Resep Masakan
Indonesia
cooking from the heart

Lapis Beras

Bahan:

  1. 300 gr tepung beras yang baru (pakai sediaan tepung jadi jika tak ada)
  2. 100 gr tepung tapioka/kanji/sagu tani
  3. 1000 ml santan sedang (bisa diganti dengan 400 santan kental dicampur dengan 600 ml air)
  4. 300 gr gula pasir
  5. 1 sdt garam
  6. 2 lbr daun pandan, potong2 atau ikat
  7. 4 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  8. Pewarna merah secukupnya
  9. Pewarna hijau secukupnya
Bahan Lapis Beras Santan Untuk Lapis Beras Santan Rebus Untuk Lapis Gula Untuk Lapis Membuat Adonan Lapis Garam Untuk Lapis Pewarna Hijau Lapis Pewarna Merah Lapis 3Adonan Lapis Mengolesi Minyak Alas Plastik Lapis Pengukus Lapis Lapisan Merah Lapisan Putih Lapisan Hijau Lapis Matang
Lapis Beras

Lapis Beras

Rated 4.5/5 based on 16 reviews
RecipeYield 15 • PrepTime P1H30M
Porsi 15 • Waktu 1 jam, 30 menit Indonesian snack Lapis Beras, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa

Catatan..

Kue Lapis adalah salah satu jajanan kue basah tradisional yang sudah memasyarakat. Seingat saya waktu kecil, makanan satu ini menjadi salah satu menu bingkisan oleh2 setelah orang tua saya menghadiri acara selamatan, kendurian atau acara hajatan pengantin dll. Salah satu jajanan yang sering sekali dibuat oleh nenek saya selain nagasari dan dadar gulung. Terus terang saya sampai bosan bin mblenger ;-) Sekarang setelah hidup jauh di rantau saat tak ada lagi acara kendurian, kangen juga sama kue basah tradisional ini ;-).

Sebenarnya tak ada resep standar untuk membuat Kue Lapis, bahanpun bisa anda variasi sesuai selera dan ketersediaan. Kue Lapis bisa dibuat dari tepung ketan, tepung kanji, tepung beras bahkan tepung terigu. Umumnya bahan merupakan mix-match atau gabungan keduanya. Biasanya adonaan kue lapis adalah gabungan dari jenis tepung yang netral (beras, terigu) dipadu dengan tepung perekat yang kenyal (ketan, kanji).

Jadi anda bisa membuat paduan tepung ketan + beras/terigu atau tepung kanji + beras/terigu. Bisa juga murni tepung ketan, murni tepung beras, murni tepung terigu, murni tepung kanji. Terserah selera mau yang sangat kenyal atau yang lunak. Tapi yang jelas jangan memadukan tepung ketan dengan tepung kanji. Nanti hasilnya seperti Lapis Karet yang susah dimakan ;-)

Banyak resep Kue Lapis dari berbagai referensi dan saya yakin semuanya enak. Resep yang saya posting ini resep khas ndeso buatan nenek saya yang harganya murah, karena memang tepung beras lebih murah daripada tepung ketan.

Tip: Pastikan anda punya waktu yang cukup, karena membuat Kue Lapis butuh kesabaran dan waktu yang panjang untuk mengukus dan menunggu lapis demi lapis. Dan semakin encer adonan, semakin lama waktu pembuatan. Menyantapnya memang enak tapi untuk membuatnya anda harus siap menjadi budak kompor ;-)

Bagi anda yang ingin membuat lapis dengan bahan dominan tepung kanji silahkan pakai resep Lapis Pengantin. Lapis ini lebih elastis atau kenyil-kenyil kata orang jawa. Rasanya juga sama-sama enak :-)

Cara Membuat:

  1. Letakkan daun pandan dan daun jeruk purut ke dalam panci, tuangkan santan.
  2. Masak dengan api sedang hingga mendidih, aduk sekali-kali supaya santan tidak pecah.
  3. Buang daun pandan dan daun jeruk purut. Biarkan hingga benar2 dingin.
  4. Masukkan tepung beras, tepung kanji dan gula pasir dalam wadah atau mangkok yang agak besar.
  5. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang halus dan rata.
  6. Beri garam, aduk rata kemudian cicipi. Jika perlu tambahkan gula atau garam sesuai selera.
  7. Bagi adonan ke dalam 3 wadah atau gelas pengukur.
  8. Beri 1 bagian warna merah, 1 bagian warna hijau dan 1 bagian biarkan putih.
  9. Siapkan loyang atau wadah plastik tahan panas dengan ukuran minimum 18x18x8cm, olesi setiap dindingnya dengan minyak sayur.
  10. (Alasi bagian bawah dengan plastik supaya lapis lebih mudah dilepas atau mencegah goresan jika anda mengiris langsung dari loyang).
  11. Panaskan air cukup banyak dalam panci yang cukup besar atau dandang pengukus hingga mendidih dan mengeluarkan uap.
  12. Taruh loyang atau wadah plastik yang sudah disiapkan sebelumnya dalam panci pengukus.
  13. Tuang 100 ml adonan berwarna merah, tutup panci, kukus selama 10 menit.
  14. Tuang di atasnya adonan berwarna putih, kukus selama 10 menit, kemudian diikuti adonan berwarna hijau.
  15. Lakukan langkah yang sama berulang-ulang sampai adonan habis.
  16. (Anda juga bisa memakai ukuran sendok sayur atau ukuran lain yang penting jumlahnya sama untuk setiap lapisan).
  17. Terakhir setelah bagian paling atas padat, kukus lagi selama 15 menit. Angkat dan dinginkan.
  18. Keluarkan dari loyang atau wadah plastik, potong2 sesuai selera.

Catatan Tambahan:

  1. Kalau satu resep kebanyakan, silahkan pakai takaran setengah resep saja, khusus untuk anda yang ingin mencoba untuk pertama kali atau tak punya banyak waktu.
  2. Kalau tidak suka bahan pewarna, bagi adonan menjadi 2, beri 1 adonan dengan 30 gr/2 sdm munjung coklat bubuk. Hilangkan daun jeruk, pakai daun pandan saja.
  3. Proses mengukus menyebabkan air menguap lebih cepat. Periksa dan tambahkan air mendidih secukupnya jika jumlahnya mulai menyusut.
  4. Kalau anda malas menuang berkali-kali ya silahkan tuang larutan agak banyak, tapi proses pengukusan tiap lapisan menjadi lebih lama. Jumlah lapisan berkurang tapi bisa anda tinggal untuk pekerjaan lain ;-)
  5. Kalau ingin menikmati lapis yang lebih kenyal silahkan pakai resep Lapis Pengantin

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

  2. Khusus untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa, silahkan lihat panduan Menu Bulan Ramadan 2021 untuk menyusun menu harian.

Reviews & Comments

  |  2020-11-02 17:16:29
Ardan alpaqi akbar from 26-07-2007 says:
Saya ingin mencobanya tapi takut gagal
Hallo Ardan :-). Kenapa takut? Gagal dalam belajar apapun itu biasa. Tuch sudah banyak yang nyoba kayaknya banyak yang berhasil. Lagian Ardan nggak akan pernah tahu hasilnya kalau nggak nyoba :-). Santai aja kan bukan ujian sekolah, kalau gagal ya coba lagi. Ayo semangat Selamat Mencoba :-). Semoga saya masih bisa memberi motivasi :-). Salam...Endang

  |  2020-10-03 17:27:58
nanda from sumbar says:
mantep buk. jadi dan enak. siapa bilang laki2 gak bisa bikin kue.. hehe.. tengkyu
Nanda...ha ha ha...badan capek habis bersih-bersih rumah langsung cengengesan sendiri baca komen Nanda wakkkkk. Hebat oiii. Salut sama kesabaran Nanda, berhasil bikin kue lapis yang cukup ribet. Hasilnya mantap pula!! Angkat topi saya :-). Jangan salah justru cowok itu lebih perfeksionis kalau urusan masak. Kan rata-rata chef yang hebat umumnya cowok. Ayo teruskan bakatnya Chef! Terima Kasih sudah mampir dan uji coba resep semoga mengilhami cowok2 yang lain :-D Salam..Endang.

  |  2020-08-12 18:01:05
Lusdiana from Parlilitan says:
Thanks buat resepnya, Bagus bngt buat pemula sperti saya, krna detail bngt keterangannya dan komposisinya mudah di dapat.
Hallo Lusdiana :-). Sengaja saya buat sejelas mungkin supaya mudah dipahami. Semua orang bisa bikin Lapis, kuncinya hanya satu "SABAR". Selamat Bereksperimen semoga hasilnya memuaskan :-) Salam....Endang

Tulis Komentar Anda:

Rating:



Nama:



Lokasi:



Write your text:

Tulis Komentar: