Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Tongseng Kambing

Bahan:

  1. 500 gr daging kambing
  2. 500 ml santan kental
  3. 2 lembar atau 100 gr daun kol, iris2
  4. 1 buah tomat, belah 6 bagian
  5. 1 batang serai, potong jadi 2, memarkan
  6. 2 lembar daun salam
  7. 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  8. 3 sdm kecap manis
  9. 1 sdt gula pasir (jika suka)
  10. 1.5 sdt garam atau sesuai selara
  11. Minyak secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 6 bh atau 60 gr bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 cm jahe
  4. 1 cm kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk
  5. 1 sdt bubuk kari
  6. 1 sdt bubuk ketumbar
  7. 1/2 sdt jintan bubuk
Bahan Tongseng Kambing Daging Kambing Iris Bumbu Tongseng Kambing Tumis Bumbu Tongseng Daging Kambing Tongseng Masak Tongseng Kambing Santan Untuk Tongseng Kecap Untuk Tongseng Masak Tongseng Kambing Kol Untuk Tongseng Tomat Untuk Tongseng
Tongseng Kambing

TongsengKambing

Rated 4.8/5 based on 4 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H0M
Porsi 4 • Waktu 1 jam, 0 menit Indonesian makanan utama Tongseng Kambing, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Solo - Jawa Tengah

Catatan..

Tongseng aslinya berasal dari kota Solo tetapi belakangan ini muncul berbagai variasi Tongseng lain dari Boyolali, Jogja dan mungkin masih ada yang lain. Semua mengklaim asli masakan daerah mereka ;-).

Resep Tongseng Kambing Solo mempunyai ciri khas bersantan kental dengan sentuhan aroma bumbu kari. Kalau tanpa santan bukan Tongseng namanya, begitu komentar orang asli Solo ;-).

Kehadiran bumbu kari yang sedap menetralkan bau daging kambing yang agak prengus. Hasilnya hmmmmm Sedap dan Nikmat!!. Salah satu makanan favorit saya, apalagi makannya ditemani sate ;-). Untuk anda yang sudah lama tidak makan tongseng, silahkan bernostalgia dengan masakan lezat ini.

Tips: Bagi yang tidak bisa mengkonsumsi daging kambing silahkan ganti dengan daging sapi. Jika anda ingin memasak banyak silahkan jumlah masing2 bahan dalam resep dibikin dobel. Kalau tak suka kuah santan ya ganti dengan air biasa tapi tambahkan air panas supaya daging kambing terkunci dan rasanya lebih sedap.

Cara Membuat:

  1. Potong2 daging kambing sesuai selera. Sisihkan.
  2. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk purut dan daun salam dengan api antara sedang-tinggi hingga bumbu matang dan berbau harum. (kurang lebih 5 menit)
  4. Masukkan daging kambing, aduk-aduk hingga daging berubah warna.
  5. Tambahkan santan kental dan masak sampai santan mendidih. Aduk2 supaya santan tidak pecah.
  6. Kecilkan api ke posisi sedang, teruskan memasak selama 20-30 menit sampai daging kambing benar-benar empuk. Aduk sesekali.
  7. Tambahkan kecap manis, aduk rata.
  8. Cicipi, tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  9. Masukkan daun kol dan tomat, masak sebentar hingga daun layu. Angkat.
  10. Sajikan panas dengan taburan bawang goreng (jika suka)

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  2. Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


Reviews & Comments

  |  2020-08-02 19:24:03
Ningsih from Malang says:
Mantap,apalagi pake kecap nya ABC,di jamin makin mak nyus deh
Selamat Ningsih ;-). Tongseng Kambingnya sukses. Kecap yang berkualitas bagus apapun merknya memang penting untuk menghasilkan resep tongseng yang optimal rasanya. Terima Kasih sudah mampir dan uji coba resep. Salam....Endang

  |  2019-01-20 13:49:04
puthu syuro from purbalingga says:
Salam sist/agan.. Wah makasih bnyk nih ilmunya.. Jos gandos.. Pertama buat ragu" enak nggak ya tp alhmdllah bnyak yg minat..
Salam Kembali Gan ;-). Selamat untuk Tongsengnya. Saya ikut bangga nich ;-). Agan bakat koki hebat nich sekali uji coba langsung mantul banyak peminat. Lanjuuut ;-). Salam....Endang

  |  2017-10-19 21:30:09
rohwayati from tangerang says:
Baru saja di eksekusi, alhamdulillah nikmat. Sempet ragu2 krn pakai ayam, bkn kambing/sapi. Tapi rasanya tetep jempol. Yang paling penting anak suka. Makasi bwt resepnya mba. Sangat bermanfaat ;-)
Hallo Rohwayati ;-). Selamat untuk Tongseng Ayamnya. Terima Kasih juga untuk posting sekaligus masukan bahwa dgn bahan ayam ternyata juga enak. Saya sendiri malah belum pernah nyoba pakai ayam. Semoga info ini bermanfaat sekaligus menjawab pertanyaan rekan-rekan lain yang ingin masak Tongseng tapi tidak suka daging kambing. Salam Hangat a la Tongseng ;-)...Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: