Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Tempe Kemul

Bahan:

  1. 400 gr tempe ukuran besar
  2. 150 gr tepung terigu
  3. 50 gr tepung tapioka atau tepung beras
  4. 1 genggam/25 gr daun kucai, potong2 sepanjang 2 cm
  5. 250 ml santan sedang (dari 1/2 butir kelapa) atau air dingin
  6. sejumput soda kue (optional, supaya lebih renyah)
  7. Minyak untuk menggoreng secukupnya (kurang lebih 500 ml)

Bumbu Halus:

  1. 4 siung/10 gr bawang putih, 2 siung jika ukuran besar
  2. 3 butir kemiri
  3. 1 cm/3 gr kencur
  4. 1 cm/3 gr kunyit segar atau 1/2 sdt kunyit bubuk
  5. 2 sdt ketumbar atau 1 sdt ketumbar bubuk
  6. 2 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Tempe Kemul Mengiris Tempe Kemul Bumbu Tempe Kemul Bumbu Halus Tempe Kemul Membuat Adonan Tempe Kemul Air Adonan Tempe Kemul Daun Kucai Tempe Kemul Bahan Racikan Tempe Kemul Mencelup Tempe Kemul Menggoreng Tempe Kemul
Tempe Kemul

Tempe Kemul

Rated 5/5 based on 2 reviews
RecipeYield 15 • PrepTime P1H0M
Porsi 15 • Waktu 1 jam, 0 menit Indonesian tempe Tempe Kemul, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Wonosobo

Catatan..

Kata "Kemul" berarti selimut dalam bahasa Indonesia, mengacu pada penampilan tempe yang diris tipis dan digoreng dalam balutan tepung sehingga menyerupai tempe berselimut tepung (bahasa Jawa= Tempe kemulan). Sekilas sajian ini mirip Tempe Mendoan dari Purwokerto tapi memiliki 3 perbedaan yang mendasar. Pertama beda racikan bumbu, kedua penampilan Tempe Kemul cenderung kekuningan yang berasal dari kunyit dan perbedaan yang nyata adalah Tempe Mendoan cenderung lemas karena digoreng setengah matang. Sebaliknya Tempe Kemul lebih kriuk-kriuk dan renyah karena porsi tepung tapioka lebih banyak dibanding adonan Tempe Mendoan plus proses penggorengan yang lebih lama sampai tepung benar2 garing.

Catatan: Ada 2 versi resep Tempe Kemul: Versi pertama memakai santan untuk melarutkan tepung, sementara versi yang lain cukup memakai air dingin. Versi kedua bagus bagi yang diat kolesterol dan mengurangi konsumsi santan. Kalau masalah rasa, keduanya sama-sama enak tergantung selera! Cocok untuk santapan ringan saat kumpul2 apalagi pas udara dingin seperti cuaca di daerah Wonosobo di mana sajian ini berasal.

Tip: Kelezatan Tempe Kemul terletak pada racikan bumbu dan tempe yang anda pakai. Aroma kencur dan rasa asin harus terasa. Dan yang penting pilih tempe sesegar mungkin alias masih baru. Tempe yang sudah berumur akan menyebabkan bau dan rasa yang agak asam.

Cara Membuat:

  1. Iris tempe tipis melebar. Bentuk mungkin berbeda tergantung tempe yang anda punya. Sisihkan.
  2. Bumbu: Ulek bawang putih, kencur, kemiri, ketumbar, kunyit dan garam dengan cobek sampai halus.
  3. Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, soda kue (jika dipakai) dan bumbu halus ke dalam mangkok atau wadah yang agak besar.
  4. Tambahkan santan atau air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga membentuk adonan yang agak kental. Cicipi, jika perlu tambahkan garam secukupnya.
  5. Iris daun kucai, tambahkan ke adonan, aduk rata.
  6. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang agak banyak dengan panas antara sedang-tinggi.
  7. Test rasa adonan tepung dengan cara, ambil satu sendok makan adonan, goreng sampai matang dan mengapung di permukaan minyak. Cicipi apakah rasa asin sudah pas.
  8. (Trik ini perlu anda lakukan supaya rasa asinnya benar2 pas karena rasa adonan mentah lain dengan setelah digoreng).
  9. Jika rasa sudah pas, * celupkan tempe ke dalam adonan hingga semua permukaaan tempe terselimuti adonan tepung.
  10. Goreng hingga garing dan berwarna kuning kecoklatan. Tiriskan.
  11. (Jika anda ingin tepung yang melebar menyelimuti tempe, pertama tempelkan tempe ke dinding wajan sampai tepung mengalir ke bawah, siram2kan minyak ke tempe seperti metode menggoreng rempeyek).
  12. Sajikan panas dengan cabe rawit hijau.

Catatan:

  1. * Celup hanya satu tempe setiap kali dan langsung digoreng, jangan mencelup semua tempe sekaligus supaya adonan lebih mudah menempel dan penampilan Tempe Kemul lebih cantik.
  2. Celup tempe secara manual dengan tangan dan transfer ke dalam wajan dengan tangan juga, jangan pakai sendok supaya adonan tidak menggumpal/tidak rata di bagian bawah.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  2. Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


Reviews & Comments

  |  2020-05-06 17:44:59
annisanaing57@gmail.com from Muttiara, Bone says:
Assalamualaikum warahmatullahi wb
Wa'alaikum Salam warahmatullahi wabarakatuh. Selamat Bergabung di group masak memasak Anissa. Semoga mendapatkan manfaat :-). Salam...Endang

  |  2020-04-11 14:27:07
Hariy from Jateng says:
Sudah coba resepnya..makasih mbak..
Selamat Hary. Semoga cocok dengan selera Bos. Terima Kasih juga sudah nyasar ke blog saya bahkan uji coba. Salam...Endang

  |  2020-03-07 16:29:54
Rosie from Bogor says:
Assalamu'alaikum... salam kenal mbak endang... aku mau tanya, apakah daun kucai nya bisa diganti dengan daun bawang?? Baking soda sejumput itu kira kira berapa sendok teh mbak, seperempat atau setengah sdt ya?? Mohon pencerahannya... soalnya aku lagi mau bikin... terimakasih resepnya... ;-)
Wa'alaikum Salam Rosie :-) Ya daun kucai bisa diganti dengan daun bawang kan masih satu keluarga. Memasak itu fleksibel yang penting hasilnya enak, tul nggak? Sejumput itu kira2 1/4 sdt teh Rosie atau paling mudah ambil pakai ujung pisau kira2 segitulah. Jangan banyak2 pakai soda nanti pahit rasanya. OK Selamat mencoba semoga sukses. Salam..Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: