Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Daging Bumbu Bali

Bahan:

  1. 500 gr daging sapi tanpa lemak
  2. 1 buah tomat, cincang kasar
  3. 2 cm lengkuas, iris tipis atau geprak
  4. 1 batang serai, potong jadi 2, memarkan
  5. 3 lbr daun jeruk purut, iris kasar
  6. 2 lbr daun salam
  7. 500 ml air panas
  8. 1 sdt asam (dilarutkan dengan 2 sdm air)
  9. 2 sdm kecap manis
  10. 1 sdt garam atau sesuai selera
  11. 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  12. minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu Halus:

  1. 8 bh bawang merah
  2. 3 bh bawang putih
  3. 7 bh cabe merah, buang biji
  4. 5 butir kemiri
  5. 2 cm jahe
  6. 1/2 sdt terasi goreng atau bakar
Bahan Daging Bumbu Bali Bumbu Bali Tumis Bumbu Bali Daging Masak Daging Bumbu Bali Daging Bumbu Bali Masak
Daging Bumbu Bali

Daging Bumbu Bali

Rated 4.9/5 based on 11 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H0M
Porsi 4 • Waktu 1 jam, 0 menit Indonesian makanan utama Daging Bumbu Bali, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Bali

Sumber: Nenek Saya Mbah Toyo

Catatan..

Terus terang saya tidak tahu pasti apakah resep masakan ini benar-benar berasal dari Pulau Bali. Faktanya masakan ini sangat terkenal di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Timur, resep ini bahkan menjadi resep wajib acara selamatan. Seingat saya waktu kecil, saat orang tua dan semua tetangga saya punya hajat, mereka akan mengirimkan makanan di dalam takir.

Takir adalah wadah makanan yang dibuat dari daun pisang, berbentuk bujur sangkar dan didalamnya berisi nasi yang ditemani beberapa lauk-pauk yang ditaruh dalam wadah-wadah terpisah yang dibuat dari daun pisang juga. Lauk Pauk tsb umumnya terdiri dari : Mie Goreng, Sambal Goreng Kentang Hati, Kering Tempe, Perkedel Kentang dan tak ketinggalan Daging atau Ayam atau Telur Bumbu Bali. Makanya saya sampai hapal di luar kepala karena seringnya saya berlomba dengan saudara2 menggasak isi takir sampai ludes. Siapa cepat pasti dapat...... Ayam Bumbu Bali !! ha ha ha.

Catatan: Jika suka daging bisa anda ganti dengan ayam atau telor atau campuran tahu dan telur. Selamat Mencoba...

Cara Membuat:

  1. Potong-potong daging sapi secara melebar setebal kurang lebih 1 cm melawan serat biar tidak alot.
  2. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk purut dan daun salam dalam wajan cekung yang agak besar hingga matang dan berbau harum. ( kurang lebih 10 menit)
  4. Tambahkan daging dan tomat cincang. Masak sambil diaduk-aduk hingga daging berubah warna.
  5. Tuangkan air panas ***. Kecilkan api dalam posisi sedang dan teruskan memasak sampai air menyusut dan daging benar-benar matang.
  6. Tambahkan air asam dan kecap manis.
  7. Terakhir tambahkan garam dan gula sesuai selera.

Catatan:

  1. *** Tambahkan air panas supaya rasa daging terkunci sehingga rasanya lebih sedap.
  2. Daging Bumbu Bali bisa anda buat sehari sebelumnya, simpan dalam kulkas supaya bumbu meresap dengan sempurna dan terasa lebih sedap.

Tips:

  • Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  • Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


  • Reviews & Comments

      |  2021-02-06 14:37:23
    Wieke from Belgia says:
    Hallo Mba.. resepnya oké banget..suami & anak2ku suka sekali..tapi untuk cabenya aku ganti paprika merah biar anak2 bisa ikutan makan karna lidah mereka ga terbiasa makan pedas, so buatku terpaksa bikin sambel deh karna klo ga pedes kurang mantap buatku :). Tiap ngundang mertua & adik ipar kerumah suami minta dimasakin ini. Mertuaku juga suka sekali tapi ya itu cabenya ku ganti paprika (menyesuaikan lidah mereka hehehe). Oh iya mba, banyakin juga posting untuk masakan sayuran donk
    Hallo Wieke :-). Selamat Bumbu Balinya sudah sukses dilaunching bahkan ke mertua :-). Wow pasti sudah hapal di luar kepala nich kl sudah sering menjamu keluarga suami. Anyway ya untuk menyiasati lidah eropa memang harus kreatif dan flexibe Wieke. Kalau saya masih pakai cabai tapi isi dan selaput yang putih itu saya buang jadi gak pedas. Resep sayur, lah tempo hari saya bikin oseng2 dari wirsing (pengganti dari daun singkong). Sayur khas Asia lagi susah belinya musim covid mana di jerman licht lockdown lagi, toko2 pada tutup :-(. Cuman bisa praktek sayur2an yang ada di supermarket normal : kohlrabi, buncis, sawi putih, terong, bayam itu aja diputer-puter. Sabar dulu ya Sist. Thx sudah nyasar kemari. Take care & stay safe :-). Salam dari tetangga :-)...Endang

      |  2020-10-23 08:19:09
    Olive from Jakarta says:
    Mba Endang lapor...barusan aku recook resep daging bumbu bali..uenaaak bangettt mba. Anak-anak dan suami sampai nambah2 makannya hehehe. Top banget resepnya mba..makasiih banget looh. btw, kenapa aku ga bisa klik bintang ke-5 ya?kan jadi ngasih bintang 4 deh tuuh huhuhuuu. Oya mba, ada instagram kah mba?mau aku follow, pengen bersua juga di instagram :) sekali lagi tengkyu yaa mba resep2nya, masih banyak yang pingin dicobain niih.
    Hallo Olive :-). Selamat untuk Bumbu Balinya. Waduh makin canggih bervariasi menu di dapur Olive :-). Saya ikut bangga sekali. Olive benar-benar bakat dan yang penting semangat mencoba resep-resep baru. Itu modal paling utama! Instagram? pernah saya join tapi cuman 2 bulan saya uninstalled. Maaf Olive, sepertinya sosmed bukan dunia saya. Saya merasa melihat hal-hal yg tidak perlu saya lihat dan merasa ada sedikit tuntutan untuk memperlihatkan balik hal-hal yang tidak perlu atau memberi nilai tambah untuk orang banyak. Intinya saya tidak nyaman saja. Lebih baik ngendon di dapur saja lebih memberi manfaat :-). Saya ada pinterest elestari0630, isinya ya cuman resep. Tapi dr situ bisa contact juga :-). Salam..Endang

      |  2019-11-02 15:03:00
    dewi from medan says:
    kalo pake ikan nila bisa nggak kak?terus perlu digoreng dlu gk nilanya?
    Hallo Dewi. Maaf jawabnya terlambat soalnya lagi liburan. O ya tentu saja bisa. Bumbu Bali cocok dipadu dengan bahan apa saja. Ikan Nila apalagi pasti enak. Sebaiknya digoreng dulu ikannya biar tambah lezaaat ;-) Selamat Mencoba semoga sukses. Salam...Endang

    Tulis Komentar Anda:

    Rating:



    Nama:



    Lokasi:



    Write your text:

    Tulis Komentar: