Resep Indonesia cooking from the heart

Sambal Ikan Asin

Bahan:

  1. 100 gr ikan asin jambal roti atau ikan asin berdaging tebal lainnya, goreng
  2. 5 buah/50 gr bawang merah
  3. 1 siung bawang putih
  4. 50 gr cabe rawit (merah atau hijau atau campur)
  5. 1/2 sdt gula pasir
  6. garam secukupnya
  7. minyak untuk menggoreng
Bahan Sambal Terasi Goreng
Sambal IkanAsin Step 1
Sambal Ikan Asin Step 2
Sambal Ikan Asin Step 3
Sambal Ikan Asin Step 4
Sambal Ikan Asin Step 5
Sambal Ikan Asin Step 5
Sambal Ikan Asin Step 6
Sambal Ikan Asin Step 8
Sambal Ikan Asin

Sambal Ikan Asin

Indonesian sambal Sambal Ikan Asin, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa

Catatan..

Anda penggemar ikan asin dan bosan dengan menu ikan asin yang cuma digoreng saja? Kalau iya, cobalah olah ikan asin menjadi variasi sambal yang lezat :-). Bikinnya gampang dan dijamin nasi sebakul bisa habis. Tentunya bagi anda penggemar ikan asin lho :-).

Jangan salah, ikan asin tidak hanya dikonsumsi orang Asia saja. Beberapa negara Eropa juga memproduksi dan mengkonsumsi produk ikan asin seperti yang saya pakai di resep ini. Ketemu secara gak sengaja setelah saya hampir putus asa mencari jenis ikan asin jambal roti yang tebal seperti di Indonesia, adanya cuman jenis ikan asin peda yang lebih kering dan alot.

Saya beli online dari Portugis - namanya Bacalhau (Portugis) atau Bacalao (Spanyol) atau Bacalla (Italia), harganya lumayan mahal 30 untuk 1,5 kg, 3 X lipat dari harga daging. Jadi anda tidak perlu rendah diri sebagai penggemar ikan asin :-D. Dagingnya tebal dan rasanya hmm.. serasa makan di kampung halaman :-). So bagi anda yang tinggal di LN dan rindu dengan ikan asin jambal roti, silahkan pakai Bacalao. Bentuk dan rasanya persis dengan Ikan Jambal Roti!

O ya dalam resep ini semua bahan sambal digoreng sebentar sebelum diulek dan setelah diulek digoreng sekali lagi supaya rasanya tidak sengar dan sambal tahan lama. Selamat Mencoba dan ber hah hah huh huh :-)

Cara Membuat:

  1. Kupas bawang merah dan bawang putih, buang tangkai cabe rawit dan cuci bersih. Potong-potong bawang merah agak kecil jika perlu.
  2. Panaskan 2 sdm minyak, goreng sebentar cabai rawit, bawang merah, bawang putih sampai setengah matang.
  3. (Pastikan jangan terlalu matang nanti cabe akan mengeras dan susah diulek).
  4. Angkat dari api lalu ulek dengan cobek sampai halus. Sisihkan.
  5. Panaskan wajan bekas menggoreng bahan sambal, tambahkan minyak jika perlu. Goreng ikan asin jambal roti hingga kering dan berwarna kecoklatan.
  6. Balik hingga kedua sisi matang. Tiriskan dan suwir-suwir atau potong-potong kecil dengan pisau.
  7. Cuci wajan supaya bebas dari sisa-sisa garam dari penggorengan ikan asin ( supaya sambalnya tidak keasinan!).
  8. Panaskan 2 sdm minyak goreng baru, tumis sambal sekali lagi hingga matang.
  9. Sesaat sebelum diangkat, campurkan ikan asin goreng. Cicipi, tambahkan gula pasir dan garam (jika perlu). Cocok disantap bersama Tahu atau Tempe Goreng, Sayur Asem dan lalapan mentah.

Catatan Tambahan:

  1. Hati-hati saat menambahkan garam karena ikan asin sudah terasa asin sehingga penambahan garam kadang tidak diperlukan.
  2. Jika suka sambal bisa anda bikin dalam jumlah banyak, proses dengan blender dan simpan dalam kulkas. Sambal Ikan Asin bisa anda pakai sebagai bumbu nasi goreng ikan asin.
  3. Supaya sambal tahan lama, simpan dalam beberapa wadah dari gelas atau plastik yang disterilkan dengan cara direbus bersama tutupnya dalam air mendidih selama kurang lebih 5 menit sesaat sebelum sambal dimasukkan.
  4. Caranya angkat wadah dari gelas atau plastik dengan penjepit, tunggingkan supaya sisa air keluar, langsung masukkan sambal yang masih panas ke wadah dan segera tutup rapat. Balik posisinya sehingga tutup berada di bawah dan biarkan dingin.
  5. Dengan cara di atas sambal bisa bertahan 1 bulan jika tidak dibuka. Jika dibuka-tutup sambal bisa dikonsumsi sampai 1 minggu.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: