Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Tahu Tempe Kuah Santan

Bahan:

  1. 300 gr tahu, potong kotak2 atau tipis panjang
  2. 300 gr tempe, potong kotak2 atau tipis panjang
  3. 2 cm lengkuas, geprak atau iris tipis
  4. 2 lonjor atau 100 gr petai kupas, belah dua (jika suka)
  5. 2 lembar daun salam
  6. 1 liter santan sedang atau 500 ml santan kental dicampur dengan 500 ml air
  7. 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  8. 2 sdt garam atau sesuai selera
  9. minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu Iris:

  1. 2- 3 buah cabe hijau, iris menyerong halus
  2. 6 buah cabe rawit (optional, jika suka pedas), iris halus
  3. 6 buah bawang merah, iris halus
  4. 3 siung bawang putih, iris halus
Bahan Tahu Tempe Kuah Santan Bahan Racikan Tahu Tempe Tumis Bawang Merah & Putih Tumis Bumbu Iris Tahu Tempe Tempe Kuah Santan Santan Untuk Tempe Tahu Kuah Santan Masak Tahu Tempe Kuah Santan
Tahu Tempe Kuah Santan

Tahu Tempe Kuah Santan

Rated 4.8/5 based on 16 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P0H45M
Porsi 4 • Waktu 0 jam, 45 menit Indonesian tempe Tahu Tempe Kuah Santan, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa

Catatan..

Sayur yang sering saya jumpai sehari-hari di kampung halaman. Bahannya mudah didapat, proses memasak juga lumayan praktis dan cepat. Bumbu tinggal diiris-iris, siapkan santan dan dalam sekejap sayur siap dihidangkan. So untuk anda penggemar tahu dan tempe dan tak punya banyak waktu di dapur, silahkan mencicipi sayur tahu tempe a la kampung. Resep ini juga pas untuk anda yang vegetarian ;-)

Tips : Bumbu iris harus ditumis sampai benar2 matang supaya sayur terasa sedap dan tidak cemplang (kata orang jawa). Kalau tersedia usahakan untuk menambahkan 2 lonjor (100 gr) petai kupas ke dalam sayuran. Ditanggung rasanya hmmmmm...semakin sedap!! Sayang sekali saya tidak mempunyai stok petai jadi kali ini terpaksa absen tapi tetap enak kok he he.

Bagi yang ingin mencoba sayur tempe ndeso yang pedaaas dan tak kalah lezaaaat silahkan coba resep Jangan Lombok Ijo khas Wonogiri.

Cara Membuat:

  1. Iris halus semua bahan bumbu iris. Sisihkan.
  2. Panaskan 5 sdm minyak dalam wajan cekung atau wok, tumis bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu. Aduk2 sampai bawang merah dan bawang putih transparan dan berbau harum.
  3. Masukkan lengkuas, daun salam & irisan cabe, tumis sambil diaduk-aduk hingga layu. (Tambahkan garam segera jika bau pedas menyengat supaya anda tidak tersedak).
  4. Masukkan irisan tempe dan petai, aduk-aduk sebentar kurang lebih 5 menit hingga warna tempe agak berubah dan petai agak layu.
  5. Tambahkan santan kemudian masukkan irisan tahu. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Aduk2 supaya santan tidak pecah/memisah.
  6. Cicipi, tambahkan garam dan gula sesuai selera.

Catatan:

  1. Jika anda menggunakan campuran air dan sediaan santan kara/santan jadi, tambahkan air panas lebih dulu ke wajan kemudian santan dan aduk segera hingga tercampur rata .
  2. Bagi anda yang kurang suka tempe dan tahu mentah, kedua bahan bisa anda goreng setengah matang dulu baru dimasukkan ke dalam santan.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  2. Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


Reviews & Comments

  |  2021-02-16 19:02:39
yuni from jakarta says:
Baru aja kelar masak. Ternyata enak. Bakal jd menu favorit deh. makasih mba Endang.
Hallo Yuni :-). Jumpa lagi di menu tempe. Ini sayur ndeso tapi tak lekang dimakan jaman dan tetap relevan sampai sekarang ha ha :-D. Terima Kasih juga masih sering mampir :-). Salam...Endang

  |  2021-01-10 11:32:53
Devy from Palu says:
Mudah buatnya dan enak. Terimakasih resepnya
Hallo Devy :-). Selamat Sayur ndeso sukses dan enak :-). Ini memang resep simpel tapi banyak penggemar sampai sekarang. Terima Kasih sudah singgah dan uji resep. Ayo silahkan lihat-lihat, masih banyak resep lezat menunggu :-). Salam...Endang

  |  2020-07-19 21:28:11
Clara from Yogyakarta says:
Aku anak kost kak jadi coba coba ikutan masak ini,hasilnya enakk bahannya mudah didapet pas juga di kantong hehehe:D
Hallo Clara :-). Terima Kasih untuk komennya yang genuine dan menghibur ha ha :-). Resep yang lezat tak harus mahal dan ribet. Ayo silahkan lihat-lihat banyak resep simpel dan lezat menunggu : Tumis kangkung, sayur santan pedas, lalapan dengan sambal terasi goreng. Siapa tahu tertarik..cocok untuk anak kos. Terima Kasih sudah mampir dan uji coba resep. Salam...Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: