Resep Masakan Indonesia

cooking from the heart

Kwetiau Goreng

Kwetiau Goreng
Rated 5/5 based on 10 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H0M
Porsi 4 • Waktu 1 jam, 0 menit
Facebook Pinterest WhatsApp
Asal: IndonesiaIndonesian mi Kwetiau Goreng, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Bahan:

  • 250 gr kwetiau basah atau 150 gr kwetiau kering
  • 300 gr daging has dalam atau minutes steak, iris2 tipis
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1 sdm tepung maizena/cornstarch/speisestaerke) larutkan dengan 3 sdm air dingin
  • 100 gr sawi hijau atau kol atau sayuran lain yang ada, iris sesuai selera
  • 100 gr taoge besar, bersihkan akarnya
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdt bubuk kaldu daging/ayam

Bumbu Halus:

  • 5 bh bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica butiran
Bahan Kwetiau Goreng Irisan Minute Steak Daging Campur Telur Bahan Suun Goreng Merebus Kwetiau Bahan Suun Goreng Bahan Suun Goreng Bahan Suun Goreng Bahan Suun Goreng Bahan Suun Goreng Bahan Suun Goreng Bahan Suun Goreng

Cara Membuat:

  • Iris2 daging minute steak berbentuk tipis dan panjang kurang lebih 0.5 x 3 x 5 cm. Sisihkan.
  • Kocok telur hingga berbuih, tambahkan larutan maizena dan campur hingga rata.
  • Masukkan irisan daging, aduk hingga rata dan sisihkan.
  • Siangi taoge, potong2 daun bawang dan kol atau caisim. Sisihkan.
  • Siram kwetiau dengan air panas. Tiriskan.
  • Jika anda memakai sediaan kwetiau kering, rebus kwetiau kering dalam air mendidih sesuai petunjuk hingga al dente (pastikan jangan sampai terlalu lunak). Tiriskan.
  • Ulek bawang putih dan merica dengan cobek sampai halus. Tambahkan bawang merah, tumbuk kasar saja.
  • Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai matang dan berbau harum.
  • Masukkan irisan daging, aduk2 hingga daging berubah warna.
  • Tambahkan kecap asin, kecap manis, saus tiram dan bubuk kaldu. Aduk2 sampai daging benar2 empuk dan matang.
  • Masukkan taoge, sawi/caisim dan irisan daun bawang. Aduk sebentar asal layu.
  • Kecilkan api, tambahkan kwetiau, aduk hingga rata.
  • Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau kecap manis sesuai selera. Angkat.
  • (Jangan terlalu lama dipanaskan supaya kwetiau dan sayuran tidak terlalu lunak).
  • Sajikan panas dengan bawang goreng, acar mentimun atau irisan tomat jika suka.

Tips:

  • Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb atau gunakan navigator menu di bawah.

Catatan..

Kwetiau Goreng merupakan makanan adaptasi yang dibawa oleh kaum Cina Imigran dan sekarang sudah populer di Indonesia. Mi yang terbuat dari beras dan berbentuk tipis seperti pita ini sangat nikmat diolah menjadi hidangan kwetiau goreng.

Seperti lazimnya hidangan mie goreng, kwetiau tampil dengan berbagai variasi pelengkap mulai daging, ayam, cumi-cumi plus ditambah berbagai macam sayuran sesuai selera anda. Kebanyakan bumbunya menyertakan saus tiram yang membuatnya lebih sedap.

Catatan: Bagi anda terutama yang tinggal di rantau di mana sediaan kwetiau basah susah didapat, silahkan pakai kwetiau kering (Flat Rice Noodles/Vermicelli)kemudian direbus sesuai petunjuk. Tapi hati2 tertukar dengan Soun (Cellophane noodles/ Chinese vermicelli/Glass Noodles), karena di LN soun ada yang berbentuk pita seperti Kwetiau.

Reviews & Comments

  |  2021-07-12 00:19:58
munifah from Solok says:
pengen tahu nih soal kualitas (mutu) rasa dari saos tiram. Kira2 apakah tiap saos tiram itu beda2 rasa (kenikmatan rasa nya itu, salah 1 nya ke gurihan nya) dan mutu nya? terima kasih

Saya kurang tahu karena saya bukan penjual. Tapi saus tiram yang enak biasanya warnanya hitam pekat dan kental. Selain itu harga juga menentukan rasa. Semakin mahal biasanya juga kualitas dan rasanya semakin enak :-)


  |  2021-06-23 18:18:23
Andinie from Garut says:
maaf nih bu, apakah benar tuh kalo tepung jagung (maizena) itu dapat melembutkan daging yang direndam nya? tks

Benar teknik mengempukkan daging yang dimaksud berasal dari teknik masakan Tionghoa. Lebih tepatnya daging direndam dalam campuran putih telur, tepung maizena dan garam. Misal 1/2 Kg daging diiris tipis melebar. Trus campur 1 putih telur + 1 sdm tepung maizena dan 1 sdt garam, lalu lumuri setiap daging dengan campuran tsb. Simpan 30 menit di kulkas atau kalau mau cepat remas-remas daging biarkan selama 10 menit. Kalau dagingnya mau ditumis a la masakan chinese, panaskan air sampai mendidih trus masukkan daging sebentar saja asal warna berubah sekitar 1 menit. Langsung tiriskan baru dimasak tumis dengan suhu tinggi. It saja yang saya tahu dari teman saya orang Vietnam. Kalau untuk masakan daging tradisional Indonesia saya rasa teknik ini kurang cocok diterapkan apalagi kalau berkuah santan. Untuk resep tradisional ya direbus lama sampai empuk spt saat bikin rendang. Atau lumuri soda kue diamkan 30 menit, cuci bersih baru direbus. Semoga penjelasan saya membantu. Salam...


  |  2021-06-20 17:36:32
Oktavia Saputri from Banjarbaru says:
tks atas resep nya, cukup senang rasanya bisa belajar dari sini... Ngomong-ngomong apa tuh keistimewaan dan beda nya "daging sapi has dalam" yang dipakai disini dibadingkan dengan "daging sapi biasa/jenis lainnya" tuh? Salam Manis dari Pecinta Dapur Masakan Indo...

Daging has dalam adalah bagian atau jenis daging sapi yang berasal dari punggung dan merupakan bagian yang empuk dan tidak mengandung lemak. Cocok untuk dimasak dalam resep dengan pemanasan waktu singkat supaya daging cepat matang dan hasilnya tidak alot.


  |  2021-05-25 15:21:06
Stefani Ningtyas Manik from Surabaya says:
makasih yah resep nya. Kelihatan nya menarik tuh kwetiaw goreng nya. Oh iyah sekarang kan ada kwetiaw basah yang lagi ter kenal kalo gak salah nama nya " Seblak Bandung " yah, yang jualan itu udah ada di mana - mana orang nya hehehe ... Itu bahan dasar nya pakai Kwetiaw yah ? Impian saya, Semoga resep Seblak nya bisa hadir di situs ini yah :-D


  |  2021-05-06 00:19:26
Putri from Karlsruhe says:
terima kasih resepnya Bu Endang :) kangen kwetiau solaria tapi nggak bisa pulang karena pandemi, coba-coba masak sendiri pake resep2 yg ibu share. terima kasih :D

Hallo Putri :-). Masih suka masak kah? Pandemi bikin tambah melow teringat kampung halaman. Tahun lalu saya juga cancelled rencana mudik, tahun ini juga saya batalkan krn situasi yang belum pasti. Ada positivnya juga kan, jadi rajin masak ha ha :-D. Lanjuutkan bakatnya. Pass dich gut auf :-). LG..Endang


  |  2021-03-31 12:48:23
Lahargo Rashid Sudarma from jakarta says:
berkat situs ini, saya akhir nya bisa belajar bikin kwetiaw sendiri dan puas dengan hasil nya walau masih ada yang kurang sempurna. saya pengen tanya nih, Kira 2 tambahan kecap asin bikin hasil nya jadi bagus gak rasa nya yah ? Saran nih, untuk tumisan bisa juga tambahin potongan sosis, bakso, dan daging ayam sesuai selera

Saya tanya balik boleh gak? Kalau sudah nyoba dan puas dengan hasilnya seperti anda bilang, kok masih nanya penambahan kecap asin memperngaruhi rasa atau tidak ? Kan bisa dijawab sendiri :-D


  |  2021-03-30 08:29:31
Umar Guntoro from Semarang says:
Kenyal - Kenyal nya kwetiaw emang paling nikmat apalagi dengan per paduan rasa saus tiram nya yang gurih pasti lebih menambah rasa kelezatan nya lagi. Kalo di bikin pedas rasa nya tidak kalah nikmat dan jangan lupa campurin irisan (di potong dadu kecil) acar timun dan wortel ke dalam tumisan nya (sebelum masukin kwetiaw nya) biar lebih enak

Terima Kasih atas masukannnya Chef :-). Semoga bermanfaat untuk pembaca yang lain. Salam....Endang


  |  2021-02-22 19:31:09
safira noviana wahyuni from kelapa gading jakarta says:
jika tidak ada kwetiaw nya akibat kesusahan dalam mendapatkan nya, bisakah itu di ganti ama mie fetucine (merek la fonte atau sejenis nya) buat pasta? terima kasih

Kwetiau dan Fetucine itu bahannnya beda sekali Safira :-). Fetucine sebagaimana salah satu jenis pasta, dibuat dari tepung terigu, telur dan air mirip mie. Kalau kwetiau itu dari tepung beras, tapioka dan air. Kalau masalah bisa tidaknya ya bisa saja kan terserah Safira yang masak dan makan he he :-). Cuman saya gak tahu pasnya atau tidak mie/pasta a la italia dibumbui saus-saus a al chinese :-). Silahkan Safira eksperimen, nanti kan tahu dan bisa dijadikan patokan berikutknya layak tidaknya pasta italia dibumbui saus asia :-). Kalau saya terus terang belum pernah nyoba. Selamat Berkeksperimen Semoga Sukses :-). Salam..Endang


  |  2021-01-27 17:23:31
Citra from Sidoarjo says:
Bener2 buta masak selalu lihat resep ini sampek simpen banyak resep di bookmark bener bantu bangett dan kwetiaunya mirip restoo makasih banget aku pakai beef slice non fat dan kecap2 an lebih banyak makin siippp !! Makasih kak uda bikin web ini

Hallo Citra :-). Wow selamat untuk Kwetiau a la resto. Bukan buta masak itu, justru sudah ada bakat kan sudah mampu berimprovisasi dengan jumlah saus :-). Tinggal diasah biar makin expert. Semua orang bisa masak asal mau belajar Citra. Terima Kasih juga sudah menjadikan web resep ini sarana pembelajaran. Sukses dengan percobaan2 berikutnya :-). Salam..Endang


  |  2020-07-17 12:26:26
Aciana from Surabaya says:
Wah iya Chef, putih banget sampe air rendamannya itu ky cucian beras, pdhal pas rendam bihun dlu itu gak putih kok airnya ttep bening. Anyway kan beras jg warna nya bukan putih susu aslinya,beras yg putih banget jg pakai pemutih kan? Atau memang tergantung jenis padi nya ya.. :D

Nanti kapan-kapan saya mau coba masak rendam kwetiau rendam air dingin Aci. jadi penasaran saya :-P


  |  2020-07-15 17:26:22
Aciana from Surabaya says:
Oo iya Chef :D kmrn soalnya tampilannya ky mie biasa tp gepeng aja gitu gada minyak2nya wkwk. bukan air panas Chef petunjuknya tp air suhu normal , aneh ya jenis kwetiaunya pdhal merknya tulisannya china. Jd teksturnya ky bihun yg Chef bilang rendam pakai air biasa ituloh biar teksture bagus. Klo bikin lagi nnti tak coba pakai minyak wijen dan juga di rendam air panas langsung air es biar kenyal :D

O petunjuknya sudah tertera direndam pakai air dingin ya. Saya belum pernah coba yang jenis itu Aci. Tapi logikanya kwetiau dan bihun kan bahannya sama-sama dari beras. Kalau bihun teksturnya justru bagus hanya direndam air dingin harusnya kwetiau juga ya :-). Barangkali jenis kwetiau juga macem-macem Aci. Kan ada yang putih bersih, agak coklat bahkan yang gelap sekali. Ada yang tipis dan ada yang agak tebal juga. Paling bagus yang tipis tapi warnanya agak gelap kalau yang putih sekali itu biasanya dicampur bahan pemutih. Mungkin bahan kimia juga mempengaruhi kekenyalan ..saya juga kurang tahu :-(


  |  2020-07-14 22:01:28
Aciana from Surabaya says:
Pagi ini sdh bikin Chef , rasanya enak tp kenapa tdk berminyak seperti di gambar ya dan seperti yang dimakan di depot/restaurant biasanya :p apa karena daging diganti udang? trus teksture kwetiaunya itu ky mie biasa tdk kenyal , kmrn beli kwetiau kering bukan yg basah, petunjuknya hanya direndam air tdk direbus

Aci kalau pakai kwetiau kering yang cukup direndam air panas itu, setelah direndam dan lunak, tiriskan supaya pemanasan berhenti dan langsung rendam dalam air dingin, air es lebih bagus lagi supaya teksturnya kenyal. Coba perhatikan masakan ceker ayam bumbu tauco a la chinese restaurant, habis digoreng langsung direndam air es, supaya cekernya mengembang dan teksturnya kenyil-kenyil :-). Kalau kwetiau yang berminyak di restaurant itu biasanya diolesi minyak wijen, minyak ayam atau minyak samin, rasanya juga lebih gurih. Coba saja kalau penasaran :-)


  |  2020-06-17 17:24:57
nur from kediri says:
mbak,setelah sawi masuk.takaran daun bawangnya berapa ya.trus cara bikin setup sayuran diresep fillet ikan panggang gimana ya.makasih

2 batang Nur kan kelihatan tuch di foto bahan-bahan :-). Tapi bahan resep sudah saya koreksi. Thx masukannya. Setup sayuran kan sudah saya jelaskan bikinnya di resep Ikan Panggang Saus Kecap. Ya sama aja bikinnya ;-). silahkan baca lagi :-)


Tulis Komentar Anda: