Resep Indonesia cooking from the heart

Tahu Gejrot

Bahan:

  1. 4 buah/ 400 gr tahu, potong2 untuk digoreng
  2. garam secukupnya
  3. minyakuntuk menggoreng

Bumbu Halus:

  1. 10 buah atau lebih cabe rawit hijau (khusus cabai ulek agak kasar)
  2. 2 butir/20 gr bawang merah
  3. 2 siung/6 gr bawang putih
  4. 1 sdtgaram atau sesuai selera

Bahan Kuah:

  1. 50 gr gula merah
  2. 1 sdm munjung/15 gr asam jawa
  3. 2 sdm kecap manis
  4. 250 ml air
  5. 2 sdm air jeruk limau/nipis atau cuka atau sesuai selera
Bumbu Tahu Gejrot
Kuah Tahu Gejrot
Bumbu Tahu Gejrot Mendidih
Menggoreng Tahu Gejrot
Tahu Gunting
Racikan Tahu Gejrot
Tahu Cabai Hijau
Tahu Gejrot Dibumbui
Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Rated 4.8/5 based on 5 reviews

Indonesian tempeh Tahu Gejrot, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Cirebon

Catatan..

Ini dia sajian khas dari Cirebon : Tahu Gejrot. Gejrot berarti ditekan atau dipencet. Sajian tahu goreng yang gurih ditemani kuahnya yang asam, manis sekaligus pedaaaas hhmmmmm makanan ringan yang sederhana namun sedap.

Catatan : Aslinya hidangan ini dibuat dengan tahu kopong khas Cirebon tapi berhubung tahu ini tidak tersedia di semua daerah di Indonesia apalagi di LN ya solusinya silahkan pakai tahu putih biasa dan digoreng sendiri. Jangan kuatir rasanya tetap enak..

Cara Membuat:

  1. Membuat Kuah: Masukkan air, gula merah, asam jawa, garam dan kecap manis ke dalam panci ukuran kecil. Masak hingga mendidih dan agak mengental.
  2. Tambahkan air jeruk nipis atau cuka. Cicipi, bila perlu tambahkan garam, gula atau cuka sampai rasa asam dan manis benar2 pas. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak goreng, lumuri tahu dengan garam hingga rata.
  4. Goreng tahu hingga matang kekuningan, kemudian gunting menjadi potongan2 kecil. Taruh di tempat penyajian.
  5. Ulek bawang merah, bawang putih dan garam hingga halus, terakhir ulek kasar cabai rawit hijau.
  6. Taruh bumbu ulek di atas tahu, tekan2 atau pencet tahu dengan ulekan lalu siram dengan kuah.
  7. Hidangkan selagi panas.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments

  |  2020-11-02 22:20:50
Aciana from Surabaya says:
Chef, I just found something. It gets copyrighted or not ? lestariweb.web.app
????!! Thx for the info. No it's not mine. I think I've got to settle this issue immediately. I take a look already, damn!!. Look like all those recipes were stolen materials from everywhere, anybody. And this prat want to make profit by selling something, imitating my web name! Intinya itu web KW Aci, gak ada Impressum & Disclaimer. Tapi copyrighted menyesatkan! Just ignore it! Thx again for the info, you're my guardian angel :-)

  |  2020-11-02 17:37:35
Aciana from Surabaya says:
And also make people more concerned about health.. :D
Indeed :-) here is always light behind the clouds'

  |  2020-11-01 09:09:51
Aciana from Surabaya says:
Ooo I see :O lampions are cute and really beautiful in the night :) Covid has changed everything in the world..
But Covid brings good impacts for the nature too :-) Less pollution, exploration, consumption :-)

  |  2020-10-31 19:21:56
Aciana from Surabaya says:
:D Tx Chef.. anyway happy halloween :p I think the festival will be a fun moment without covid :D
Halloween is not popular in Germany. Only for little kids, sometimes they knock on our door asking for sweet or sour candies, but it's really rare. And now the people are already being shocked enough from Covid, nobody needa Hallowen stuff :D. Here in Germany especially Bayern, people tend to invest more in Saint. Martin Day festival than Halloween. Kindergarden's pupils usually prepare hand-made lampions days before to be presented in a kind of carnival when the night falls at 11 Nov. I find it more interesting & beautiful :-). But meantime all the festival & celebration are cancelled due to Covid :-(

  |  2020-10-30 07:59:10
Aciana from Surabaya says:
Iya Chef, keep happy juga biar imun nggak turun.. Take care and have a nice weekend :)
You too take care of your and your dearest F****** :-D . Stay safe & healthy!

  |  2020-10-29 17:46:56
Aciana from Surabaya says:
Wah mantap Chef :D meskipun rasa buatan sy masih kalah strong dr mamang2 yg jual , soalnya sy kasih garlic malu2 yg kecil 2 LoL dan pedasnya memang cukupan aja gak gila2 banget , kuahnya enak seger sy pakai air jeruk nipis Chef :)
Kuah yang berasa asam manis pedas pasti enak, kuah cuko, asinan betawi, tahu lengko, tahu guling ..eh jadi ngiler sayang gak punya tahu. Mau belanja ke toko Asia jauh lagian saya hindari fasilitas2 keramaian. Penularan corona kembali memburuk di eropa, di jerman mulai minggu depan diberlakukan pembatasan lagi. Hadeh..seperti lingkaran setan tiada akhir. Please take care. Have a nice weekend :-)

  |  2020-10-13 17:10:31
Rohwayati from Tangerang says:
Barusan dieksekusi, masih ga bisa mingkem krn kebanyakan ngasi cabe :-) Kuahnya enak,seger, alhamdulillaah bisa bikin tahu gejrot sndiri. Makasi sharenya mba, sehat² selalu
Hallo jumpa lagi Bunda :-) Sudah bisa mingkem belum ha ha ha :-D. Saya kalau makan kepedasan trus di luar kontrol , sengaja mulut saya buka di kamar mandi untuk buang air liur biar cepat normal :-). Tapi kapok lombok kan ntar diulangi lagi ?? Terima Kasih sudah absen :-). Bunda juga...Jaga kesehatan baik-baik. Salam...Endang

  |  2020-08-15 17:31:42
Lala from Jombang kramat says:
Enak banget,, walaupun ga pake cuka,, baru mau foto eh udah abis sama bocil :-)
Halo Lala :-). Bocil lebih cepat daripada camera ha ha :-) Berarti masakan Ibunda sangat lezaat nich kalau langsung digasak habis. Terima Kasih sudah mampir, uji coba resep dan berbagi cerita menghibur :-). Salam...Endang

  |  2020-07-14 21:11:33
yuyun wrnaqti from wanareja, cilacap says:
bunda...dalam resep ada kecap manis...ttp dalam pembuatan kecap manisnya blm ada...di masak bareng kuah ya bunda..?atau gmana?terima kasih ataa jawabannya..
Hallo Yuyun. Terima Kasih untuk koreksinya. Maaf kelupaan , resep sudah saya koreksi. Tapi gambar saya tidak lupa lho, pas gambar kedua yang disendok itu kecap manis. Selamat Mencoba :-). Salam..Endang

  |  2020-06-30 17:54:44
rahma from surabaya says:
Subhanallah......enaaaaak banget tahu gejrotnya Bunda, apalagi anget2 trus pas mau makan ditaburi cacahan timun......wenaaaaak poll ... Makasih resep2nya ya Bun ;)
Waduh yang barusan makan enak semoga gak kekenyangan Rahma wa ka kak :-). Resep yang enak gak harus ribet kan?. Terima Kasih juga sudah berkunjung dan uji coba resep. Ayo silahkan dilihat-lihat siapa tahu ketemu resep menarik lagi :-). Salam...endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: