Resep Masakan Indonesia

cooking from the heart

Martabak Telur

Martabak Telur
Rated 4.9/5 based on 34 reviews
RecipeYield 5 • PrepTime P3H0M
Porsi 5 • Waktu 3 jam, 0 menit
Facebook Pinterest WhatsApp
Asal: JawaIndonesian daging Martabak Telur, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Bahan:

  • 100 gr tepung terigu protein tinggi
  • 75 ml air
  • 2 sdm minyak goreng
  • garam sesuai selera
  • 500 ml minyak goreng untuk merendam adonan kulit

Bahan Isi Martabak:

  • 300 gr daging sapi cincang
  • 100 gr bawang bombay, cincang halus
  • 4 buah bawang putih, haluskan
  • 6 batang daun bawang, iris menyerong halus
  • 6 butir telur
  • 2 sdt bubuk kari instan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam

Saus Martabak, campur:

  • 50 gr gula merah
  • 1 siung bawang putih
  • wortel cincang halus
  • ketimun cincang halus
  • bawang merah cincang halus (jika suka)
  • 3 sdm cuka
  • 100 ml air matang
  • cabe rawit hijau (jika suka pedas)
  • garam secukupnya
Bahan Martabak Telur Kulit Martabak Daging Cincang Martabak Isi Martabak Telur Kulit Martabak Telur Adonan Isi Martabak Martabak Telur Goreng Martabak Telur Jadi

Cara Membuat Martabak Telur

  • Adonan Kulit Martabak : Campur tepung terigu dan garam, aduk hinggak rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan tercampur rata.
  • Tambahkan minyak goreng, uleni kembali sampai adonan kalis ( tidak lengket di tangan). Sisihkan.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan. Rendam dalam minyak goreng selama 2 jam.
  • (Pastikan semua adonan benar2 terendam. Jangan kuatir, minyak akan tetap bersih dan bisa anda gunakan lagi).
  • Bahan Isi Martabak : Tumis bawang putih dan bawang bombay cincang dengan api sedang hingga matang dan berbau harum.
  • Masukkan daging cincang, aduk2 sampai daging berubah warna.
  • Tambahkan merica bubuk, bubuk kari, garam dan gula pasir. Aduk rata.
  • Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  • Tambahkan 1/2 bagian ( 2 batang daun bawang iris). Aduk rata.
  • Teruskan menumis hingga air dari daging agak menyusut dan daun bawang agak layu. Angkat dari api.
  • Panaskan sedikit minyak, kocok lepas 2 telur dan buat orak-arik telur. Sisihkan.
  • Membuat Kulit Martabak: Ambil satu bagian adonan, pipihkan dengan telapak tangan atau dengan gilingan kayu hingga melebar.
  • Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri ke kanan berulang-ulang ( seperti penjual martabak kalau anda bisa trik ini ;-.)
  • (Atau cara saya : Pegang salah satu sisi adonan kemudian tarik ke sisi luar untuk ke 4 sisi secara bergantian sampai terbentuk adonan yang tipis dan transparan).
  • Penyelesaian : Siapkan mangkok, kocok 4 telur di dalamnya. Tambahkan tumisan bahan isi martabak, irisan daun bawang dan orak-arik telur.
  • Panaskan 3 sdm minyak goreng di dalam wajan martabak atau wajan datar ukuran besar.
  • Letakkan kulit martabak, tambahkan 1/2 campuran isi martabak di tengah2 kulit, ratakan.
  • Lipat kulit martabak seperti lipatan amplop atau lipat sesuai selera anda hingga semua bagian isi terbungkus kulit.
  • Goreng sambil dibolak-balik hingga isi matang dan kedua sisi kulit berwarna kekuningan. Angkat.
  • Jika perlu gunakan tissue dapur untuk menyerap kelebihan minyak.
  • Saus: Campur semua bahan menjadi satu.
  • Penyajian: Iris martabak sesuai selera. Sajikan hangat dengan acar dan saus pelengkap.
  • (Catatan: 1 martabak bisa diiris menjadi kurang lebih 6 potong).

Tips:

Catatan..

Ini dia hidangan ringan yang sangat populer di Pulau Jawa dan Sumatra. Di Jawa terkenal dengan Martabak Telur, di Sumatra punya andalan Martabak Mesir. Keduanya hampir sama hanya bumbunya saja yang agak berbeda. Tapi dari keduanya punya kesamaan yaitu sama2 memakai bumbu kari. Konon hidangan ini memang diperkenalkan oleh para pendatang dari India yang terkenal dengan penggunaan bumbu kari dalam khasanah budaya kuliner mereka. Rasanya??!! Hmm....meski saya kurang begitu suka sajian kari tapi sejak saya nyangkul di Batam saya jadi demen banget menyantap martabak telur sambil ngobrol ngalor-ngidul sama teman2 atau rekan2 sehabis pulang kerja.

Anyway...Anda sering makan martabak tapi belum pernah nyoba bikin sendiri? Terus terang awalnya saya ngeri juga membayangkan sulitnya bikin kulit martabak seperti yang didemonstrasikan oleh abang penjual martabak yang sangat lihai memutar2 adonan kayak adegan akrobat sampai terbentuk adonan kulit yang tipis dan transparan tanpa sobek sama sekali. Wuiiih..Kalau dipikir2 hebat juga ya keahlian kuliner bangsa kita ;-)

Anyway bikin kulit martabak tidak harus menguasai ilmu akrobat dulu. Dengan sedikit nyali dan triks anda bisa juga membuat sajian ini di rumah sendiri. Tentu saja perlu sedikit kesabaran karena banyak pernak-pernik bahan penyusun. Kalau mau gampang sich, langsung aja beli trus dimakan langsung ha ha. Jujur di Indonesia saya juga nggak pernah tergerak untuk repot2 bikin martabak telur..wong beli juga dekat, harganya lumayan terjangkau. Tapi di tempat tinggal saya sekarang mau tak mau saya mesti nyoba sendiri. So ..anda mau gabung?? Catatan: Kalau nggak mau repot, kulit martabak bisa anda ganti dengan kulit lumpia. Tapi kalau penasaran ingin benar2 bikin martabak sesuai prosedur aslinya, ya silahkan ikuti cara pembuatannya step by step. Selamat Mencoba..

Reviews & Comments

  |  2022-04-05 03:21:03
icha saroso from jakarta says:
mbak endang mau tanya nih kira 2 ada gak cara resep buat kulit lumpia yang anti (tidak) gagal biar setelah di buat kulit nya bisa mengembang dengan mudah dan hasil nya baik


  |  2021-11-12 09:04:55
Fenty Erwianingsih from Sidoarjo says:
Makasih banyak atas Resepnya. Mau tanya bu, kalo melihat bahan kulit martabak kan serupa ya kayak bikin mie giling. Kira2 berapa lama mie nya bisa awet disimpan difreezer (pembeku)?


  |  2021-10-04 20:33:36
Andromeda from Magelang says:
nikmat betul. emang bikin nagih. Gak nyesel tuh belajar disini. Aku sih ngarap bisa ada resep Roti Cane nya disitus ini, semoga bisa terwujud

Bos saya lagi istirahat dari dunia masak-memasak sudah lebih 10 tahun, istirahat dulu Bos. Silahkan cari di narasumber lain semoga sukses experimennya :-)


  |  2021-06-10 18:25:39
Ida Ayu Nimas from denpasar, bali says:
maaf ganggu bu, mau tanya soal mie giling nya. Saya pernah dengar ada orang di luar sana bisa bikin mie giling yang teksturnya Kenyal gitu. Kira-kira itu pakai bahan pengenyal nya apa? apakah pakai backing powder/soda kue/soda ash/atau bahan pengenyal lainnya?

Maaf saya malah tidak tahu. Di Eropa yang sering bikin mie segar itu orang Italia. Mereka bikin Mie atau pasta berbagai bentuk. Tapi dari semua resep yang saya punya maupun saya pelajari dari rekan kerja tidak ada satupun resep yang pakai bahan pengenyal. Silahkan cari dari narasumber lain. Kalau sediaan mie jadi yang sangat kenyal ada mie orang korea terbuat dari tepung ubi jalar. Mirip mie sagu dari Selat Panjang kepulauan Riau. Bukan kenyal lagi tapi sudah mirip tekstur karet gelang. Silahkan beli kalau ada di pasaran.


  |  2021-05-03 17:53:19
Ida Ayu Nimas from Denpasar, Bali says:
saya mau tanya nih, kalo saya bikin mie giling sendiri pakai cara yang udah ibu kasih tau sebelum nya, kira - kira bisa awet berapa lama hasil olahan mie giling nya yah? mohon maaf lahir batin bu jika saya ada salah makasih

Mie yang dibikin sendiri dimaksudkan untuk langsung dikonsumsi Ida, bukan untuk diawetkan, setelah direbus paling lama bertahan 1 atau 2 hari mungkin di simpan di kulkas. Coba bayangkan kalau kita beli mie jadi kering trus kita rebus kan nggak bertahan lama juga. Paling bertahan sampai keesokan harinya. Disimpan di wadah tertutup/tupperware biar nggak kering. Nanti kalau mau diolah, dibasahi pakai air hangat, diaduk-aduk atau dipisahkan pakai garpu kalau ada yang saling lengket. Terus terang untuk kepastian berapa lama saya tidak tahu, karena saya tidak pernah bikin mie basah sendiri. Cuma saya sering beli sediaan mie/pasta basah yang ada di supermarket, begitu kemasan dibuka umumnya harus langsung dikonsumsi. Itu saja yang bisa saya sampaikan.


  |  2021-04-11 22:01:35
Selviana Heny from bogor says:
akhir nya saya bisa bikin martabak telor nya sendiri :-), ngomong - ngomong kuah martabak nya yang mantap nikmat nya itu bagus nya pakai kuah dari resep gulai gajebo padang (gaji atau lemak nya di ganti sama daging sapi) atau kari kambing medan yah

Aduh Non dari kemaren sibuk nanya kuah martabak telur, apa nggak capek gonta ganti nama samaran sampai gak sadar nulis pertanyaan sama di resep berbeda- beda. Maaf saya gak akan jawab pertanyaan sama berkali-kali. Silahkan praktek beneran kalau memang ingin belajar, nanti kan tahu sendiri kuah mana yang lebih cocok untuk martabak telur :-)


  |  2021-02-28 19:18:17
Nur Ayu Haryanto from surakarta, solo says:
kalo bahan minyak buat nguleni atau ngadonin hingga kalis nya di ganti ama mentega kira 2 bagus gak buat hasil kulit martabak nya (dengan tetap d rendam ke dalam minyak goreng setelah jadi kalis yah)?

Maaf Nur saya tidak bisa berani memberi jawaban untuk hal-hal yang saya belum pernah praktek sendiri daripada menyesatkan. Lagian saya juga bukan ahli bidang cookery dan bakery. Silahkan ekseprimen atau tanya ke ahlinya saja. Salam...Endang


  |  2021-02-23 17:21:33
anita from bekasi says:
aku pengen kuah kari nya martabak mesir dan roti cane bu. rasa nya gurih, nikmat, dan lezat. kira 2 gimana cara buat nya? apakah ada resep nya?

Hallo Anita :-). Saya gak punya resep kuah kari martabak mesir tapi kalau mau bikin resep kari silahkan pakai resep kari kambing medan di sub menu Sumatra. Kalau resep roti cane silahkan baca jawaban saya untuk saraswati hayurani dari bandung yang dibawah itu. Praktek langsung belum pernah jadi belum bisa posting cuman roti jala yang sudah ada. Silahkan lihat di sumber lain yang sudah posting. Salam...Endang


  |  2021-02-21 15:33:55
Risa Anisa Ningrum from Bekasi Timur says:
baik bu Endang, terima kasih atas jawaban dan masukan nya. Kalo boleh tanya nih, kalo seandai nya bikin mie giling bisa pake resep kulit martabak ini, kira 2 bahan bikin kwetiaw giling sama gak atau beda dengan bahan resep ini (bila d bandingkan sama bahan buat resep bikin mie giling)? tks

Hallo Risa. Kalau kwetiau itu adonan dan bikinnya lain sekali dengan Mie. Kalau sy baca di buku resep masakan chinese, kwetiau dan bihun itu bahannya cuman 3 : tepung beras, tepung kanji/tapioka dan air. Makanya warnanya putih polos. Resepnya simple tapi pembuatannya ribet. Tapi kalau mau nyoba ya silahkan : 1 bagian tepung beras, 1/2 bagian tepung tapioka dan air dingin sebanyak 2 X jumlah tepung. Contoh 500 gr tepung beras, 250 tepung tapioka dan 1500 ml air dingin. Bikinnya bukan direbus seperti mi tapi dikukus. Jadi setelah adonan yang sangat encer tapi halus bebas gerindil, trus dikukus menjadi lapisan tipis dalam loyang yang sudah diolesi minyak dan dipanaskan di dandang pengukus lebih dulu, baru dituang adonan dan masak sampai matang transparan kurang lebih 3-4 menit. perlu beberapa loyang untuk bikin. setelah dingin olesi bagian atas dengan minyak juga, dilepas dan bisa ditumpuk. Terakhir baru digulung dan dipotong-potong. Selamat Mencoba kalau mau uji kesabaran :-)


  |  2021-02-19 21:27:01
Risa Anisa Ningrum from Bekasi Timur says:
aku jadi kangen ama martabak telor nih apalagi kalo keingat ama martabak kari mesir yang kari nya enak sekali. Seandai nya aku mau pake resep kulit martabak ini buat bikin kulit molen pisang goreng, kira 2 bahan nya sama gak? terima kasih

Hallo Risa :-) Terus terang saya tidak bisa menjawab karena bakery dan pastry bukan bidang yang saya tekuni, jadi saya tidak punya kapasitas, pengetahuan maupun pengalaman mendukung untuk menjawab. Paling saya cuman bikin jajanan pasar. Silahkan tanya ke ahlinya saja supaya hasilnya memuaskan. Salam...Endang


  |  2021-02-15 18:59:35
saraswati hayurani from bandung says:
wah akhir nya nemu juga resep kulit martabak nya, saya pikir susah bikin nya hehehe... ternyata gampang gak susah. mbak, kalo buat bikin roti cane kira 2 resep kulit nya sama gak ama resep ini?

Hallo Saras, setahu saya kalau roti cane ada tambahan margarin. Bisa pakai resep ini persis 200 gr tepung terigu, 1/2 sdt garam, 75 gr margarin diCAIRkan, trus air hangat kurang lebih 100 ml. Tambahkan margarin cair dulu baru airnya sedikit demi sedikit tambahkan saaat menguleni sampai kalis. Mungkin airnya lebih sedikit juga. Setelah kalis, bagi beberapa bagian, diamkan 45 menit baru digiling tipis dan dibentuk. Istirahatkan lagi 15 menit baru di goreng di wajan anti lengket yang diolesi minyak. Selamat Mencoba. Salam...Endang


  |  2021-02-12 18:52:11
ratih from jakarta says:
aamiin terima kasih bu atas dukungan dan masukan nya semoga ber manfaat dan berhasil

Sama-sama Ratih. Semoga percobaannya sukses :-)


  |  2021-02-08 18:38:10
ratih from jakarta says:
oh yah tks bu, sekali lagi nih. kalo bikin kulit pangsit rebus, kira 2 pake telur nya cukup pake kuning telur aja atau sekalian ama putih telur nya (kuning dan putih telur)?

Terserah Ratih. Kalau saya bikin mie a la Italia (spaghetti, lasagna) saya pakai telur keseluruhan alias putih dan kuningnya. Trus resep kulit pangsit basah juga pakai telur utuh. Hasilnya baik-baik saja. Saya cuma kurang tahu saja mengapa resep mie Indonesia rata2 cuman pakai kuningnya saja. Yang jelas jangan lupa tepung tapiokanya supaya pangsitnya licin dan lembut. Kalau takut pecah saat direbus ya silahkan pakai kuningnya saja. Intinya kuning telur berfungsi memberikan rasa gurih dan pelembut, sementara putih telur memberikan volume dan berfungsi sebagai pengembang. Sudah sana segera praktek, nanti kan tahu sendiri. Perasaan udah seminggu nanya-nanya mulu, kapan prakteknya Non :-). Kan sudah expert bikin kulit martabak tuch, dijamin pasti sukses lah ha ha :-)


  |  2021-02-07 17:38:15
Ida Ayu Nimas from Denpasar, Bali says:
oh iyah makasih atas balasan nya bu Endang, apakah tanpa pakai tepung tapioka ("entah di campur nya saat bikin adonan nya" atau "cukup di taburi ke hasil gilingan mie nya setelah jadi mie") hasil gilingan mie nya akan jadi lengket saat di simpan atau di rebus nanti?

Tidak perlu ditambah tepung tapioka Ida. Saat menipiskan adonan, begitu terdeteksi ada bagian yang lengket segera taburi kedua sisi dengan sedikit tepung terigu. Setelah tercapai ketipisan yang dimaksud, biarkan selama 10 menit lembaran tipis itu, tutupi serbet supaya gak kering dan mengeras. Tipiskan lagi sisa adonan. Baru dimasukkan lagi ke mesin pemotong. Pastikan mesin dan tangan benar bebas air. Setelah mie terpotong, taruh di nampan yang dialasi tissue dapur, biarkan 15 menit atau 3 jam kalau mau dikeringkan. Bisa jg beberapa digulung jadi satu kayak mie kemasan jadi, nanti waktu direbus misah gak akan lengket. Selamat Berkeksperimen :-)


  |  2021-02-07 17:10:13
ratih from jakarta says:
kalo boleh tahu yang tambahkan 1 sdt tepung tapioka ke adonan kulit martabak buat bikin kulit pangsit, kira 2 apakah itu buat kulit pangsit rebus atau goreng soal nya takut beda takaran tapioka nya?

Bisa untuk kedua-duanya karena tidak mengandung telur. Kalau adonan pangsit basah umumnya ditambah telur mirip adonan untuk bikin mie. Kalau tanpa telur seperti adonan martabak ini lebih tepat untuk pangsit kering dan dengan tambahan tapioka lebih renyah. Telur kan intinya membuat adonan gurih dan lebih empuk. Yang jelas jangan kebalik, adonan pakai telur untuk pangsit goreng, enak tapi lekas lembek/melempem. Apalagi kalau beli jadi, jangan sampai salah pilih, pangsit untuk sup dipakai untuk pangsit goreng, dijamin dlm waktu 2 jam pangsit langsung loyo. Dari pengalaman pribadi :-(. Ayo Ratih segera eksperimen, kebanyakan teori gak praktek malah bikin bingung. Gak usah takut gagal dari situ kita belajar dan hasilnya membekas :-)


  |  2021-02-06 07:20:04
Ida Ayu Nimas from Denpasar, Bali says:
Terima Kasih atas resep nya. Kelihatan nya tidak sulit pembuatan nya bu. Kalo aku pake resep ini buat bikin mie giling sendiri pake alat penggiling mie kira 2 ada tambahan tepung lain gak selain terigu protein tinggi (mengingat mie bahan dasar nya juga dari tepung terigu)? makasih

Hallo Ida Ayu :-). Kalau untuk bikin mie sendiri, silahkan pakai resep ini tapi tambahin kuning telur. Coba resep dasar ini : 100 gr terigu protein tinggi, 1 kuning telur, 1/2 sdt garam, 2 sdt minyak goreng, kur leb 60 ml air. Uleni sampai kalis kl perlu + sedikit air atau terigu. Setelah kalis, langsung digiling tidak usah direndam minyak goreng karena adonan mie tidak perlu ditipiskan sampai setipis adonan kulit martabak yang hampir transparan. Selamat Mencoba Semoga berhasil :-). Salam...Endang


  |  2021-02-02 18:29:41
sari from jakarta says:
sekedar jawaban dan info tambahan aja bu: saya dapat info pake kuning telur aja itu lewat resep yang banyak beredar di internet dan ama tukang jual martabak telor di jalan :) terima kasih bu atas jawaban nya semoga berhasil

Sari kalau penasaran coba saja, siapa tahu tips dari penjual martabak telur langsung juga bagus hasilnya pakai kuning telur. Kan mereka lebih pengalaman dari kita. Kalau gak coba kan gak bakalan tahu jawabannya. Jangan lupa nanti kasih masukan ya hasilnya kalau pakai kuning telur :-). Terima Kasih.


  |  2021-02-01 17:16:07
sari from jakarta says:
Bagus yah resep nya bu. Nanti kapan 2 saya coba... Kira 2 kalo pake kuning telor di adonan nya kayak di resep lain kira 2 bisa beresiko sobek gak adonan kulit nya saat di pipih kan (di lebar kan) jadi kulit (soal nya saya pernah coba bikin sendiri hasil nya kulit cepat sobek akibat adonan kulit nya di campur pake kuning dan putih telor)? tks

Sari lah sudah pernah nyoba dan tahu hasilnya mudah sobek gitu ngapain mau coba lagi pakai telur. Seperti saya tulis jawaban ke Anwar di bawah itu, saya sudah bikin eksperimen berkali-kali dan sering gagal juga sebelumnya. Nggak usah kuatir hasilnya, tanpa pakai telur atau kuning telur, dengan tambahan 2 sdm minyak di adonan , kulit akan lembut dan sangat elastis setelah direndam. Kalau takut rasanya nggak gurih misalnya isinya nanti juga sudah banyak mengandung telur. Semoga penjelasan saya membantu. Salam...Endang


  |  2021-02-01 17:08:32
anwar from jakarta says:
maaf, kalo pas jadi kalis, kira 2 apakah hasil nya jadi keras atau lembut bola adonan nya ? apakah bisa di diamkan tanpa direndam banyak minyak setelah jadi kalis ? apakah ada perbedaan hasil kelembutan adonan jika bikin nya pake tangan atau pake sendok ? tks

Hallo Bos :-). Diuleni jadi kalis itu supaya mudah mengenali adonan tidak terlalu lembek/lengket ditangan atau keras,adonan tidak lengket tapi kempyar. Adonan tidak akan keras karena kalis justru untuk mendapat tekstur ideal. Nguleni sampai kalis memang harus pakai tangan bahkan kalau perlu adonan digulung-gulung dan ditekan dengan tangan beralas telenan untuk mendapatan tektur optimal. Masalah perendaman kalau untuk adonan pizza misalnya gak perlu direndam karena tidak perlu ditipiskan sampai hampir transparan tapi adonan tidak begitu elastis dan mudah sobek. Teknik ini saya dapat setelah beberapa percobaan dan gagal berkali-kali termasuk tanpa perendaman sampai ketemu bahan dan metode ini yang final dan hasilnya memuaskan. Silahkan kalau mau pembuktian Bos :-). Salam...Endang


  |  2021-01-27 17:41:53
ratih from jakarta says:
lanjutan saya tadi : jadi kulit pangsit (pake cetak alat giling), kira 2 bahan nya sama gak kayak bikin kulit martabak atau ada sedikit perbedaan (ada penambahan tepung laen selain terigu) ? maaf nih banyak ketik :) terima kasih

Adonan ini bisa juga untuk kulit pangsit Ratih, cara bikin dan resep persis cuman tambahin 1 sdt tepung tapioka/kanji untuk menambah kerenyahan. Selain itu fungsinya tepung kanji juga untuk pemisah biar gak lengket. Setelah digiling dgn rolling pin dan dipotong-potong kecil taburi dengan tepung kanji sebelum ditumpuk satu sama lain. Selamat Mencoba semoga berhasil juga kulit pangsingnya. Murid yang pintar biasanya banyak tanya Ratih :-).. Salam...Endang


  |  2021-01-27 17:33:52
ratih from jakarta says:
sukaa ama resep nya, sangat ngebantu buat saya yang baru belajar bikin kulit martabak sendiri :D . Ternyata tidak susah asal tepung terigu nya ber protein tinggi kayak cakra kembar (dia punya kadar protein nya 19 %) atau yang sejenis nya, kesabaran, dan jumlah air nya yang sedikit demi sedikit di tuangin nya ke dalam adonan tepung ( jangan sampe kebanyakan air atau gak akan jadi lembek adonan kulit martabak nya :D ). Oh yah, kalo boleh tahu. Seandainya saya mau pake adonan nya buat di bikin jadi

Hallo Ratih :-) Selamat Kulit Martabaknya sukses. Sudah bisa jualan dong ha ha :-). Memang betul itu kuncinya tambahkan sedikit demi sedikit karena konsistensi tepung beda-beda, trus bikinya di saat cuaca terik atau dingin bisa juga mempengaruhi kelembaban udara dan kondisi tepung. Sekali lagi selamat untuk kesabaran Ratih :-)


  |  2021-01-23 17:50:54
vina from jakarta says:
wah, enak nih, bisa bikin sendiri nih di rumah, bisa bikin lebih banyak isi dan lebih besar kulit nya sesuai keinginan : ) . kalo resep martabak manis nya koq belom ada yah ?

Silahkan dibikin Vina :-) Sudaha da beberapa yang nyoba kayaknya banyak yang cocok tuch. O ya untuk martabak Manis, saya gak punya wajan khusus untuk pemanggang yang tebal itu. Sudah pernah eksperimen dengan wajan teflon tapi hasilnya kurang memuaskan, saya harus eksperimen lagi sampai dapat hasil yang optimal sebelum posting resep supaya tidak mengecewakan pembaca yang mau nyoba pertama kali. Sementara silahkan cari narasumber lain. Terima Kasih untuk masukannya. Salam...Endang


  |  2021-01-12 17:57:15
fahmi from jakarta says:
maaf bu, kalo di pasar an kan ada tepung nya segitiga biru, cakra kembar, sama kunci biru, Kira - kira mana yah protein nya yang tinggi soal nya saya awam soal cara nge bedain tepung yang protein nya tinggi dengan yang sedang atau rendah ? saya pernah pake segitiga biru tapi hasil nya gagal. mohon untuk saran nya terima kasih

Hallo Fahmi. Tepung protein tinggi itu kandungan proteinnya 11-13 %, kl dibawah 11% sudah masuk kategori sedang. Kalau di Indoenesia tepung terigu protein tinggi yang bagus seingat saya Caka Kembar. Kalau segitiga biru itu tepung serba guna alias protein sedang, Kalau merk yang terakhir itu saya kurang tahu, apa merk baru ya? Maklum saya sudah lama merantau. Kalau ragu baca saja kandungan proteinnya. Tepung protein tinggi cepat mengembang dan elastis karena lebih banyak mengandung glutenm makanya bagus untuk bikin kulit martabak. Silahkan berburu semoga percobaan berikutnya berhasil. Salam..Endang


  |  2020-10-05 01:24:07
Ai Amarasuriya from Surabaya says:
Sumpah emang ngeri banget bikin kulitnya yg diputer²(untung gk pusing tu kulit :-D Thanks tipsnya...pasti dicoba deh :-)

Ayo Ai. Gak perlu nunggu jadi tukang akrobat dulu utuk bikin martabak. Semampunya aja a la dapur rumahan yang penting hasilnya enak. Silahkan mencoba semoga sukses :-). Salam...Endang


  |  2020-08-23 15:32:38
Deddy from Cianjur says:
Terima kasih resepnya semoga sukses ya... amin.

Hallo Dedy :-). Silahkan dipraktekkan sudah ada beberapa yang coba kayaknya pada cocok tuch. Terima Kasih sudah mampir syukur-syukur uji coba :-). Salam...Endang


  |  2020-05-21 10:48:45
Ella from Taiwan says:
Martabak telur adalah makanan favorit kami sekeluarga. Belakangan anak2 ribut kangen martabak telur, kalo lagi di jakarta kita langsung cusss beli, tapi di Taiwan gak ada yang jual. Demi untuk lihat senyum dan rasa puas anak2 dan suami, terpaksa bikin sendiri. Terima kasih sudah share resep martabak telur lengkap dengan methodnya. Very helpful. Salam kenal dari Taiwan.

Hallo Ella :-). Salam Kenal Kembali. Ha ha ha ..sama dengan saya seperti saya tulis di kata pengantar, di Indonesia boro-boro bikin, nglirik resep dan lihat cara pembuatan saja sudah ngeri :-). Tinggal di LN membuat kita jadi lebih kreatif dan meningkatkan apresiasi masakan kampung halaman ya. Selamat martabaknya sukses. Ella ibu teladan nich semua dicoba demi menyenangkan anak-anak dan keluarga tercinta. Keep Cooking & inspiring ;-). Salam..Endang


  |  2020-04-20 23:27:23
Enda Seban from Bekasi says:
Super Excellent, Terima kasih resepnya ya.... ?I love it much!!!!!!

Selamat Enda. Koki excellent, sekali coba langsung Mak Nyuss!! Bikin Martabak gampang-gampang susah kalau terbukti berhasil berarti bakat koki beneran nich ;-). Ayo teruskan bakatnya masih banyak resep lezat menunggu :-). Terima Kasih sudah mampir dan uji coba resep. Salam...Endang


  |  2020-04-10 11:33:32
Nining from Bombana says:
Pengen banget makan martabak. Tapi takut beli di luar. Ada covid 19 hehehe. Makasi resepnya bakl di coba ;-)

Ha ha Nining. Berarti di balik musibah ada hikmah tersendiri, jadi rajin masak dan nyoba resep baru. Ayo silahkan dicoba semoga berhasil dan rasanya nggak ngalahin abang penjual. Terima Kasih jg sudah mampir dan mau uji coba. Hati-hati jada diri baik-baik. Salam...endang


  |  2020-03-12 17:22:12
Fery58 from Salatiga says:
Baru kali ini rahasia bikin kulit martabak terungkap... Terimakasih atas informasinya smoga jadi amalan mbak..agar bunda2 bisa buat dirumah..

Ayo Ferry tinggal dipraktekkan dan diamalkan ke ibu2 yang lain ha ha :-). Terima Kasih sudah sempat nyasar ke mari. Semoga hal2 yang baik juga selalu dilimpahkan untuk Fery dan keluarga. Selamat Bereksperimen membuat martabak dan semoga sukses. Salam...Endang


  |  2020-03-04 17:31:13
toro from bogor says:
perlu dicoba niiih....lumayan buat nyamikan saat libur drpd beli....

Ayo silahkan Toro. Semoga sukses percobaannya dan liburan tambah jos ditemani martabak telur :-)


  |  2020-01-31 09:04:05
Nana Rosalina from Sleman Yogyakarta says:
Saya sdh mencoba,hasil nya mantap... :-)

Selamat Nana. Acung jempol buat Nana untuk kegigihan dan kesabarannya :-). Bikin Martabak Telur perlu pernak pernik dan makan waktu. Untuk beberapa orang, lihat daftar dan proses memasak yang panjang saja sudah ngeri he he :-). Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Selamat Berakhir Pekan :). Salam....endang


  |  2019-11-10 12:03:24
yeny from sby says:
bisa di coba tuh, makasih ya

Monggo silahkan dicoba Yenny semoga sukses dan rasanya Mak Nyuss. Thx sudah mampir. Salam....Endang


  |  2016-05-27 21:10:11
Carissa from Spain says:
Mbak, kulitnya g sobek kena tekuk sudut ujung wajan? Stlh masukin adonan isi tunggu sebentar br lipet atau langsung lipet kulitnya? Thanks in advance

Hallo Carissa. Kulit martabak sangat elastis gak usah kuatir kalau sobek. Setelah isi diratakan langsung dilipat Carissa gak perlu nunggu supaya isi dan kulit benar2 menyatu setelah digoreng. Selamat Mencoba...Semoga sukses. Salam...Endang


  |  2015-10-10 21:08:25
nurisa from says:
sy suka dgan resepi martabak ini sy akan mncobaya

Ayo silahkan dicoba Nurisa. Semoga Bakso buatan Nurisa sukses dan lezat biar tak harus beli ke gerai lagi ;-). Salam...Endang


  |  2015-02-02 18:06:37
hankyuha@gmail.c from tj karang says:
mau nyoba resep cuka nyaa ..

Monggo ;-)


  |  2015-01-25 10:26:00
madu from cirebon says:
enak enak enak.....mksh resepnya cntx!!!!!!

Waduh ikutan ngiler nich bayangin yang enak..enak. Selamat Madu martabak bikinannya sukses. Koki jempol juga nich cuman bekal google masakan Bos langsung Mak Nyus ;-). Thx juga sudah mampir. Salam....Endang


  |  2015-01-20 11:59:11
Sweetbaker from US says:
Saya baru cobain resep isi dan sausnya. Enak bangetttt!! Sangat sangat direkomendasi! Mungkin laen waktu cobain bikin kulitnya, huhuhu. Terima kasih!

Selamat Boss..Martabaknya sukses. Tinggal praktek kulitnya kalau ada waktu dan niat saya yakin no problem ...sesuai dengan gelarnya tuch Sweetbaker ha ha ha :-D. Thx sudah mampir. Salam hangat martabak telur...endang


  |  2014-06-16 21:25:03
lies from depok says:
perlu dicoba resep ini, semoga berhasil, terima kasih

Hallo Lies... Sudah ekperimen kah? Gimana hasilnya? Semoga sukses ya ;-) . Salam...Endang


  |  2013-07-28 20:45:32
miinam from dirumah says:
ENak ?G????????????????K????? ?? tuhh

Cobain dong ntar kan tahu sendiri ;-)


  |  2013-03-21 21:16:17
dian from buntok says:
makasih atas resepnya...

Sama-sama. Terima Kasih juga Dian sudah sibuk mondar-mandir ke warung saya ha ha...


  |  2013-02-09 14:12:08
from says:
mau dong...

bikin sendiri dong ;-)


Tulis Komentar Anda: