Resep Indonesia cooking from the heart

Semur Daging

Bahan:

  1. 500 gr daging sapi has dalam atau minute steak
  2. 5 buah/50 gr bawang merah, iris halus
  3. 2 siung/6 gr bawang putih, iris halus
  4. 1 batang/5 cm kayu manis
  5. 2 butir cengkeh
  6. 4 sdm kecap manis
  7. 1 sdt bubuk kaldu
  8. 1/4 sdt pala bubuk
  9. 1 buah tomat, belah menjadi 6 bagian
  10. 1 sdt garam atau sesuai selera
  11. 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  12. air mendidih/panas secukupnya ( kurang lebih 500 ml)
  13. 2 sdm margarine untuk menumis

Bumbu Halus untuk Marinasi Daging:

  1. 2 siung bawang putih
  2. 2 cm/10 gr jahe
  3. 1/2 sdt merica bubuk

Bahan Taburan:

  1. 2 sdm bawang merah goreng
Bahan Semur Daging
Marinade Semur Daging
Daging Semur Dipotong
Daging Semur Dimarinade
Bumbu Iris Semur
Bawang Putih Tumis
Bawang Merah Tumis
Daging Untuk Semur
Air Panas Untuk Semur
Kecap Untuk Semur
Kayu Manis Cengkeh
Tomat Untuk Semur Daging
Semur Daging

Semur Daging

Rated 4.6/5 based on 11 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P1H0M Indonesian makanan utama Semur Daging, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia dengan pengaruh kuliner Belanda

Catatan..

Semur Daging, salah satu masakan favorit keluarga kami. Bikinnya gampang dan rasanya enak. Bisa disantap dengan kentang dan salad sayuran tapi sebagai orang Indonesia saya lebih suka menyantapnya dengan nasi ;-). Sudah berbagai resep saya coba, menurut saya resep ini yang paling pas.

Semur berasal dari bahasa Belanda yaitu "Smoor" yang berarti masakan itu telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan-lahan. "Smoor" dalam bahasa Belanda juga berarti braising atau teknik masak dengan cara merebus lama dengan api kecil hingga daging empuk.

Di Indonesia semur adalah hidangan daging rebus yang diolah dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh. Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam adalah bahan paling penting dalam proses pembuatan semur karena berfungsi untuk menguatkan cita rasa, namun harus tetap terasa menyatu harmonis dengan bahan-bahan lainnya. Selain berbahan utama daging sapi dan kentang, semur juga terdiri dari bermacam-macam variasi dalam penyajiannya, seperti penambahan tahu, tempe, telur, ikan, dan bahan lain-lain sesuai dengan selera masyarakat di daerah masing-masing. ( Sumber : Wikipedia )

Tips : Untuk resep ini usahakan memakai daging has dalam yang mudah empuk supaya proses memasak tidak terlalu lama dan daging juga tidak alot.

Cara Membuat:

  1. Potong-potong daging ukuran persegi panjang/melebar tipis.
  2. Tusuk2 daging dengan garpu supaya bentuknya tetap rata/tidak menggulung saat dimasak. Sisihkan.
  3. Bumbu Marinasi: Ulek bawang putih, jahe dan merica hingga halus, lalu lumuri irisan daging dengan bumbu halus hingga rata.
  4. Diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap.
  5. Panaskan margarine, tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan bawang merah.
  6. Aduk sampai layu lalu masukkan daging sambil diaduk-aduk.
  7. Setelah daging berubah warna, masukkan air panas *** secukupnya sampai daging terendam.
  8. Tambahkan kecap manis, bubuk kaldu, kayu manis, cengkeh dan pala bubuk. Tambahkan merica sesuai selera.
  9. Masak sampai mendidih kemudian masak dengan api kecil selama 20 menit hingga daging empuk dan kuah menyusut.
  10. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula pasir sesuai selera.
  11. Terakhir tambahkan tomat, masak sebentar hingga tomat layu.
  12. Angkat dan hidangkan panas dengan taburan bawang merah goreng.

Catatan:

  1. *** Masukkan air mendidih/panas ke daging supaya sari daging terkunci dan terasa lebih gurih.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments:

Your Rating:

Name:

Location:


Write your review:




2021-01-07 11:40:37

Menik from Smg says:

Ini semur terenak yg pernah sy masak.hehehe.. Yg ngalem suami n anak n sy sdri :-)... So, sy Musti stay dsini, drpd kelayapan googling nyari2 resep klo mau masak..tmkasih ya mbakkk :-)

Hallo Menik :-). Selamat ya Semurnya sukses. Waduh saya turut bangga nich ikut merasakan kebahagiaan Menik dipuji suami dan anak tercinta :-). Saya cuman posting resep hasil akhir ditangan yang masak, tul nggak? Menik bakat koki hebat nich sekali coba langsung jos. Ayo monggo silahkan lihat-lihat resep yang lain, bisa juga lihat dari respon pembaca yang sudah nyoba untuk panduan. Terima Kasih jg sudah mampir dan uji resep. Salam...Endang


2020-09-26 14:15:02

Renta from jaktim says:

Bumbunya sederhana gampang dicari hasilnya endolita pokoknya mantabs lah, tengyu mbak Endang

Hallo Renta :-). Woi selamat satu lagi penguji Semur Daging sukses. Memang sebenarnya resep semur asli bumbunya gak ribet cuman kalau ada yang kurang rasanya kurang pas juga. Terima Kasih juga sudah mampir dan uji coba resep. Silahkan lihat-lihat barangkali nemu resep lain yang layak dicoba :-). Salam..:Endang


2020-08-06 10:02:09

Bunda Lian from Mukomuko says:

Lebih faham karna lengkap dengan penjelasan yang details. Thanks for ilmu memasaknya :-)

Sengaja saya paparkan secara detail disertai foto step by step supaya mudah dipahami syukur-syukur dipraktekkan, khususnya untuk pemula atau yang baru belajar memasak. Have a try and let me know the outcome :-)


2020-08-02 19:46:11

Rian dewi from Grobogan says:

Aku sukakkk resep yg simpel dan gampang :-) walaupun ga pake pala lada :-) saya tambahin sereh wangi jugak . Makasihhhh resep nya

Hallo Rian. Selamat Semurnya sukses. Tak ada pala serehpun jadi ha ha ha. Kreatif juga nich. Memasak itu bebas berimprovisasi asal tidak kebablasan dan yang penting hasilnya enak. Terima Kasih untuk kunjungan dan uji coba resepnya :-). Salam...Endang


2020-05-22 17:13:22

Kris Pudyastuti from Taman Mangu Indah, Pondok Aren says:

Baru kali ini sy pede mencoba resep semur daging, dan ternyata hasilnya disukai oleh keluarga, dan meskipun kelupaan menambahkan kayu manis, rasanya tetap sedap. Thanks

hallo Kris . Komennya bikin ketawa .Masak pakai modal pede juga ha ha ha :-). Selamat Semurnya sukses. Semur ini sebenarnya resep yang gampang tapi kalau belum ketemu resep yang pas hasilnya kadang ngalor ngidul juga. Saya jg awalnya nyoba berbagai resep sampai ketemu yang pas ini. Thx juga untuk kunjungan dan uji coba resepnya. Ayo silahkan lihat resep-resep yang lain siapa tahu ada resep menarik yang ingin dicoba. Salam...endang


2020-03-22 11:35:07

Olive from Jakarta says:

5 stars alwayss! Ini fav anakku mba..udah 3x bikin semur daging (Edisi stay at home dari corona virus) dan selalu pakai resep mba Endang dan...selalu ludess..mantabb mba. Thx u buat resep2 nya ya mba. Stay safe disana..

Wow Olive ibu jemepolan nich gak bosan2nya bikin Semur Daging demi si kecil. Lebih baik kita dahulukan kenyamanan anak-anak masalah rumah agak berantakan, menu masakan terbatas dll urusan belakang yang penting kesehatan keluarga prioritas utama. You too..Take Care, Stay alert but don't panic :-). Salam Hangat ...endang


2019-12-27 09:30:30

Asnila from Jak sel says:

Hai mba endang..resepnya mirip ama masakan org padang, cm aq tambahin daun salam ama sereh jd makyos deh

Hallo Asnilla. Ternyata ada masakan orang Padang yang pakai kecap ya. Kirain cuman orang Jawa saja yang suka kecap manis. Terima Kasih untuk infonya. Iya emang enak sekali Semur ini. Salam....Endang


2019-04-29 20:54:11

Mega from Jakarta says:

Terima kasih untuk resepnya... mencari-cari resep semur yg "asli", akhirnya ketemu juga. Suami dan anak2 makan sampai nambah. Mau coba resep yg lain juga.. :) Sukses selalu Mba Endang..

Hallo Mega. Woi selamat semur dagingnya sukses dan disukai suami dan anak-anak. Mega koki hebat nich sekali coba langsung joss!! Terima Kasih juga sudah mampir dan uji nyali. Sukses juga buat Mega untuk resep-resep berikutnya. Ayo silahkan diliat-liat semoga ada yang nyantol. Salam....Endang


2016-12-05 20:57:23

Fransisca Anetzeder from Deutschland says:

Haiii mb Endang, Sy jd masak pake daging Gulash,tp masak ya lamaaaa bgt,biar empuk.Cm mnrt sy kok lebih enak wkt dimakan besok hari nya ya...Bumbu lbh meresap. Makasiii resep nya ya,mba Endang

Sisca....jadi rawon semur dong diendapkan semalam lebih enak ha ha ;-). Berarti bisa ya pakai daging goulash cuman lebih lama masaknya. Telaten banget Non :-). Anyway Terima Kasih juga untuk inputnya. LG....Endang


2016-11-28 22:36:27

Fransisca Anetzeder from Germany says:

Hau lagi mb endang, Sorry kelupaan nanya...Klo kayu manis itu bhs Jermannya kan Zimt ya?klo cengkeh,Nelken? Klo sy pake Zimt&Nelken nya bubuk,brp sendok teh ya kira2? Makasiiii infonya

Hallo Sisca, apa khabar? Semoga baik2 dan masih rajin masak gak kayak saya ha ha ;-). Terus terang saya belum pernah pakai goulash takutnya alot ntar. Saya pakai goulash kl bikin rendang Non. Tapi coba aja dech, tolong laporan hasilnya ya apa bisa empuk atau gatot? Kl pakai bubuk cengkeh, pakai seujung pisau saja setara dgn butir itu. Kebanyakan cengkeh gak enak ntar semurnya rasa rokok kretek ;-). Kalau bubuk kayu manisnya agak banyak sekitar 1/2 sdt gitu lah. OK selamat mencoba semoga sukses. Salam....Endang


2016-11-28 08:37:14

Fransisca Anetzeder from Germany says:

Hai mb Endang, Klo pake daging yg buat Goulash gmn mba?biar lbh tebel...Brati masak nya lbh lama ya? biar empuk.. Dankeschön




2016-07-05 18:51:16

sylvia from cileungsi says:

Makasih resep'a mba endang, anak sy bilang empuk dan enuaakk .. skali makan smpe 3 potong, buat'a juga ngga ribed dan lama jadi bsa untuk sahur.

Ini memang resep kalau lagi males masak yang ribet2 Syvia ;-). Selamat buat Mama teladan!! Keep Cooking Sista ;-). Terima Kasih juga sudah mondar-mandir dan uji nyali ;-) Salam...Endang


2015-07-15 17:57:33

Ira Irawan from Jakarta says:

Tks ya resepnya ....enak sekali inget semasa kecil dimasakkin ibuku semur. Hanya senalam aku buatnya terlalu encer jadi spt selat solo...tapi tetep enak ko

Hallo Ira....Selamat Ya semurnya sukses. Masalah keenceran tergantung selera yang masak dan tergantung wajan yang dipakai sampai berapa air yang diperlukan sampai daging tenggelam. Ayo silahkan lihat resep2 yang lain siapa tahu nemu resep kesayangan dari Ibunda lagi ;-). Salam...Endang


2015-07-01 18:46:54

martha from slipi says:

trims resepnya ya..anakku bilang masakan mama eeenaaakkkk....(pdhal nyontek resep mbak endang...he..he..)

Selamat Martha. Saya setuju dengan si Kecil, mereka jujur kalau enak bilang enak dan sebaliknya. Kalau masalah nyontek sayapun juga nyontek dari Narasumber tapi hasil akhir tergantung kita sendiri yang masak ;-). Selamat.. Martha bertangan dingin nich masakannya langsung enak. Ayo silahkan coba resep2 yang lain siapa tahu disukai si Kecil. Salam...Endang


2015-05-18 17:59:17

Yola from Bekasi says:

Mba Endang, ini sudah bbrp kali coba resep mba dan suka. Indikator keberhasilannya anak saya lahap hap sekali makannya. ^_^ berhubung yg tersedia di kulkas adalah hati ayam yg sudah direbus, saya ganti itu aja. Dicampur satu buah kentang pengganti karbo. Maju terus masakan Indonesia. Hihi..

Woo....benar2 istri dan ibu teladan nich. Yola bertangan dingin meski baru coba-coba semua masakannya langsung jadi favorit keluarga. Hebat ooi !! Setuju anak jadi indikator, soalnya anak2 masih lugu dan jujur. Kalau orang dewasa kadang masih sungkan dan tetap makan meski masakan ngalor ngidul ha ha :-). Keep Cooking Sista...I'm proud of you too! Salam...Endang


2014-07-03 17:39:48

olga from tangerang says:

Mantaaap

Hallo Olga. Selamat ya. Yang barusan nyoba pasti koki bertangan dingin nich sekali nyoba hasilnya langsung Mantaaap ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam...Endang