Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Sambal Pecel

Bahan:

  1. 1 kg kacang tanah (yang ukurannya kecil2 bukan kacang tanah arab)
  2. 500 gr gula kelapa (bukan gula merah dari tebu), disisir halus
  3. 1 sdm munjung/20 gr asam jawa
  4. 12 lembar daun jeruk purut

Bumbu Halus, disangrai atau ditumis:

  1. 100 gr cabe merah/cabe keriting
  2. 50-100 gr cabe rawit merah (silahkan ditambah kalau suka lebih pedas)
  3. 25 gr atau 1/4 ons kencur, dikupas
  4. 5 siung/15 gr bawang putih
  5. 2 sdm/20 gr garam atau sesuai selera

Catatan Khusus:

  1. Membuat Sambal Pecel yang enak tidak sulit asal anda memakai paduan resep yang tepat. Tetapi membuat Sambal Pecel yang awet dan tahan lama tanpa bahan pengawet tidak semua orang tahu. Resep yang saya posting ini untuk membuat Sambal Pecel yang bisa tahan lama dan tidak rusak meski anda simpan selama 1 tahun di kulkas.
  1. Caranya: Hindari pemakaian minyak setetespun di dalam Sambal Pecel. Sangrai semua bahan yaitu kacang tanah dan bumbu sampai matang kemudian dihaluskan. Minyak Goreng penyebab sambal lekas tengik dan jamuran, meski anda simpan dalam kulkas, sambal pecel yang dibuat dengan proses penggorengan akan bertahan paling lama 3 bulan.
  1. Pilih gula kelapa yang berkualitas bagus dan lunak, tandanya mudah diiris/disisir dan kalau kena panas sedikit mudah meleleh, kalau yang tetap keras, itu biasanya sudah memakai obat kimia..hati-hati. Selain itu gula yang keras juga akan menghasilkan sambal pecel yang keras dan akan membatu setelah lama disimpan.
  1. Cocok untuk anda yang tinggal di rantau atau di Luar Negeri dan ingin membawa sambal Pecel dalam jumlah banyak saat mudik. Sangrai semua bahan, bawa ke tukang giling untuk menggiling dan mencampur bahan kalau anda tak mau repot2 menggiling sendiri.
Bahan Sambel Pecel Kacang Tanah Disangrai Kacang Tanah Sangrai Matang Kacang Diblender Kacang Sangrai Dihaluskan Kacang Tanah Halus Bumbu Sambal Pecel Bumbu Pecel Disangrai Bumbu Pecel Matang BumbuPecelDiblender Bumbu Pecel Halus Membuat Sambal Pecel
Sambal Pecel

Sambal Pecel

Rated 4.8/5 based on 43 reviews
RecipeYield 10 • PrepTime P1H0M
Porsi 10 • Waktu 1 jam, 0 menit Indonesian sambal Sambal Pecel, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa Timur

Sumber: Nenek Saya alias Mbah Toyo

Catatan..

Siapa yang tak kenal Sambal Pecel?? Sambel yang berasal dari Jawa Timur ini ibarat sambal sejuta umat khususnya di daerah Jatim. Ngomong2 ada berbagai versi Sambal Pecel misalnya: Madiun, Kediri, Blitar dll. Penampilan hampir sama paling hanya sedikit variasi bumbu di sana sini dan setiap versi tentunya unik dan lezat tergantung selera masing2.

Resep dan cara pembuatan Sambal Pecel dengan cara disangrai ini saya pelajari dari Nenek saya dan selama ini saya puas dengan rasa dan keawetannya. Saya selalu membawa Sambal Pecel yang dibuat dengan cara disangrai setiap pulang kampung ke Indonesia dalam jumlah banyak dan sambal tetap bagus sampai setahun kemudian hanya dengan penyimpanan di kulkas !!

Catatan: Bagi anda yang ingin membuat Sambal Pecel untuk langsung disantap atau tidak untuk diawetkan, ya silahkan menggoreng kacang tanah dan menumis bumbu seperti biasa.

Tips Penting: Jangan sekali-kali memakai bumbu mentah!! Nanti rasanya agak getir ( sengar dalam bahasa jawa) dan menurut saya kurang enak. Selamat Mencoba dan semoga sesuai dengan selera anda ;-)

Cara Membuat:

  1. Sangrai kacang tanah dengan suhu antara sedang dan tinggi ( kurang lebih sklala 6 dari 9) sambil diaduk terus menerus selama 30 menit. Ambil satu kacang dan cicipi apakah benar2 sudah matang.
  2. (Goreng dengan suhu panas sedang sampai kacang matang jika ingin membuat sambal yang akan langsung disantap (bukan untuk diawetkan). Pastikan kacang tidak gosong!!. Tiriskan.
  3. Haluskan kacang dengan dry mill/dry grinder atau food processor sampai halus. Sisihkan.
  4. Sangrai bahan bumbu halus (kecuali asam jawa dan gula merah) sambil diaduk terus menerus hingga matang tetapi tidak gosong. Tambahkan daun jeruk purut terakhir dan ikut disangrai selama 1 menit saja.
  5. (Tumis bahan bumbu plus daun jeruk purut sampai cabai lunak jika ingin membuat sambal yang akan langsung disantap (bukan untuk diawetkan).
  6. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender/grinder sampai halus.
  7. Tambahkan gula sisir dan asam jawa, aduk/haluskan kembali hingga rata.
  8. Tambahkan bumbu halus ke dalam kacang tanah yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata dengan spatula atau tangan (pastikan anda memakai kaos tangan plastik).
  9. (Kedua bahan bisa anda campur di dalam food processor jika anda mempunyai food processor dengan mangkok besar (volume 2 liter).
  10. Cicipi dengan cara larutkan 1 sdm sambal pecel dengan sedikit air untuk memastikan rasanya sudah benar2 pas.
  11. (Langkah ini perlu karena rasa sambal pecel sebelum dan setelah diencerkan dengan air tidak sama persis).
  12. Masukkan sambal dalam wadah tertutup rapat/tupperware, simpan dalam kulkas dan ambil seperlunya saat akan disantap.

Tips Tambahan:

  1. Sambal Pecel tidak harus selalu disantap dengan nasi, bisa juga disajikan dengan pulut, sawut atau Lontong Pecel

Tips:

  • Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.



  • Reviews & Comments

      |  2022-04-20 10:43:41
    muhkamad irfan efendi from sumberbendo says:
    Cara membuat sambal pecel berapa bawang berapa ons 1 kilo kacang


      |  2022-03-25 00:15:15
    Sity mudrikah from Samarinda kota. Asli Blitar says:
    Trima kasih banyak atas ilmu nya untuk resep sambel pecel yg mantap dan tahan lama sya minta iklas minta ridho dunia akhirat Untuk mengamalkan ilmunya sekali lgi trima kasih Barokallah Ibu Lestari


      |  2022-03-23 05:47:59
    Lastri from KuTai kartanegara says:
    Terimakasih ya atas info resep sambal pecelnya.


    Tulis Komentar Anda:

    Rating:



    Nama:



    Lokasi:



    Write your text:

    Tulis Komentar: