Resep Indonesia cooking from the heart

Sambal Tumpang

Bahan:

  1. 250 gr tempe semangit atau tempe umur 2 - 3 hari.
  2. 2 lbr daun salam
  3. 2 cm lengkuas, memarkan
  4. 500 ml santan kental
  5. 1 liter air untuk merebus
  6. 1 sdt gula merah / gula pasir
  7. 1 sdt garam atau sesuai selera

Bumbu Halus, direbus dulu:

  1. 5 cabai merah
  2. 5 cabe rawit merah
  3. 3 cm kencur, cuci bersih
  4. 5 buah bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 2 lbr daun jeruk purut
Bahan Ayam Goreng
Sambal Tumpang Rebus
Tempe Rebus Diulek
Bumbu Halus Sambal Tumpang
Bahan Ayam Goreng
Santan Sambal Tumpang
Masak Sambal Tumpang

Asal:

Sumber: .

Catatan..

Sambal Tumpang

Sambal Tumpang

Rated 4.6/5 based on 8 reviews

Indonesian sambal Sambal Tumpang, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Kediri - Jawa Timur

Catatan..

Jika anda pernah mengunjungi kota Kediri - Jawa Timur, kota kelahiran saya he he mungkin anda pernah dengar sajian ini : Sambal Tumpang. Bahan dasarnya berasal dari tempe semangit atau Tempe yang sudah berumur beberapa hari. Orang Kediri bahkan menyebutnya dengan istilah yang paling ekstrim yaitu "Tempe Bosok". Inilah keajaiban tempe, mulai dari sarinya, ampasnya bahkan sediaannya yang sudah busukpun masih layak dinikmati he he he. So bagi anda yang jauh di rantau dan ingin bernostalgia dengan hidangan Nasi Tumpang, tak ada salahnya anda memasak sendiri di rumah.

Bagi anda yang tinggal di LN di mana Tempe Bosok nggak ada yang jual ( Dilarang soalnya, bisa2 tokonya disegel sama dinas kesehatan ha ha.. ), solusinya silahkan beli tempe segar, biarkan beberapa hari sampai cukup semangit atau langsung olah saja kalau gak sabar nunggu ;-).

Tips Penting : Bumbu wajib sambal tumpang adalah kencur dan daun jeruk purut, usahakan keduanya hadir meski dalam bentuk sediaan bubuk atau kering. Tanpa kedua bahan tsb, sambal tumpang rasanya kurang afdol!!

Cara Membuat:

  1. Letakkan semua bahan : Tempe, bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk purut, daun salam, lengkuas dan kencur di dalam panci perebus.
  2. Tuangi air, masak sampai air mendidih dan bahan2 di atas empuk. Matikan api.
  3. Keluarkan semua bahan dari panci kecuali lengkuas dan daun salam, air jangan dibuang.
  4. Tekan2 tempe dengan ulekan sampai agak hancur. Masukkan kembali ke dalam panci.
  5. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit air dari panci ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  6. Masukkan bumbu halus ke dalam panci perebus. Semua bahan direbus kembali.
  7. Kecilkan api ke suhu sedang, masukkan santan dan masak sampai mendidih.
  8. Aduk sekali-kali supaya santan tidak pecah.
  9. Beri garam dan gula sesuai selera.
  10. Masak sebentar sampai sambal tumpang agak mengental.
  11. Sajikan dengan nasi panas, sayur-sayuran rebus dan krupuk atau bisa disantap bersamaan dengan Sambal Pecel.


Reviews & Comments

  |  2020-05-27 17:31:58
Fina from Jakarta says:
Mbak Endang.. sy udah recook buat bukber ... Alhamdulilah, dapet tempe yang enak, sy diamkan dulu seharian, besoknya baru dimasak (sayurnya juga seadanya, wortel, kacang panjang sama sawi) plus kerupuk gendar (suplier peyeknya lg libur). Widih.. maknyus... temen2 saya pada nambah... Bener Mbak, tergantung kualitas tempenya ya.. hihihi maturnuwun resepnya...
Hallo Fina :-) Selamat recook sambal tumpangnya sukses. Aneh tapi nyata memang resep ini, bahannya tempe busuk tapi busuknya berkualitas ha ha :-). Waduh saya ngiri sama krupuk gendarnya lama sudah gak ketemu, yakin sebagai pengganti rempeyek pasti mantap juga. Hebat Fina sukses bikin jamuan bukber dengan menu ndeso :-). Terima Kasih untuk uji coba dan sharing pengalaman. Keep Cooking :-). Salam...endang

  |  2020-05-03 10:36:18
Fina from Jakarta says:
haduh.. jadi ngiler mbayangin maem sambel tumpang, Mbak.. waktu itu pernah nyoba bikin... tp rasanya nggak seenak yg di Kediri... opo bedo tangane, yo ?? :D suk nek wis bar poso arep nyoba resep sambel tumpangnya Mbak Endang... matur nuwun resepnya dan semoga sehat selalu ya Mbak..
Beda jenis tempenya kali Fina :-). Saya bikin di sini juga tempe hanya semangit sedikit dan saya simpan berhari-hari juga gak bisa bosok :-D . Tapi lumayanlah mengobati rasa kangen. Taka da rotan akarpun jadi ha ha :-)

  |  2020-04-07 21:24:34
Axel from Halim jkt says:
Rasa sangat maknyuus... anak2 saya yg baru pertama makan sambal tumpang napsu makan jadi naik
Ha ha ha ...pulang kerja baca komentar Axel bikin ngakak :-D. Nafsu makan anak-anak naik gara-gara tempe bosok..., bukan ayam KFC, Burger King; Mc Donald ha ha ha. Benar-benar selera Indonesia. Axel harus bangga nich sama anak-anak dan selamat untuk sang istri yang sudah sukses bikin sambal tumpang :-). Salam...Endang

  |  2019-12-30 12:27:26
Resha from Jakarta says:
Saya sudah mencba resep ini... enaak.. jadi inget kampung halaman di Sragen. Pada resep ini saya menggunakan kelapa parut segar yang diparut di pasar. Karena kesibukan sebagai ibu bekerja tidak sempat marut sendiri. Dulu pernah membuat sambal tumpang pakai santan kelapa instan, pagi jam 8 an buat, jam 3 sore sudah basi berbusa dan kecut. Apakah yang salah dalam mengolahnya?? adakah tips agarmasakandengan santan bisa awet.. karena saya bisayanya masak malam pulang kerja untuk makan malam d
Pakai santan segar memang pilihan terbaik Resha. Tapi santan instan juga bisa awet. Mungkin waktu masaknya kurang tanak atau kualitas santan instan beda dengan yang saya pakai bisa juga, maaf sekedar dugaan saja. Soalnya sejak saya tinggal di negeri orang membuat santan segar tidak memungkinkan lagi buat saya karena gak ada yang jual kelapa untuk diparut. Praktis semua resep yang saya buat di website ini saya buat dengan santan instan semua tapi masakan tetap awet sampai keesokan harinya. Anyway Selamat Sambal Tumpangnya sukses dan membawa kenangan ke kampung halaman ;-). Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Salam...Endang

  |  2017-06-25 21:47:44
Arief Aprilianto from Jakarta says:
Owalah mbak, wong kakange mbahku wedok manggon neng batuaji..neng jerman posone luweh teko 12 jam?! pahalane tambah akeh, sampean yo gak pelit bagi ilmu mugo dadi amal jariyahe sampean.
Ha ha ha...Batuaji Batam. Donya ternyata sak godhong kelor Bos Arief. Alhamdulillah matur nuwun dongane mugo2 dijabah kaliyan Gurti Allah. Amien. Mugo2 Bos Arief ugo diparingi sehat lan lancar rejeki . Salam....Endang

  |  2017-06-12 21:59:53
Arief Aprilianto from Jakarta says:
Matursuwun resepe mbakyu, aku wong Kras manggon neng Jakarta suwe ra ketemu panganan Kediri koyo ngene iki, sesuk esuk2 meluncur nyang pasar nggo masak sambel tumpang campur pecel hehe
Matur nuwun juga wis wani uji nyali express meneh budhal nyang pasar ;-)

  |  2017-06-12 21:58:51
Arief Aprilianto from Jakarta says:
Alhamdulilkah Mba Endang...resepmu jos gandos..rasane koyo muleh nang omah hahaa
Ha ha ha ....awak lemes bar poso luwih soko 18 jam langsung bregas moco komenmu Bos ;-D. Alhamdulillah sik akeh wong ndeso sing ora lali karo panganane . Meski tempe bosok rasane ngangeni !! Sukses selalu Bos Arief. Salam soko wong Wates sing urip ning perantauan.....Endang

  |  2017-03-05 17:29:45
dyaru from yogya says:
Maturnuwun mbakyu resep sambel tumpangnya. Walaupun g smua tempe busuk krn baunya mau dimasak kok baunya nyengat. Jd dicampur sama 6g masih bagus. Alhamdulillah rasanya uenakee poolll.. plus sayuran plus krupuk karak Sarapan sambil bernostalgia... hmmm nikmatnya. ##2tumbup :D
Sami -sami Mbakyu. Ha ha ha baca komentar bau menyengat bikin ketawa sendiri. Yo gak popo dicampur, sing penting rasane enak. Selamat Bernostalgia. Monggo dipirsani resep-resep liyanipun. Mbokmenawi wonten resep nostalgia ingkah taksih ketlisut. Matur nuwun sampun mampir ;-)....Endang

  |  2017-02-15 22:19:33
Dewi from California, USA says:
Matur nuwun ya resepnya! Waktu kuliah di Malang, teman kos kos an yang dari Kediri sering masak sambel tumpang. Wah dadi ngiler ki :) Numpang tanya Mb. Lestari. Di daerah ku onok e tempe frozen. Terus nek arep di bosok ke pirang dino yo? Aku tau tuku tempe frozen, terus tak jar ke ning refrigerator seminggu, tapi wedi masak e. Dadine tak buang. Wah rugi yo. Maklum nemu resep e telat Mbak. So, seminggu or rong minggu rak po po yo? Matur nuwun Mb.
Halo Dewi aduh sory telat jawabnya. Nglembur kerjaan nggak sempat buka kolom komentar ;-). Biarin aja tuch tempe seminggu gak popo. Ojo dibuang Jeng. Koyok'e tempe LN gak iso bosok dech ha ha. Aku kadang nyimpan ning kulkas sampai seminggu lebih gak ada tanda2 ke arah kebusukan. Tp ojo nunggu sampai tingkat busuknya Tempe Ina ntar kadaluarsa tuch tempe. Mosok goro2 keracunan tempe bosok masuk RS kan ngisin-isini ;-). Asal semangit cukuplah. Selamat Bereksperimen. Kl ada tambahi krecek goreng atau tahu pong hmm tambah jos ;-) Salam Hangat Sambal Tumpang.

  |  2017-02-06 23:18:35
galih from banyuwangi says:
Mksh infonya.bs buat ttombo kangen ndeso
Ha ha ha....Sama2 wong ndeso dilarang mendahului ;-). Ayo Galih buruan bikin biar gak hilang ndesonya ha ha. Salam...Endang

  |  2016-09-23 16:36:07
Bambang from Jakarta says:
Ba'da maghrib tadi kok pikiran saya langsung ingat sambal tumpang. Mau minta Bibi masak sambal tumpang, dia Sunada asli, dugaanku belum tahu. Langsung googling, dan ketemu resep ini. Dari testimoni yang ada, nampaknya oke banget alias maknyus bin mantap lan ngangeni. Pingin coba akhir pekan ini, kebetulan tidak ada kegiatan kantor. Untuk pelengkap, apa perlu pakai krecek kulit ya? Maturnuwun. Wong Sragen, mertua Kediri.
Sambal Tumpang memang bikin kangen Mas Bambang ;-). Tambahin krecek kulit juga tambah sip. Kalau gak ada krecek kulit biasanya diganti dengan gorengan tahu pong. Ayo silahkan bernostalgia. Semoga rasanya cocok. Salam...Endang

  |  2015-09-23 19:04:00
amelia from kediri says:
Resepnya mntabs bgt . Saya cba .. .. .......ok
Waduh ada tetangga lewat nich he he. Selamat Amelia sambal tumpangnya sukses. Itu baru orang Kediri namanya setelah sukses bikin samnbel tumpang ha ha. Ayo silahkan dicoba resep-resep yang lain. Salam...Endang

  |  2015-07-15 17:59:56
hesti from surabaya says:
alhamdulillah,bs buatin buat suamiq,suamiq seneng bgt smpe lahap makanny:-)
Hallo Hesti....Wooi Selamat Sambal Tumpang perdana langsung cocok sama selera suami. Hesti koki jempol nich sekali coba langsung Mak Nyuss masakannya ;-). Ayo silahkan lihat resep yang lain siapa tahu disukai suami juga ;-). Salam....Endang

  |  2015-05-28 18:46:05
mama aie from medan says:
thaanks mba resepnya.. akhirnya sy bs jg masakin sambal tumpang buat suami.. mknyoosss katanya meskipun saya yg masak nya org padang heheee ( berkat resep dr mbak) salam Mama Aie :)
Hallo Mama Aie. Selamat Ya untuk Sambal Tumpangnya. Salut untuk uji nyali sekaligus semangatnya untuk ber integrasi masakan tradisional, dari Padang menuju Jatim ;-). Masakan daerah punya ciri masing2 dan semuanya unik dan lezat asal kita mau mencoba dan memasaknya dengan benar. Saya juga suka lho masakan Padang. Jadi kangen nasi kapau dengan sambal lado ijonya yang banyak dan pedas hmmmmm jadi ngiler nich he he. Keep cooking Bunda ;-). Salam....Endang

  |  2015-05-23 20:18:56
wahyu from ngayojokarto says:
welah pas tenan mba, lg kangen makan nasi pecel plus sambel tumpang je.., inget kalau pas mudik ke nganjuk. makasih yo mba, tak cobone resepe
Wahyu. monggo cepetan budhal nyang pasar, silahkan dicoba. Semoga rasanya seenak yang di Nganjuk ;-). Silahkan lihat resep sambel pecelnya sekalian kalau mau bikin juga. Salam.....Endang

  |  2015-05-03 22:23:18
henindya from kalteng says:
lagi ngidam sambel tumpang , aku juga wong kediri mbak , tapi tadi mau tanya ibukku bumbune opo kok malu , akhire nyangkut di blognya sampean ,. makasih mbak resep nya :)
Heny...ngapain kok malu ?? ;-) Justru ibu adalah guru sekaligus koki terbaik. Kata orang tak ada masakan seenak masakan Ibu, iyo ora?? Semoga sukses Sambal Tumpange....mengko nek mudhik iso pamer nyang Ibu hi hi... Salam dari tonggo....Endang

  |  2015-04-19 10:13:17
narendra diwangkasa adhitama from banjarnegara says:
thanks ya mbak resepnya.....aku suka banget. rasanya sama persis ditempat embah ku di ngawi ja-tim.
Narendra ...Selamat ya sudah berhasil bikin sambal tumpang seperti di tempat Embah. Koki hebat juga nich cuman bekal internet masakannya ces pleng ;-). Ayo silahkan mencoba resep2 yang lain siapa tahu ada yang cocok. Terima Kasih sudah mampir kemari ;-). Salam...Endang

  |  2015-03-01 20:46:09
yanti from medan says:
Makasih banyak y mbak resepnya..buat obat kangen kampung halaman(kertosono)jd rindu pulkam
Hoi ada tetangga nyasar kemari gara2 Sambal Tumpang ha ha ;-). Ayo Yanti cepetan bikin keburu ngiler ntar. Tempe Bosok dicari-cari itulah keunikan Sambal Tumpang ;-). Thn sudah mampir. Selamat Mencoba semoga rasanya bisa membawa ke Kertosono :-). Salam...Endang

  |  2015-02-26 17:58:42
ayu from bekasi says:
Thanks utk resepnya.biasanya kalau mau makan sambal tumpang sy ke rumah ibu minta masakin tp skr bisa bikin sendiri deh.kalau di boyolali tempat mama sy makan sambal tumpang dgn daun adas (spr daun cemara tp lebih halus dan wangi) wah jd kangen pulkam nih :)
Hallo Ayu..sama-sama. Thx juga untuk infonya tentang daun adas, saya tidak tahu kalau bisa dimakan. Di tempat tinggal saya sekarang banyak sekali yang menjual daun adas bahkan sama bonggolnya sekalian. Selama ini cuman saya lewatin saja setiap belanja ke supermarket. Ngomong2 daunnya diapain, direbus sebentar alias diblansir kah? Mohon sharing infonya biar lain kali saya bisa ikut menikmati sambal tumpang dengan daun adas ;-). Terima Kasih sebelumnya. Salam....Endang

  |  2015-02-09 18:25:12
julia from klaten city says:
I like sambel tumpang
I like it too :-)

  |  2015-01-27 18:05:50
mantan gmbel from says:
daun jeruk.ya itu ikut di blnder apa...di tinggl.rebus bersamaan lengkuas dan daun salam
Daun jeruk ikut diblender setelah direbus. Yang tidak diblender hanya lengkuas dan daun salam. Terima Kasih atas masukkannya, resep sudah saya koreksi. Endang

  |  2015-01-11 10:43:56
Eva Asegaf Asegaf from says:
Enak musntap thsk resepnya
Sama-sama Eva. Ayo silahkan mencicipi sambal yang lain banyak resep sambal yang tak kalah mantap lho ;-). Salam...Endang

  |  2014-11-11 20:14:11
keyylikin from jakarta says:
makasih mba.. resepnya, jadi pengen nyoba bikin, kangen sambel tumpang kediri
Lho ada yg nyasar kemari gara2 kangen tempe bosok ha ha :-D. Makanan busuk biasanya dibuang yang ini malah dicari, itulah kelebihan Tempe. Tapi kenapa orang lemah dibilang bermental tempe??!! Padahal tempe banyak vitamin hi hi. Jadi ngelantur nich gara2 Sambel Tumpang, jangan2 kita tetanggaan ;-). Yo wis monggo dicoba Key, semoga rasanya jos gandos!! Salam ....Endang

  |  2013-12-24 08:31:10
RYEL from bandung says:
di tunggu resep sambel pecel nya mbak juga nasi goreng mawut ya mbak, makasihhh
Wokeh...ditunggu ya. Orang sabar kekasih Tuhan ha ha. Ngeles nich..

  |  2013-12-23 16:24:52
RYEL from bandung says:
hem mungkin bukan eceng gondok mbak tapi genjer, hehe maklum mbak kalo kami orang sunda pemakan segala jenis daun2 an hahaha/tapi ngomomngin soal sayuran sy jatuh cinta bgt sama pecel surabaya yg pake bunga turi rasa bumbu pecel nya koq enak bgt,trus nasi goreng mawut itu lohh mbak bikin hati semrawut pengen balik dan balik lg ke surabaya hahaha
Oh salah ya. Jadi itu genjer bukan enceng gondok ya?!. Maap Non,maklum ingatan masa kecil sudah puluhan tahun lalu. Kalau masalah ngramban kata orang jawa alias makan daun2an mentah sy juga fans berat, kan saya juga indo sunda ha ha ha..Anyway sy pny resep sambel pecel enak dan awet dr Mbah, mo disimpan setahun di kulkaspun gak rusak tapi belum sempat bikin ;-) Ntar dech resep menyusul..

  |  2013-12-22 17:51:45
RYEL from bandung says:
sudah sy coba dan rasa nya eksotis, unik tentu saja sedaapp,masakan tradisi leluhur yg sdh jarang di jumpai, seperti juga semanggi yg selalu sy cari kalo sy pas sowan ke ibu mertua di surabaya
Waduh kasihan Non RYEL sampek mau-maunya makan tempe bosok wa ka ka. Becanda lho hi hi. Ngomongin masakan langka, jadi ingat waktu kecil kl kami mengunjungi Enek sama Akik di Ciamis, pernah terpaksa makan sayur enceng gondok biar mereka nggak kecewa. Sekarang enceng gondok numpuk di waduk pluit krn gak ada lagi yang mau makan gituan ;-) Nice weekend Sista..

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: