Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Pastel Tutup Jawa

Bahan untuk 6 porsi:

  1. 500 gr ayam
  2. air secukupnya untuk merebus ayam
  3. 250 gr wortel
  4. 100 gr kapri (ganti dengan buncis jika tak ada)
  5. 100 ml santan kental
  6. 150 gr suun, direbus
  7. 500 gr kentang
  8. 2 telur ayam ayam, rebus, potong bulat tipis
  9. 2 sdt margarin atau mentega, untuk mengoles pinggan
  10. 1 sdt bubuk kaldu rasa ayam (jika suka)
  11. gula pasir secukupnya (jika suka)
  12. 2 sdt garam atau sesuai selera
  13. minyak untuk menumis bumbu

Bumbu Halus:

  1. 6 bh bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri, cincang kasar
  4. 1 sdm ketumbar atau 2 sdt ketumbar bubuk
  5. 1 sdt merica atau 1/2 sdt merica bubuk
  6. 1/2 sdt jintan atau 1/4 sdt jintan bubuk
  7. 1/4 sdt jintan bubuk
Bahan Pastel Tutup Jawa Ayam Untuk Pastel Direbus Ayam Suwir Untuk Pastel Kentang Pastel Direbus Kentang Pastel Dihaluskan Pinggan Diolesi Mentega Kentang Untuk Alas Pastel Telur Untuk Pastel Soun Rebus Ditiriskan Bahan Sayuran Pastel Tutup Bumbu Halus Pastel Tutup Bumbu Tumis Pastel Tutup Sayuran Untuk Pastel Jawa Ayam Suwir Pastel Tutup Santan Untuk Pastel Tutup Soun Pastel Tutup Jawa Isi Pastel Tutup Jawa Pastel Tutup Jawa Dipanggang
Pastel Tutup Jawa

Asam Pedas Ikan

Rated 5/5 based on 2 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H30M
Porsi 4 • Waktu 1 jam, 30 menit Indonesian kentang Pastel Tutup Jawa, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa Tengah

Catatan..

Hidangan pastel Jawa ini punya penampilan cantik tak kalah dengan pastel tutup a la Eropa. Kalau pastel Eropa biasanya ditaburi keju parut sebagai penutup atas, pastel a la Jawa menggunakan soun rebus sebagai fillingnya. Rasanya enak kata suami dan mertua saya yang biasa menyantap pastel a la Eropa.

Menurut saya, hidangan ini ibarat paduan puree kentang dengan lauk bihun/suun goreng ayam ;-). Rasanya asin dan gurih, harum dengan sentuhan aroma jintan. Memang enak tapi terus terang saja bikinnya ribet dan memakan waktu karena banyak pernak-pernik di sana sini. Makanya saya bikinnya sebagai selingan atau untuk acara tertentu saja.

Saran saya pastikan anda punya waktu cukup kalau mau memasak hidangan spesial ini. Syukur2 kalau punya 2 kompor supaya bisa merebus beberapa bahan secara bersamaan dan menghemat waktu. Tapi jerih payah anda tak akan sia-sia ;-)

Cara Membuat:

  1. Rebus ayam hingga lunak, angkat dan suwir-suwir. Sisihkan.
  2. Rebus kentang hingga matang dan lunak, haluskan selagi kentang masih panas.
  3. Siapkan pinggan tahan panas, olesi dengan margarin atau mentega, ratakan kentang halus di dasar dan dinding pinggan dengan bantuan garpu kemudian haluskan permukaannya dengan sendok. Sisihkan.
  4. Rebus telur ayam hingga matang dan keras. Iris tipis-tipis sisihkan.
  5. Rebus/seduh suun dalam air mendidih sesuai petunjuk. Tiriskan.
  6. Sementara menunggu bahan lain direbus potong2 wortel tipis bulat atau bentuk bunga. Potong kapri atau buncis. Sisihkan.
  7. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jintan, merica dan garam dengan cobek atau blender.
  8. Tumis bumbu halus dalam wajan cekung hingga matang dan berbau harum. Tambahkan wortel dan kapri/buncis, tumis dan aduk terus menerus hingga sayuran layu dan setengah matang.
  9. Tambahkan daging ayam suwir, aduk rata. Tuangkan santan dan masak sampai mendidih dan sayuran matang.
  10. Masukkan soun dan aduk hingga rata. Cicipi, tambahkan bubuk kaldu ayam (jika dipakai), garam dan gula sesuai selera. Angkat dari api.
  11. (Jika suun menggumpal dan lengket satu sama lain, siram dengan air dingin sambil dipisahkan bagian yang lengket dengan tangan, tiriskan dan tekan2 sampai tetesan air habis, baru masukkan ke dalam wajan).
  12. Masukkan isi pastel ke dalam pinggan yang sudah dialasi kentang, ratakan. Hiasi potongan telur rebus di atasnya.
  13. Panggang dalam oven dengan suhu 180C selama 20 menit hingga matang. Hidangkan panas.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.


Reviews & Comments

  |  2022-03-20 07:20:11
Ika Ayu Manisang from Gorontalo says:
Mbak, Makasih banyak atas resep nya. Semoga sehat selalu. Resep nya cukup nge bantu buat bikin isi pastel goreng. Saran nih, Entar ke depan nya jangan lupa bikin resep Pastel Goreng nya biar makin lengkap mbak. Terima Kasih


  |  2021-03-22 17:44:31
vidiasari oktaviani from purbalingga says:
wah saya pikir pastel goreng yang biasa saya lihat dan nemu kayak orang jualan entah yang ada di pinggir jalan atau yang ada di toko kue, ternyata bukan yah :-) lain kata, hasil bikin nya bisa juga nih buat jadi isi pastel goreng. jadi tinggal bikin kulit pastel nya lalu isi dengan pastel tutup yang ada di resep ini dan tinggal di goreng yah. Boleh juga resep nya, terima kasih udah berbagi, semoga bermanfaat yah
Ha ha ha Vidia :-). Maklum dech, kalau dengar kata pastel pasti kita orang Indonesia mikirnya ke pastel yang Vidi maksud. Yang Vidia lihat itu sebenarnya juga hasil asimililasi dari kuliner eropa, spanyol tepatnya yang aslinya bernama empanada. Trus di Manado ada resep aplikasinya bernama Panada. Persis pastel yang dijual itu tapi isinya dari ikan tongkol yang dimasak mirip abon. Silahkan saja kalau mau dipakai untuk isi pastel, telur rebusnya dicincang kecil-kecil cocok juga kayaknya. Terima Kasih untuk komen yang menginspirasi :-). Salam...Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: