Resep Indonesia cooking from the heart

Uilulia

Bahan:

  1. 1 buah / 500 gr ikan bandeng atau kakap
  2. 1 buah jeruk nipis, belah dua
  3. 3 butir bawang merah, iris halus
  4. 2 buah tomat merah, potong-potong
  5. 1 cm lengkuas, iris tipis
  6. garam secukupnya
  7. minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 100 gr cabe merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 cm/5 gr lengkuas
Bahan Uilulia
Menggoreng Bandeng
Bandeng Goreng
Menumis Bawang Merah
Bumbu Uilulia
Jeruk Nipis Uilulia
Masak Uilulia
Uilulia

Uilulia (Ikan Goreng Berbumbu)

Rated 5/5 based on 1 reviews

Indonesian side dish Uilulia, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Riau

Catatan..

Ingin menikmati ikan goreng berbalut bumbu?? Cobalah sajian ikan khas dari Gorontalo : Uilulia. Namanya mungkin agak susah buat orang2 dari luar Sulawesi, tapi saya jamin bahan dan cara pembuatannya tak sesulit namanya. Terus terang saya jatuh cinta dengan masakan ini sejak pertama kali bikin. Paduan antara pedas, gurih dan sedikit asam berkat sentuhan air jeruk nipis. Menjadikan hidangan ikan ini betul2 sedap dan tidak bikin enek.

O ya, ada berbagi versi resep Uilulia, khususnya untuk lengkuas, ada yang diulek bersama bumbu ada yang cukup diiris saja. Kalau saya ambil jalan tengah, sebagian saya ulek bersama bumbu dan sebagian saya iris2 saja. Hasilnya hmmm.. Cukup disantap dengan nasi hangat....woow lezaat sekali. So buat anda penggemar hidangan dari ikan, tunggu apa lagi??!!

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan, buang sisik, insang dan isi perut. Potong2 sesuai selera.
  2. Lumuri ikan dengan setengah dari air jeruk nipis dan garam, sisihkan selama 20 menit.
  3. Iris halus bawang merah. Sisihkan
  4. Haluskan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  5. (Jika menggunakan blender, tambahkan sedikit minyak goreng untuk mempermudah proses penghancuran)
  6. Panaskan minyak dan goreng ikan sampai matang dan berwarna keemasan.Tiriskan.
  7. Panaskan kembali 3 sdm makan minyak goreng sisa menggoreng ikan.
  8. Tumis bawang merah dan irisan lengkuas hingga matang dan berbau harum.
  9. Masukkan bumbu halus, tumis sambil diaduk-aduk (kurang lebih 5 menit).
  10. Masukkan tomat, masak sebentar hingga tomat layu. Beri perasan dari setengah jeruk nipis. Bumbui dengan garam sesuai selera.
  11. Terakhir tambahkan ikan goreng, aduk perlahan sampai ikan terbalut bumbu. Sajikan segera.



Reviews & Comments

  |  2020-07-30 09:23:27
Aciana from Surabaya says:
Yes Chef.. I hope all is well as soon as possible :) Keep cheer up for everything :D
yup..Life is sometimes not fair..just accept it :-D

  |  2020-07-30 01:15:26
Aciana from Surabaya says:
Iya Chef santuy kok sy mah hihi.. :D Chef nggak kangen Indo ? ;) I miss my hometown , anyway :(
I've cancelled my Indonesian holiday this year due to the coronavirus outbreak :-(. Of course I miss my homeland but in this extraordinary circumstances with unforeseeable situation which is constantly changing, overseas holiday is not worth the risk!! You're not alone :-). There will be a better time to visit our hometown :-)

  |  2020-07-28 16:11:17
Aciana from Surabaya says:
Hihihi.. iya chef , bumbu rasa bumbu ikan rasa ikan jadinya :D Duh sy jadi merasa bersalah , tp masakan sy juga kadang gak di makan aunty kok pd akhirnya sy makan smua LOL seleranya emang beda kayaknya , aunty lebih ke manis dan soft , klo sy ke gurih pedas strong , alhamdulillah bisa masak itu sangat membantu pd saat gak doyan makanan yg ada , muncul lah ide utk bikin sesuatu lain yg bisa di makan :O
Eh..becanda lho jangan diambil hati. I know you're such a gracious girl :-). Saya jg sering masak pisah 2 macam kalau selera tak mungkin menyatu ha ha :-).

  |  2020-07-28 13:19:15
Aciana from Surabaya says:
Cukup sulit ya Chef cari bahan Eropa yg dibuat masakan Indo hehe :D harus pandai menyiasati biar cocok ;) dikasih hmpir 4 kg sm my fiance’s parent , ikan kakap putih (cukil) hasil mancing sbgian dikasih ke sepupu , sebagian di brengkes aunty tp sy gak doyan , bumbunya gak merasuk ke ikannya LOL
Eh jangan gitu dong menang-mentang sudah pinter masak jadi picky ;-P. Kasihan aunty dong makan sendiri. Saranin ke Aunty pelan-pelan dong kalau bikin brengkes atau pepes kan ikannya dikerat-kerat dan sebagian bumbunya dimasukin ke badan ikan juga pasti rasanya meresap ke dalam ikan :-).

  |  2020-07-27 12:18:12
Aciana from Surabaya says:
Pagi ini sdh bikin Chef , rasanya pedas dan segar :) apalagi sebelumnya udh marinasi bumbu , yg 1 box udh di goreng disajikan sama pecel sayur kmrn itu :D
Enak kan..pedes-pedes agak asem segar. Emang bikin Ikan Gorengnya berapa kilo kok sampai sisa berhari-hari :-). Saya suka ikan segar juga Aci tapi ikan-ikan di sini saya kurang suka seperti salmon, forelle dan kurang cocok dimasak a la Indonesia. Ada yang cocok cuman Dorade, mirip ikan mujair tapi gedhe tapi yang segar dan utuh jarang-jarang ada, kalaupun ada mehong sekali harganya 1 biji (750 gr) bisa dibandrol €9 :-(

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: