Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Pindang Tulang (Iga)

Bahan:

  1. 1 kg tulang iga atau daging yang ada tulangnya
  2. 1 batang serai, dimemarkan
  3. 2 bh daun salam
  4. 2 cm jahe, dimemarkan atau diiris tipis
  5. 2 cm lengkuas, dimemarkan atau diiris tipis
  6. 1 bh tomat belah 4
  7. 3 bh cabe merah & hijau, buang isinya, iris jadi 2
  8. cabe rawit utuh (jumlah sesuai selera)
  9. 1 genggam daun kemangi
  10. 3 sdm air asam (atau 1/2 buah nanas dipotong-potong)
  11. 1 sdm kecap manis
  12. 1 sdt gula merah
  13. garam secukupnya
  14. gula putih secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 2 bh cabe merah
  2. 5 bh bawang merah
  3. 3 bh bawang putih
  4. 1/2 sdt terasi bakar (optional)

Pelengkap, Sambal Kweni (Jika suka):

  1. Mangga / Nanas dicincang halus, cabe keriting,
  2. Terasi, Gula Merah, Garam
Bahan Pindang Tulang
Pindang Tulang

Pindang Tulang

Rated 4.9/5 based on 7 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H0M
Porsi 4 • Waktu 1 jam, 0 menit Indonesian makanan utama Pindang Tulang (Iga), resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Palembang - Sumatra Selatan

Sumber: Liza Dewanti, sahabat sekaligus eks rekan kerja

Catatan..

Ini dia masakan khas dari Palembang, Sup Pindang Tulang. Pertama saya sudah lupa, maklum kebanyakan makan sana sini hi hi. Setelah ingatan kembali saya baru nyadar eh ternyata saya pernah makan beberapa kali sama sobat saya, sang wisatawan kuliner Pulau Batam ;-). Saya sebut begitu soalnya sobat satu ini selalu aktif berburu alias langsung cabut ke lokasi kejadian begitu mendengar ada resto atau warung yang lagi up-to-date di Batam. Mulai pembukaan McDonald, resto padang di tengah hutan sampai penjual gorengan kaki lima tak ada yang terlewatkan ha hah. It's sweet memory to share though ;-)

Ngomong2 hobby kita emang sama.....suka makan enak & suka ngintip2 si penjual nyiapin pesanan he heh. So jadilah resep Sup Pindang Tulang ala Liza. Pesannya mengiringi resep ini " Dimakan dengan nasi hangat dan bayangkan kita makan di Plaza Batamindo hmmmm..... Memang benar-benar uenak tenan. Paduan antara asam, manis dan pedas terasa nikmat dan menyegarkan..bisa-bisa bikin kangen lho ;-). Penasaran??!! Silakan coba dech, OK?. Catatan: O ya di resep ini saya tidak memakai daun kemangi soalnya stok di toko Asia sedang kosong, tapi saya ganti dengan daun Basil, masih keluarga kemangi juga alias kemangi orang Eropa. Rasanya enak juga kok. Last but not least thx and credit goes to Liza for sharing this recipe.

Cara Membuat:

  1. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  2. Jika perlu tambahkan sedikit air ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Panaskan 1.5 liter air sampai mendidih, kecilkan api ke suhu sedang, *** kemudian masukkan tulang iga atau daging tetelan.
  4. Masak daging sampai setengah empuk. (Jika perlu buang lemak yang muncul di permukaan air)
  5. Masukkan bumbu halus, daun salam, serai, jahe, lengkuas.
  6. Lanjutkan masak dengan api sedang sampai daging benar2 empuk.
  7. Kemudian masukkan berturut-turut cabe rawit, cabe merah, kecap, air asam (atau potongan nanas) dan gula merah.
  8. Beri garam dan gula putih sesuai selera hingga terasa asam, manis dan pedas.
  9. Masukkan irisan tomat, masak sebentar sampai agak layu.
  10. Terakhir taburi dengan daun kemangi kemudian angkat dari api.
  11. Sajikan dengan nasi hangat dan sambel kweni jika suka.
  12. Sambel Kweni: Siapkan cobek, haluskan cabe & semua bumbu. Terakhir masukkan mangga / nanas cincang.

Catatan:

  1. *** Masukkan daging dalam air mendidih dan masak dengan suhu sedang supaya sari daging terkunci dan terasa lebih gurih.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.


Reviews & Comments

  |  2018-08-31 18:38:26
anggi from Cikarang says:
Dulu waktu masi kerja di batam, makan pindang tulang sm temen2 kek menu wajib enakkk bgt,,dulu ngga sempet makan bareng suami,jadi nyari2 resep ketemu lah resep ini ts saya promosiin kalo ini enak bgt ngga ada duanya rasanya,setelah nyobain bener2 ketagihan resepnya juara bgt,waktu ada ibu temen yg orang palembang main ke rumah sampe blng kalo enak bgt,udah ky yg dipalembang asli ..makasi ya buat esepnya ,juara bgt pokoknya ini mah :)
Hallo Anggi. Korban Pindang Tulang dari Batam juga ya ha ha. Waduh saya merasa terharu sekaligus bangga dgn promosi Anggi untuk resep Pindang Tulang ini. Dapat predikat juara lagi ;-).Kalau ada lomba masak Pindang Tulang di perayaan Agustusan dijamin Anggi juara RT nich ;-). Terima Kasih banyak untuk apresiasinya. Mari kita promosikan sekaligus lestarikan masakan daerah warisan leluhur bersama-sama. Salam Kuliner ;-)....Endang

  |  2016-04-22 21:40:26
firsty from palembang says:
Kalo pindang asli palembang,ada penambahan terasi bakar sedikit.
Hallo Firsty, Terima Kasih untuk masukannya. Baru tahu saya kl ada penambahan sedikit terasi. Dari nara sumber resep di atas maupun semua koleksi buku saya tak ada satupun yang mencantumkan terasi. Karena yang punya masukan dari Palembang saya yakin Firsty lebih tahu tentang bumbu Pindang Tulang ;-). Resep sudah saya koreksi sekalian. Salam...Endang

  |  2015-11-16 20:14:28
fitri from batam says:
Kl ngomong2 pindang tulang,mmng maknyos....aku sih seringnya mkn pindang tulang itu yang di plaza Batamindo....itupun wkt msh kerja....skrng dah lama banget nggak prnh mkn sejak berhenti di PT th 2010....skrng rasanya pengen nyoba bikin sendiri drmh....mksh ya mbak resepnya...semoga berhasil....
Fitri, kan dekat tinggal nyari Taksi ke Mukakuning tinggal santap Pindang Tulang Plaza Batamindo ;-). Sejauh-jauhnya kl masih tinggal di Batam, paling sejam juga nyampek. Tapi kalau mau bikin sendiri ya bagus tuch lebih murah meriah dan dijamin lebih puas dech makannya. Ayo Selamat Mencoba Semoga Sukses. Salam...Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: