Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Sambal Matah

Bahan:

  1. 10 buah/100 gr bawang merah, iris tipis
  2. 5 siung/13 gr bawang putih, iris tipis
  3. 1 buah cabe merah, buang biji, iris halus
  4. 7-10 cabe rawit, iris2
  5. 5 lbr daun jeruk purut, iris halus
  6. 1 batang /10 gr serai, ambil bagian yang putih dan lunak, iris halus
  7. 1 sdm/10 gr terasi goreng/bakar
  8. 2 sdm air jeruk nipis
  9. 50 ml minyak sayur
  10. 1/2 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Sambal Matah Racikan Sambal Matah Melarutkan Terasi
Sambal Matah

Sambal Matah

Rated 4.3/5 based on 3 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P0H20M
Porsi 4 • Waktu 0 jam, 20 menit Indonesian sambal Sambal Matah, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Bali

Catatan..

Cocok untuk menemani Ayam Betutu dan sajian Ikan goreng, Ikan Bakar atau Ikan Panggang. Bagi anda yang belum pernah mencoba mungkin sudah skeptis membayangkan anda menyantap irisan serai dan daun jeruk purut mentah dalam sambal ;-).

Cobalah, karena kita tak akan tahu sebelum mencoba sendiri. Nyatanya paduan antara serai, jeruk purut dan terasi menghasilkan sambal dengan aroma dan rasa yang eksotik dan nikmat, lain dari sambal yang lain!!

Kunci kenikmatan Sambal Matah harus pedas, asam dan asin. Bikinnya gampang dan prosesnya juga cepat. Tinggal diiris-iris langsung jadi, so tunggu apa lagi??!! Selamat bereksperimen dan ber hah hah huh huh ;-)..

Cara Membuat:

  1. Iris tipis/halus bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk purut dan serai. Sisihkan.
  2. Campur terasi goreng/bakar dengan minyak dan aduk hingga rata.
  3. Campur semua bahan, larutan terasi dan garam. Aduk hingga rata.
  4. Cicipi, jika perlu tambahkan garam.
  5. Terakhir tambahkan air jeruk nipis/limau. Aduk rata.
  6. Hidangkan bersama Ayam Betutu.

Tips:

  • Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  • Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


  • Reviews & Comments

      |  2021-02-05 17:06:27
    nia from jakarta says:
    wah menarik yah resep nya, apalagi kalo resep ini udah banyak saya temuin di makanan kemasan atau pun juga menu makanan di restoran indo hehehe... kira 2 bisa gak kalo di halusin semua bahan nya biar kayak sambal indo yang laen? tks
    Halo Nia :-). Setahu saya sambal matah memang dirajang bukan dihaluskan. Kalau bisa tidaknya ya bisa kan terserah yang bikin dan makan ha ha :-). Tapi rasanya saya kurang tahu kalau digiling halus karena belum pernah nyoba. Mungkin mirip bumbu dasar masakan bali. Nia coba saja dech, kan nanti tahu he he :-). Salam...Endang

      |  2020-10-10 16:10:57
    Prabowo from Kalimantan barat says:
    Maaf. Mungkin saya salah dalam membuat nya, malah cuma rasa serai yg ada
    Hallo Bro :-). Maaf hasilnya kurang memuaskan. Apanya yang salah? Apa kebanyakan serainya? Serai yang dipakai cuman bagian bawah yang putih itu gak semua batangnya. Kalau paduan bahan tepat sambal matah akan terasa komplit, bawang putih, daun jeruk purut, terasi dan serai semua terasa dominan. Gak cuman rasa serai doang. Silahkan coba sekali lagi, kalau perlu minyaknya dipanasin atau sambalnya diremas-remas atau ditekan-tekan dengan sendok seperti saran di bawah dari Indra Eni dari Bali itu. Semoga lain kali lebih baik :-)- Salam...Endang

      |  2020-09-26 14:19:03
    Aciana from Surabaya says:
    Iya Chef jadi berasa pengusir vampire karena garlic :D sy pakai 1 siung aja cukup jadi masih ringan rasanya :p
    Makanya jangan makan kalau mau diapelin :D

    Tulis Komentar Anda:

    Rating:



    Nama:



    Lokasi:



    Write your text:

    Tulis Komentar: