Resep Indonesia cooking from the heart

Terong Goreng Tepung

Bahan:

  1. 500 gr terong ungu
  2. 250 gr tepung terigu (pakai paduan 200 gr tepung terigu + 50 gr tepung beras untuk hasil yang lebih kenyal/tidak terlalu lemas saat dingin)
  3. 1-2 butir telur
  4. 1/2 sdt merica/lada bubuk
  5. 1/2 sdt bawang putih bubuk (skip jika tidak ada)
  6. 1/2 sdt bubuk kaldu ayam
  7. 1/4 sdt soda kue atau backing soda (supaya renyah)
  8. 1.5 sdt garam
  9. minyak yang banyak untuk menggoreng
Bahan Terong Goreng Tepung
Terong Goreng Tepung Step 1
Terong Goreng Tepung Step 2
Terong Goreng Tepung Step 3
Terong Goreng Tepung Step 4
Terong Goreng Tepung Step 5
Terong Goreng Tepung Step 6
Terong Goreng Tepung Step 7
Terong Goreng Tepung Step 8
Terong Goreng Tepung Step 9
Terong Goreng Tepung Step 10
Terong Goreng Tepung Step 11
Terong Goreng Tepung Step 12
Terong Goreng Tepung

Terong Goreng Tepung

Rated 4.5/5 based on 2 reviews

Indonesian side dish Terong Goreng Tepung, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia

Catatan..

Terong yang identik dengan sayur ndeso dan murah ini sebenarnya bisa diolah mejadi berbagai macam menu yang lezat. Dulu waktu masa kecil hidup di kampung, saya hanya kenal terong dalam olahan sayur lodeh. Kalau sedang musim terong, hari-hari ibu saya masak terong melulu cuman rekan pendampingnya yang diselang-seling. Sampai bikin kami anak2 bosan bin mblenek tapi cuman ngedumel dalam hati :-).

Baru setelah saya merantau ke Batam saya jadi kenal olahan Terong Balado dari Padang. Dan setelah merantau ke negeri orang, saya baru nyadar ternyata terong tak sendeso yang saya sangka :-). Faktanya terong termasuk salah satu sayuran favorit penduduk Turki dan Yunani. Jadi untuk anda penggemar terong, anda jangan berkecil hati he he..

Kali ini saya ajak anda mengolah terong menjadi lauk goreng yang renyah dan lezat. Cocok disantap dengan nasi panas, lalapan mentah dan sambal terasi atau sambal bawang.

Bikinnya juga gampang dan cepat, cocok untuk anda yang tidak punya banyak waktu di dapur. Selamat Mencoba dan semoga menambah khasanah menu dari terong di dapur anda :-)

Cara Membuat:

  1. Membuat Tepung Penyalut: Letakkan tepung di dalam mangkok atau wadah yang agak besar dan mempunyai permukaan lebar untuk memudahkan proses penepungan.
  2. Tambahkan merica bubuk, bawang putih bubuk, kaldu bubuk, soda kue dan garam. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  3. Cuci bersih terong, keringkan dengan tissue dapur jika perlu. Terong tidak perlu dikupas.
  4. Potong-potong terong setebal kurang lebih 2 cm. Sisihkan.
  5. Kocok telur dalam mangkok atau piring yang permukaannya dalam.
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan cekung dengan suhu sedang.
  7. Test rasa adonan tepung dengan cara, ambil satu sendok makan adonan, beri sedikit air dingin dan campur rata. Goreng tepung sampai matang dan mengapung di permukaan minyak. Cicipi apakah rasa asin sudah benar2 pas.
  8. (Trik ini perlu anda lakukan supaya rasa asinnya benar2 pas karena rasa adonan mentah lain dengan setelah digoreng. Daripada sudah tergoreng semua dan hambar, nyeselnya gak karu2an ;-( ).
  9. Ambil 1 buah terong iris, lumuri dengan telur kocok, masukkan ke tepung, salut semua permukaan terong dengan tepung, tapi jangan ditekan kuat-kuat. Cukup digulingkan saja dengan perasaan he he..
  10. Selanjutnya masukkan terong berbalut tepung ke kocokan telur lagi, kemudian gulingkan ke wadah tepung sekali lagi.
  11. Goreng terong bertepung dalam minyak yang sudah benar-benar panas. Pastikan terong benar-benar terendam dalam minyak.
  12. Tunggu sekitar 3-4 menit, kemudian balik dengan hati-hati. Goreng sampai terong benar-benar matang dan berwarna kuning keemasan. Tiriskan.
  13. Sajikan segera dengan nasi, lalapan dan Sambal Bawang atau Sambal Terasi Goreng.




Reviews & Comments

  |  2020-07-26 18:38:49
Tika from Lampung says:
Klo gak pake soda gmna? Tetep oke gk??
Ya tetap OK Tika kalau langsung dikonsumsi. Kalau dibiarkan terlalu lama dan dingin cepet lemes. Jadi lebih baik digoreng sesaat sebelum disantap atau tambahin sedikit /1 sdm tepung tapioka/kanji kalau punya. Selamat Mencoba. Salam...Endang

  |  2020-05-27 17:34:46
Aciana from Surabaya says:
Aku td nyobain yg resep teman Chef dr Yunani, hbis dr kulkas 1 jam mau aku goreng jadi berair LOL , pdhal ddlm plastik itu tepungnya kering, apa kurang tipis ya Chef aku ngiris2nya td , tp di goreng ttep enak kok :D kapan2 mau coba lagi ;D
Emang punya teman saya itu ngirisnya tipiiis sekali Aci sudah mirip keripik terong hasilnya. Lain kali coba lagi dech. Ntar aku tanya ke teman kali ada trik supaya gak berair. Masak Gatot biasa bagian dari pembelajaran ha ha :-)

  |  2020-03-28 13:21:25
Aciana from Surabaya says:
Ooo berarti gausah pakai telor ya , langsung gitu aja? Iya jadi lebih cepet next time mau bikin deh :)
Ya tetap pakai telur Aci. Kalau gak pakai telur yang gak nempel tepungnya ;-)

  |  2020-03-26 18:17:10
Aciana from Surabaya says:
Dimasukkan kulkas sblm di goreng adonan nya Mb ? Berapa lama? Atau pas udh dingin habis digoreng ?
Terong diiris tipis tipis, tepung penyalut yang sudah dibumbui dimasukkan plastik, trus irisan terong dimasukkan ke plastik tsb, dikocok-kocok biar terong berselimut tepung, tutup atau ikat plastik trus disimpan di kulkas sekitar 1 jam. Habis itu baru digoreng. Cara ini juga praktis., tangan gak belepotan tepung :-). Yang sudah digorengpun bisa disimpan di wadah tertutup simpan di kulkas, kalau mau makan esoknya yang digoreng lagi sebentar atau dipanasi di oven suhu 150

  |  2020-03-25 18:57:50
Aciana from Surabaya says:
Gak pakai soda kue Chef, karena gakpunya :O hasilnya krispy diluar lembut didalam, aku buat cemilan aja sambil nge drakor :D tp klo udh dingin letoy jadinya, tp gpp ttep enak kok :)
Emang gak bakal tahan kering dan renyah terus Aci, kecuali diiris tipisssss sekali, ditempungin trus disimpan di kulkas. Bisa tahan renyah agak lama. Itu saya pelajari dari rekan kerja saya orang Yunani. Cobalah kalau punya waktu dan niat ha ha ;-). Masih ada terongnya, kalau masih ada dibikin penyet aja nyam--nyam..

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: