Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Trancam

Bahan:

  1. 150 gr kacang panjang, iris agak halus (skip jika tak ada, jangan diganti dengan buncis mentah, nanti kena perut kembung)
  2. 150 gr mentimum, cincang halus
  3. 100 gr taoge pendek, siangi (kalau tak ada taoge pendek, ganti dengan taoge biasa)
  4. 50 gr petai cina atau lamtoro (jika ada)
  5. 1 genggam/50 gr daun kemangi
  6. sayuran lain sesuai selera dan ketersediaan bahan (daun kol, selada, lobak, kenikir, pucuk daun jambu biji, dll.....)
  7. 200 gr kelapa yang tidak terlalu tua, parut memanjang) atau 100 gr sediaan kelapa parut kering
  8. 100-150 ml santan kental jika menggunakan kelapa parut kering.

Bumbu Halus:

  1. 3 buah cabe merah besar, buang bijinya
  2. 5 buah cabe rawit merah (tambah jika suka pedas)
  3. 2 siung/6 gr bawang putih
  4. 2 cm/6 gr kencur (ganti dengan 1/2 sdt kencur bubuk jika tak ada)
  5. 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  6. 1 sdt terasi bakar/goreng
  7. 1 sdm gula merah atau gula pasir
  8. 1 sdt garam atau sesuai selera
Mengiris Bahan Trancam Racikan Bahan Trancam Bumbu Halus Trancam Kelapa Kering Dan Santan Kelapa Kering Dilembabkan Bumbu Kelapa Trancam Racikan Trancam Bahan Penyusun Trancam
Trancam

Trancam

Rated 5/5 based on 4 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P0H30M
Porsi 4 • Waktu 0 jam, 30 menit Indonesian salad Trancam, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa Tengah

Catatan..

Trancam adalah sajian salat yang terdiri dari daun2an atau sayuran mentah bercampur dengan bumbu kelapa. Sekilas mirip Urap-Urap tetapi keduanya punya perbedaan mendasar. Dalam Urap2, bahan sayuran di rebus, bumbu kelapa dikukus baru keduanya dicampurkan. Untuk trancam, bahan dedaunan beserta bumbu kelapa semuanya mentah dan biasanya langsung dihidangkan.

Meski Trancam identik dengan kacang panjang, mentimun dan petai cina/lamtoro, anda bisa bervariasi dengan bahan apapun yang tersedia di tempat anda. Seperti dalam resep yang saya posting ini, saya modifikasi bahan dengan daun kol dan lobak merah. Rasanya ???!! Hmmmm...sesuai namanya bisa2 anda TERANCAM kekenyangan ha ha ha...

Catatan: Beberapa buku atau referensi resep jaman sekarang ada yang menyebutkan, kelapa dikukus dulu baru dicampur bumbu halus atau bumbunya dikukus/disangrai dulu baru dicampur dengan bahan sayuran. Metode ini sebenarnya modifikasi untuk alasan keawetan bumbu supaya tidak lekas basi atau karena takut cacingan ;-). Tetapi kalau anda ingin menikmati Trancam secara original yang bikin mentah semua dan langsung disantap. Cara seperti itu juga yang selama ini saya kenal dan tetap saya ikuti ;-).

Bumbu wajib untuk Trancam adalah kencur dan daun jeruk purut. Jadi usahakan keduanya hadir meski dalam bentuk kencur bubuk atau daun jeruk purut kering. Karena tanpa kedua bahan tersebut, rasanya tak akan sempurna di lidah.

Catatan Penting : Bagi anda yang tinggal di Luar Negeri di mana kelapa segar untuk diparut mustahil didapatkan, jalan satu2nya adalah memakai sediaan kelapa parut kering yang ada di Supermarket. Kelapa parut kering/desiccated coconut berasal dari kelapa tua yang nyaris tidak mempunyai kandungan santan lagi. Akibatnya bahan ini akan menghasilkan Bumbu trancam yang kering dan terasa hambar. Solusinya: Tambahkan santan kental ke dalam adonan bumbu urap sesuai takaran yang saya tulis di resep. Ditanggung Bumbu Trancam akan bertekstur lembab dan terasa gurih dan sedap. Jangan ditambahkan dengan air biasa, nanti rasanya seperti ampas kelapa basah ;-). Selamat mencoba.

Cara Membuat:

  1. Sayuran: Iris, potong2 atau cincang semua bahan sayuran/dedaunan. Sishkan.
  2. Bumbu Kelapa: Jika anda memakai kelapa segar, kupas kulit ari kelapa, parut memanjang. Sisihkan.
  3. Jika anda memakai sediaan kelapa parut kering, tambahkan santan sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata dan kelapa lembab.
  4. (Jumlah santan sekitar 100 ml - 150 ml, tergantung kekentalan santan yang ada pakai dan kelembaban bumbu yang anda inginkan).
  5. Ulek bahan bumbu halus dengan cobek atau blender sampai halus.
  6. (Jika perlu tambahkan sedikit air ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran).
  7. Campurkan bumbu halus dengan kelapa parut, aduk sampai benar-benar rata.
  8. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  9. Tata bahan sayuran dalam tempat saji.
  10. Campur sayuran dan bumbu kelapa sesaat sebelum dihidangkan.
  11. Hidangkan segera bersama nasi panas dan ikan asin goreng.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  2. Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.


Reviews & Comments

  |  2021-02-21 15:07:08
Agnes from Tilburg says:
Suwun mbak untuk ide menambahkan santan. Nanti kucoba. Aku sering buat terancam dengan dessicated coconut dan memang rasanya mirip ampas kelapa parut hahaha. Ibu di Jogja selalu buat terancam kalau ada yang ulang tahun, seger banget dengan kacang panjang yang diiris tipis-tipiiiis. Aroma kencur dan jeruk purutnya bikin aku ingat rumah masa kecil.
Tinggal di LN bikin kreatif Agnes, sayang memori indah di tanah air cuman diganti ampas kelapa wa kkk :-). Cobalah untuk apa saja, isian dadar gulung, taburan klepon dll ditanggung enak dah :-). O ya kalau gak ada kemangi pakai rucola aja rasanya jgua eksotis :-). Salam dari sesama perantau ...Endang

  |  2020-11-20 07:39:02
Harry from Bandung says:
Terima kasih resep trancamnya.Kata simbok saya (skrg umurnya 87). Juga perlu ditambah tempe diiris halus terus disangrai lalu dicampurkan dalam bumbu trancam ..... lebih nyamleng lho Mbak.
Hallo Harry :-) Terima Kasih untuk masukan dari Simbok tercinta :-). Saya malah belum tahu tentang penambahan tempe sangrai ini. Nanti lain kali saya coba. Semoga ide Sinmbok bermanfaat untuk rekan-rekan semua. Salam untuk Ibunda :-). ...Endang

  |  2020-10-22 20:01:27
Sudarmadji from Pekanbaru Riau says:
Trancam mantab pokoknya. I like Trancam, It tastes good.
Agree Bro ;-). Makanan ndeso nan lezaaat !!! Bisa-bisa terancam gemuk nich nasi sebakul bisa ludess ha ha :-D. Thx for stopping by :-). Please take a look , there are lot of delicate recipes wait for you :-). Salam...Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: