Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Reviews & Comments

  |  2021-09-06 05:08:02
Hesti Bunga from mandalika says:
masyaAllah ternyata tidak sesulit yang dibayangkan pembuatannya. cantik. Kalo saya mau melembutkan hasil adonan agar2/pudding, kira2 bagusnya pakai bahan/tepung apa yah?


  |  2021-05-30 15:26:52
anzani bintang from cirebon says:
kalo saya bikin lapis beras nya pakai oven atau pemanggang kue yang ada api atas nya kira - kira bisa gak yah
Hallo Anzani :-). Jawabannya tidak bisa karena keduanya proses yang benar-benar beda yaitu mengukus dan memanggang. Kalau lapis beras dipanggang nanti adonan bisa matang tapi kering dan keras dan begitu ditambah adonan untuk lapisan berikutnya susunan tidak akan menyatu/nempel. Kalau dikukus kan adonan matang tapi tetap lembab. Coba Anzani buktikan kl gak percaya. Saya pernah iseng-iseng bikin martabak manis yang harusnya dipanggang di wajan teflon dengan cara saya panggang di oven. Hasilnya martabak jadi sekeras batu dan tidak layak dimakan langsung saya buang :-(. Semoga jawaban saya memberi pencerahan. Salam..Endang

  |  2021-05-24 11:58:08
Salsabila Febrianti from Banyu Wangi says:
Saya pernah lihat lapis agar - agar yang warna warni gitu, kelihatannya cantik dan menarik. Kira - kira gimana yah cara bikinnya biar kebentuk lapis - selapis numpuk tidak ke campur gituh ? makasih
Silahkan praktek bikin lapis nanti dari pengalaman akan tahu jawabannya. Mengukus lapis itu harus menunggu satu lapisan sampai matang dan padat baru dituang adonan baru di atasnya. Gak perduli mau pakai 2 warna atau 10 warna asal ngukusnya benar gak akan tercampur.

  |  2021-05-23 01:48:48
Raissa Widiastuti from Lampung says:
mau tanya nih kira - kira apa yah bedanya baking poweder dan soda kue ? soalnya saya bingung antara keduanya makasih
Baking Soda dan Baking Powder keduanya mengandung bikarbonat soda tapi baking powder sudah dinetralkan kalau baking soda masih bersifat basa. Makanya baking soda berfungsi optimal jika bereaksi dengan asam sekaligus untuk menghilangkan rasa pahitnya. Makanya hati2 kalau mau pakai backing soda kl kebanyakan pahit. Baking Soda/Soda kue juga mempercepat proses pelepasan udara dalam adonan, yang menyebabkan terbentuknya rongga-rongga udara, gelembung dan pori-pori besar. Rongga2 inilah yang menimbulkan efek keriting pd kremesan atau sarang pada adonan martabak manis contohnya. Kalau baking powder mengembang tapi berpori kecil. Kalau menurut ahli kue, sebaiknya tidak mengganti satu sama lain kalau sudah tertera jelas di resep. Intinya kalau adonan netral misalkan biscuit pakai baking powder kalau adonan mengandung asam misalnya yogurt, sour cream, jus jeruk ya pakai baking soda. itu saja yang saya tahu. Selebihnya silahkan Raissa tanya ke ahlinya :-)

  |  2021-05-12 19:26:45
Andien Setiana Manik from Surabaya says:
mau tanya nih (maklum masih baru belajar bikin kue :-D) kira - kira kue lapis legit tuh sama gak tuh pembuatan nya kayak kue lapis beras ini yah? boleh yah saran nya makasih
Hallo Andien :-) Kalau yang dimaksud kue lapis legit asli atau biasa disebut kue Spekoek itu lain sama sekali dengan lapis. Kalau lapis legit/spekoek itu sudah termasuk kue dan proses pembuatannya dengan dipanggang bukan dikukus. Dan terus terang saya nyerah kalau untuk nyoba ini, bahannya banyak pakai kuning telur sampai 20 biji trus pakai bumbu spekoek, manggangnya juga selapis demi selapis. Kalau mau jujur, bikin lapis beras masih mending dech :-). Semoga memberi pencerahan, tapi kalau mau nyoba silahkan lho ya :-). Silahkan mencari resepnya dari yang ahli kue. Terus terang baking bukan bidang yang saya tekuni :-). Salam..Endang

  |  2020-11-02 17:16:29
Ardan alpaqi akbar from 26-07-2007 says:
Saya ingin mencobanya tapi takut gagal
Hallo Ardan :-). Kenapa takut? Gagal dalam belajar apapun itu biasa. Tuch sudah banyak yang nyoba kayaknya banyak yang berhasil. Lagian Ardan nggak akan pernah tahu hasilnya kalau nggak nyoba :-). Santai aja kan bukan ujian sekolah, kalau gagal ya coba lagi. Ayo semangat Selamat Mencoba :-). Semoga saya masih bisa memberi motivasi :-). Salam...Endang

  |  2020-10-03 17:27:58
nanda from sumbar says:
mantep buk. jadi dan enak. siapa bilang laki2 gak bisa bikin kue.. hehe.. tengkyu
Nanda...ha ha ha...badan capek habis bersih-bersih rumah langsung cengengesan sendiri baca komen Nanda wakkkkk. Hebat oiii. Salut sama kesabaran Nanda, berhasil bikin kue lapis yang cukup ribet. Hasilnya mantap pula!! Angkat topi saya :-). Jangan salah justru cowok itu lebih perfeksionis kalau urusan masak. Kan rata-rata chef yang hebat umumnya cowok. Ayo teruskan bakatnya Chef! Terima Kasih sudah mampir dan uji coba resep semoga mengilhami cowok2 yang lain :-D Salam..Endang.

  |  2020-08-12 18:01:05
Lusdiana from Parlilitan says:
Thanks buat resepnya, Bagus bngt buat pemula sperti saya, krna detail bngt keterangannya dan komposisinya mudah di dapat.
Hallo Lusdiana :-). Sengaja saya buat sejelas mungkin supaya mudah dipahami. Semua orang bisa bikin Lapis, kuncinya hanya satu "SABAR". Selamat Bereksperimen semoga hasilnya memuaskan :-) Salam....Endang

  |  2020-08-02 20:21:49
Titin solihat from cilamaya karawang says:
Trima kasih banyak membantu sy,sungguh tiap ad acara keluarga ingin bwt makanan tapi gk punya waktu,kali ini seiring hari raya dn pandemi ,ak bnyk wktu smbil ngurus ank dn rumah ak ska bngt nyoba resep,kali ini lapis yg ingin bgt sy bsa membuatnya sendiri,semoga berhasil
Hallo Titin :-). Selamat Mengeksplorasi kue-kue dan masakan tradisional. Masa DiRumahSaja memang tidak mudah bagi ibu-ibu dan anak-anak usia sekolah, tapi di balik musibah pasti ada hikmah positiv yang bisa kita ambil. Semoga Titin mendapatkan tambahan ilmu dan manfaat dari website resep ini. Saya hanya posting resep, hasil akhir di tangan yang masak. Terima Kasih sudah berbagi pengalaman. Selamat Bereksperimen dengan resep-resep baru :-). Salam...Endang

  |  2020-07-26 19:12:52
Novi from Klaten says:
Sepertinya mudah,nnti mau coba lah,,,kira; 1 resep jdi berapa potong ya ??
Kira-kira jadi 15-18 potong Novi, tergantung besarnya potongan :-)

  |  2020-07-10 12:12:50
Novi from Bandung says:
Mau nyoba ah..ntar sy mampir kesini lagi.trims yaa resepnya detail banget. Jgn lupa ya teman2.. Baca review2 juga spa tau tambah inspirasi
Hallo Novi ;-). Sana buruan dicoba mumpung akhir pekan. Bikin Lapis harus sabar dan perlu waktu cukup dan suasana hati yang nyaman biar hasilnya jos. Terima kasih untuk komen yang memotivasi dan menginspirasi ;-). Salam...Endang

  |  2020-07-09 22:08:05
Ummu Shafa from Rantau Prapat says:
Saya kasi bintang 3 dulu ya bun, ntar klw sudah ketauan hasilnya memuaskan baru tambah bintangnya
Silahkan Ummu :-). Yang penting dicoba dan semoga hasilnya sesuai harapan. Gak usah pusing mikirin bintang ;-). Harus sabar lho ya bikin Lapis. Bikin saat punya waktu dan suasana hati nyaman kalau grusa-grusu gak bakal optimal hasilnya ;-). Salam...Endang

  |  2020-07-03 16:37:26
Lilis from Parakanmuncang says:
Terima kasih resep lapisnya. Mau saya coba
Silahkan Lilis. Semoga percobaannya sukses sesuai harapan. Terima Kasih sudah mampir dan tertarik untuk mencoba resep :-). Salam Endang

  |  2020-06-15 18:15:35
erika from says:
saya sudah nyoba mba...rasanya enak banget. harum pandan ama jeruk...yummmy banget daahhh
Hallo Erika ;-). Selamat woiii Lapisnya sukses. Saya bisa membayangkan baunya ha ha :-). Salut untuk kesabaran dan ketelatenannya nich. Sekali coba langsung yummy dan wangi. Terima Kasih sudah uji coba resep ;-). Salam..endang

  |  2020-06-06 09:57:20
mama dany from brebes says:
mo nyobain resep nya ...detail mohom bgt jelasinnya...semoga berhasillll.....
Selamat Mencoba Mama Dany ;-). Pastikan pakai bahan terutama tepung yang bagus dan waktu yang cukup dan sabar, ditanggung Lapisnya akan sukses :-) Selamat Bereksperimen semoga sukses :-). Salam...endang

  |  2020-06-01 20:01:51
Rasbina ria from Deli Serdang says:
Kalau pakai tepung beras sama tepung kanji bisa mbak?
Lho kan di resep yang saya tulis bahan yang saya pakai memang paduan tepung beras dan tepung tapioka alias tepung kanji Ria :-). Sudah kebelet bikin Lapis ini sampai bingung kelewat bacanya :-). Selamat Mencoba Semoga sukses. Salam...Endang

  |  2020-05-23 11:20:26
Azizah from Jatim says:
Saya udah coba, al-hamdulillah sesuai dengan expektasi dan rasanya enak banget, Makasih bun resepnya
Selamat Azizah :-). Saya ikut senang kalau ada laporan yang berhasil bikin lapis. Kalau bahan dan cara masaknya benar kemungkinan berhasil ;-). Terima Kasih juga sudah untuk kunjungan dan uji coba resepnya. Salam....Endang

  |  2020-05-21 16:44:37
Ummah from Jeddah says:
Wah simple ya bundah ;-) Mau coba sya resep nya jg mudah skli trimah ksh ilmu nya bundah :-)
Ayo Bunda Ummah...segera meluncur. Masak itu mudah dan flexibel asal dari hati. Selamat Bereksperimen Semoga cocok denna selera Bunda juga :-). Terima Kasih sudah mampirs dan tertarik untuk uji coba resep. Salam...endang

  |  2020-05-21 00:06:36
Sa'da from Banjarmasin says:
waaaah cntik skali ya kue nya, pasti juga enak rasa ny, kalau cuma tepung terigu cmpur tepung tapioka apakah bsa? soalny di rumah stok tepung nya cuma itu, malas kalau beli tepung beras lagi hehe
Bisa sekali Sa'da ;-). Ayo buruan dibikin pakai bahan yang ada. Saya jg kadang bikin lapis dari tepung terigu saya campur dengan tepung maizena kalau gak punya stok tepung. Masak itu gampang gak usah dibikin susah, tul nggak?. Selamat Mencoba Semoga sukses. Salam...endang

  |  2020-04-24 16:14:55
Imelda from says:
Saya uda coba.tak enak
Hallo Imelda, maaf kalau percobaannya gagal. Silahkan cari resep yang lain. Saya hanya posting resep yg selama ini saya praktekkan berkali-kali dan hasilnya baik-baik saja, mungkin tergantung yang masak dan selera yang bikin ;-). Ngomong2 tidak enak kok anda kasih bintang 5, jadi heran saya. Semoga anda mendapatkan resep yang sesuai selera. Salam...Endang

  |  2020-04-22 18:10:07
Pinky from Malang says:
Bissmillah smoga berhasil Bljr Q hari ini ;-)
Gimana hasilnya Pinky? Semoga berhasil dan rasanya mantap. Terima Kasih sudah mampir dan mau uji coba resep. Salam....Endang

  |  2020-03-28 13:26:10
Hj Julidar from Medan says:
Alhamdulillah.. Saya dah coba resepnya.. Eenak..
Selamat ..ini Ibu Hajjah Julidar ;-) Saya turut senang kalau ada yang sukses bikin kue Lapis. Hanya orang2 yang sabar berhasil bikin jajanan satu ini ;-). Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Ayo silahkan lihat2 resep yang lain. Siapa tahu ada yang cocok ;-). Salam..Endang

  |  2020-03-11 17:17:35
Afni from Bekasi says:
Saya sudah coba rasanya enak banget...
Hallo Afni ;-). Selamat Lapisnya sukses dan enak pakai banget. Sudah lulus tes kesabaran nich ha ha ;-). Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Salam...Endang

  |  2020-02-10 22:04:45
SAsabellah from says:
Saya sudah cobah bikin tapi rasanya asem
Baru kali ini saya dengar Lapis Beras rasanya asem. Dari bahan saja cuman ada 3 kemungkinan rasa yang timbul, manis atau asin atau hambar karena cuman mengandung gula dan garam. Saya malah gak paham darimana dapat rasa asamnya???? Kalau pakai tepung yang baru digiling tapi salah nyimpan dan lembab bisa saja tepungnya bau apek dan asem. Pastikan pakai bahan2 yang berkualitas bagus biar hasilnya juga bagus. Anyway dari pencantuman nama dan meski ganti nickname dan kasih komentar ngasal berkali-kali di blog ini, saya tahu siapa anda. Peace ;-) Salam...Endang

  |  2020-01-26 18:23:11
Rini Sulistyo from Jakarta says:
Saya mau coba mudah2an berhasil klw menurut tutorial nya sudah sangat faham . Makasih ya ilmunya
Ayo Rini silahkan semoga sukses lapis berasnya. Pastikan punya waktu yang cukup dan kesabaran untuk bikin lapis dijamin sukses. Selamat Mencoba :-). Salam..Endang

  |  2019-11-27 06:56:08
Aida from Taiwan says:
Biar lebih kenyal dan tidak bantad bisa di tambahkan tepung terigu :-)
Terima Kasih Aida untuk masukannnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Seperti saya tulis di pengantar atas bahan lapis memang bisa divariasi dari bahan campuran 2 tepung. Terserah mau pilih yang mana sesuai selera dan tingkat kekenyalan yang diinginkan. Salam...Endang

  |  2017-07-08 23:21:42
Joko from Bekasi says:
Saya sdh coba praktekan resep nya. Tapi hasilnya blom memuaskan. Tampilan tidak sebagus yg di foto. Supaya menghasilkan tampilan yang glossy seperti di foto, bgmn ya ? Mohon masukan nya. Trimakasih.
Hallo Joko, ..waduh turut prihatin hasil percobaannya yg kurang memuaskan. Tapi harapan sy semoga rasanya gak sepucat warnanya ;-). Mengenai warna yg kurang glossy, dugaan saya bisa disebabkan 2 faktor. Pertama bahan pewarna yang dipakai. Banyak aneka merk tersedia di pasaran, bisa saja intensitas warna lain2. Terus terang saya selama ini pakai merk jadul yaitu "koepoe koepoe" ( kan ejaannya juga masih jadul ;-)). Kedua mungkin jumlah pewarna kurang atau terlalu sedikit sehingga setelah lapis matang hasilnya pucat. Untuk antisipasi bisa dites dulu. Teteskan adonan yg sudah diwarnai ke dalam air perebus dan tunggu sampai mengambang kira2 itulah penampakan warna adonan lapis setelah matang. Dari situ bisa kita koreksi, jika perlu tambahkan bahan pewarna sesuai kebutuhan atau selera. Mau lapis yg mencolok atau natural. Sekian masukan dr saya semoga membantu. Selamat Bereksperimen lagi. Salam..Endang

  |  2014-12-16 21:46:21
fani from Hamburg says:
Cantik bgt kue lapisnya..jd pengen cepet dipraktekin :-) tapi ngomong2 itu pas ngukus tutup pancinya dipakein lap kein ga ya? Klo diliat dr gambar, itu cetakannya lebih tinggi dr panci bwt ngukusnyakan? Trus mba cuma nutup panci diatas cetakannya itukan? Cz aq ga punya panci kukus yg kaya di indonesia, yg agak masuk kedalem.
Hallo Fani, ha ha ha jeli banget ngliatnya. Saya juga gak punya panci yang dalem jadi memanfaatkan apa saja. kadang kalau cetakan kebesaran malah saya pakai wajan yang besar dan cekung trus dibawahnya saya ganjal saringan plastik putih yang di foto itu ;-). Betul kata Fani saya tutup wadahnya saja tapi usahakan tutup yang bentuknya miring biar uap air bisa langsung turun dan tidak membasahi lapis. Kalau gak ada br terpaksa pakai tutup datar dan dilapisi serbet untuk menyerap air. Semoga info saya memberi pencerahan ;-). Selamat mencoba semoga sukses. Salam...Endang

  |  2014-09-18 12:31:56
nur fitriani from muara bungo says:
sudah trbayang betapa kuenys gw coba ah
Ayo buruan praktek Nur. Kalau cuman dibayangin gak bikin kenyang cuman bikin ngeces ha ha. Selamat mencoba semoga sukses. Salam....Endang

  |  2014-08-26 10:02:47
Leoni Endhy from Jkt says:
Wah, uraiannya detil n menarik. Jempol utk anda.
Terima Kasih Leoni untuk aspirasi anda. Sengaja saya buat step by step dengan gambar pendukung supaya jelas dan mudah diaplikasikan, khususnya bagi pembaca yang baru belajar memasak ;-). Salam...Endang