Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Martabak Telur

Bahan:

  1. 100 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 75 ml air
  3. 2 sdm minyak goreng
  4. garam sesuai selera
  5. 500 ml minyak goreng untuk merendam adonan kulit

Bahan Isi Martabak:

  1. 300 gr daging sapi cincang
  2. 100 gr bawang bombay, cincang halus
  3. 4 buah bawang putih, haluskan
  4. 6 batang daun bawang, iris menyerong halus
  5. 6 butir telur
  6. 2 sdt bubuk kari instan
  7. 1/2 sdt merica bubuk
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 2 sdt garam

Saus Martabak, campur:

  1. 50 gr gula merah
  2. 1 siung bawang putih
  3. wortel cincang halus
  4. ketimun cincang halus
  5. bawang merah cincang halus (jika suka)
  6. 3 sdm cuka
  7. 100 ml air matang
  8. cabe rawit hijau (jika suka pedas)
  9. garam secukupnya
Bahan Martabak Telur Kulit Martabak Daging Cincang Martabak Isi Martabak Telur Kulit Martabak Telur Adonan Isi Martabak Martabak Telur Goreng Martabak Telur Jadi
Martabak Telur

Martabak Telur

Rated 4.9/5 based on 32 reviews
RecipeYield 5 • PrepTime P3H0M
Porsi 5 • Waktu 3 jam, 0 menit Indonesian daging Martabak Telur, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa & Sumatra

Catatan..

Ini dia hidangan ringan yang sangat populer di Pulau Jawa dan Sumatra. Di Jawa terkenal dengan Martabak Telur, di Sumatra punya andalan Martabak Mesir. Keduanya hampir sama hanya bumbunya saja yang agak berbeda. Tapi dari keduanya punya kesamaan yaitu sama2 memakai bumbu kari. Konon hidangan ini memang diperkenalkan oleh para pendatang dari India yang terkenal dengan penggunaan bumbu kari dalam khasanah budaya kuliner mereka. Rasanya??!! Hmm....meski saya kurang begitu suka sajian kari tapi sejak saya nyangkul di Batam saya jadi demen banget menyantap martabak telur sambil ngobrol ngalor-ngidul sama teman2 atau rekan2 sehabis pulang kerja.

Anyway...Anda sering makan martabak tapi belum pernah nyoba bikin sendiri? Terus terang awalnya saya ngeri juga membayangkan sulitnya bikin kulit martabak seperti yang didemonstrasikan oleh abang penjual martabak yang sangat lihai memutar2 adonan kayak adegan akrobat sampai terbentuk adonan kulit yang tipis dan transparan tanpa sobek sama sekali. Wuiiih..Kalau dipikir2 hebat juga ya keahlian kuliner bangsa kita ;-)

Anyway bikin kulit martabak tidak harus menguasai ilmu akrobat dulu. Dengan sedikit nyali dan triks anda bisa juga membuat sajian ini di rumah sendiri. Tentu saja perlu sedikit kesabaran karena banyak pernak-pernik bahan penyusun. Kalau mau gampang sich, langsung aja beli trus dimakan langsung ha ha. Jujur di Indonesia saya juga nggak pernah tergerak untuk repot2 bikin martabak telur..wong beli juga dekat, harganya lumayan terjangkau. Tapi di tempat tinggal saya sekarang mau tak mau saya mesti nyoba sendiri. So ..anda mau gabung?? Catatan: Kalau nggak mau repot, kulit martabak bisa anda ganti dengan kulit lumpia. Tapi kalau penasaran ingin benar2 bikin martabak sesuai prosedur aslinya, ya silahkan ikuti cara pembuatannya step by step. Selamat Mencoba..

Cara Membuat:

  1. Adonan Kulit Martabak : Campur tepung terigu dan garam, aduk hinggak rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan tercampur rata.
  2. Tambahkan minyak goreng, uleni kembali sampai adonan kalis ( tidak lengket di tangan). Sisihkan.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan. Rendam dalam minyak goreng selama 2 jam.
  4. (Pastikan semua adonan benar2 terendam. Jangan kuatir, minyak akan tetap bersih dan bisa anda gunakan lagi).

  1. Bahan Isi Martabak : Tumis bawang putih dan bawang bombay cincang dengan api sedang hingga matang dan berbau harum.
  2. Masukkan daging cincang, aduk2 sampai daging berubah warna.
  3. Tambahkan merica bubuk, bubuk kari, garam dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  5. Tambahkan 1/2 bagian ( 2 batang daun bawang iris). Aduk rata.
  6. Teruskan menumis hingga air dari daging agak menyusut dan daun bawang agak layu. Angkat dari api.
  7. Panaskan sedikit minyak, kocok lepas 2 telur dan buat orak-arik telur. Sisihkan.

  1. Membuat Kulit Martabak: Ambil satu bagian adonan, pipihkan dengan telapak tangan atau dengan gilingan kayu hingga melebar.
  2. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri ke kanan berulang-ulang ( seperti penjual martabak kalau anda bisa trik ini ;-.)
  3. (Atau cara saya : Pegang salah satu sisi adonan kemudian tarik ke sisi luar untuk ke 4 sisi secara bergantian sampai terbentuk adonan yang tipis dan transparan).

  1. Penyelesaian : Siapkan mangkok, kocok 4 telur di dalamnya. Tambahkan tumisan bahan isi martabak, irisan daun bawang dan orak-arik telur.
  2. Panaskan 3 sdm minyak goreng di dalam wajan martabak atau wajan datar ukuran besar.
  3. Letakkan kulit martabak, tambahkan 1/2 campuran isi martabak di tengah2 kulit, ratakan.
  4. Lipat kulit martabak seperti lipatan amplop atau lipat sesuai selera anda hingga semua bagian isi terbungkus kulit.
  5. Goreng sambil dibolak-balik hingga isi matang dan kedua sisi kulit berwarna kekuningan. Angkat.
  6. Jika perlu gunakan tissue dapur untuk menyerap kelebihan minyak.

  1. Saus: Campur semua bahan menjadi satu.
  2. Penyajian: Iris martabak sesuai selera. Sajikan hangat dengan acar dan saus pelengkap.
  3. (Catatan: 1 martabak bisa diiris menjadi kurang lebih 6 potong).

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.


Reviews & Comments

  |  2021-10-04 20:33:36
Andromeda from Magelang says:
nikmat betul. emang bikin nagih. Gak nyesel tuh belajar disini. Aku sih ngarap bisa ada resep Roti Cane nya disitus ini, semoga bisa terwujud
Bos saya lagi istirahat dari dunia masak-memasak sudah lebih 10 tahun, istirahat dulu Bos. Silahkan cari di narasumber lain semoga sukses experimennya :-)

  |  2021-06-10 18:25:39
Ida Ayu Nimas from denpasar, bali says:
maaf ganggu bu, mau tanya soal mie giling nya. Saya pernah dengar ada orang di luar sana bisa bikin mie giling yang teksturnya Kenyal gitu. Kira-kira itu pakai bahan pengenyal nya apa? apakah pakai backing powder/soda kue/soda ash/atau bahan pengenyal lainnya?
Maaf saya malah tidak tahu. Di Eropa yang sering bikin mie segar itu orang Italia. Mereka bikin Mie atau pasta berbagai bentuk. Tapi dari semua resep yang saya punya maupun saya pelajari dari rekan kerja tidak ada satupun resep yang pakai bahan pengenyal. Silahkan cari dari narasumber lain. Kalau sediaan mie jadi yang sangat kenyal ada mie orang korea terbuat dari tepung ubi jalar. Mirip mie sagu dari Selat Panjang kepulauan Riau. Bukan kenyal lagi tapi sudah mirip tekstur karet gelang. Silahkan beli kalau ada di pasaran.

  |  2021-05-03 17:53:19
Ida Ayu Nimas from Denpasar, Bali says:
saya mau tanya nih, kalo saya bikin mie giling sendiri pakai cara yang udah ibu kasih tau sebelum nya, kira - kira bisa awet berapa lama hasil olahan mie giling nya yah? mohon maaf lahir batin bu jika saya ada salah makasih
Mie yang dibikin sendiri dimaksudkan untuk langsung dikonsumsi Ida, bukan untuk diawetkan, setelah direbus paling lama bertahan 1 atau 2 hari mungkin di simpan di kulkas. Coba bayangkan kalau kita beli mie jadi kering trus kita rebus kan nggak bertahan lama juga. Paling bertahan sampai keesokan harinya. Disimpan di wadah tertutup/tupperware biar nggak kering. Nanti kalau mau diolah, dibasahi pakai air hangat, diaduk-aduk atau dipisahkan pakai garpu kalau ada yang saling lengket. Terus terang untuk kepastian berapa lama saya tidak tahu, karena saya tidak pernah bikin mie basah sendiri. Cuma saya sering beli sediaan mie/pasta basah yang ada di supermarket, begitu kemasan dibuka umumnya harus langsung dikonsumsi. Itu saja yang bisa saya sampaikan.

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: