Resep Indonesia cooking from the heart

Terong Balado

Bahan:

  1. 500 gr terong ungu
  2. 200 gr cabai merah atau cabai merah keriting, iris kasar
  3. 10 buah/100 gr bawang merah, cincang kasar
  4. 1 buah bawang putih (optional)
  5. 1 buah tomat ukuran sedang
  6. 1 sdt air jeruk nipis
  7. 1 sdt garam atau sesuai selera
  8. 200 ml minyak untuk menggoreng terong
BahanTerongBalado
BumbuTerongBalado
BahanBumbuTerongBalado
MemblenderBumbuBalado
TerongDipotongPotong
TerongBaladoDigoreng
TerongDigorengMatang
TerongGorengDitiriskan
TumisBumbuBalado
TomatUntukBumbuBalado
JerukNipisUntukBalado
TerongBaladoMatang
Terong Balado

Terong Balado

Rated 4.9/5 based on 10 reviews

Asal: Sumatra Barat

Catatan..

Terong Balado, salah satu primadona masakan dari Ranah Minang. Rasanya pedas dan lezat...cukup disantap dengan nasi panas hmm..bisa2 nasi sebakul habis :-). Seperti masakan Sumbar umumnya, sajian ini berciri pedas dan asin. Jadi kali ini kita masak tanpa gula, OK ?! ;-). Daripada diprotes he he..soalnya dulu saya sering berinteraksi dengan teman sekaligus rekan kerja dari Sumbar maupun Riau, tahu sekali kebiasaan mereka saat masak, hampir tidak mengenal gula seperti saya yang berasal dari Jawa ;-).

Catatan: Setahu saya dari mantan rekan kerja yang orang asli Minang, bumbu Balado tidak memakai bawang putih tetapi bawang merah yang banyak. Tapi ada juga variasi resep dengan penambahan bawang putih untuk keseimbangan rasa. Karena itu saya pakai bawang putih seminim mungkin dalam resep ini supaya mendekati keasliannya.

Ada lagi versi resep Bumbu Balado yang menambahkan Terasi, kalau ini sudah keluar jalur dari pakem Bumbu Balado yang benar, kasihan saudara kita dari Minang resepnya diacak-acak ;-(. Kalau pakai terasi namanya bukan lagi Sambal Balado tapi Sambal Belacan! Berkreasi dalam memasak memang hak masing2 individu tapi jangan sampai kebablasan. Bagaimanapun juga resep tradisional merupakan simbol identitas sekaligus kebanggaan daerah, selayaknya kita ikut menjaga ke-auntentikannya. Kalau anda ingin menikmati terong goreng dengan sambal beraroma terasi, silahkan pakai resep Sambal Terong. Ada juga sambal terong dengan paduan ikan asin, juga tak kalah enak bisa-bisa nasi sebakul habis. Untuk resepnya silahkan lihat di Sambal Terong Ikan Jambal. Bagi yang suka lalapan terong gelatik mentah silahkan pakai resep Sambal Terong Petis

Tip: Cuci dan potong2 terong sesaat sebelum digoreng supaya warnanya tidak berrubah kecoklatan. Selain Terong anda juga bisa mengganti bahan apa saja sesuai selera contohnya Ayam Goreng Balado, Telur Balado, Dendeng Balado dll.

Cara Membuat:

  1. Kupas bawang merah, bawang putih, potong2 kasar cabe merah.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai merah dengan cobek atau blender hingga halus. (Silahkan ulek agak kasar jika suka)
  3. (Jika anda menggunakan blender/grinder, tambahkan sedikit minyak untuk mempermudah proses penghancuran jika perlu).
  4. Cuci terong, potong2 berbentuk panjang atau sesuai selera. (Terong tidak perlu dikupas).
  5. Panaskan minyak goreng, goreng terong dengan api agak besar sampai berwarna kecoklatan (kurang lebih 5 menit). Tiriskan.
  6. Tumis bahan sambal dengan api sedang hingga hampir matang dan berbau harum (kurang lebih 5 menit).
  7. (Tambahkan minyak secukupnya jika cairan mengering tetapi bumbu belum benar2 matang).
  8. Tambahkan tomat cincang, masak hingga tomat layu dan sambal benar2 matang. Aduk2 sambal supaya tidak gosong.
  9. Cicipi, tambahkan garam dan air jeruk nipis.
  10. Terakhir masukkan terong goreng, aduk sebentar dan angkat dari api.
  11. Hidangkan bersama lalapan daun singkong rebus, ikan goreng atau rendang.



Reviews & Comments

  |  2020-03-30 23:25:04
Shawnee Camu from Amsterdam, Netherlands says:
Delicious recipe, thank you very much! It has been long since i last tasted my grandmothers Terong Balado, with your recipe it was a great succes to recreate nice memories
Congrat Shawnee :-). I'm glad to hear this lovely comment. You should be proud of yourself. I just posted the recipe but the man behind the gun determines the outcome, no?!! I can fully understand your feeling. Longing for a food is just not craving for a special recipe or taste. It goes far beyond time, place and of course memory ;-). The last thing you've just proved yourself. Good memories with your grandmothers as good as the taste of Terong Balado. Thanks for re-cooking the recipe and sharing your nice thought :-). Warmest Regads..Endang

  |  2020-02-08 17:22:04
Muhammad syAhrul from Makassar says:
Udah coba hasilnya mantap meski aku laki2 hehe
Ha ha ha Selamat Bro Muhammad ;-). Bakat koki nich sekali coba langsung mantab. Jangan salah banyak koki hebat justru dari kaum laki-laki lho. Teruskan bakatnya Chef, masih banyak resep mantap menunggu. Terima Kasih sudah hadir dan uji resep. Salam...Endang

  |  2019-12-22 11:26:11
Kirana Keymaru from Jakarta Timur says:
Hallo kak Endang! Jujur saja, pertama kali aku masak terong balado. Aku lagi hamil 7 bulan, terus dirumah mertua ada terong, belum diapa-apain. aku bener2 masih pemula banget nih. alhamdulillah masakanku lumayan enak. mungkin karna kebanyakan terongnya, aku ga tambahin bumbunya sama jeruknya sedikit. setelah ditambahin jeruk jadi enak ;-) terimakasih yaaaa aku jadi semangat masak
Hallo Kirana ;-). Salut Ibu Hamil masih kreatif dan tanggap memanfaatkan bahan yang ada. Hebat pertama masak Terong Balado di rumah mertua lagi, pasti agak grogi tapi hasilnya jos. Kirana bakat koki handal nich. Keep Cooking Sista;-). Terima Kasih sudah mampir dan uji nyali. Jaga diri baik2 jangan makan yang terlalu pedas, kasihan yang di perut tuch ha ha. Salam....Endang

  |  2019-12-19 18:18:42
aciana from surabaya says:
Sudah coba 2x , yang pertama rasanya aneh ternyata karena tumisan bumbu blm matang sempurna hihi , kedua kali nya mantap :D
Hallo Aciana ..ha ha..salut gak putus asa meski percobaan pertama kurang memuaskan :-). Pengalaman adalah guru paling baik, tul nggak ? :-). Masalah gagal dalam memasak itu biasa, saya juga sudah kenyang masak gatot dalam uji coba resep bahkan langsung masuk tong sampah tapi dari situ kita belajar. O ya menumis bumbu sampai BENAR-BENAR MATANG ini juga kunci kenikmatan dalam membuat sayur oseng-oseng atau tumis. Dijamin masakan sedap dan gak cemplang kata orang Jawa. Terima Kasih sudah uji coba dan berbagi pengalaman. Salam..Endang

  |  2019-12-16 18:01:57
Dina from Bali says:
Kak ini saya mau pakek 4 terong trus itu bahanya kan kk pkeknya untuk 500gr terong jadi kalo untuk 4 terong jadi berapa berapa kak?
Hallo Dina. Bisa ditimbang nggak terongnya. Sengaja saya pakai ukuran bobot biar mudah diaplikasikan, soalnya kalau pakai ukuran berapa biji itu susah karena ukuran terong juga gak sama besar kecilnya, belum lagi terong indonesia dengan terong lokal beda ukuran juga. Tapi kalau saya amati ukuran terong LN kira2 2 kali lebih besar dari terong Indo. Coba kalau gak ada timbangan ya kira2 semua bahan bumbu di dobel gitu. Saya rasa makin banyak bumbu juga makin lezat. Selamat Mencoba. Salam...Endang

  |  2019-11-14 22:04:10
Zahro from Tuban - Jawa Timur - Indonesia says:
Saya baru kali ini cari resep buat bikin terong balado, karena pernah tau ada orang yang selalu bikin terong balado dan minta terong ke ladang ibu saya. karena saya pikir kenapa saya gak siasati begitu banyak terong yang dipanen ibu Kira2 selain dibakar/goreng dan dimakan pakai sambal asli jawa gitu (lalapan) enaknya diapain lagi. Karena ibuku sendiri jarang masak yang aneh2, masakannya tidak begitu variatif alias bikin bosen makan itu terus, jadi aku selalu masak sendiri.semoga saja berhasil, &
Hallo Zahro. Ayo ayo tunggu apa lagi. Mumpung banyak terong, silahkan manfaatkan sebaik-baiknya. Banyak lho resep enak berbahan terong selain Terong Balado. Coba lihat di menu Sayur Lodeh, Sambal Terong, Sambal Terong Ikan Jambal . Silahkan dicoba dan semoga menambah khasanah menu masakan terong di dapur Zahro biar gak itu-itu saja he he .. Salam...Endang

  |  2019-11-04 19:06:59
nur pilah from sumedang jabar says:
Nambah wawasan lagi... Biasa'y aku masak terong'y langsung gak di goreng dulu, jadinya kaya berkuah ;-) Tpi alhamdllh nemu resep ini..
Ayo Nur. Silahkan coba metode lain bikin Terong Balado. Banyak cara memasak Balado salah satunya ini. Kayaknya banyak yang suka tuch dari para pembaca. Semoga cocok di lidah :-). Terima Kasih sudah mampir. Salam....Endang

  |  2019-09-28 22:59:43
Moza from Indonesia says:
Langsung coba ;-) Terimakasih resepnya :-)
Hallo Moza. Semoga hasilnya memuaskan. Terima Kasih juga sudah mampir dan uji nyali ;-) Salam....Endang

  |  2019-08-27 13:33:41
reni from karawang says:
masakan yang menggugah selera bun ,,bisa ngabisin nasi sebakul hihi
Ha ha ha yang barusan habis nasi sebakul. Setuju Neng Reni...simpel, cepat dan lezaat. Terima Kasih sudah mampir dan uji nyali. Banyak resep simpel dan enak menunggu lho. Silahkan lihat-lihat ;-). Salam...Endang

  |  2019-08-09 09:38:20
Vivie from Surabaya says:
Simple banget kayaknya.. Ak jg mo nyoba ah.. Utk fariasi menu idhul adha biar gk daging melulu...
Silahkan dicoba Vivie. Semoga sukses dan sesuai dengan selera ;-). Salam...Endang

  |  2019-07-04 22:24:43
evie Ratna from Tangerang Selatan says:
I like masakan Indonesia
I like it too. Let's cook Evie ;-)

  |  2019-05-23 17:08:14
Dee from Bandung says:
Mba sy blender bahannya ditambahin air, bukan minyak gimana dong ?
Ya bisa aja Dee tapi rasanya nanti kurang maksimal, kadang rasa masakan tidak enak. Ada triks yang sangat penting dan menentukan rasa kalau mengulek bumbu dengan blender dan harus memakai bantuan cairan. Intinya cairan pembantu harus menyesuaikan karakter bumbu. Kalau bumbu akan ditumis tambahkan minyak, kalau bumbu akan dicampurkan ke air/kuah dan tidak perlu ditumis dulu baru pakai air, kalau bumbu akan dicampur dengan santan, pakai sedikit santan untuk membantu proses blender. Jangan dibolak balik. Lebih lengkapnya lihat di tips memilih blender di menu Tips & Info, di situ saya terangkan lengkap detailnya. Semoga ke depan Dee bisa menerapkan tips ini biar masakan lebih sedap. Salam....Endang

  |  2019-05-19 10:22:10
Sabella from Surabaya says:
Bismillah, hehe perdana masakin seseorang.... nanti aku komen lagi kalau sudah selesai masak ;-)
Selamat Mencoba Sabella. Untuk orang tersayang jelas masaknya dari hati ditanggung jos dan sedap ha ha. Salam...Endang

  |  2019-05-09 06:56:33
Emi Almustawi from Ngawi says:
Alhamdulillah, mau saya coba nanti sore untuk menu buka puasa, terimakasih bunda resepnya... ;-)
Selamat Mencoba Emi. Semoga berhasil dan rasanya cocok sesuai selera. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Terima Kasih juga sudah mampir ;-) Salam...Endang

  |  2019-04-06 09:09:52
Suzy from Kupang says:
Trimakasih resepnya Baru liat resepnya langsung di cobaaaa. Sesuai harapaan Enaaakkkk
Selamat Suzy ;-). Bakat koki nich sekali coba langsung Joss. Terima KAsih juga sudah mampir dan uji coba. Ayo silahkan dilihat resep2 yang lain siapa tahu ada yang bikin penasaran ;-). Selamat Berakhir Pekan. Salam...Endang

  |  2019-02-24 16:25:39
Yulie Nur Ismi from Tangerang says:
Aku baru mau coba nih .. pasti enak bangeetttt.. makasih resepnya yaahh ..
Emang enak Yulie. Sudah banyak yang nyoba kayaknya cocok tuch. Selamat bereksperimen semoga sukses. Terima Kasih sudah mampir. Salam...endang

  |  2019-01-04 14:59:50
nur janah from madura says:
Pngen bnget msak terong yg biasa y cm bli di warteg
Ayo segera bikin Nur jangan beli terus ha ha

  |  2018-10-14 22:36:43
yuli from jogja says:
mantap enak sekali
Selamat Yuli ;-). Orang Jogja suka pedas juga ya :-). Salam....Endang

  |  2017-10-18 22:05:42
YuliAmega from Singapore says:
Makasih mba, recipinya jelas Dan mudah di pahami,mempermudah Kami untuk tetap konsumsi masakan Indonesia meskipun sedang berdomisili di negri tetangga 🙂
Sama-sama Yulia. Meski tinggal di rantau masakan kampung tak akan hilang dari ingatan dan lidah ;-). Ayo silahkan coba2 resep yang lain siapa tahu ada yang cocok. Salam dari sesama perantau..Endang.

  |  2015-04-17 16:51:11
Mamanya Lila from says:
Salam kenal mba... Ini perdana nyoba resep di web mba... Lagi pengen terong balado,kebetulan lg hamil muda nih...hehehe... Perdana nyoba langsung enak,sesuai selera saya mba...Trims atas sharing resep n pengalaman masaknya ya...:))
Salam Kenal Kembali Bunda Lia ;-). Selamat uji nyalinya sukses. Kalau lagi hamil muda harus diturutin tuch biar nanti dedek nggak ngeces he he :-). Terima Kasih juga sudah mampir. Ayo silahkan lihat2 resep yang lain, siapa tahu ada yang patut dicoba. Salam....Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: