Resep Indonesia cooking from the heart

Pisang Goreng

Bahan:

  1. 5 buah pisang yang cukup matang ( pisang raja atau kepok jika ada)
  2. 100 gr tepung beras
  3. 30 gr atau 2 sdm tepung terigu
  4. 150 ml santan atau susu cair atau air dingin
  5. 1 butir telur
  6. 2 sdt gula bubuk
  7. 1/4 sdt soda kue (optional)
  8. 1/4 sdt garam atau sesuai selera
  9. Minyak goreng secukupnya
Pisang Goreng

Pisang Goreng

Rated 5/5 based on 1 reviews
RecipeYield 5 • PrepTime P0H30M Indonesian snack Pisang Goreng, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia

Catatan..

Pisang Goreng adalah santapan ringan yang sudah merakyat dan gampang bikinnya. Saya yakin semua ibu2 rumah tangga di Indonesia pasti tahu cara membuat pisang goreng. Hidangan ringan ini bisa kita temui di mana saja. Hampir semua warung yang menjual nasi biasanya juga menyajikan pisang goreng sebagai hidangan penutup. Ngomong2 pisang goreng enak disantap panas2 di saat turun hujan ditemani secangkir teh atau kopi hmmm....nikmat!! ;-)

Catatan : Bagi anda yang tinggal di LN khususnya di kawasan Amerika atau Eropa, pisang raja dan pisang kepok umumnya sangat susah didapatkan. Sebagai alternatif anda bisa membeli sejenis pisang raja nangka yang biasanya tersedia di beberapa toko asia. Kalau jenis pisang ini juga tidak terakses, jalan satu2nya adalah membeli pisang buah yang tersedia di supermarket. Pisang ini menyerupai pisang ambon kalau di Indonesia, perbedaanya hanya terletak pada warna kulitnya yang kuning menyala bukan hijau seperti di Indonesia. Meski awalnya saya enggan dan skeptis untuk menggoreng pisang buah ini, ternyata hasilnya malah memuaskan anggota keluarga saya. Menurut mereka pisang buah goreng terasa lebih manis dan sedap daripada jenis raja nangka yang terasa agak masam. Pisang mana yang lebih cocok, silakan pilih sesuai selera anda :-) Selamat mencoba dan menikmati pisang goreng buatan sendiri..

Cara Membuat:

  1. Campur tepung beras, tepung terigu, soda kue, garam dan gula dalam mangkok yang agak besar dan aduk hingga rata.
  2. Tambahkan telur kocok, tuang santan/susu cair atau air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga membentuk adonan yang lembut.
  3. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula sesuai selera.
  4. Kupas pisang, belah memanjang dan biarkan salah satu ujungnya tetap menyatu ( jangan sampai putus).
  5. Masukkan pisang ke dalam adonan tepung. Jika perlu gunakan sendok untuk menuang adonan ke dalam pisang hingga tepung menyelimuti permukaan pisang dengan sempurna.
  6. Goreng dalam minyak panas yang banyak hingga berwarna kekuningan. Sajikan panas.

Catatan:

  1. Untuk menghasilkan pisang goreng yang sehat, gurih dan dan nikmat, gunakan minyak goreng yang baru, bukan minyak bekas menggoreng.
  2. Pilih pisang yang matangnya sempurna alias tidak terlalu matang dan tidak terlalu muda atau masih mengkal.
  3. Tambahkan soda kue pada adonan tepung / kremesan supaya hasil gorengan bertambah renyah.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments:

Your Rating:

Name:

Location:


Write your review:




2021-01-25 17:59:31

Aciana from Surabaya says:

Thank You Chef :) udah 3 hari minum obat pereda nyeri tp masih sakit, 2 hari ini obat kumur doang gak minum obat. Sy takut seumur hidup gak pernah cabut gigi , apalagi gigi bungsu harus operasi biasanya :( tumbuh nyundul gigi geraham , tp ini berkurang sakitnya nggak tambah parah, hanya belum hilang saja :) Chef pernah impaksi jg ? Soalnya random utk sebagian orang ada yg tumbuh tp nggak sakit sama sekali

Gigi terakhir saya tumbuhnya ke samping, bikin luka dan sakit di dinding rahang/pipi, jadi langsung saya cabut Aci. Memang ada yang baik2 saja tapi kalau menimbulkan masalah lebih baik dicabut, karena gigi bungsu itu gak begitu berpengaruh fungsinya. Sekedar saran.


2021-01-23 18:27:03

Aciana from Surabaya says:

Hello Chef , beberapa hari nggak muncul gigi sy lagi sakit impaksi :( pagi ini disuruh aunty bikin pisang goreng, jadi harus minum obat pereda nyeri dulu biar bisa menikmati pisgor nya sebelum nanti sakit lg :D pisang kepok emang yahut deh :)

Aduh Aci :-) Saya bisa bayangkan. Sakit yang sakitnya ke sekujur tubuh dan saraf itu ada 2 menurut saya. Sakit gigi dan sakit anyang2an. Tobat dech! udah kalau sakit udah berkurang dicabut aja itu giginya, daripada kambuh lagi dan menulari gigi yang lain :-(. Take a rest, jangan ke dapur, beli aja pigor jadi kan banyak yang jual. Semoga cepat sembuh..Endang