Resep Indonesia cooking from the heart

Tumis Jamur Goreng

Bahan:

  1. 250 gr jamur champinon ukuran besar
  2. 5 bh bawang merah, iris halus
  3. 3 siung bawang putih, iris halus
  4. 3 bh cabe rawit merah, iris halus
  5. 1 bh cabe merah, iris melintang halus
  6. 2 ruas jari lengkuas, iris
  7. 3 buah daun jeruk purut
  8. 2 sdm kecap manis
  9. garam secukupnya

Dressing, campurkan ke dalam irisan jamur:

  1. 3 sdm minyak zaitun
  2. 1/2 sdt bubuk merica
  3. 1/2 sdt bubuk bawang putih
Bahan Tumis Jamur Goreng
Tumis Jamur Goreng

Tumis Jamur Goreng

Rated 4.3/5 based on 3 reviews

Asal: Indonesia

Catatan..

Pertama saya membuat tumis jamur rasanya kok seperti bau tanah. Penasaran iseng2 saya goreng jamur terlebih dulu dengan sedikit sentuhan dressing. Hasil uji coba ini ternyata membuat si jamur terasa lebih gurih. O ya bagian pinggir jamur yang hitam itu bukan karena gosong lho ya tapi dari mentahnya memang sudah hitam. Satu lagi kalau tidak tersedia, minyak zaitun bisa diganti dengan minyak wijen. OK Selamat mencoba ya ;-)

Bagi anda yang ingin mencoba variasi tumis yang tak kalah enak,silahkan lihat resep Tumis Buncis Ayam Tumis Cakalang Suwir khas Manado, Tumis Kangkung, Tumis Sawi Ayam, Tumis Tahu Pedas atau Tumis Ikan Asin Peda. Semoga menambah khasanah resep tumis di dapur anda. Selamat Mencoba dan semoga sesuai selera anda ;-).

Cara Membuat:

  1. Buang tangkai jamur, iris melintang tipis, cuci bersih, tiriskan.
  2. Masukan bahan dressing ke dalam irisan jamur, aduk rata.
  3. Goreng jamur dalam minyak panas sampai agak kering. Sisihkan.
  4. Tumis irisan bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan cabe merah sampai berbau harum.
  5. Masukan lengkuas dan daun jeruk purut,masak sampai agak layu.
  6. Tambahkan jamur goreng, aduk rata.
  7. Terakhir masukkan kecap manis dan garam.
  8. Sajikan selagi panas.



Reviews & Comments

  |  2011-11-16 18:30:42
LATIFAH from BATAM says:
enak.... tumis parianya mana kok gak ada kan termasuk resep andalan sis....
Ada tuch...judulnya Oseng Oseng Pare.

  |  2012-08-20 22:58:32
shila from surabaya says:
kalau seandainya jamur yang di pakai bukan lah jamur champion bagaimana?
Halo Shila. Terus terang gak bisa jawab. Cobain dech itung2 eksperimen siapa tahu lebih mak nyus...

  |  2019-02-10 20:41:07
Hanun from Bondowoso says:
Sip mantap
Hanun juga koki siip nich. Terima Kasih sudah mampir dan eksperimen. Ayo silahkan lihat resep-resep lain. Banyak lho resep simpel tumis yang enak. Salam...Endang

  |  2019-12-19 18:49:07
Iriana from Jakarta says:
Aku udah coba juga resep ini... Masya Allah pas banget dilidah, jamurnya gak ada bau dirinya sama sekali, anak"pun suka. Sengaja cabenya aku skip. Hee luarrr biasa ini resepnya mba endang gak pake tipu" sama sekali, aku selalu ketagihan bikin masakan yg ada di web ini... Hihiii barakallah ya mba... Tiap aku recook selalu enak jdnya masakanku bikin aku pede bawain bekel buat paksu, hee plus di web ini mba endang kayaknya sama sekali gak nyaranin pake MSG ya, dan rasanyapun jadi nikma
Iriana ...aduh aduh Silent Chef makin top aja. Sibuk wira wiri ke warung nyempil kayak orang mau bikin kondangan ha ha :-D. Berani bikin eksperimen dari masakan yang agak lain dari menu sehari-hari lagi ! O ya mengenai MSG, jujur saya tak punya bumbu penyedap masakan di dapur saya Iriana. MSG itu selain tidak sehat juga bikin syaraf di lidah jadi kecanduan. Kalau orang biasa masak pakai MSG trus lain kali tidak pakai biasanya dia akan merasa masakannya tidak enak. Tapi Iriana sudah buktikan sendiri kan, memasak yang enak tak harus ada penambahan MSG. O ya ada bagian komen Iriana yang bikin saya ketawa, emang ada orang posting resep tipu-tipu kayak tukang sulap saja wa kkkk kkkk :-D. Keep Cooking Sista ;-). Salam Dapur Ngebul ;-)...endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: