Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Rempeyek

Bahan:

  1. 300 gr tepung beras
  2. 4 sdm/20 gr tepung tapioka/kanji
  3. 1 butir telur
  4. 7-10 lembar daun jeruk purut, iris halus (untuk menambah aroma)
  5. 1/2 sdt soda kue/baking soda/natron atau 1 sdm air kapur sirih (supaya rempeyek tahan renyah)
  6. 450-500 ml santan sangat encer (50 ml santan kental + sisanya air)
  7. 100 gr kacang tanah atau secukupnya
  8. 50 gr teri atau 25 gr teri nasi
  9. Minyak untuk menggoreng secukupnya (kurang lebih 1 liter)

Bumbu Halus:

  1. 4 siung/12 gr bawang putih, 2 siung jika ukuran besar
  2. 5 butir kemiri
  3. 2 cm /5 gr kencur
  4. 1/2 cm kunyit atau ganti dengan 1/4 sdt kunyit bubuk
  5. 2 sdt ketumbar bubuk
  6. 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  7. 2 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Rempeyek Bahan Bumbu Rempeyek Bumbu Rempeyek Campuran Tepung Rempeyek Bumbu Halus Rempeyek Telur Untuk Rempeyek Adonan Rempeyek Daun Jeruk Untuk Rempeyek Menyendok Adonan Rempeyek Menggoreng Rempeyek1 Menggoreng Rempeyek2 Rempeyek Kacang Teri
Rempeyek

Rempeyek

Rated 5/5 based on 16 reviews
RecipeYield 30 • PrepTime P1H15M
Porsi 30 • Waktu 1 jam, 15 menit Indonesian minuman Rempeyek, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa

Catatan..

Rempeyek, camilan ringan yang menyerupai keripik ini adalah teman setia nasi pecel atau Pecel Sayur . Hampir di semua warung yang menjual nasi pecel umumnya menyediakan juga rempeyek. Bahkan di desa saya, pecel dan rempeyek merupakan hidangan satu paket yang tak terpisahkan ;-).

Meski kelihatan rumit, membuat rempeyek yang gurih dan renyah tidak susah. Kuncinya sederhana: Tambahkan telur dan soda kue/air kapur sirih pada adonan rempeyek. Ditanggung rempeyek akan renyah dan tahan lama atau tidak mudah melempem. Selain itu pakai santan encer supaya rempeyek benar2 garing saat digoreng dan tidak mudah lembek.

Tip: Topping atau isi rempeyek bisa anda variasi dengan bahan lain sesuai selera, misal dengan kacang ose atau kedelai hitam, kacang hijau dll. Jika anda memakai topping dari kacang2an kering, rendam kacang semalaman lalu tiriskan supaya kacang empuk dan layak untuk dikonsumsi ;-)

Tips Penting: 1. Jangan menambahkan santan yang terlalu kental atau kebanyakan menambahkan santan supaya rempeyek TIDAK BERMINYAK BERLEBIHAN setelah digoreng! 2. Jangan menambahkan porsi tepung tapioka/tepung kanji melebihi jumlah dalam resep. Tepung tapioka menghasilkan gorengan/kremesan yang renyah dan keriting tetapi cenderung berminyak daripada tepung beras.

Cara Membuat:

  1. Haluskan bawang putih, kencur, kemiri, ketumbar, 3 lbr daun jeruk purut dan garam dengan cobek atau blender sampai halus.
  2. (Jika perlu tambahkan sedikit santan ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran).
  3. Iris halus 7-10 lbr sisa daun jeruk purut. Sisihkan.
  4. Masukkan tepung beras, tepung tapioka, baking soda/air kapur sirih dan bumbu halus ke dalam mangkok atau wadah yang agak besar. Tambahkan telur, aduk rata.
  5. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga membentuk adonan yang halus dan rata. Cicipi, jika perlu tambahkan garam secukupnya.
  6. Masukkan irisan daun jeruk purut, aduk rata.
  7. Panaskan minyak goreng dalam wajan cekung anti lengket dengan panas antara sedang-tinggi.
  8. Test rasa adonan tepung dengan cara, ambil satu sendok makan adonan, goreng sampai matang dan mengapung di permukaan minyak. Cicipi apakah rasa asin sudah pas.
  9. (Trik ini perlu anda lakukan supaya rasa asinnya benar2 pas karena rasa adonan mentah lain dengan setelah digoreng).
  10. Jika rasa sudah pas, * ambil adonan dengan sendok cekung atau sendok sayur atau sendok nasi, taburi dengan bahan topping, ** tuang adonan dengan cepat di dinding wajan.
  11. Letakkan segera sutil di tengah2 rempeyek supaya rempeyek tidak menggulung sambil siram2 adonan di dinding wajan dengan minyak sampai rempeyek mengering dan terlepas.
  12. Pastikan rempeyek sudah dalam kondisi kering baru dibalik. Goreng sampai kedua sisi rempeyek benar2 matang merata dengan warna agak kecoklatan.
  13. Angkat dan tiriskan. Jika perlu taruh rempeyek di atas tissue dapur yang menyerap minyak.
  14. Tunggu sampai rempeyek benar2 dingin. Simpan dalam toples atau wadah yang kedap udara.

Catatan:

  1. * Tuang setiap kali sesendok adonan, langsung disiram-siram hingga rempeyek terlepas baru ambil adonan berikutnya supaya rempeyek tidak lengket dan menempel satu sama lain.
  2. ** Jika memungkinkan pakai wajan cekung yang besar dan cekungan tidak terlalu dalam, agar rempeyek bisa terbentuk rata (luas dan tipis) dan tidak terlalu berminyak. Saat digoreng ujung bagian atas harus menempel dengan wajan dan tidak boleh terendam dalam minyak goreng. Nanti ketika sedikit kering, adonan ini baru boleh ditenggelamkan.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.


Reviews & Comments

  |  2021-02-28 19:10:15
Asih hidayati from Ngawi east java says:
Bigfull thanks to you...mommy best cooker peyek,,maturnuwun tips tips nya yg bisa jd referensi banget...maturnuwun sudah membuat artikel yg berkualitas
Hallo Asih :-). Selamat ya untuk best rempeyeknya. Bakat koki andal juga nich teliti banget mengikuti tips2nya. Tak heran hasilnya memuaskan. Terima Kasih juga sudah mampir dan uji coba resep. Ayo teruskan bakatnya :-). Salam..Endang

  |  2020-12-10 23:26:02
Ria from Jkt says:
Bu, kalau buat peyek ikan teri dicuci dahulu atau tidak? Kalau dicuci pasti tidak renyah ikannya. Kalau tidak cuci psti renyah tapi khan takut kotoran lalat nempel. Bagaimana menurut Ibu supaya peyek ikan teri renyah tapi bersih dan sehat?
Hallo Ria, jumpa lagi :-). Tergantung teri yang dipakai. Kalau Ria pakai teri yang dibungkus dlm kemasan plastik vacuum yg dijual di Supermarket, seperti yang saya pakai tidak usah dicuci bisa langsung dimasak. Kalau beli di pasar tradisional yang terbuka dan dijual eceran harus dicuci karena seperti Ria bilang banyak kotoran, belum lagi berapa banyak tangan yang pegang-pegang gak bayangin kl gak dicuci :-). Cara nyucinya rendam sebentar kurang lebih 2 menit dalam air panas, aduk-aduk biar kotoran luntur. Terus langsung tiriskan. Kalau mau bikin rempeyek lebih baik direndam lebih awal, setelah ditiriskan di angin2kan biar agak kering. Jangan kuatir dengan penggorengan teri akan kering dan rempeyek tetap renyah. Selamat Mencoba. Saya tunggu hasilnya he he :-). Salam...Endang

  |  2020-12-07 17:05:57
Ria from Jkt says:
Saya dapat masukan tambahi 2 sdm tepung ketan, kanji diganti maizena. Bagaumana menurut Ibu?
Terima Kasih untuk inputnya Ria. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan yang lain :-). Ayo silahkan yang mau uji coba pakai tepung maizena, semoga hasilnya lebih renyah :-). Salam...Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: