Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Sambal Goreng Pundang

Bahan:

  1. 150 gr ikan gabus asin (jika tak ada, ganti dengan ikan asin lain yang berdaging tebal)
  2. 2 sdm air asam kental (1 sdt asam larutkan dalam 2 sdm air)
  3. 1 sdt gula pasir
  4. minyak untuk mengoreng dan menumis bumbu

Bumbu Iris:

  1. 3 cabe merah, iris halus
  2. 6 buah bawang merah, iris halus
  3. 3 siung bawang putih, iris halus
Bahan Sambal Goreng Pundang Menggoreng Ikan Asin Ikan Pundang Goreng Bumbu Iris Sambal Pundang Ikan Asin Pundang Asam Sambal Pundang Cabai Sambal Pundang Masak Sambal Goreng Pundang
Sambal Goreng Pundang

Sambal Goreng Pundang

Rated 5/5 based on 1 reviews
RecipeYield 3 • PrepTime P0H30M
Porsi 3 • Waktu 0 jam, 30 menit Indonesian lauk pauk Sambal Goreng Pundang, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Kalimantan Tengah

Catatan..

Ikan asin sering dikonotasikan sebagai makanan orang miskin yang tak mampu membeli daging, ayam atau ikan segar. Selain murah, ikan asin juga bisa diirit karena rasanya yang super asin jadi makannya sedikit saja sebagai lauk untuk menemani nasi.

Sekarang jaman berubah, ikan asin tak lagi makanan rakyat jelata. Coba saja beli di pasar, untuk ikan asin kualitas bagus dan besar seperti ikan gabus atau ikan jambal roti, harga per kilonya bahkan lebih mahal daripada ayam!!

Terus terang dengan bangga saya mengakui saya penggemar ikan asin sampai kapanpun dan di manapun. Mana ada sich orang Indonesia yang tidak kenal Ikan asin ;-). Jika anda juga ngefans sama ikan asin, cobalah sajian dari Kalimantan Tengah "Sambal Goreng Pundang" biar anda tak bosan makan ikan asin yang hanya digoreng melulu he he..

Cara Membuat:

  1. Potong2 ikan gabus asin secara tipis memanjang.
  2. Panaskan minyak secukupnya, goreng ikan asin hingga kering. Tiriskan.
  3. Iris tipis bawang merah, bawang putih dan cabai merah.
  4. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak sisa menggoreng ikan asin hingga matang dan berbau harum.
  5. Masukkan ikan asin, air asam dan gula pasir. Aduk rata.
  6. Terakhir tambahkan irisan cabai merah.
  7. Masak hingga cabai layu dan bumbu meresap. Angkat.

Tips:

  • Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  • Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.


  • Reviews & Comments


    Reviews & Comments

      |  2020-12-06 14:33:00
    nur from kediri says:
    makasih mbak,resepnya.tadi dah coba.cuma,tuk bumbu tak halusin kasar hbis di tumis biar mudah resap gitu.cuma,c rawite 30an,ma si aseme lali,tp bodo amat.lumayan buat persediaan.kemarintempo hri kmna mbak.aq tungguin wat tanya 2x dikit gitu.pdahal,cuma pngin ngobrol 2x dkit gitu.makasih
    Waduh cabe 30 biji, semoga gak mencret wa kkk :-). Hantu cabe juga nich Nur :-). Coba tak tantang bikin Mie Goreng ekstra pedas, ditanggung cocok dan bakal ketagihan. Bumbu dan bahannya simpel, tak tunggu laporannya ha ha :-). Masalah balesin komentar, cuman bisa saya tulis dari komputer desk Nur, gak bisa dari HP. Dan saya juga gak bisa stand by 24 jam sehari di depan komputer. Jadwal saya jam 07 pagi berangkat kerja sd jam 17 sore, kerja di sektor formal juga. Nah setelah pulang baru buka kolom komentar dan jawab kalau ada. Trus akhir pekan, sabtu minggu, ya biasa mbabu, bersih-bersih rumah, belanja dan praktek resep baru. Website resep ini sekedar hobby sambilan Nur, bukan kerja penuh jadi harap maklum kalau saya sambi-sambi kerja dan melakukan aktifitas lainnya juga :-). Salam...Endang

      |  2020-05-12 18:56:26
    Aciana from Surabaya says:
    Oo..jd kita dr awal harus punya beberapa kencur,disaat sebagian dipakai,yg lainnya direndam/ditanam kembali ya..dan ayam mentah/matang di freezer bisa awet asalkan pakai plastik/tuppy. Dlu tanteku pernah taruh ayam di freezer smpe ungu warnanya,seingetku dibungkus kresek tp lupa brapa lama :D
    Kalau ayamnya masih benar-benar segar maksudnya baru disembelih dan setelah disembelih di simpan secara benar sama penjualnya, ayam gak akan sampai biri-biru atau membusuk di freezer Aci. Tapi freezer di Indonesia biasanya sering menyatu dengan kulkas yang sering dibuka tutup jadi mungkin jg berpengaruh ke tingkat pendinginan dan suhunya juga gak optimal karena dwi fungsi dengan kulkas. Kalau di sini terpisah Aci, kulkas suhunya sekitar -6 derajat sementara lemari freezer sampai -17 derajat. Mungkin itu faktor yang membuat hasilnya lain.

      |  2020-05-11 17:59:48
    Aciana from Surabaya says:
    Oh ya..td aku bli ayam 1kg udh dicuci n dttup plastik trus masuk freezer. Aku baca resep ayam goreng bumbu kuning stelah direbus n msuk kulkas itu tahan brapa hari? I mean klo bisa 1 kg itu bisa praktek bikin 2 or 3 dish tp si ayam kuat nggak posisi mentah / mateng dikulkas, mohon pencerahannya Chef :O Have a nice day :)
    Kalau cuman masuk kulkas paling lama 2 hari. Kalau ingin bikin banyak sekalian dan disimpan untuk waktu lama (mentah atau matang) masukkan freezer dalam beberapa porsi (dibungkus plastik atau tupperware ) tahan sampai berbulan-bulan. Asal gak sempat mati listrik :-).

    Tulis Komentar Anda:

    Rating:



    Nama:



    Lokasi:



    Write your text:

    Tulis Komentar:



    Write your own review:

    Your rating:

          
          
          
          
          
          

    Your name:

    Your location:

    Write your text:

    Write your review: