Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Reviews & Comments

  |  2021-03-03 17:44:09
baya from purbalingga says:
terima kasih atas resep nya, saya jadi cukup terbantu bisa belajar masak sayur ini sendiri di rumah. cuman ada yang kurang, yaitu sambal hijau dan sambal merah khas padang (yang biasa ada di nasi bungkus padang) yang sayang nya tidak ada resep nya di sini :-( saya kangen sama sambal nya. mungkin impian saya kedepan nya bisa tambahin resep sambal tersebut (dan sambal khas padang lain nya) ke situs ini biar bisa belajar bikin sendiri sambal nya :-)
Hallo Baya :-). Selamat ya Gulai Daun Singkongnya sukses. Untuk mencari sambal, silahkan klik tombol menu paling atas, nanti akan tertera semua resep. Saya kelompokkan berdasar Pulau, Aneka Sambal dan Jajanan. Di Kelompok sambal sudah banyak sekali jenis sambal termasuk Sambal Lado Ijo dan Sambal Bada Khas Padang. Silahkan dieksplorasi. Salam..Endang

  |  2021-03-02 21:39:21
anisa from cisarua says:
saya masih awam nih soal cara masak makanan padang bu. Kira 2 gimana cara nya supaya bisa dapat rasa asam yang khas kayak kuah gulai ayam yang ada di restoran padang itu. saya sukaaa itu soal nya gurih dan nikmat
Ya tinggal dikasih bahan yang berasa asam Anisa. Kalau orang Padang lebih sering pakai asam kandis bukan asam jawa. Mungkin itu yang memberi rasa asam khas. Saya kurang tahu apakah di Cisarua ada yang jual asam kandis. Silahkan cari tahu dan coba tambahkan ke bumbu. Asam kandis adalah buah tertentu yang diiris-iris dan dikeringkan. Bisa ditambahkan utuh atau dihaluskan sebagai bumbu. Silahkan berkeksperimen kalau ketemu. Salam..Endang

  |  2021-02-19 21:05:56
Iriana Purwanti from Yogyakarta says:
alhamudulillah akhir nya nemu juga resep sayur singkong padang, wah asik nih. saya kira di sini gak ada resep sayur padang nya, eeeh ternyata ada cuma kata "sayur" di ubah jadi "gulai" aja, hehehe... semoga kedepan nya situs ini punya lebih banyak lagi resep masakan padang sumatera barat nya sehingga bisa nge bantu saya biar mahir buat belajar bikin hidangan masakan padang sendiri, aamiin. Kalo seandai nya bahan santan di ganti ama susu putih kira 2 bisa gak yah?
Nah kan nemu, seperti saya jawab di kolom komentar resep rendang, saya gilir praktek resep dari seluruh nusantara gak padang saja biar adil, karena ada ribuan resep tradisional yang ingin saya promosikan. Ngomong2 ngapain diganti susu? Susu itu untuk orang yang kepepet tinggal di LN misalnya. Justru kelezatan masakan padang terletak pada bahan2nya yang sebisa mungkin autentik salah satunya pemakaian santan kelapa. Kalau bisa tidaknya ya bisa kan suka-suka Iriana yang masak dan makan ha ha :-) Tapi masalah rasa tanggung sendiri. Lagian apa nanti kata orang Minang, kuahnya pakai susu? wa kkk kkk :-D.

  |  2020-07-17 12:25:33
Francine from Virginia says:
Baru beli kale 200 gr. jadi Bumbu dibagi 2, tambah kentang atau jagung---nanti kasiih kabar..., pasti enak----saya punya resep dari teman, orang Batak, tidak pakai ketumbar jintan, tapi pakai trasi dan ebi. Enak juga---dari ibunya---kira2 30 tahun yg. lalu----
Pakai ebi dan terasi pasti enak juga Tante :-). Saya sudah gak bisa beli daun Kale lagi, di Jerman selatan daun kale gak populer. Satu2nya Bio shop yang sedia itupun di musim gugur dan winter dekat rumah saya sudah tutup :-( . Selamat Menikmati Gulai Daun Singkong Tante. Have a nice weekend. Take Care :-)

  |  2020-05-08 13:27:08
Aciana from Surabaya says:
Masaknya udh cukup lama..belajar dr terung santan kmrn tp ttep ky kriuk gitu wkwk itu aku jd penasaran soalnya dlu pernah bikin sayur labu gak kriuk kok.. dan ini kmrn tahan sampe 2 hari loh karena aku panasin terus, jg karena memang masaknya lama di awal :D
Ya gak mau yang kriuk ya gak usah digarami Non, nanti setelah lunak ada yang patah-patah gitu tapi kalau suka kenapa tidak ? :-D . Kata orang Jawa sayur itu kalau sudah mambu irus (diobok-obok irus waktu ngambil) harus dipanaskan lagi. Istilahnya sayur kalau mau diawetkan untuk besoknya setelah dipanaskan gak boleh disentuh-sentuh lagi biar awet. Gak tahu penjelasan ilmiahnya tapi prakteknya ibu2 di kampung seperti itu dan terbukti Aci :-)

  |  2020-05-07 22:08:27
Aciana from Surabaya says:
Iya praktek trus nih :D betul kuahnya kental :) enak mb tp labu siam nya kurang empuk cenderung kenyal,apa karena sblm dimasak aku uleni garem ya ky mau bikin tumis itu..
Masaknya kurang lama kali sudah keburu diankat :-D. Saya malah suka labu siam yang agak crispy daripada londot/benyek :-)

  |  2020-05-06 17:38:44
Aciana from Surabaya says:
Mantap kuahnya, sayurnya pakai labu siam agak aneh LOL, bayangin pakai daun singkong atau ayam tambah mantap :D
Sibuk kali masak-masak kayak orang mau kendurian :-D. Pakai labu siam? Lebih mirip sambal goreng labu siam mungkin penampilannya tapi rasanya tetap enak kan Aci? Mix matchnya kreatif banget nget nget. Keep improve girl :-)

  |  2020-01-06 17:56:46
Evy from Semarang says:
Mbak bagaimana cara membuat sayur daun singkong warnanya tetap hijau walau sdh dimasak lama
Halo Evy. Sebelum direbus remas-remas daun singkong dengan garam sampai agak lemas. Panaskan air dengan tambahan garam sampai mendidih, baru daun singkongnya dimasukkan. Ngrebusnya jangan terlalu lama supaya tidak terlalu lunak. Setelah direbus langsung tiriskan dan siram segera dengan air dingin supaya proses pemanasan berhenti. Silahkan dicoba semoga berhasil. Salam...Endang

  |  2019-11-10 12:01:19
deni setyorini from kalimantan says:
Sip bangettttttt
Setuju dech Deni. Emang gulai daun ini rasanya siip dan gurih hm nyam..nyam.. ha ha

  |  2018-10-28 00:13:28
Tanti from Klaten says:
I am opening new food stall and everyday have to change menu,so I tried this method...it works everyone love it.
Great job Tanti! You're new in a resto-business but ready to try somewthing new. I wish you all the best & more success in the future. Keep cooking & inspiring ;-). Best regards..endang

  |  2016-01-31 13:33:08
kang mun from riau says:
Woww,,klihatanya enak tuh,,boleh d ciba tuh resep nyaaa,thanks ya mbk....
Emang enak Kang Mun. Ayo jangan ragu-ragu segera praktek. Pakai lauk ayam atau ikan goreng hmmm tambah nikmat ;-). Salam...Endang

  |  2015-04-25 16:16:27
dinda from malang says:
di ganti bayam bisa gak yaa ? daun singkong bkin naik darah (darah tinggi)
Hallo Dinda. Menurut saya bayam kurang cocok karena lekas lunak, padahal gulai biasanya dimasaka gak lama supaya bumbunya benar2 meresap. Ganti saja dengan daun pakis, atau campuran kacang panjang dan kol seperti orang padang kalau suka. Itu saja yang bisa saya sarankan. Salam...Endang

  |  2014-12-06 11:53:46
endah from surabaya says:
Resepnya mo di coba,,,krn mau aku sajikan utk suamiku yg sebenarnya kurang suka makan sayur. Thx resep nya ya...
Selamat Berjuang Endah, Semoga misinya sukses ha ha ...Kebanyakan mengkonsumsi daging tidak baik lho, lebih baik kalau menu seimbang ;-). Selamat Bereksperimen Semoga sukses.. Salam....Endang

  |  2014-12-01 08:03:55
Ira from Melbourne says:
Mantepppp Mbak. Pake Kale bisa yah, ntar sy coba. Thanks... Krn di sini ndak isa nemu daun singkong, sy pake silverbeet leaves.
Sama Ira, daun singkong juga barang langka di sini ;-(. Solusinya ya pakai daun apa saja yang bisa dimakan dan teksturnya keras biar gak hancur waktu dimasak. Di resep ini saya pakai Savoy karena daun Kale juga jarang di Jerman bagian selatan ;-(. Tapi kondisi membuat kita kreatif dan inspiratif, iya nggak? Selamat Bereksperimen, Semoga Sukses. Salam....Endang

  |  2014-11-05 08:10:36
Selfi Le from tangerang says:
Gulai sayur singkong enak bgt cumi aku ganti ayam. Anak2ku jd suka ma sayur daun singkong'tadinya ngak suka daun singkong skrang jd suka. makasih banget ya resepnya
Hallo Selfi....selamat oi...usahanya patut diacungi jempol merubah yg gak disuka jadi disukai anak2 :-). Silahkan bahan diganti apa saja asal sedap, kenapa nggak? Di Sumatrapun resep gulai ini bahannya juga bervariasi seperti saya tulis di catatan atas. Silahkan lihat2 resep yang lain siapa tahu ada yang cocok. Terima kasih juga sudah mampir kemari. Salam....Endang

  |  2014-03-14 08:10:48
yeri from batam says:
daun singkong makanan kesukaan saya.tpi saya bingung bikin menunya itu. ibu saya sering masakin saya enak banget
Ngapain bingung Yeri :-) Yach tinggal tanya atau nungguin Ibu kalau pas lagi masak dong..trus tinggal dicatat dan dipraktekin. Daun singkong emang enak apalagi masakan ibu masakan paling enak sedunia :-). Salam..Endang

  |  2014-02-21 14:13:00
from says:
Ya mbak takut kebauk an. Hehehe.... Sayurnya masih mbak.
Yach tinggal digoreng terinya kan udah gak ada patroli ha ha ;-)

  |  2014-02-19 23:56:28
erlin from finland says:
Wah resepnya enak banget. Brsan sy hbs masak daun singkong mbak, tp sayangnya tdk sy kasik ikan teri. Soalnya, keburu mertua dtg kerumah ngantar anak sy td. Ya jd nya sy gk jd grg ikan terinya. :-)
Erlin takut baunya ya ha ha ha ;-). Padahal ikan teri kriuk2 bikin tambah Mak Nyuss !! Besok aja bikin ikan terinya siapa tahu sayurnya masih sisa ;-)

  |  2013-11-01 14:03:31
Lilis from München says:
Thanks resepnya dik Endang! Sudah aku coba sekali hasilnya langsung ludes gak bersisa......
Selamat woi...Ayo..ayo silahkan dicobain semua resepnya biar tambah canggih he he. Thx juga sudah mampir. Sch

  |  2013-09-13 21:13:31
diana from hongkong says:
SEDAP . CUMA SAYANGNYA DAUN SINGKONG TAD ADA DI HONGKONG . DAN SAYA SUKA TONGSENG KAMBING . TAPI BLUM DAPATI RESEPNYA DISINI
Sama dech. Daun singkong juga gak ada di sini, padahal kalau di Ina malah banyak dijadikan makanan kambing he he. Jadi ngiri dech saya sama kambing ;-( . Resep Tongsengnya harap nunggu antrian dulu ya Non ;-)

  |  2013-07-01 19:40:43
Yohana from M√ľnchen says:
daun singkong kalo di jerman bisa diganti dgn apa ya?
Waduh Jeng, Lha itu udah saya terangin panjang lebar di catatan khusus, bahan pengganti dan gimana cara ngolahnya. Udah kebelet masak sampai lupa baca ya he he..

  |  2013-06-17 12:52:38
rara imot from medan says:
Saya paling suka gulai daun singkong,tp kayaknya cara kita masaknya beda.tanks ya ud kasih saya resrp yg bru:::--)
Banyak variasi resep tradisional Rara. Semua unik dan sedap asal masaknya benar. Ayo silahkan dicoba, kalau cocok silahkan pakai, kalau nggak lewatkan saja. Salam...Endang

  |  2013-02-01 17:17:08
narita trad from gambia africa says:
Ikan teri bisa ngk d.ganti dgn sarden.soalnya d.sini susah cari ikan teri
Hallo Narita. Di resep disebutkan optional atau jika suka. Tp kl nggak ada mending gak usah pakai dech daripada diganti sarden apalagi sediaan kaleng yg sdh berbumbu ntar bikin rasanya tercampur-campur gak karuan ;-) . Itu menurut saya lho. Salam..Endang

  |  2012-11-09 17:41:39
Mutia FD from Malang says:
gulai, saya kurang suka karena cenderung berbahan daging. ini berbahan sayur, so... boleh dicoba
Hallo Mutia. Silahkan dicoba ..ditanggung dech Gulai berbahan daun singkong ini rasanya sedap dan tidak bikin blenger ..khususnya bagi yg kurang suka gulai daging. Salam..Endang