Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Tempe Tahu Goreng

Bahan:

  1. 250 gr Tempe
  2. 250 gr Tahu
  3. Minyak untuk menggoreng secukupnya (kurang lebih 150 ml)

Bumbu Perendam:

  1. 1 siung bawang putih, 2 siung jika ukuran kecil
  2. 1 sdt ketumbar atau 1/2 sdt ketumbar bubuk
  3. 1 sdt garam atau sesuai selera
  4. 100 ml air dingin
Bahan Tempe Goreng Bumbu Tahu Tempe Goreng Tahu Tempe Iris Tahu Tempe Direndam Bumbu Memanaskan Minyak Menggoreng Tempe Tempe Goreng Tempe Ditiriskan
Tahu Tempe Goreng

Tahu Tempe Goreng

Rated 4.9/5 based on 8 reviews
RecipeYield • PrepTime P0HM
Porsi • Waktu 0 jam, menit Indonesian TempeTahuGoreng, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa

Catatan..

Siapa sich orang Indonesia yang tidak kenal tempe dan tahu?? Harganya murah, kaya protein dan tersedia setiap saat. Tak dipungkiri Tempe dan Tahu Goreng merupakan lauk favorit atau lauk terpaksa sepanjang masa dan asli made in Indonesia ha hah. Terserah anda lihat dari persepsi yang mana ;-)

Sayang perannya yang besar dalam memberikan asupan makanan berprotein tinggi yang terjangkau tak sebanding dengan julukannya yang terasa merendahkan. Kita sering mendengar nasehat berbunyi "Jadi orang jangan bermental Tempe!!" Nah lo??!! Padahal makan tempe bisa menyehatkan fisik dan mental. Saya kalau sudah makan tempe goreng sama sambal penyet dan lalapan segar..waduh mata merem melek gak karuan saking enaknya!! Lalu apa hubungannya dengan kekuatan mental tempe ha hah..Mungkin pembaca ada yang lebih TAHU GORENG ?!! ;-)

Bikin Tempe atau tahu goreng kelihatannya mudah tapi kalau tidak tahu caranya rasanya kurang menggigit. Seperti cerita rekan kerja saya di sini yang asing dengan masakan asia, dia bilang rasa tahu hambar seperti makan Schwamm (spons). Saya tanya kamu apain tahunya? Dia jawab direbus trus dimakan ha ha hah.. Saya tak bermaksud menggurui anda bagaimana cara menggoreng tempe karena saya yakin semua orang Indonesia sudah tahu, tapi resep ini barangkali bermanfaat bagi siapa saja yang belum pernah bikin tahu atau tempe goreng sendiri. Selamat Mencoba..

Cara Membuat:

  1. Tempe Goreng: Iris tempe dan tahu bentuk persegi panjang tipis atau sesuai selera. Sisihkan.
  2. Bumbu rendaman : Ulek bawang putih, ketumbar dan garam dengan cobek sampai halus.
  3. Tambahkan 100 ml air dingin ke dalam cobek. * Cicipi, jika perlu tambahkan garam.
  4. (Trik ini perlu anda lakukan supaya rasa asinnya benar2 pas).
  5. Lumuri tahu dan tempe dengan bumbu rendaman dengan cara ambil irisan tempe dan tahu satu persatu dan lumuri kedua sisinya dengan bumbu perendam.
  6. ** Biarkan tempe selama kurang lebih 15 menit.
  7. Panaskan minyak goreng secukupnya dengan api sedang.
  8. Goreng tahu dan tempe sampai matang dan berwarna kuning keemasan.

Catatan:

  1. * Lebih baik bumbu perendam sedikit lebih asin daripada kurang garam kemudian. Dalam proses penggorengan kandungan garam akan berkurang dan menyatu dengan minyak.
  2. ** Kalau tidak sempat menunggu, tempe dan tahu bisa langsung digoreng, rasanya juga tetap enak.
  3. Jika anda suka, santap tempe dan tahu goreng dengan sambal terasi goreng. dan lalapan segar

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.



Reviews & Comments

  |  2021-05-23 16:13:35
Karvin from Lampung says:
Mba ada gk cara nyayur daun singkong,dan nangka di santen. Saya baru belajar masak mba blom paham masaknya
Karvin, tinggal tekan tombol "pencarian" paling atas, trus gunakan navigator menu "Koleksi Resep Menurut Bahan" trus pilih tombol "sayur" di situ ada resep Gulai Daun Singkong, Gudeg Daun (Singkong), Gulai Nangka Muda atau Sayur Nangka Kuah Pedas. Silahkan pilih semoga ada yang cocok. Salam...Endang

  |  2021-04-01 22:45:46
setiana oktaviani sasube from bandung says:
baik bu makasih atas masukannya, saya bukan bermaksud buat menyinggung sih :-) tapi cuma memberi masukkan aja karena setiap orang kan seleranya beda 2. kalo saya pribadi kan lebih suka yang pakai tepung biar enak. oh iyah, soal celupin tempe dan tahu ke dalam bumbu rendaman (sebelum di goreng) itu cukup bermanfaat tuh ilmu masak nya sehingga bisa bikin jadi lezat tanpa pakai tepung. Semoga Bermanfaat
Kalau tersinggung gak saya balas dengan ulasan panjang lebar Setiana :-D. Dimaki-maki gara2 praktek gagal pun saya terima :-). Sekedar mengoreksi cara pandang saja, kl lihat resep apa saja di mana saja di internet atau dunia nyata, memang tidak seyogyanya langsung kita cap "ada yang kurang ini" hanya krn kita bandingkan dgn resep yg memang berbeda. Contoh misal kt disuguhi Ayam Goreng polosan di rumah saudara, trus kita komentari ada yang kurang nich kenapa gak dibungkus tepung spt Ayam Kremes/KFC kan lebih enak ? :-). Ini tidak ada hubungan dengan selera tapi memang tidak ada relevansi. OK kembali ke tempe goreng kl mau yang pakai tepung2an, silahkan coba resep Tempe Mendoan atau Tempe Kemul. Siapa tahu ingin mencoba :-)

  |  2021-03-31 12:05:15
setiana oktaviani sasube from bandung says:
mudah dan tidak repot cara buat nya. cuman ada yang kurang nih, koq gak di tambahin tepung terigu dan tepung beras yah sebelum di goreng (biar kelihatan menarik hasil nya kayak gorengan dan lebih nikmat rasa nya tuh) ?
Tidak ada yang kurang dalam resep ini. Saya posting resep tempe dan tahu goreng bukan tempe tahu goreng tepung. Di seluruh pelosok pulau jawa tempat tempe berasal khususnya pedesaan jawa tengah dan jawa timur, aslinya tempe dan tahu goreng memang digoreng tanpa tepung sebagai lauk dan sampai sekarang tetap seperti itu. Bedakan dengan gorengan yang dijual di abang pedagang kaki lima yang dijual sebagai camilan. Semoga memberi pencerahan..

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: