Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Reviews & Comments

  |  2021-05-12 19:00:56
Astriani Reinita Sibuea from medan says:
Puas dan Senang rasa nya bisa bikin mie sendiri berkat resep situs ini, sangat membantu saya belajar bikin mie yang enak. Saya juga suka situs ini soal nya lengkap resep masakan indo nya. Impian saya kedepan nya, khusus nya buat situs selera manca nya, semoga resep mie yang asli dari china nya seperti mie kuah / mie sup dari sana (yang penting Tidak Pakai bahan b 2 atau b*bi di dalam resep pembuatan mie tersebut) bisa hadir di situs resep tersebut (bukan di situs ini yah) terima kasih
Hallo Astriani :-). Selamat Mie Gorengnya sukses. Ternyata gak susah kan bikin Mie Goreng lezat buatan sendiri ?. Terima Kasih untuk motivasi sekaligus masukan untuk resep manca. Pelan-pelan yang soalnya saya cuman bisa ekperimen di akhir pekan untuk semua situs masakan secara gantian. Sekedar catatan, resep mie chinese yang asli itu meski gak mengandung b2, kebanyakan memakai saus khusus asli Cina dan tidak semua orang bisa mengkonsumsi yaitu arak beras (shaoxing rice wine). Itu yang bikin rasanya enak mungkin :-). Sekedar Info.. Salam..Endang

  |  2021-04-09 12:27:36
Irsan Waluyo from Surabaya says:
masakan paling enak dan praktis (mudah) buat menu (daftar makanan) sarapan pagi
Setuju Irsan :-). Mie goreng makanan sejuta umat gak pernah ada matinya ha ha :-D

  |  2021-03-22 17:48:52
norman prasadja from banjar masin says:
lagi panas - panas mie nya emang enak tuh buat di makan bareng nasi putih hangat biar lebih kenyang apalagi kalo makan nya pas lagi santai di waktu senggang / kosong hehehe... mie goreng emang nge rakyat juga kayak nasi goreng dan tidak kalah nikmat rasa nya
Norman ha ha ha :-). Ciri khas Indonesia banget makan mie goreng masih ditambah nasi wa kkk kkkk :-D. Biasa itu, lihat saja nasi berkat, sudah ada nasi nanti salah satu lauknya juga mie goreng :-). Memang mie goreng dan nasi goreng makanan sejuta umat murah meriah tapi gak bikin bosan, apalagi disantap panas-panas..wow mertua lewat lupa kata orang jawa :-D. Terima kasih untuk komennya yang menghibur :-). Salam...Endang

  |  2021-03-16 20:21:05
Indri Permata Sari from bogor says:
alhamdulillah ketemu juga resep mie goreng lezat dan enak, untuk bikin nya ternyata tidak susah asal jangan lembek dan lengket mie nya (cari jenis mie nya yang baik dan rebus lah dengan cara yang benar). Biar lebih lezat lagi, coba deh tambahin irisan bakso sapi, sosis (bisa rasa sapi atau ayam), untuk bahan ayam nya bisa di ganti / tambah ama daging sapi (jika suka), dan tambah kan sayur kol biar lebih nikmat yah
Hallo Indri :-). Selamat ya Mie Gorengnya sukses. Bikin Mie Goreng yang sedap tidak susah asal tahu paduan bumbu yang pas. Seperti nasi goreng, bahan isi silahkan pilih sesuai selera dan ketersediaan bahan. Di resep ini bahan sayuran sy juga pakai daun kol/kubis, sawi hijau, wortel dan taoge. Sesuai ide Indri silahkan ganti ayam dengan bakso. Kalau vegetarian silahkan skip daging sama sekali pakai sayur saja juga enak. Terima Kasih sudah mampir dan urun saran. Salam...Endang

  |  2021-03-14 01:24:26
Nuryawati Riandani Andriana from cibubur says:
tambahan : untuk jamur nya Bukan pakai Jamur jenis Kancing yah, tapi pakai Jamur jenis Merang aja ( yang kayak di pakai buat bahan bikin pizza dan roti isi jamur tuh :-) ) biar lebih nikmat ( jika suka yah). maaf atas kesalahan nya bu terima kasih
Ayo siapa yang mau nyoba silakan ditambah jamur merang tambah enak kata Andriana :-)

  |  2021-03-10 23:13:07
Irmi Nurhayati from tegal says:
terima kasih atas jawaban nya bu. Oh iyah, saya kan mau lihat komentar atau pembicaraan orang 2 di situs ini sebelum nya, kira 2 kenapa sekarang banyak yang hilang yah (padahal banyak pesan dan masukan yang bermanfaat buat saya) ? mohon agar segera di perbaiki masalah nya di atas terima kasih
Saya lagi update website Irmi supaya loadingnya lebih cepat dan lebih memberikan kenyamanan pada pembaca, jadi lagi eksperimen untuk mencari solusi terbaik. Harap maklum kalau minggu ini tampilan halaman berubah-ubah. Tuch sudah saya balikin kolom komentar yang lama :-)

  |  2021-03-06 21:39:14
arlina from cianjur says:
maaf nih nanya, penggunaan panci yang lengket dan tidak lengket apakah berpengaruh pada hasil mie goreng nya yah? apakah panci yang tidak lengket bagus buat hasil nya (ingin nya bisa bikin mie goreng yang panas suhu nya cuman tidak lengket hasil nya)?
Hallo Arlina :-). Silahkan scroll ke bawah, silahkan baca jawaban saya untuk Rita Sugiartiningrum dari Bogor. Di situ sudah saya jelaskan lengkap cara mengantisipasi supaya mie tidak lengket. Semoga memberi pencerahan :-) Salam...Endang

  |  2021-03-06 21:24:04
imas sumantri widianti from jakarta says:
ada yang kurang nih, coba tambahin terasi sesuai selera biar lebih nikmat dan sedap aroma nya sekaligus rasa nya juga yang menggugah selera ( nyium bau terasi pas ada yang lagi bikin nasi goreng aja udah bikin lapar hehehe... ) semoga ini bisa jadi masukan untuk resep ini bu. Selamat menikmati dan semoga wabah virus corona nya cepat hilang aamiin
Hallo Imas :-). Silahkan kalau mau ditambah terasi, kan terserah Imas yang masak dan makan ha ha :-). Tapi resep Mie Goreng aslinya memang tidak pakai terasi. Terasi yang bau dan rasanya aduhai buat kita itu, bisa menjadi malapetaka kalau tinggal di negeri orang khususnya Eropa, Aus dan USA. Bisa dibilang Nikmat membawa sengsara atau Sengsara membawa nikmat kalau mau nggoreng atau bakar terasi. Bersyukurlah tinggal di Indonesia krn menurut orang Eropa bau terasi mirip bangkai tikus ha ha :-). Salam...Endang

  |  2021-02-23 18:09:55
Nuryawati Riandani Andriana from cibubur says:
wah enak nih mie nya apalagi karena pakai banyak jenis sayuran nya jadi lebih enak dan menarik tampilan nya. ada saran tambahan nih siapa tahu ini bisa jadi catatan tambahan buat resep ini, yakni tambahkan jamur kancing sesuai selera jika anda suka ke tumisan sayuran nya (sebelum memasukan mie nya ke peng goreng an)
Silahkan ditambah apa saja sesuai selera yang masak dan makan, tul kan Andriana ?. Terima Kasih untuk masukannnya semoga memberi inspirasi bagi yang lain. Salam...Endang

  |  2021-02-22 18:26:08
saraswati hayurani from bandung says:
enak mie goreng nya, ngelihat hasil nya dan mencium aroma nya yang segar jadi bikin saya lapar nih. rasa nya kurang lengkap kalo tanpa iris an acar. kalo ada acar bikin tambah wangi dan harum mie goreng nya. kira 2 gimana yah cara bikin acar nya? apakah perlu cuka putih atau sejenis nya?
Pakai cuka yang putih itu. Umumnya acar dibumbui garam, cuka dan sedikit gula pasir direbus dalam air sampai mendidih. Tinggal dimasukkan irisan mentimun yang sudah dibuang bijinya , rebus sebentar asal layu. Kalau mau acar komplit dan pedas silahkan pakai resep Acar Kupang dari Nusa Tenggara :-)

  |  2021-02-21 14:56:41
wirda tunjungsari from surabaya says:
aku suka ama resep nya. enaaak... mau tanya bu, kalo bahan merica dan lada / lada putih kira 2 sama gak yah? makasih
Selamat Mie Gorengnya sukses Wirda :-). Merica dan Lada itu sinonim alias sama. Cuman jenisnya ada 2 lada putih dan lada hitam. Tapi hati-hati dengan istilah lada menurut minangkabau. Dalam khasanah kuliner Minang lada atau tepatnya lado artinya cabai. Makanya ada resep sambal lado mudo/ijo artinya sambal cabai muda/hijau atau sambal lado merah. Semoga memberi pencerahan :-) Salam...Endang

  |  2021-02-21 13:59:27
Irmi Nurhayati from tegal says:
kalo saya pake resep ini buat bikin bihun goreng, bahan mie nya di ganti ama bihun, kira 2 bisa kan? soal nya saya lihat jenis sayuran nya lebih banyak di pake di resep mie goreng ini d bandingkan ama resep nya bihun goreng sehingga hasil nya lebih menarik dan cantik
Bisa saja Irmi :-). Silahkan pakai resep ini tapi bihunnya direndam pakai air dingin biar hasilnya mantap :-)

  |  2021-02-21 13:57:52
Rita Sugiartiningrum from Bogor says:
ada yang lupa, saya tadi pake mie nya "Mie Telor Cap 3 Ayam yang mie pipih (kemasan warna kuning) dan mie bulat (kemasan warna merah)". Kalo yang mie bulat pas abis di rebus koq jadi agak lengket yah pas di tumis dan goreng, sementara yang mie bulat nya gak lengket cuman yang ada agak lembek saat di tumis dan goreng. terima kasih
Saran saya kalau ngrebus mie itu sampai al dente (istilah bahasa italia). Jadi matang tapi gak sampai nyampai titik lembek/lunak. Atau lebih baik kurangi waktu perebusan dari yang tertera dalam petunjuk. Jadi angkat sebelum batas akhir perebusan kurang lebih 1 menit sebelumnya. Langsung ditiriskan dan disiram dengan air dingin supaya proses perebusan berhenti. Nanti pas di masak/di goreng kan berlanjut proses pemanasan. Kalau mie setelah ditiriskan lengket satu sama lain, siram dengan air dingin, pisahkan dengan tangan biar terpisah dulu, tiriskan sampai air habis baru masukkan wajan. Yang jelas kondisi wajan memang menentukan juga Rita, kalau wajan lengket ya cenderung lengket juga mienya :-). Silahkan coba lagi, jangan putus asa nanti lama-lama akan tahu triknya :-).

  |  2021-02-21 13:50:27
Rita Sugiartiningrum from Bogor says:
pengalaman saya kalo masak mie goreng koq suka lengket di kwali atau panci nya? kira 2 ada kah yang salah dari cara masak mie nya? apakah kurang minyak kah saat menggoreng mie nya atau kwali / panci nya yang harus anti lengket / tidak lengket bahan nya atau ada masalah lain nya (saran dan masukan nya sangat berarti buat saya nih)? koq orang laen banyak yah yang berhasil gak lengket bikin mie goreng nya? mohon saran dan masukan nya bu endang, agar kedepan nya kejadian saya ini tidak terulang kemb
Hallo Rita :-) Supaya gak lengket pastikan mie dimasukkan terakhir. Setelah bumbu ditumis sampai benar-benar matang, masukkan irisan filet ayam dulu (kalau dipakai) dan terus diaduk-aduk sampai matang, kemudian masukkan sayuran mulai dari yang keras dulu diikuti yang lunak. Campur semua sampai rata dengan cepat. Nah baru masukkan mie paling terakhir. Kalau mie lengket satu sama lain setelah direbus (sebelum dimasukkan ke wajan) basahi atau siram mie yang sudah ditiriskan sebelumnya dgn air, tiriskan kembali baru masukkan ke wajan. Segera tambahkan kecap manis untuk menambah kelembaban juga. Aduk2 sebentar langsung angkat dari api. Kalau terpaksa sekali, tambahkan air panas tapi sedikit saja supaya nanti mie gorengnya nggak lembek/benyek karena kelebihan air. Itu saja yang bisa saya sarankan. Semoga membantu. Salam..endang

  |  2020-04-15 18:49:28
enny from lampung says:
mbak itu mie nya direbus duly atau cukup rendam pake air dingin ya..beda nya apa ya mbak
Kalau Mie direbus dulu Enny tapi ngrebusnya pastikan jangan sampai kematangan nanti Mie Gorengnya benyek. Masukkan mie pada saat air sudah benar-benar mendidih. Kalau Mie gak bisa lunak hanya dengan direndam pakai air dingin beda sama bihun. Saya gak tahu mengapa beda. Tapi Enny bisa merendam mie yang barusan direbus, trus ditiriskan lalu langsung rendam dalam air dingin selama 1 menit habis itu langsung ditiriskan kembali. Tujuannnya untuk menghentikan proses pemanasan supaya mie tidak lembek atau lengket satu-sama lain. Semoga penjelasan saran saya membantu. Salam..Endang.

  |  2020-03-09 22:58:15
Aciana from Surabaya says:
Aku pakai mie burung dara , trus ayamnya aku ganti bakso :D Telepati lg nggak nih jangan2 Chef Endang mau bikin miegor juga :p Aku cek yg versi englishnya , flat parsley itu seledri? cause i found on google seledri is celery but i think it's different :O
Nope...Hari ini saya coba resep baru untuk makan malam. Berhasil dan enak tapi belum sempat nggarap apalagi posting. Kalau pas akhir pekan males, pas hari kerja malah niat experiment ;-). But cooking is like art Aci, you will succeed when you have really space & passion for it ;-). Therefore.. Aci, don't cook because you have to but if you really want to do it spontaneously. Otherwise you'll get bored soon ;-P. Anywy what you said about the difference between flat parsley & celery is correct. Just a small tips, when you search in google, look for images then you'll get the right answer quickly ;-)

  |  2020-02-18 19:55:49
Ila from Surabaya says:
Apakah perlu dikasih air ya? Seringkali masak mie, tapi jadinya mienya kering dan masak mienya belum selesai, sudah lengket2 di wajan
Gak perlu air Ila. Kan mienya sudah direbus terlebih dahulu tinggal dicampur. Supaya gak kering, pastikan setelah bumbu ditumis sampai benar-benar matang, masukkan irisan filet ayam dulu (kalau dipakai) dan terus diaduk-aduk sampai matang, kemudian masukkan sayuran mulai dari yang keras dulu diikuti yang lunak. Campur semua sampai rata dengan cepat. Nah baru masukkan mie paling terakhir. Kalau mie lengket satu sama lain basahi atau siram mie yang sudah ditiriskan sebelumnya dgn air hangat, tiriskan kembali baru masukkan ke wajan. Segera tambahkan kecap manis untuk menambah kelembaban juga. Aduk2 sebentar langsung angkat dari api. Kalau terpaksa sekali, tambahkan air panas tapi sedikit saja supaya nanti mie gorengnya nggak lembek/benyek karena kelebihan air. Itu saja yang bisa saya sarankan Ila. Semoga membantu. Salam..endang

  |  2020-02-18 19:31:08
mansur from Tg pinang Kepri says:
Wah ini bisa bermanfaat sekali buat saya,terimakasih, Semoga Allah memnalasnya.
Ayo Mansur buruan segera bikin. Selamat bereksperimen semoga cocok dengan selera Boss :-). Terima Kasih sudah sempat nyasar kemari. Salam...Endang

  |  2019-11-10 12:05:58
Monica from Surabaya says:
Selama ini cm bs makan mie goreng doang, tapi ga bisa masaknya. Sekali coba2 masak, eh ga enak tenan sampe suami ga mau makan. Sy ngabisin sendirian sambil kecewa. Trus iseng coba resep mbak, hasilnya luar biasa. Sy sampe nambah2, hrs tahan nafsu spy suami kebagian ;-). Makasih mbak. Semoga muncul resep2 baru.
Selamat Monica Mie Gorengnya sukses. Saya juga ikut senang dan bangga. Semoga suami tidak perlu makan mie goreng di luar lagi he he. Ternyata bikin mie goreng yang enak tidak susah kan? ;-) Saya juga selalu bikin mie goreng sendiri sampai sekarang soalnya gak ada yang jualan di sini. Kalau Monica doyan makan pedas dan mau uji nyali cobain dech Mie Goreng extra pedaaas menunya tepat di bawah resep Mie Goreng. Ditanggung pedas2 lezaaat. Salam...Endang

  |  2015-11-25 22:33:10
wiwin from jakarta-indonesia says:
thank you so much......
Feel free to try and enjoy your meal Wiwin. Thx for stopping by. Salam...Endang

  |  2015-10-24 22:51:56
adisty from semarang says:
Trimakasih banyak mb lestari...membuat saya dri tak suka dapur jdi sukak d dapur.... Tuhan membalas kebaikanmu mbak murah ilmu...lov u mbakku muaaahhh
Adisty....Terima Kasih banyak juga sudah berani uji nyali dengan resep hasil try error saya ha ha. Saya ikut bangga dan bahagia, Adisty mulai mengubah paradigma memasak dari kewajiban menjadi hobby. Itulah harapan terbesar saya. Semoga hobby baru ini membawa kebaikan untuk Adis dan keluarga tercinta. Amin. Keep Cooking Sista !!! Salam hangat Mi Goreng muaaah ;-) ...Endang Lestari

  |  2015-09-22 08:09:01
rizkyana casonato from san dona di piave, veneto, venice says:
Mba yu... aku kesulitan cari kecap manis n asin yg pas buat mie n nasi goreng. Aq domisili di italy, mb biasanyapake merk apa sih? Suzi wan n ponti aj yg biasa aq pake, tp ga begitu enak, mohon penjelasannya


  |  2015-08-11 22:39:35
EffaMardiana from Blitar says:
Thanks ya mbk buat temen2 besok mau datang,kayagnya cocok simple n enak
Hallo Effa. Cocok tuch bikin Mie Goreng untuk acara kumpul-kumpul. Di tambah acar dan nglethus cabe hijau bagi yang suka pedas..wow..sedap. Selamat Bereksperimen..Semoga hasilnya Mak Nyus. Salam...Endang

  |  2015-03-25 21:18:37
risna from bangkalan madura says:
Trims yaa info resepx..nii bsg adik ipar mau ujian praktek mie grng jd aq deh y masak.smg bsg sukses
Lho yang ujian adik ipar kok yang masak Risna ha ha ha. Maksudnya ini pra ujian di dapur sendiri trus Risna guru pembimbing ya hi hi. Yach semoga sang adik lulus ujiannya Risna kita doakan bersama-sama. Semoga hasil praktek mie gorengnya Mak Nyuss. Salam....Endang

  |  2015-02-01 09:29:11
tini from brunei says:
Baru sy praktekan simple tp yummy.tq mb
Selamat Tini Mie gorengnya sukses. Masakan yang enak tak ahrus yang ribet2 asal bumbu dan masaknya benar. Ayo silahkan lihat2 resep yang lain banyak lho resep simpel tapi lezat: Ayam Goreng Mentega. Tumis Kangkung misalnya. Thy sudah nyasar kemari. Salam...Endang

  |  2013-07-11 18:59:46
ryaniie from papua says:
wiih lagsung laperr bawaanya heheh
Makanya segera bikin dong he he..

  |  2013-07-06 10:38:36
ani mardiani from bengkulu says:
menu andalan di rumah makan tempat saya bekerja selain masakan NASI GORENG,AYAM BAKAR,ADA JUGA MIE GORENG SPECIAL pake cumi dan udang boleh dicicip mie goreng ditempat saya
Mie Goreng emang makanan rakyat yang tersedia dengan berbagai variasinya. Ada di mana saja dan bisa disantap kapan saja. Hidup Mie Goreng ;-)

  |  2013-06-20 19:13:03
Juliana from Bayern Germany says:
Mie nya ueeenak :-) seneng dah mencicipi langsung buatan sang koki :-) salam dari kami berdua
Lebih asyik lagi mencicipi masakan sendiri, ditemani sama si hubby tul nggak? he he he . Salam balik juga dari kami Juli. Kapan ya kumpul2 sambil masak2 lagi ;-)

  |  2013-03-21 21:11:46
Luna from Batam says:
ini untuk skolah, ada semacam lomba masak dech,..
Hallo Luna. Silahkan berlomba semoga masakannya Luna jadi juara dech ;-) Memasak itu seni..silahkan berimprovisasi, tambah ini itu biar tambah cakep penampilan. tapi jangan lupa yang penting rasanya ya he he. Salam...Endang

  |  2013-03-10 11:49:13
zen from jatim says:
akhirnya bsa masakin mi spesial buat suami...tengkyu..:)
Hallo Zen. Selamat ya udah sukses bikin Mie Gorengnya. Yang udah nyoba pasti bertangan spesial juga nich ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain biar tambah disayang sama Hubby he he. Thx untuk apresiasinya. Salam...Endang

  |  2013-01-27 09:39:35
arieputra from pekanbaru says:
mbak saya koki di hotel pekanbaru, saya lagi buntu mbak soal menu indonesia, jadi resepnya berarti kali buat saya.
Hallo Arie. Ayo jangan segan2 menyajikan menu tradisional di hotel. Mari kita promosikan bersama-sama masakan tradisional Indonesia. Selamat Berkarya dan Semoga Sukses!!! You've got my full support ;-)). Salam....Endang

  |  2012-10-19 09:34:48
ria from ragunan says:
mie goreng aku kurang paham krn aku pake kemiri jd agak lengket tp suamiku palng suka yg namanya mie terpaksa aku sering masak,mksh rsepnya
Hallo Ria. Dalam resep " Suun Goreng" saya juga pakai kemiri. Itu salah satu bumbu khas Mie Goreng Jawa.. Rasanya juga enak.. Anyway selamat mencoba variasi Mie Goreng lain yang nggak pakai kemiri. Thx sudah mampir. Salam ..Endang

  |  2012-10-13 19:32:15
feni from jakarta says:
Mbaaaakkk, akhirnya aku bisa bikin mie goreng *senengnyaaa :D. Tengkyu ya mbak uda mau bagi-bagi resep nya. Aku paling suka mie goreng, tp juga paling ga bisa bikin mie goreng coz rasa nya ga pernah benerrr haha:D. Tp skrg aku da bisaaa, tengkyu tengkyu ya mbak :*
Hallo Feniiiiiii...aduh senengnya saya baca komen Feni. Selamat ya sudah berani uji nyali & hasilnya sukses. Itu juga harapan terbesar saya. Ayo coba lagi resep2 yang lain. Makasih juga untuk apresiasinya. Salam hangat Mie Goreng ha ha...Endang