Resep Indonesia cooking from the heart

Pisang Goreng Iris

Bahan:

  1. 500 gr/5 buah pisang raja atau kepok atau 2 buah pisang raja nangka/plantain
  2. 50 gr/3 sdm tepung terigu, ayak
  3. 60 ml santan yg sangat kental atau coconut cream
  4. 60 ml susu cair atau air dingin
  5. 1 sdm gula pasir atau sesuai selera
  6. 1/4 sdt garam atau sesuai selera
  7. Minyak goreng secukupnya
Bahan Pisang Goreng Iris
Terigu Untuk Pisang Goreng
Susu Cair Adonan Pisang
Adonan Pisang Goreng Iris
Porsi Menggoreng Pisang Iris
Menggoreng Pisang Iris
Pisang Goreng Iris

Pisang Goreng Iris

Rated 5/5 based on 1 reviews

Asal: Indonesia

Catatan..

Pisang Goreng adalah santapan ringan yang sudah merakyat dan gampang bikinnya. Bentuknya bermacam-macam, ada yang digoreng utuh, ada yang dilumatkan dulu trus digoreng dalam bungkusan tepung dan ada yang diiris-iris tipis seperti dalam resep ini. Hidangan ringan ini bisa kita temui di mana saja. Pisang goreng enak disantap panas2 di saat turun hujan ditemani secangkir teh atau kopi hmmm....nikmat!! ;-)

Catatan : Bagi anda yang tinggal di LN khususnya di kawasan Amerika atau Eropa, pisang raja dan pisang kepok umumnya sangat susah didapatkan. Sebagai alternatif anda bisa membeli sejenis pisang raja nangka atau plantain yang biasanya tersedia di beberapa toko asia.

Tips: Khusus untuk yg tinggal di LN, jangan memakai pisang buah, nanti setelah digoreng pisang akan lembek dan setelah dingin warna berubah kebiru-biruan atau kehitaman. Kalau terpaksa ya silahkan pakai pisang jenis ini, dengan catatan pisang goreng harus segera disantap. Meski bentuk dan rasanya kurang optimal ya lebih baik daripada tidak bisa makan sama sekali gara2 jenis pisang ;-)

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu, garam dan gula dalam mangkok yang agak besar dan aduk hingga rata.
  2. Tuang crean santan dan susu cair/air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga membentuk adonan yang lembut dan agak kental.
  3. (Jika perlu tambahkan tepung atau air secukupnya, karena kekentalan santan yg berbeda menghasilkan konsistensi adonan yang berbeda pula)
  4. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  5. Kupas pisang, iris-iris pisang setebal kurang lebih 1 cm.
  6. Masukkan pisang ke dalam adonan tepung. Aduk dengan hati2 hingga pisang terbalut adonan tepung dengan sempurna.
  7. Panaskan minyak agak banyak dengan suhu sedang.
  8. Ambil adonan pisang dengan sendok yang agak besar dan goeng hingga kedua sisi matang dan berwarna kekuningan. Tiriskan dan sajikan panas.

Catatan:

  1. Untuk menghasilkan pisang goreng yang sehat, gurih dan dan nikmat, gunakan minyak goreng yang baru, bukan minyak bekas menggoreng.
  2. Pilih pisang yang matangnya sempurna alias tidak terlalu matang dan tidak terlalu muda atau masih mengkal.
  3. Karena adonan memakai tepung terigu, jadi adonan mudah lembek. Goreng sesaat sebelum dihidangkan.



Reviews & Comments

  |  2020-03-12 17:32:12
Aciana from Surabaya says:
Wah itu kayak anak abg aja yg liat drakor tidurnya malem2 terus hehe just kidd :D disana nggak ada nanas madu ya mb? Aku klo beli nanas yg kupasan karena gak telaten ngupasnya :( wkwk gada karbit adanya rabbit ya :p Hahaha Insya Allah next year official :)
Nanas kupas kadang ada pas musim panas sekitar bulan Juni sampai Agustus tapi hanya di beberapa supermarket tertentu. Kalau nanas utuh yang hijau itu hampir selalu ada sepanjang tahun. Di sini ada alat khusus untuk ngupas Nanas Aci.Tinggal di potong bagian atas dan bawah, sistem alatnya seperti pisau bulat 2 bagian, kecil di dalam untuk mengiris bagian tengah yang keras, trus di luar untuk memisahkan kulit. Jadi kalau alat itu kita dorong ke tubuh nanas sambil diputar, nanti sudah terlepas kulit dan bonggol tengahnya, tinggal diiris-iris saja ;-). Tapi saya gak punya juga masih ngupas manual. Lah beli nanas utuh juga jarang-jarang ngapain beli alat pengupas :-)

  |  2020-03-11 17:22:26
Aciana from Surabaya says:
Anyway are you still awake? Disana msh midnight kan? Hmm brrti harus di karbit dlu ya pisangnya biar mateng.. LOL not yet mb Endang , i mean my fiance’s mom :P
Ya saya termasuk late sleeper setiap hari tidur paling awal jam 23.00. Kata seorang ahli, orang yang tidurnya dikit malah umur panjang ha ha. Becanda..emang kebiasaan aja sejak dari Indo. ..Aduh gak ada karbit di sini Aci :-D. Ya dibiarin aja di suhu ruang sampai matang sendiri. Begitu juga kalau beli nanas nunggu 3 hari baru bisa dimakan :-(. Oh you future mom's in law, OK..I got it. grin :-D

  |  2020-03-11 00:20:40
Aciana from Surabaya says:
:D Yes , Chef. I never cook when i feel lazy or tired because the outcome is not satisfiying :) Yesterday i got some bananas from my mom in Law , so i made this last morning :D Yummy ;)
I envy you Aci ;-(. There is no sort of bananas here that I can make for Pisang Goreng. In supermaket you can only get pisang buah sejenis pisang ambon. The best thing I can get in Asian shops is plantain (a sort of banana which's similar to pisang tanduk) in Indonesia. And if they're available, mostly aren't ripe enough for cooking and you can't eat it raw. Sometimes I have to wait for a week just to get it ripen ;-(. So lucky girl enjoy your Pisang Goreng. Anyway Mom in law...hmm. Is it official now ;-D. Congratulation then ;-P

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: