variasi bahan lain silahkan coba resep Bihun Goreng, Kwetiau Goreng atau Bihun Goreng Medan.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments:

Your Rating:

Name:

Location:


Write your review:




2021-02-23 18:09:55

Nuryawati Riandani Andriana from cibubur says:

wah enak nih mie nya apalagi karena pakai banyak jenis sayuran nya jadi lebih enak dan menarik tampilan nya. ada saran tambahan nih siapa tahu ini bisa jadi catatan tambahan buat resep ini, yakni tambahkan jamur kancing sesuai selera jika anda suka ke tumisan sayuran nya (sebelum memasukan mie nya ke peng goreng an)

Silahkan ditambah apa saja sesuai selera yang masak dan makan, tul kan Andriana ?. Terima Kasih untuk masukannnya semoga memberi inspirasi bagi yang lain. Salam...Endang


2021-02-22 18:26:08

saraswati hayurani from bandung says:

enak mie goreng nya, ngelihat hasil nya dan mencium aroma nya yang segar jadi bikin saya lapar nih. rasa nya kurang lengkap kalo tanpa iris an acar. kalo ada acar bikin tambah wangi dan harum mie goreng nya. kira 2 gimana yah cara bikin acar nya? apakah perlu cuka putih atau sejenis nya?

Pakai cuka yang putih itu. Umumnya acar dibumbui garam, cuka dan sedikit gula pasir direbus dalam air sampai mendidih. Tinggal dimasukkan irisan mentimun yang sudah dibuang bijinya , rebus sebentar asal layu. Kalau mau acar komplit dan pedas silahkan pakai resep Acar Kupang dari Nusa Tenggara :-)


2021-02-21 14:56:41

wirda tunjungsari from surabaya says:

aku suka ama resep nya. enaaak... mau tanya bu, kalo bahan merica dan lada / lada putih kira 2 sama gak yah? makasih

Selamat Mie Gorengnya sukses Wirda :-). Merica dan Lada itu sinonim alias sama. Cuman jenisnya ada 2 lada putih dan lada hitam. Tapi hati-hati dengan istilah lada menurut minangkabau. Dalam khasanah kuliner Minang lada atau tepatnya lado artinya cabai. Makanya ada resep sambal lado mudo/ijo artinya sambal cabai muda/hijau atau sambal lado merah. Semoga memberi pencerahan :-) Salam...Endang


2021-02-21 13:59:27

Irmi Nurhayati from tegal says:

kalo saya pake resep ini buat bikin bihun goreng, bahan mie nya di ganti ama bihun, kira 2 bisa kan? soal nya saya lihat jenis sayuran nya lebih banyak di pake di resep mie goreng ini d bandingkan ama resep nya bihun goreng sehingga hasil nya lebih menarik dan cantik

Bisa saja Irmi :-). Silahkan pakai resep ini tapi bihunnya direndam pakai air dingin biar hasilnya mantap :-)


2021-02-21 13:57:52

Rita Sugiartiningrum from Bogor says:

ada yang lupa, saya tadi pake mie nya "Mie Telor Cap 3 Ayam yang mie pipih (kemasan warna kuning) dan mie bulat (kemasan warna merah)". Kalo yang mie bulat pas abis di rebus koq jadi agak lengket yah pas di tumis dan goreng, sementara yang mie bulat nya gak lengket cuman yang ada agak lembek saat di tumis dan goreng. terima kasih

Saran saya kalau ngrebus mie itu sampai al dente (istilah bahasa italia). Jadi matang tapi gak sampai nyampai titik lembek/lunak. Atau lebih baik kurangi waktu perebusan yang tertera dalam petunjuk. Jadi angkat sebelum batas akhir perebusan kurang lebih 1 mentui sebelumnya. Langsung ditiriskan dan disiram dengan air dingin supaya proses perebusan berhenti. Nanti pas di masak/di goreng kan berlanjut proses pemanasan. yang jelas kondisi wajan memang menentukan jua Rita :-). Silahkan coba lagi, jangan putus asa nanti lama-lama akan tahu triknya :-).


2021-02-21 13:50:27

Rita Sugiartiningrum from Bogor says:

pengalaman saya kalo masak mie goreng koq suka lengket di kwali atau panci nya? kira 2 ada kah yang salah dari cara masak mie nya? apakah kurang minyak kah saat menggoreng mie nya atau kwali / panci nya yang harus anti lengket / tidak lengket bahan nya atau ada masalah lain nya (saran dan masukan nya sangat berarti buat saya nih)? koq orang laen banyak yah yang berhasil gak lengket bikin mie goreng nya? mohon saran dan masukan nya bu endang, agar kedepan nya kejadian saya ini tidak terulang kemb

Hallo Rita :-) Supaya gak lengket pastikan mie dimasukkan terakhir. Setelah bumbu ditumis sampai benar-benar matang, masukkan irisan filet ayam dulu (kalau dipakai) dan terus diaduk-aduk sampai matang, kemudian masukkan sayuran mulai dari yang keras dulu diikuti yang lunak. Campur semua sampai rata dengan cepat. Nah baru masukkan mie paling terakhir. Kalau mie lengket satu sama lain setelah direbus (sebelum dimasukkan ke wajan) basahi atau siram mie yang sudah ditiriskan sebelumnya dgn air hangat, tiriskan kembali baru masukkan ke wajan. Segera tambahkan kecap manis untuk menambah kelembaban juga. Aduk2 sebentar langsung angkat dari api. Kalau terpaksa sekali, tambahkan air panas tapi sedikit saja supaya nanti mie gorengnya nggak lembek/benyek karena kelebihan air. Itu saja yang bisa saya sarankan. Semoga membantu. Salam..endang


2020-04-15 18:49:28

enny from lampung says:

mbak itu mie nya direbus duly atau cukup rendam pake air dingin ya..beda nya apa ya mbak

Kalau Mie direbus dulu Enny tapi ngrebusnya pastikan jangan sampai kematangan nanti Mie Gorengnya benyek. Masukkan mie pada saat air sudah benar-benar mendidih. Kalau Mie gak bisa lunak hanya dengan direndam pakai air dingin beda sama bihun. Saya gak tahu mengapa beda. Tapi Enny bisa merendam mie yang barusan direbus, trus ditiriskan lalu langsung rendam dalam air dingin selama 1 menit habis itu langsung ditiriskan kembali. Tujuannnya untuk menghentikan proses pemanasan supaya mie tidak lembek atau lengket satu-sama lain. Semoga penjelasan saran saya membantu. Salam..Endang.


2020-03-09 22:58:15

Aciana from Surabaya says:

Aku pakai mie burung dara , trus ayamnya aku ganti bakso :D Telepati lg nggak nih jangan2 Chef Endang mau bikin miegor juga :p Aku cek yg versi englishnya , flat parsley itu seledri? cause i found on google seledri is celery but i think it's different :O

Nope...Hari ini saya coba resep baru untuk makan malam. Berhasil dan enak tapi belum sempat nggarap apalagi posting. Kalau pas akhir pekan males, pas hari kerja malah niat experiment ;-). But cooking is like art Aci, you will succeed when you have really space & passion for it ;-). Therefore.. Aci, don't cook because you have to but if you really want to do it spontaneously. Otherwise you'll get bored soon ;-P. Anywy what you said about the difference between flat parsley & celery is correct. Just a small tips, when you search in google, look for images then you'll get the right answer quickly ;-)


2020-02-18 19:55:49

Ila from Surabaya says:

Apakah perlu dikasih air ya? Seringkali masak mie, tapi jadinya mienya kering dan masak mienya belum selesai, sudah lengket2 di wajan

Gak perlu air Ila. Kan mienya sudah direbus terlebih dahulu tinggal dicampur. Supaya gak kering, pastikan setelah bumbu ditumis sampai benar-benar matang, masukkan irisan filet ayam dulu (kalau dipakai) dan terus diaduk-aduk sampai matang, kemudian masukkan sayuran mulai dari yang keras dulu diikuti yang lunak. Campur semua sampai rata dengan cepat. Nah baru masukkan mie paling terakhir. Kalau mie lengket satu sama lain basahi atau siram mie yang sudah ditiriskan sebelumnya dgn air hangat, tiriskan kembali baru masukkan ke wajan. Segera tambahkan kecap manis untuk menambah kelembaban juga. Aduk2 sebentar langsung angkat dari api. Kalau terpaksa sekali, tambahkan air panas tapi sedikit saja supaya nanti mie gorengnya nggak lembek/benyek karena kelebihan air. Itu saja yang bisa saya sarankan Ila. Semoga membantu. Salam..endang


2020-02-18 19:31:08

mansur from Tg pinang Kepri says:

Wah ini bisa bermanfaat sekali buat saya,terimakasih, Semoga Allah memnalasnya.

Ayo Mansur buruan segera bikin. Selamat bereksperimen semoga cocok dengan selera Boss :-). Terima Kasih sudah sempat nyasar kemari. Salam...Endang


2019-11-10 12:05:58

Monica from Surabaya says:

Selama ini cm bs makan mie goreng doang, tapi ga bisa masaknya. Sekali coba2 masak, eh ga enak tenan sampe suami ga mau makan. Sy ngabisin sendirian sambil kecewa. Trus iseng coba resep mbak, hasilnya luar biasa. Sy sampe nambah2, hrs tahan nafsu spy suami kebagian ;-). Makasih mbak. Semoga muncul resep2 baru.

Selamat Monica Mie Gorengnya sukses. Saya juga ikut senang dan bangga. Semoga suami tidak perlu makan mie goreng di luar lagi he he. Ternyata bikin mie goreng yang enak tidak susah kan? ;-) Saya juga selalu bikin mie goreng sendiri sampai sekarang soalnya gak ada yang jualan di sini. Kalau Monica doyan makan pedas dan mau uji nyali cobain dech Mie Goreng extra pedaaas menunya tepat di bawah resep Mie Goreng. Ditanggung pedas2 lezaaat. Salam...Endang


2015-11-25 22:33:10

wiwin from jakarta-indonesia says:

thank you so much......

Feel free to try and enjoy your meal Wiwin. Thx for stopping by. Salam...Endang


2015-10-24 22:51:56

adisty from semarang says:

Trimakasih banyak mb lestari...membuat saya dri tak suka dapur jdi sukak d dapur.... Tuhan membalas kebaikanmu mbak murah ilmu...lov u mbakku muaaahhh

Adisty....Terima Kasih banyak juga sudah berani uji nyali dengan resep hasil try error saya ha ha. Saya ikut bangga dan bahagia, Adisty mulai mengubah paradigma memasak dari kewajiban menjadi hobby. Itulah harapan terbesar saya. Semoga hobby baru ini membawa kebaikan untuk Adis dan keluarga tercinta. Amin. Keep Cooking Sista !!! Salam hangat Mi Goreng muaaah ;-) ...Endang Lestari


2015-09-22 08:09:01

rizkyana casonato from san dona di piave, veneto, venice says:

Mba yu... aku kesulitan cari kecap manis n asin yg pas buat mie n nasi goreng. Aq domisili di italy, mb biasanyapake merk apa sih? Suzi wan n ponti aj yg biasa aq pake, tp ga begitu enak, mohon penjelasannya




2015-08-11 22:39:35

EffaMardiana from Blitar says:

Thanks ya mbk buat temen2 besok mau datang,kayagnya cocok simple n enak

Hallo Effa. Cocok tuch bikin Mie Goreng untuk acara kumpul-kumpul. Di tambah acar dan nglethus cabe hijau bagi yang suka pedas..wow..sedap. Selamat Bereksperimen..Semoga hasilnya Mak Nyus. Salam...Endang


2015-03-25 21:18:37

risna from bangkalan madura says:

Trims yaa info resepx..nii bsg adik ipar mau ujian praktek mie grng jd aq deh y masak.smg bsg sukses

Lho yang ujian adik ipar kok yang masak Risna ha ha ha. Maksudnya ini pra ujian di dapur sendiri trus Risna guru pembimbing ya hi hi. Yach semoga sang adik lulus ujiannya Risna kita doakan bersama-sama. Semoga hasil praktek mie gorengnya Mak Nyuss. Salam....Endang


2015-02-01 09:29:11

tini from brunei says:

Baru sy praktekan simple tp yummy.tq mb

Selamat Tini Mie gorengnya sukses. Masakan yang enak tak ahrus yang ribet2 asal bumbu dan masaknya benar. Ayo silahkan lihat2 resep yang lain banyak lho resep simpel tapi lezat: Ayam Goreng Mentega. Tumis Kangkung misalnya. Thy sudah nyasar kemari. Salam...Endang


2013-07-11 18:59:46

ryaniie from papua says:

wiih lagsung laperr bawaanya heheh

Makanya segera bikin dong he he..


2013-07-06 10:38:36

ani mardiani from bengkulu says:

menu andalan di rumah makan tempat saya bekerja selain masakan NASI GORENG,AYAM BAKAR,ADA JUGA MIE GORENG SPECIAL pake cumi dan udang boleh dicicip mie goreng ditempat saya

Mie Goreng emang makanan rakyat yang tersedia dengan berbagai variasinya. Ada di mana saja dan bisa disantap kapan saja. Hidup Mie Goreng ;-)


2013-06-20 19:13:03

Juliana from Bayern Germany says:

Mie nya ueeenak :-) seneng dah mencicipi langsung buatan sang koki :-) salam dari kami berdua

Lebih asyik lagi mencicipi masakan sendiri, ditemani sama si hubby tul nggak? he he he . Salam balik juga dari kami Juli. Kapan ya kumpul2 sambil masak2 lagi ;-)


2013-03-21 21:11:46

Luna from Batam says:

ini untuk skolah, ada semacam lomba masak dech,..

Hallo Luna. Silahkan berlomba semoga masakannya Luna jadi juara dech ;-) Memasak itu seni..silahkan berimprovisasi, tambah ini itu biar tambah cakep penampilan. tapi jangan lupa yang penting rasanya ya he he. Salam...Endang


2013-03-10 11:49:13

zen from jatim says:

akhirnya bsa masakin mi spesial buat suami...tengkyu..:)

Hallo Zen. Selamat ya udah sukses bikin Mie Gorengnya. Yang udah nyoba pasti bertangan spesial juga nich ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain biar tambah disayang sama Hubby he he. Thx untuk apresiasinya. Salam...Endang


2013-01-27 09:39:35

arieputra from pekanbaru says:

mbak saya koki di hotel pekanbaru, saya lagi buntu mbak soal menu indonesia, jadi resepnya berarti kali buat saya.

Hallo Arie. Ayo jangan segan2 menyajikan menu tradisional di hotel. Mari kita promosikan bersama-sama masakan tradisional Indonesia. Selamat Berkarya dan Semoga Sukses!!! You've got my full support ;-)). Salam....Endang


2012-10-19 09:34:48

ria from ragunan says:

mie goreng aku kurang paham krn aku pake kemiri jd agak lengket tp suamiku palng suka yg namanya mie terpaksa aku sering masak,mksh rsepnya

Hallo Ria. Dalam resep " Suun Goreng" saya juga pakai kemiri. Itu salah satu bumbu khas Mie Goreng Jawa.. Rasanya juga enak.. Anyway selamat mencoba variasi Mie Goreng lain yang nggak pakai kemiri. Thx sudah mampir. Salam ..Endang


2012-10-13 19:32:15

feni from jakarta says:

Mbaaaakkk, akhirnya aku bisa bikin mie goreng *senengnyaaa :D. Tengkyu ya mbak uda mau bagi-bagi resep nya. Aku paling suka mie goreng, tp juga paling ga bisa bikin mie goreng coz rasa nya ga pernah benerrr haha:D. Tp skrg aku da bisaaa, tengkyu tengkyu ya mbak :*

Hallo Feniiiiiii...aduh senengnya saya baca komen Feni. Selamat ya sudah berani uji nyali & hasilnya sukses. Itu juga harapan terbesar saya. Ayo coba lagi resep2 yang lain. Makasih juga untuk apresiasinya. Salam hangat Mie Goreng ha ha...Endang