Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Udang Asam Pedas

Bahan:

  1. 500 gr udang besar, kupas, biarkan ekornya, sisihkan kulit
  2. 8 buah/80 gr bawang merah, iris tipis
  3. 4 siung/12 gr bawang putih, iris tipis
  4. 5 lembar daun jeruk purut
  5. 1 sdm/10 gr asam jawa dilarutkan dalam 100 ml air
  6. 1 sdt gula merah atau sesuai selera
  7. minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  1. 7 buah/70 gr cabe merah tanpa biji
  2. 5 buah cabe rawit (tambah jika suka lebih pedas)
  3. 1/2 sdt terasi
  4. 1 sdt garam atau sesuai selera
BahanUdangKuahAsam UdangDikupas KulitUdangDisangrai KulitUdangDirebus KalduUdangDisaring AsamDirendamAirHangat BumbuUdangKuahAsam BumbuHalusKuahAsam BumbuIrisKuahAsam TumisBumbuIris TumisBumbuKuahAsam BumbuTumisKuahAsam KalduUdangKuahAsam UdangUntukKuahAsam AsamUntukKuahUdang UdangKuahAsamMatang
Udang Asam Pedas

Udang Asam Pedas

Rated 5/5 based on 1 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P0H40M
Porsi 4 • Waktu 0 jam, 40 menit Indonesian makanan utama Udang Asam Pedas, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Kalimantan Selatan

Catatan..

Udang Asam Pedas, cocok bagi anda penggemar seafood sekaligus pencinta masakan pedas. Sesuai namanya selain pedas, masakan ini memang didominasi rasa asam yang berasal dari larutan asam jawa yang lumayan banyak.

Terus terang saya akui resep ini bumbunya termasuk sederhana tapi rasanya di luar dugaan, paduan antara asam, gurih sekaligus pedaaaaaaas!! Cobalah dan buktikan kelezatannya. Semakin pedas semakin lezaat ha ha ;-)

Tips: Untuk anda yang tinggal di rantau dimana bau terasi bisa menimbulkan persoalan dengan tetangga, saran saya tambahkan terasi terakhir saat menumis bumbu untuk menekan sedikit mungkin bau yang menyebar. Saya sering pakai trik ini dan hasilnya lumayan memuaskan kedua belah pihak. Artinya saya bisa puas makan sambal terasi dan tetangga saya tidak protes karena baunya ;-). Jangan kuatir rasanya tetap lezat.

Cara Membuat:

  1. Siangi udang, belang punggung dan buang kotoran berwarna hitam. Cuci bersih dan tiriskan.
  2. Cuci kulit dan kepala udang, sangrai atau tumis kulit udang dengan sedikit minyak sampai berubah warna.
  3. Tuangi 500 ml air, masak dengan api sedang selama 15 menit. Saring kaldu udang. Sisihkan.
  4. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender (jika perlu tambahkan sedikit minyak ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran).
  5. Tumis bawang merah dan bawang putih iris sampai warnanya berubah transparan.
  6. Tambahkan bumbu halus dan daun jeruk purut, aduk-aduk hingga bumbu benar-benar matang dan berbau harum (kurang lebih 3 menit).
  7. Tambahkan kaldu udang, masak sampai kuah mendidih.
  8. Masukkan udang kupas dan air asam. Cicipi, tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  9. Masak sampai udang berubah warna dan benar-benar matang. Sajikan panas.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  2. Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


Reviews & Comments

  |  2020-08-22 12:30:13
Aciana from Surabaya says:
Iya yg bulet Chef , soalnya pertama kali makan paprika pas di Resto jadi pelengkap gurami asam manis klo gak salah itu crunchy dan ky ada rasa pedesnya. Tp ternyata pas masak yg merah gak pedes , brusan masak yg hijau , betul agak aneh tp masih doyan , ditumis pakai bawput baw bombay sm udang :D
Berarti yang pedas di resto itu mungkin jenis Pepper Paprika yang mengandung sedikit Capsicin (rasa pedas) Aci. Tahu kan sekarang rasanya Paprika hijau :-D

  |  2020-08-20 18:12:49
Aciana from Surabaya says:
Yes Chef :D sy jg lap tisue aja sama potong ujungnya dikit :) Pernah olah yg jamur kering nya jg , itu direndem 30 menit sampe mekar dan empuk :D Yummy.. Oh ya Chef paprika itu ada yg terasa pedes sm ada yg nggak juga ya ternyata, wktu itu paprika merah gak pedas samasekali kmrn beli paprika hijau tp blm tak masak :)
Aci Paprika yang bentuknya bulat itu gak ada yang pedas. Di sini ada 3 warna mulai dari yang paling mentah hijau, kuning dan merah. Saya suka yang kuning dan merah kalau paprika hijau gak suka saya rasanya aneh menurut lidah gak pernah saya beli kecuali terpaksa :-). Kalau paprika yang pedas di eropa berasal dari hongaria. Bentuknya kayak tomat atau apel namanya juga hungarian apple pepper, pedasnya lumayan juga kayak cabe keriting. Sering dijual dalam bentuk kering. Kalau yang lonjong pedasnya gak begitu amat di sini namanya Pepperoni. Kurang tahu saya kalau yang du Indonesia jenis yang mana.

  |  2020-08-19 17:58:01
Aciana from Surabaya says:
Ooo gitu ya Chef.. sy kira pernah ikut acara2 gitu.. kmrn tu lupa mau tanya disana kalendernya pasti gak merah kan tglnya :D pindang tongkolnya udh ada rasanya dan tdk asin banget , tp pas nuang garem kebanyakan trus sy kasih gula malah jadi kecut LOL ga bisa diselamatkan :D human error , Iíll try again ;) pagi ini masak tumis jamur kancing putih, Jamur nggak usah di cuci ya Chef apa betul ?
Human error..sering juga terjadi sama saya :-D. Jamur memang gak dicuci Aci, kalau ada kotoran yang nempel di ambil atau dilap pakai tisue. Kalau jamur dicuci nanti benyek mengandung air. Tekstur jadi kurang menarik dan rasanya juga jadi kacau. Saya gak pernah nyuci jamur. Kalau beli champinon segar yang ada batangnya juga gak saya buang, saya potong paling bawah trus batangnya juga ikut dimasak enak juga kok..

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: