Resep Masakan Indonesia

cooking from the heart

Siomay Ikan

Siomay Ikan
Rated 5/5 based on 7 reviews
RecipeYield 5 • PrepTime P2H0M
Porsi 5 • Waktu 2 jam, 0 menit
Facebook Pinterest WhatsApp
Asal: Semarang / Jawa TengahIndonesian ikan Siomay Ikan, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Bahan:

  • 4 buah/400 gr tahu putih yang tebal, potong diagonal, kerok bagian tengahnya
  • 250 gr kentang, direbus
  • 2 buah pare, potong2 sepanjang 2.5 cm, buang bijinya
  • daun kol secukupnya, rendam air panas, buang bagian yang keras

Bahan Adonan Isi:

  • 500 gr filet ikan tenggiri (ganti dengan filet ikan putih lainnya jika terpaksa)
  • 250 gr udang kupas, cincang
  • 100 gr tepung tapioka kualitas bagus atau dikenal dengan nama tepung sagu tani
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt air jahe (1 iris jahe rendam dalam air panas)
  • 1 sdm ebi, rendam air panas
  • 1 sdm minyak wijen
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  • 2 sdt garam atau sesuai selera

Saus Kacang:

  • 250 gr kacang tanah goreng, haluskan ( bisa diganti dengan Pindakaas/mentega kacang Belanda)
  • 4 buah cabe merah
  • 4 siung bawang putih, digoreng
  • 40 gr gula pasir
  • 400 ml air
  • garam secukupnya
  • 3-4 sdm kecap manis (kecap bisa juga ditambahkan terpisah saat dihidangkan)

Catatan Khusus:

  • Bagi anda yang tinggal di LN dimana ke tiga jenis ikan di atas susah didapatkan silahkan ganti dengan ikan lain yang dagingnya bertekstur lembut/tidak berserat kasar dan tidak banyak mengandung lemak, contoh: ikan parang-parang/wolf herring, ikan kod/cod fish/Kabeljau atau tilapia/ikan nila, Victoriabarsh dll
  • Beli ikan langsung dari counter ikan segar jika anda beli di supermarket. Jangan memakai ikan atau filet ikan dari paket yang sudah dibekukan. Meski anda de-frost dengan sempurna, ikan yang sudah dibekukan tak akan menghasilkan bubur ikan yang berserat dan tidak bisa tercampur rata dengan tepung.
Bahan Siomay Ikan Bahan Isi Siomay Ikan Air Jahe Untuk Siomay Tapioka Untuk Siomay Kol Pembungkus Siomay Siomay Dibungkus Kol Siomay Dalam Bungkus Kol Tahu Untuk Siomay Siomay Bungkus Tahu Pare Untuk Siomay Siomay Mentah Mengukus Siomay  Menggiling Kacang Siomay  Bumbu Saus Siomay  Bumbu Saus Siomay Halus  Saus Siomay

Cara Membuat:

  • Membuat Isi: Siangi filet ikan dan udang basah. Pisahkan kulit, potong2 atau cincang daging ikan menjadi lebih kecil jika perlu.
  • Haluskan ikan, udang dan ebi dengan blender atau food processor, tambahkan telur, aduk hingga rata.
  • Tambahkan air jahe dan tepung tapioka sedikit demi sedikit, aduk kembali dalam food processor hingga rata.
  • Tambahkan minyak wijen, kecap ikan, garam dan gula. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula secukupnya. Sisihkan.
  • (Mencicipi adonan ikan mentah memang tidak nyaman, tetapi langkah ini penting supaya rasa siomay tidak hambar setelah direbus).

Membentuk Siomay:

  • Rendam daun kol dalam air panas hingga layu, buang atau tipiskan tulang yang keras. Taruh kurang lebih 2 sdm adonan siomay, bungkus/gulung hingga tertutup. Sisihkan.
  • Potong tahu secara diagonal. Iris ke empat dinding dengan pisau sehingga membentuk dinding yang tipis.
  • Keruk bagian tengah tahu dengan sendok, jangan sampai tembus/terputus.
  • Haluskan sisa kerukan tahu, tambahkan ke dalam adonan siomay.
  • Isi lubang tahu dengan adonan siomay. Sisihkan.
  • Potong2 pare sepanjang 2.5 cm, keluarkan bijinya. Isi lubang pare dengan adonan siomay.
  • Lakukan sampai habis. Sisa adonan bisa anda variasi sesuai selera, misal dibentuk bulat seperti bakso atau dibungkus kulit pangsit.
  • Kukus siomay selama 25 menit sejak uap mendesis sampai matang.


Saus Kacang:

  • Goreng kacang tanah sampai kekuningan. Blender sampai halus.
  • (Step ini bisa anda lewati kalau anda memakai sediaan Pindakaas.)
  • Goreng bawang putih, kemudian haluskan bersama cabe merah dan garam.
  • Pindahkan kacang tanah halus/pindakaas dan bumbu halus ke dalam panci perebus. Tambahkan air.
  • Masak dengan suhu sedang sambil diaduk-aduk hingga saus mendidih dan mengental. Angkat dari api.
  • Tambahkan gula pasir dan dan kecap manis. Aduk rata. Penambahan gula dilakukan tanpa pemanasan supaya saus tidak gosong.
  • Kecap bisa anda tambahkan terpisah saat dihidangkan jika suka.

Cara Penyajian:

  • Taruh siomay dalam piring saji, siramkan saus kacang dan kecap manis diatasnya . Jika tidak suka saus kacang bisa anda ganti dengan sambal bangkok.

Catatan:

  • Tambahkan tepung tapioka secukupnya jika adonan terlalu lembek dan tidak bisa dibentuk seperti bakso, jika perlu tambahkan garam secukupnya.

Catatan..

Ada berbagai variasi Siomay contohnya Siomay Bandung dan Siomay Semarang. Bahan utamanya juga bervariasi mulai dari campuran ayam dan udang atau ikan dan udang. Ciri khas Siomay Semarang adalah berbahan dasar ikan tenggiri dan dalam penyajian biasanya bahan isi siomay dimasukkan ke dalam berbagai wadah mulai dari tahu, pare atau dibungkus daun kol. Selain bercita rasa lezat, penampilan Siomay Semarang menjadi unik dan menarik!

Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk membuat Siomay khas Semarang karena banyak pernak-pernik dalam proses pembuatannya. Tapi jerih payah anda akan terbayar dengan sajian yang gurih dan lezat. Salah satu makanan Indonesia paling enak!!!!, menurut saya ;-)

Tips: Jika anda memakai pembungkus tahu, bantu dengan mengiris ke 4 dindingnya dengan pisau dulu, baru dikeruk dengan sendok yang tipis supaya tidak langsung putus. (Silahkan lihat gambar)

Bagi anda yang tak mau jadi budak kompor ;-), silahkan ambil jalan pintas dengan memakai mentega kacang untuk membuat saus kacang daripada menggoreng sendiri. Jika tersedia pilih mentega kacang Belanda atau dikenal dengan sebutan Pindakaas. Peanut Butter juga bisa dipakai tetapi menurut saya rasanya kurang nendang !!

Catatan: Kunci kelezatan Siomay ini terletak pada kecap ikan, usahakan ada. Meski jumlahnya hanya 2 sendok makan tapi kehadirannya membuat perbedaan yang besar. Kalau tidak percaya, buktikan. Cicipi adonan sebelum dan ditambah kecap ikan, pasti akan anda akan temukan bedanya ;-). OK Selamat Mencoba dan Semoga Sukses.

Reviews & Comments

  |  2022-01-13 02:19:29
Putri Sandrayanti from Batam says:
mbak, kelihatannya mudah cara buat nya. Nanti kedepannya boleh tidak minta resep Dim Sum Ikan nya soal nya itu menarik makanan nya (boleh tuh di masukin ke situs SeleraManca maupun di LestariWeb ini).


  |  2021-06-19 18:59:59
oktavia saputri from Banjarbaru says:
pengen dong siomay nya hehehe... Jangan lupa ya lengkapin lagi situs ini dengan menambah resep baru yakni cumi goreng tepung nya biar lebih lengkap tks


  |  2021-06-12 11:42:10
Syamsul Nugroho from Magelang says:
enak... tampilan nya menarik dan rasa nya tidak kalah nikmat sama dim sum. kalo boleh tahu nih kira-kira apa tuh bedanya siomay dan dim sum yah (soal nya ke 2 nya mirip 2 tuh)? apakah dim sum itu asli hidangan indo yah? semoga saja nanti dim sum nya bisa hadir di sini...


  |  2021-06-11 19:14:03
Karine Zaishawati from Purwakarta says:
aku pengen hasil siomay nya kenyal sehingga lebih nikmat rasanya. Kira 2 apakah penambahan Backing Powder bisa ngebantu buat ngenyalin adonan siomay nya?

Silahkan saja kalau mau tambahkan baking powder tapi jangan kebanyakan. Baking powder itu fungsi aslinya pengembang adonan kue yang akan dipanggang kalau ditambahkan ke adonan yang akan direbus (siomay atau bakso) memang memberi efek kenyal karena mengembang tapi kalau kebanyakan nanti setelah dingin menyusut dan teksturnya keriput. Yang jelas kalau mau tesktur yang kenyal pakai bahan yang masih bagus dan segar (daging atau ikan atau udang). Bisa juga setelah adonan jadi, simpan sebentar di freezer sebagai pengganti penambahan air es atau es batu yang sering dipakai dalam pembuatan bakso atau empek-empek untuk menambah kekenyalan. Ngomong2 kenapa semua resep masakan harus dibikin kenyal : dawet, mie, bakso, siomay? Kenyal tidak selalu identik dengan enak, tapi bumbu yang menentukan enak tidaknya makanan :-)


  |  2021-05-30 08:10:00
Ghani Daryono from Klaten says:
buat bumbu kacang nya bagus nya di giling halus atau kasar nih? soal nya saya pernah beli siomay yang di luar sana, ada yang pakai halus dan ada yang pakai kasar cuman 2 dua nya sama - sama enak tuh. ada juga yang jual pakai bumbu kacang nya udah pedas saat pembuatan nya, kalo yang itu rasa nya emang lebih nikmat lagi.

Ya silahkan pilih sesuai selera. Kalau saya pribadi suka yang halus :-)


  |  2020-06-13 01:37:06
Gracia from Tangerang says:
Mantap resepnya enak tenan. Saya ganti isi nya pakai ikan dori dan paha ayam cincang karena kami tdk makan udang. Tapi semua takaran sesuai resep, dan hasilnya enak banget :-)

Selamat Gracia ;-). Siomay sukses direcook. Salut untuk modifikasi dan improvisasi menyesuaikan kebutuhan tapi hasilnya tetap jos !! Ayo teruskan.. bakat chef sejati nich :-). Terima Kasih untuk sharing dan input tambahan. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan yang alergi udang. Salam...Endang


  |  2020-06-05 10:36:05
Aciana from Surabaya says:
Iya chef , direbus pastanya pakai susu jd kan finally nyemek ky pakai cream. Kmrn pas lebaran bikin makaroni schotel jg tp aunty overcook rebus nya jd pas di mix sm bahan2 lain udh auto ngembang dan gak lucu bentuk makaroni nya , alhasil kebuang sebagian karena udh basi gada yg makan , biasanya klo bikin cepet ludes :D

Itu masakan peninggalan belanda. Kalau orang-orang generasi tua kayaknya masih demen banget sama macaroni schotel termasuk Aunty :-) . Masak pasta apapun bentuknya memang kuncinya harus al dente (matang tapi gak benyek)


  |  2020-06-04 21:44:21
Aciana from Surabaya says:
Wkwkwk sy sdh menduga klo Chef pasti bilang “bisa dimarain sm orang Itali” monmaap LOL Pdhal klo cek di google resep2 carbonara pkai garlic baw bombay , ada yg pakai susu , mungkin itu di modif biar rasa nya sesuai lidah Indo , kan kebanyakan orang mual klo makan yg creamy2 gitu termasuk my fut mom in law wkwk

Hah pakai susu ??!! wa ka kakkk :-D. Semoga gak ada orang Indonesia yang tinggal di Italia baca komen ini hi hi :-). Saya kalau lagi iseng penasaran lihat resep-resep eropa di kalangan orang indo banyak ratusan resep rata-rata postingan yang muncul bolognese, carbonara dan macaroni schotel. Kayaknya populer sekali ke 3 masakan ini :-)


  |  2020-06-03 18:11:45
Aciana from Surabaya says:
Tapi sy nggak protes kok hihi.. dikasih judul bakpao telo aja, khas Malang, kan itu masih Indo tp tdk di endorse LOL anyway td pagi sdh coba bikin carbonara , pakai daging giling sisa bikin siomay kmrn , alhamdulillah mirip lah rasanya tp kejunya pkai cheddar :D tinggal bolognese yg blm ;)

Carbonara kok pakai Cheddar..kalau ketahuan orang Italia bisa didamprat tuch. Bastardized recipe ha ha :-). Orang Italia itu masih sangat konservatif kalau urusan dapur. Wong masalah saus Carbonara dgn versi pakai cream saja masih menjadi diskusi hangat sampai sekarang.. Most chefs, although not all, say no cream. Fact is in the Roman cuisine, the authentic spaghetti carbonara made only with 5 simple ingredients: spaghetti seasoned with browned guanciale (panchetta), black pepper, pecorino Romano and beaten eggs. And the other variants which you find today, they are actually the variations of the authentic recipe! Pecorino romano is an italian sheeps's cheese, bentuknya keras dan asin tapi di negara2 luar Eropa yang agak susah beli pecorino seringnya diganti dengan parmigiano reggiano alias parmesan. Kalau diparut atau diblender di dry mill tekstur keduanya persis bergerindil. Cuman pecorino rasanya lebih asin. Just for additional info in case you need it :-)


  |  2020-06-02 18:14:54
Aciana from Surabaya says:
Pasti bakpao nya rasanya ngalahin chick yen :D anyway Chef menu ramadhan nya jd menu sebulan ya, aku klik tempe tahu santan tp yg muncul menu home, yg di hari kamis minggu kedua :D

Lha kan lebaran sudah kelar Non :-). Thx inputnya nanti saya koreksi satu-satu. Bakpaonya uenak saya bikin baru pertama kali permintaan anak saya. Tapi gak saya posting di sini kan bukan resep asli Indonesia :-). Ntar ada yang protes...


  |  2020-06-01 11:40:35
Aciana from Surabaya says:
Coba bikin siomay tp pakai daging cincang kecap ikan diganti saus tiram n kecap asin,dibungkus pkai kulit pangsit,isi dikasih wortel n kubis cincang garlic sm bawdaun jg.utk saus ditambah rawit agar pedas dikit :D ya ampun yummy banget

Itu namanya dimsum/siomay daging sapi Aci :-). Yakin enak. Bulan lalu saya bikin Bakpao, isinya saya modifikasi, pakai resep topping dari mie ayam. Uenak tenan :-).


  |  2015-11-16 20:34:15
Indah from Kuala lumpur says:
As'salam mbak, Itu tepungnya cuma 100gram? Gak typo ya mbak hehe. apa mungkin 1000gram tepung?

Wassalam Indah. Emang cuma 100 gr Non, bukan typo error. Kalau 1 kg nanti jadi empek-empek lebih keras mungkin kayak cenil ha ha ;-). Adonan siomay emang lembek mirip bakso dan tanpa tambahan cairan atau air cuma telur saja. Fungsi tepung pati di sini sekedar merekatkan adonan saja. OK jangan ragu, Selamat Mencoba ;-). Salam...Endang


Tulis Komentar Anda: