Resep Indonesia cooking from the heart

Rawon

Bahan:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 2 buah batang serai, memarkan
  3. 2 cm atau 1 sdm lengkuas, geprak
  4. 5 buah daun jeruk purut
  5. 2 buah daun bawang, iris sepanjang 1 cm
  6. Lada/merica bubuk secukupnya
  7. Gula jawa secukupnya
  8. Garam secukupnya
  9. 2 Liter air

Bumbu Halus:

  1. 10 butir/100 gr bawang merah
  2. 5 siung/15 gr bawang putih
  3. 5 butir kemiri
  4. 5 buah keluak atau 10 gr keluak batangan
  5. 2 cm/1 sdm/10 gr jahe, kupas
  6. 1 cm/1 sdt/3 gr kencur, kupas
  7. 1 cm/1 sdt/3 gr kunyit, kupas
  8. 1/2 sdt ketumbar
  9. 1/2 sdt jintan
  10. 1/2 sdt asam jawa
  11. 1/2 sdt terasi (optional)

Bahan Pelengkap:

  1. Taoge
  2. Bawang Goreng
  3. Kerupuk Udang
  4. Sambal Terasi
  5. Telur Asin
Bahan Rawon
Rawon

Rawon

Rated 4.9/5 based on 14 reviews

Indonesian main dish Rawon, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa Timur

Catatan..

Ini dia masakan khas Jawa Timur yang populer di seluruh kawasan Nusantara : Rawon Daging. Warnanya memang hitam legam..tapi rasanya jangan ditanya. Apalagi kalau sudah diendapkan semalam bumbunya semakin sedap meresap. Ibarat kereta api kata orang Jawa, biar hitam tapi bikin kangen..itulah Rawon ha hah. Cita rasa rawon memang benar-benar komplit, sekomplit bumbu yang dikandungnya. Menu yang satu ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat dengan lauk telur asin, kerupuk udang dan sambal terasi. Tapi jujur saja di tempat tinggal saya sekarang, orang sering memandang skeptis melihat penampilannya yang menurut mereka sangat aneh dan mengurangi selera makan ;-). Jadi saya mesti sabar menerangkan bahwa warna hitamnya berasal dari bumbu khusus alias keluwak bukan yang lain-lain he he ;-))

Cara Membuat:

  1. Iris daging sapi kurang lebih sebesar ukuran satai. Cuci bersih, tiriskan.
  2. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  3. Jika perlu tambahkan sedikit minyak ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  4. Panaskan 2 liter air sampai mendidih, *** kemudian masukkan irisan daging.
  5. Rebus daging sampai empuk dengan api sedang untuk mendapatkan kaldu yang jernih.
  6. (Jika perlu buang lemak yang muncul di permukaan air).
  7. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk purut hingga berbau harum.
  8. Setelah berbau harum, masukan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging.
  9. Tambahkan lada bubuk, gula jawa dan garam sesuai selera.
  10. Jika daging sudah benar-benar empuk, masukkan irisan daun bawang.
  11. Sajikan bersama taoge, kerupuk udang dan sambal terasi (jika suka).
  12. Rawon akan terasa lebih sedap jika sudah diendapkan semalam.

*** Catatan Tambahan:

  1. Rebus daging dalam air mendidih dengan suhu sedang untuk supaya sari daging terkunci serta mendapatkan kaldu yang bening.



Reviews & Comments

  |  2020-08-05 12:13:56
Samiasih Tyas Rahayu from Jl. Cendrawasih Gg V Block C1 RT 07 No. says:
Resep yang mudah dipahami di sini ..jadi mau coba resepnya
Silahkan Tyas :-) Sudah ada beberapa yang mencoba kayaknya banyak yang cocok. Semoga uji coba rawonnya berhasil :-) Salam..Endang

  |  2020-07-14 21:34:32
Rio from Singapore says:
ibu ,sesudah mengeluarkan keluak dari kulitnya apa perlu direndem air panas terlebih dulu ? kalau iya berarti dimasukkan ke blender dengan rendaman air kluaknya ya ?
Hallo Rio, kalao keluaknya masih lunak bisa langsung diambil dan dikerok dari batoknya. Tapi kalau keluaknya sudah kering memang harus direndam dulu dalam air panas kurang lebih 5 menit. Nanti waktu diblender ambil daging keluaknya saja soalnya bumbu akan ditumis, rasanya kurang optimal kalau bumbunya terlalu berair. Nanti setelah bumbu ditumis dan ditambah air baru air perendam ditambahkan tapi jangan lupa disaring. O ya tips penting waktu mecahin keluak, cuil sedikit, cicipi kalau pahit jangan dipakai keluaknya nanti rawon bisa ancur pahit rasanya. Selamat Mencoba semoga sukses :-). Salam..Endang

  |  2020-06-16 19:39:29
Sam from Seattle USA says:
Numpang tanya, Jeng. Bagaimana Kalau saya memulai dengan menumis bumbu halus terlebih dahulu, Lalu masukkan dagingnya yang masih mentah, Lalu baru masukkan air? Apakah teknik yang ini tidak sebaik resep Dari Jeng? Thank you, ya.
Ya monggo saja, kalau ditumis dulu mirip proses bikin Sup Konro atau sekalian saja bikin resep Sup Konro (Makassar) Bro bahannya juga daging iga dan bumbunya pakai keluak. Sudah pas lah itu :-). Kalau daging iga sapi Indo kurusan gak begitu berlemak jadinya sup konronya masih normal. Kalau pakai iga di western country memang kelihatan berminyak dikit tapi tetap enak. Selamat Mencoba entah Rawon atau Sup Konro. Semoga Sukses percobaannya...Salam..Endang

  |  2020-06-16 19:37:54
Sam from Seattle USA says:
Salam kenal, Jeng. Dagingnya bagian apa, Jeng? Kalau pake fatty cut seperti beef Short Ribs, apakah jadinya terlalu oily, sebab biji keluaknya kan sudah mengeluarkan minyak?
Salam kenal kembali Bro ;-). Cowok kan ini?? ha ha. Lebih baik pakai brisket atau Silverside biar hasilnya enak dan tidak terlalu berminyak. Daging yang mengandung lemak cocok untuk kuah yang bersantan tapi kalu berkuah bening macam rawon mungkin kurang mengundang selera. Tapi coba saja kan masak masak sendiri dimakan sendiri suka suka lah wa kakk :-D . Coba baca komentar dari Dick di Netherland dia malah pakai buntut sapi katanya enak juga :-)

  |  2020-05-12 18:15:08
Fey from Sidoarjo says:
3 kali nyoba dg menu masakan yg berbeda dari resep mbk lestari. Rasanya benar dan mirip dg masakan ibu saya. Jadi rajin masak Resepnya Ennak, Mantul, dan Pas....
Hallo Fey, Selamat semua uji cobanya sukses, waduh saya merasa tersanjung nich resep saya mirip masakan Ibunda. Kayaknya leluhur kita punya kitab sealiran ha ha :-). Fey jg koki hebat nich mewarisi keahlian Ibunda, masakannya enak dan mamtap. Terima Kasih untuk kunjungan dan uji coba resepnya. Keep Cooking ;-). Salam...endang

  |  2019-07-01 00:21:21
Lilly from Jkt says:
Resep aseli ini wajib dicoba..ortu sy dr Malang
Ayo cepetan bikin Lilly ;-). ditunggu hasilnya ya. Salam...endang

  |  2018-05-18 08:44:35
Rinta from Surabaya says:
Mbak, resep rawonnya juara. cmn saya modif sedikit gak pakai kencur dan terasi(karena saya gak suka, hehehe) trus keluak dibanyakin sampe dagingnya jadi item, tambah sedepppp. makasih resepnya. Gbu
Ha ha ha golongan sensitif terasi kayak suami saya ;-) Ya monggo kalau mau modifikasi Rinta asal hasilnya enak. Iya Rawon makin hitam makin sedaaap. Ayo lanjutkan biar dapul terus ngebul. Salam....Endang

  |  2018-04-17 09:55:42
joni from kediri says:
Rawon masakn mntp ayo buka cabangnya di batu yg mudah di cari


  |  2018-02-04 23:26:56
Nurun from Bogor says:
Resep rawon mbak endang emang endess enak bgt mbak.klo masak rawon aku intip resep mbak endang.matursuwun ;-)
Matur Suwun Kembali Nurun ;-). Gak tahu kenapa saya merasa ikut bangga dan senaaaang sekali kalau resep rawon ini berhasil dieksekusi dan hasilnya enak. Soalnya terus terang bikin rawon susah2 gampang. Saya angkat jempol buat Nurun koki hebat sudah sukses bikin rawon dan bukan pertama kali. Keep Cooking Sista. Salam Hangat...Endang

  |  2015-07-04 17:04:22
Rahma Yanti from pekanbaru says:
Udah dicoba resep rawonnya mantaaaappp banget mbak..dari berbagai resep yang saya coba ini yang pas resepnya buat saya.resep lain ada yang pake cabe merah..resep mbak yang paling sedap.makasih mbak ya udah berbagi resep.
Hallo Rahma. Selamat ya Rawonnya sukses. Bakat koki andal juga nich. Terus terang bikin Rawon memang agak susah susah gampang. Meski resep sama mungkin setiap orang akan menghasilkan rasa yang berbeda. Kalau sekali coba masakan Rahma langsung Mak Nyuss...woi angkat jempol saya ;-). Terima Kasih juga sudah sudi uji nyali dengan resep di warung ini ;-). Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain siapa tahu ada lagi yang cocok. Salam...Endang

  |  2015-03-07 21:24:14
hani from jakarta says:
Mbak...sudah kucoba resep rawonnya ternyata memang mantaaabbbb, trimakasih sudah berbagi resep, dr dulu gak pede masak rawon tp pas ktemu resep ini langsung nekat bikin dan hasilnya memang sedap n nikmaaattt.
Hani...woi selamat untuk Rawonnya, koki bertangan dingin juga nich ;-). Jujur Rawon memang termasuk resep yang gampang-gampang susah bikinnya. Maksud saya bikinnya tidak sulit tapi untuk mendapatkan cita rasa yang pas perlu sentuhan khusus ;-). Terima Kasih juga sudah berani uji nyali. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam .....Endang

  |  2014-02-13 20:37:27
Dick Rijsenberg from Rotterdam - Holland says:
My favorite...Rawon...Very good resep...sometimes I used sapi buntut.....
Hallo Bos. Ketemu lagi masih di Rawon juga ;-) Kayaknya Rawon adalah cinta sejak santapan pertama ya ha ha. Anyway pakai Buntut sapi ternyata enak juga ya. Perlu saya coba juga nich. Thx for sharing. Ayo cobain masakan yang lain juga dong ;-). Greeting from my kitchen..Endang

  |  2014-01-07 07:31:27
rain from sukamara says:
mbak, kerabatku yg jago bikin rawon d surabaya blg klo rawon akan lebih sedep klo d inepkan, bsoknya baru d santap.....wuiiiiiih.....
Memang betul Non. Makanya dalam cara pembuatan di resep saya cantumkan juga keterangan tersebut ;-). Ayo silahkan uji nyali biar Non juga ketularan kerabat yang jago bikin rawon ha ha ;-)

  |  2013-12-18 17:21:50
nana from bogor says:
tpi q lbih suka rawon yg gak trlalu gelap ,,,,, biar gak gelap teteppp rawon nmor satu
ha ha ha Nana bisa aja ;-). Ternyata ada tingkat kegelapan rawon yach. Masalah selera emang relatif Nana, kayak menyukai tipe cowok, mau yg putih, sawo matang atau hitam manis intinya tetep cowok ha ha. Mau coklat tua atau hitam legam rawon tetap rawon ha ha. Salam..Endang

  |  2013-11-28 13:46:58
Dick Rijsenberg from Belanda says:
Resep itu baik sekali....bikin sendiri Taoge soto...yang kecil
Ha ha ha tahu aja nich ;-). Thx a lot untuk feedbacknya. Emang yang lebih afdol pakai taoge dari kacang ijo yang masih baby. Lain kali saya coba dech Boss ;-)

  |  2013-07-28 20:28:02
Arief from Batam Island says:
Hmmm ... Yummy ... Makanan Favoritku kalo mudik ...
Favoritku juga...hitam ngangeni :-)

  |  2013-07-23 22:44:22
liana from dki jakarta says:
hemmhhh saya coba ikuti resep ini..s'moga hasilnya enak dan nikmat..meski saya bukan dari jawa saya pun suka dengan makanan ini..maknyossh!
Hallo Liana. Selera emang gak mengenal batas dan logika ;-). Ayo silahkan uji nyali.. Semoga sukses. Rawon emang sedap ..hitam tapi bikin kangen ;-). Salam....Endang

  |  2013-04-14 14:46:08
retty ayu hapsari from solo says:
bikin lapeeeer...... q mau coba sekarang juga, tapee daging msh mahal ga yach.......?
Dari jaman baheula daging termasuk barang mahal Retty ;-) Tapi kl mau nabung dikit2 ntar sebulan sekali udah bisa bikin rawoh dech, iya nggak? he he..Salam....Endang

  |  2013-04-06 21:19:48
fenny from batam center says:
i love it n like it. this is my husband's favourite food
I like it too Fenny. Kl suami saya lihat warnanya agak2 gimana gitu. Bagus buat sayalah..bisa makan sepuasnya sendirian ha ha... Salam..Endang

  |  2013-02-10 18:36:05
Ervan from Jombang says:
Plus daging empal makin mantappp!
Plus telor asin Boss sama sambal terasi hhmmm sedap ;-)

  |  2013-01-23 17:34:03
indayani from Batam says:
hmmm,,,uenak tenan
He eh..Rawon emang sedap. Ibarat kereta api jaman dulu. Meski hitam legam banyak yang menanti kehadirannya ;-)

  |  2012-11-24 13:31:33
ida from malang jawa timur says:
favorit bangettt..mantapp
Iya..Rawon memang hitam tapi rasanya hmm...siip dech...

  |  2012-11-21 22:07:31
hakilsa from blitar says:
emmmm mantafffff tuh kpn au bisa ngerasain lgi. lma g makan jdi kepingin au
makanya cepetan bikin sendiri biar nggak ngiler ;-)

  |  2012-08-26 22:00:29
heri from depok says:
wis......good food from indonesia
Setujuuuuuuuuuu...

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: