Resep Indonesia cooking from the heart

Sup Merah

Bahan untuk 8-10 porsi:

  1. 1 kg potongan ayam bertulang, ambil filet dagingnya, rebus tulang untuk kaldu, buang lemak
  2. 300 gr/3 buah wortel, kupas, iris bentuk korek api 5cm x 1cm x 1cm
  3. 250 gr sosis sapi atau sosis ayam asap, potong bentuk korek api 5 cmx 1 cm x 1cm
  4. 500 ml tomat puree, sediaan jadi atau dibuat dari 750 gr tomat merah tanpa kulit dan biji yang dihaluskan.
  5. 2 sdm tomat pasta (menambah warna merah)
  6. 150 jamur kancing, iris-iris (bisa pakai sediaan kalengan)
  7. 100 gr kacang polong segar atau beku (jika suka)
  8. 2 batang daun bawang, iris menyerong tipis (pisahkan bagian putih dan hijau)
  9. 3 batang daun seledri, ikat
  10. 3 sdm tepung terigu
  11. minyak dan mentega/margarin untuk menumis
  12. 3 liter air untuk merebus tulang ayam atau membuat kaldu sup

Bumbu Sup :

  1. 6 buah/60 gr bawang merah, iris halus
  2. 3 siung/9 gr bawang putih, iris halus
  3. 2 buah/100 gr bawang bombay, cincang dadu halus
  4. 1 sdt pala bubuk
  5. 1 sdt lada bubuk
  6. 2 sdt bubuk kaldu instant rasa sayur/ayam/jamur (sesuai selera)
  7. 1 sdm kecap inggris
  8. 4 sdt gula pasir atau sesuai selera
  9. 3 sdt garam atau sesuai selera

Bahan Cakwe Udang Goreng :

  1. 250 gr udang segar, kupas, giling/ulek
  2. 1 butir telur
  3. 2 sdm tepung terigu
  4. 2 sdm tepung tapioka
  5. sejumput lada bubuk
  6. 1/2 sdt garam atau sesuai selera

Catatan Khusus, Tips & Teknik Membuat Sup Merah:

  1. Pakai ayam yang masih mengandung tulang bukan filet ayam. Daging dari ayam bertulang menghasilkan aroma dan rasa yang lebih kuat dan tulangnya bisa direbus untuk membuat kaldu alami/kuah sup yang lebih lezat. Filet tulang cenderung kering dan rasanya agak hambar setelah dimasak.

  1. Masukkan daging/ayam/tulang dalam air mendidih dan masak dengan suhu sedang supaya sari daging/ayam terkunci dan terasa lebih gurih. Dengan teknik ini anda juga akan mendapatkan kaldu yang jernih dan lemak tidak mengambang ke permukaan air. Saring kelebihan lemak jika masih ada.

  1. Menurut tradisi klasik pembuatan Sup Merah a la Belanda dan Cina Peranakan, wortel dan sosis dipotong bentuk korek api/matchstick/julienne strips. Silahkan kalau anda lebih suka mengiris bentuk tabung.

  1. Pastikan memakai tomat puree atau passata untuk membuat Sup merah. Jangan memakai saus tomat atau tomato ketchup yang dipakai abang bakso atau saus kentang goreng, nanti rasanya tidak enak. Passata tidak sama dengan SAUS TOMAT dan PASTA TOMAT!. Passata terbuat dari 100% tomat, tidak ditambah bahan lain dalam proses pembuatan termasuk air. Sedangkan Saus Tomat/Tomato Ketchup umumnya sudah dibumbui dengan gula, garam, asam dan sedikit rempah.

  1. Jika kemasan jadi tomat puree tidak tersedia di tempat tinggal anda, silahkan buat sendiri di rumah. Caranya : pilih tomat merah ukuran besar berdaging tebal yang sudah matang, cuci bersih, belah menjadi 2, buang bijinya. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga tekturnya hancur dan lunak. Masukkan ke dalam blender yang ada saringan/strainer ditengah mangkok penggilingan, setelah diblender tomat akan menjadi bubur dan kulit terpisah di dalam saringan/strainer. Kalau anda tidak punya blender yang dilengkapi strainer, blender dengan hand/stick blender atau haluskan dan saring manual dengan saringan santan atau saringan apa saja dan tekan-tekan dengan sendok supaya tomat puree turun dan kulit tomat tertinggal/terpisah di atas. Bagian bubur yang halus itulah yang disebut tomat puree atau passata.

  1. Untuk membuat Sup Merah yang merah merona, pemakaian Tomat Puree saja tidak cukup. Sebaiknya tambahkan PASTA TOMAT. Pasta tomat adalah ekstra tomat murni tanpa kulit dan biji, dimasak dalam waktu lama hingga kandungan air hampir habis dan teksturnya sangat kental menyerupai pasta gigi. Intinya Pasta Tomat adalah passata atau tomat puree yang dipadatkan menjadi tomat konsentrat.

  1. Untuk membuat sup merah yang rasanya optimal dan benar-benar lezat, pilih sosis yang dibuat dengan proses pengasapan, bukan sosis untuk dipanggang atau digoreng yang warnanya seperti bakso mentah itu. Kalau tidak percaya, silahkan bereksperimen dan bandingkan hasilnya.

  1. Catatan Khusus : Etnik peranakan Tionghoa kadang menambahkan ham maling dalam resep asli Sup Merah, tapi bahan ini bukan untuk konsumsi muslim karena dibuat dari daging babi, makanya di resep ini saya skip. Silahkan pakai untuk anda yang boleh mengkonsumsi.

Bahan Sup Merah
Membuat Sup Merah Step 1
Membuat Sup Merah Step 2
Membuat Sup Merah Step 3
Membuat Sup Merah Step 4
Membuat Sup Merah Step 5
Membuat Sup Merah Step 6
Membuat Sup Merah Step 7
Membuat Sup Merah Step 8
Membuat Sup Merah Step 9
Membuat Sup Merah Step 10
Membuat Sup Merah Step 11
Membuat Sup Merah Step 12
Membuat Sup Merah Step 13
Membuat Sup Merah Step 14
Membuat Sup Merah Step 15
Membuat Sup Merah Step 16
Membuat Sup Merah Step 17
Membuat Sup Merah Step 18
Membuat Sup Merah Step 19
Membuat Sup Merah Step 20
Membuat Sup Merah Step 21
Membuat Sup Merah Step 22
Membuat Sup Merah Step 23
Membuat Sup Merah Step 24
Membuat Sup Merah Step 25
Membuat Sup Merah Step 26
Membuat Sup Merah Step 27
Sup Merah

Sup Merah

Rated 5/5 based on 1 reviews
RecipeYield 8 • PrepTime P2H0M Indonesian lauk pauk Sup Merah, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia dengan pengaruh kuliner Belanda dan Peranakan Tionghoa

Catatan..

Sup Merah, sajian ini marak disajikan saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Resep ini berasal dari perpaduan kuliner Belanda dan etnik peranakan Tionghoa. Pengaruh kuliner Belanda atau Eropa bisa dilihat dari kuah yang memakai tomat halus/tomat puree yang membuat warnanya merah merona. Sementara pengaruh kuliner Tionghoa hadir dalam bentuk irisan cakwe udang yang ditambahkan sebagai topping.

Sajian ini sering dihidangkan oleh etnik peranakan Tionghoa di daerah Semarang, Malang dan Surabaya. Menurut bocoran sahabat saya, hidangan ini dulunya hanya bisa disajikan oleh orang-orang kaya :-). Tapi melihat sebagian bahan-bahannya yang produk impor, bisa jadi di era 80an, Sup Merah ini masih menjadi hidangan mewah yang langka :-).

Faktanya membuat Sup Merah yang benar-benar lezat memang butuh perhatian khusus dan tips-tips tertentu. Mulai pemilihan bahan yang tepat dan cara memasak yang benar. Terus terang membuat sup merah butuh waktu karena perlu pernak-pernik yang jumlahnya beragam.

Anda bisa saja memakai resep kilat untuk membuat Sup Merah, tapi buat apa kalau hasilnya pas-pasan. Lagian memasak itu bukan kompetisi adu cepat, iya nggak?? :-)

OK tidak perlu saya ulas panjang lebar, Sup Merah ini rasa dan penampilannya luar biasa. Saya jamin siapapun bisa membuatnya bahkan anda yang baru belajar memasak karena tidak butuh keahlian khusus. Syaratnya silahkan ikuti teknik dan tips yang sudah saya tulis lengkap di bawah bahan resep maupun saya selipkan di cara pembuatan.

Silahkan dicoba, semoga resep ini bisa menjadi hidangan pembuka istimewa di jamuan makan akhir tahun anda bersama keluarga :-)

Cara Membuat:

  1. Cuci dan potong-potong ayam. Pisahkan bagian filet, tulang dan lemaknya. Potong-potong filet ayam bentuk dadu 2 cm kubik.
  2. (Catatan Penting : Buang lemak atau sisihkan untuk membuat minyak ayam. Jangan mencampurkan lemak ayam ke bahan sup khususnya jika anda memakai ayam ras karena kuah akan berlemak dan berminyak berlebihan!).
  3. * Panaskan 3 liter air dengan api besar hingga mendidih. Turunkan api ke posisi sedang (kurang lebih skala 6 dari 9), masukkan tulang ayam dan masak dalam panci tertutup selama 25 menit. Saring jika perlu. Sisihkan.
  4. Kupas dan iris-iris wortel bentuk korek api tapi jangan terlalu kecil supaya tidak mudah hancur saat dimasak. Sisihkan.
  5. Iris-iris halus bumbu untuk sop : bawang merah, bawang putih dan daun bawang bagian putihnya saja. Cincang halus bawang bombay.
  6. Panaskan 2 sdm minyak goreng lalu tambahkan 2 sdm margarin atau mentega (supaya bumbu wangi) .
  7. Tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan bagian putih daun bawang sambil diaduk terus menerus sampai transparan dan berbau harum.
  8. Masukkan irisan wortel dan aduk-aduk sebentar hingga agak layu (Tips: tujuan ikut ditumis supaya wortel tidak langu dan rasanya lebih sedap).
  9. Masukkan ayam dan aduk-aduk hingga kaku dan berubah warna. (Tujuan ayam ikut ditumis supaya sari ayam terkunci dan rasanya lebih gurih dan sedap tidak luntur menjadi kaldu).
  10. Tambahkan 3 sdm tepung terigu dan aduk-aduk cepat hingga rata (Catatan: Teknik membuat sup a la eropa, sering menambahkan tepung bertujuan untuk mengentalkan kuah).
  11. Masukkan bahan tumisan sup ke dalam panci yagn berisi kaldu ayam.
  12. Masukkan tomat puree/passata, aduk-aduk hingga rata.
  13. Tambahkan 2 sdm pasta tomat untuk mempercantik warna sup supaya warnanya semakin merah.
  14. Bumbui dengan garam, pala bubuk, lada bubuk, bubuk kaldu instan dan gula pasir.
  15. Masukkan daun seledri, ikat jika perlu supaya tidak menjulur-julur. Masak dengan suhu sedang sampai wortel lunak tapi tidak terlalu matang.
  16. Tambahkan irisan sosis dan jamur kancing iris kalengan. Aduk rata.
  17. (Catatan: Jangan menambahkan sosis dan jamur terlalu awal karena mudah hancur. Sosis yang dipotong tipis panjang akan menggeliat dan bentuknya melengkung saat dipanaskan, jangan kaget :-).
  18. Tambahkan kecap inggris, cicipi. Jika perlu tambahkan garam atau gula pasir sampai rasa pas sesuai selera.
  19. Terakhir masukkan kacang polong dan daun bawang.(Tambahkan kacang polong terakhir supaya warnanya tetap hijau. Tambahkan terpisah jika anggota keluarga ada yang tidak suka kacang polong). Angkat dari api.

Membuat Cakwe Udang Goreng :

  1. Kupas dan siangi udang, buang tinta hitam di bagian punggung, cincang jika perlu.
  2. Ulek atau bisa juga diblender dengan telur sekalian sampai udang halus.
  3. Tambahkan, garam, sejumput lada bubuk, 2 sdm tepung terigu dan 2 sdm tepung tapioka, aduk menjadi adonan yang halus dan rata. Cicipi.
  4. Masukkan adonan ke dalam kantong plastik dan gunting sedikit ujungnya (lebih baik digunting kecil lebih dulu daripada kebesaran).
  5. Pencet dan alirkan adonan ke minyak panas sedang secara melingkar di permukaan wajan.
  6. Goreng dan potong-potong dengan sudip supaya mudah dibalik. Goreng sampai bakso matang berwarna kuning keemasan. Tiriskan
  7. Potong-potong bakso goreng sesuai selera
  8. Cara Penyajian : Tuang sup panas beserta isinya ke dalam mangkok saji. Taburi dengan irisan bakso udang goreng. Bisa ditemani dengan toast bread/roti panggang.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat koleksi Resep Lestariweb.





Reviews & Comments:

Your Rating:

Name:

Location:


Write your review:




2021-02-14 11:39:10

Aciana from Surabaya says:

Yes Chef , thank you :D Alhamdulillah You’re fine , glad to hear that :) Happy weekend..

Same mind think alike, no? :-)


2021-02-12 19:27:17

Aciana from Surabaya says:

Finally ! :D Cakue tdk gagal dari pertama bikin ;) Pasta tomat pakai merk del monte :p pakai biji pala , tp masih minus kecap inggris :D Rasanya ini baru yg saya maksud Chef , anyway saya gak pakai saus tomat Chef karena rasa tomatnya sdh keluar sesuai keinginan :D yeee Anyway Chef lagi repot yaa.. I hope you always healthy :)

Oh..jadi ceritanya ini menghormati hari Imlek jadi bikin masakan yang bertema chinese gitu :-). Boleh juga idenya :-D. Ternyata masih penasaran ya sampai recook edisi 2. Sudah jgn coba2 pakai saus tomat lagi, wong pasta juga gak mahal2 amat sekarang di Indo. Bikin sendiri kayaknya gak worth it kalau bahan tomatnya bukan tomat impor yang merah berdaging tebal itu Aci. Congrats for your sup merah :-). Yup. I am just fine and healthy, thx for your concern. Have a nice weekend :-)