< Kumpulan Resep Asli Indonesia | Pepes Ikan
Resep Indonesia cooking from the heart

Pepes Ikan

Bahan:

  1. 2 buah ikan mas ( Ikan bisa diganti sesuai selera, misal : ikan kembung, bawal, mujair dll )
  2. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  3. 1 batang serai, ambil bagian putih, iris halus
  4. 4 lembar daun jeruk purut, iris halus atau 1 genggam daun kemangi
  5. 2 cm jari lengkuas, iris tipis
  6. 3 lembar daun pisang ukuran 40x25cm

Bumbu Halus:

  1. 6 buah cabe merah, buang bijinya (sertakan bijinya jika suka pedas)
  2. 5 buah bawang merah
  3. 3 buah bawang putih
  4. 5 buah kemiri
  5. 1 buah tomat
  6. 2 cm jahe
  7. 2 cm kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk
  8. 1 sdt asam jawa
  9. 1 sdt gula jawa atau gula pasir
  10. 2 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Pepes Ikan
Racikan Pepes Ikan
Daun Pisang Pembungkus Pepes
Mengolesi Bumbu Pepes
Ikan Masak Pepes
Membungkus Pepes
Pepes Ikan Dibungkus
Bungkusan Pepes Ikan
Mengukus Pepes Ikan
Memanggang Pepes Ikan
Pepes Ikan

Pepes Ikan

Rated 4.8/5 based on 10 reviews

Indonesian main dish Pepes Ikan, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa

Catatan..

Anda penikmat Pepes Ikan dan tertarik untuk memasaknya sendiri di rumah? Tak ada salahnya anda mencoba resep ini. Pepes memang sajian khas Indonesia yang sangat menggoda. Sedapnya ikan berbumbu komplit dengan aroma daun pisang yang merasuk ke dalam hhhmmmm...luar biasa. Tak heran sajian ini digemari di mana saja. Hadir di seluruh kepulauan Nusantara dengan namanya yang beragam, di Jawa dinamakan Pepes, orang Sunda bilang Pais, di Sumatera Barat dikenal dengan nama Palai dan masih banyak lagi.

Bumbu bisa saja beragam tergantung daerah, tetapi semua mempunyai persamaan yang mendasar : Dibungkus dengan daun pisang atau daun lainnya, kemudian dikukus lalu dibakar di atas bara api atau dipanggang dalam oven. Cara mana yang cocok dengan anda, silahkan pilih sesuai selera.

Kali ini saya mencoba Pepes Ikan yang saya pelajari dari Nenek saya karena itu yang saya tahu ;-). Ikan boleh anda ganti sesuai selera. Bagi yang kesulitan mendapatkan daun pisang, silahkan ganti dengan aluminium foil. Kalau tidak suka ikan utuh yang berduri, silahkan pakai filet ikan, praktis khan? OK...Selamat Mencoba dan semoga sukses ;-)

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, sisihkan selama 15 menit.
  2. Cuci kembali ikan sampai bersih, keringkan dengan tissue dapur, kerat-kerat sedikit badannya. Sisihkan.
  3. Haluskan bumbu halus dengan blender, bila perlu tambahkan sedikit minyak untuk mempermudah proses penghancuran.
  4. Campur bumbu halus dengan irisan daun jeruk purut atau kemangi, serai dan lengkuas. Aduk rata.
  5. Lemaskan daun pisang dengan cara direndam dalam air panas atau di taruh di atas dandang pengukus.
  6. Letakkan ikan di tengah-tengah daun pisang. Lumuri ikan dengan bumbu, termasuk dalam perut ikan.
  7. Bungkus ikan dengan cara melipat daun pisang bagian atas dan bawah kemudian tekuk ujungnya ke bawah bungkusan (Lihat gambar). Semat dengan lidi atau stapler.
  8. Kukus pepes ikan selama 30 menit sejak air mendidih dan uap mendesis.
  9. Panggang pepes di atas bara api atau dalam oven dengan suhu 200°C selama 20-25 menit hingga daun pisang berubah agak kecoklatan.
  10. Sajikan panas.



Reviews & Comments

  |  2020-09-09 17:29:14
Weny from Inggris says:
Halo mbak, ini aku lagi haha Aku seneng banget Nemu daun pisang jadi mau bikin pepes. Kalau pakai ayam atau tahu, bumbunya sama apa ada tambahan lain yah mbak? Makasih mbak
ha ha ha :-) Rajin banget Weny kayak orang mau kondangan :-D. Back to pertanyaan kalau pakai ayam pakai bumbu ini juga enak Wenny. Kalau bisa pakai ayam yang bertulang jangan filet saja biar dagingnya gak terasa pera/kering. kalau ayam bertulang lebih juicy. Nah untuk tahunya mending dibikin botok saja pakai resep botok tempe teri. Kalau kebetulan ada di supermarket, campur dengan telur puyuh tambah sip. Tapi kalau Weny mau bikin pepes, enak dicampur telur kira2 2 telur untuk 450 gr tahu, tahunya dihaluskan trus dibumbui bawang merah, bawang putih, 1 sdm ebi, 1/2 sdt merica dan garam. Tambahkan kemangi kalau ada. Taruh daun salam di dasar daun pisang trus bungkus bentuk tum. Kukus sampai matang kurleb 20 menit. Selamat Mencoba :-) O ya lupa tambahkan cabe rawit utuh kalau mau pedas :D

  |  2020-08-30 18:23:47
Rini from Lampung utara says:
Aku pecinta pepes, suka dengan resep ny, keluarga ketagihan disuruh buat lg,, terimakasih sudah menginspirasi
Hallo Rini :-) Wow selamat pepes buatan Rini sudah bikin ketagihan. Koki hebat nich!! Saya hanya posting resep, hasil akhir tergantung yang masak :-). Terima Kasih sudah mampir, uji coba resep dan berbagi cerita sukses :-). Salam...Endang

  |  2020-06-09 10:07:33
ety from cepu Blora jawa tengah says:
Bismillah.. Pepes ikan sgt d sukai kita khusus wong njowo.. Hari ini kt coba...
Semoga percobaannya sukses Ety :-) Dan rasanya sesuai harapan. Terima Kasih sudah mampir dan uji coba resep :-). Salam....Endang

  |  2020-06-07 16:26:03
wiwin damayanti from yogyakarta says:
terima kasih resepnya, resep dasar saya gunakan, tinggal modifikasi sedikit. untuk menambah khasanah menu warung saya. mudah, sederhana hasil tak kalah dengan yang menggunakan food aditif
Hallo Wiwin :-). Woi salut dengan semangat Wiwin untuk meningkatkan usaha dengan penambahan variasi menu! Dengan kemampuan modifikasi dan improvisasi resep pasti makin mantap hasilnya :-). Terima Kasih juga untuk sharing pengalaman yang sangat bermanfaat, semoga memotivasi pembaca lain yang ingin membuka usaha. Keep up the good work! Semoga usaha warung Wiwin makin laris manis, banyak pelanggan banyak rejeki. Jangan lupa selalu jaga kualitas masakan dan pelayanan. Salam sukses selalu :-) ....endang

  |  2020-04-25 17:20:41
Rina from Tanah Bumbu, Kalsel says:
Trims utk Resep nya Mbak.. Semoga Bermanfaat dan Ga brenti utk Share Resep Enak lainnya..
Sama-sama Rina. Semoga Rina juga tidak bosan untuk mencoba resep-resep baru yang membawa manfaat untuk keluarga tercinta :-) Terima Kasih untuk kunjungan dan uji coba resepnya. Salam..Endang

  |  2020-04-25 11:39:38
Dimas from lampung says:
Masak aku ikutin tutorialnya rasanya enak :-)
Hallo Dimas. Selamat datang Koki baru ha ha. Saluit nich cowok telaten bikin pepes yang lumayan ribet. Tapi cowok kalau mau turun ke dapur biasanya benar-benar seorang koki sejati makanya tak heran hasilnya enak :-). Terima Kasih sudah uji coba resep. Ayo teruskan bakatnya Chef:-). Salam...Endang

  |  2020-04-11 00:53:09
Siti from Sukoharjo says:
Terimakasih resepnya.. sangat membantu,, di saat kami mengisolasi diri, kami sangat butuh resep2 keren semacam ini, terimakasih mbak,, terus share resepnya.. biar kami para ibu mendapat ilmu yg manfaat.. dan mbak mendapat amalnya.. aamiin :-)
Hallo Siti :-). Itulah harapan terbesar saya, mengajak kembali Ibu-Ibu mengenal dan melestarikan resep-resep tradisional ndeso yang keren menurut Siti :-). Semoga bermanfaat, tidak hanya di saat isolasi diri saja tapi sebagai menu sehari-hari he he. Terima Kasih juga untuk kunjungan, doa dan khususnya motivasi yang sangat menyejukkan di saat-saat sulit ini :-). Semoga kesehatan dan kebaikan juga dilimpahkan untuk Siti dan kleuarga. Salam...Endang

  |  2020-02-27 00:20:16
lestari from kalijambe saragen says:
Senang sekali,saya bisa terbantu untuk membuat menu2yg lezat,dan pembeli senang dgn masakan saya,terima kasih mbk.
Hallo Lestari :-). Waduh saya ikut bahagia dan terharu resep2 di warung virtual ini bisa memberi manfaat lebih besar lagi :-). Salut dengan niat Lestari untuk terus belajar demi memuaskan pelanggan. Semoga usaha Lestari bertambah sukses, semakin banyak pelanggan , banyak rejeki. Amin. Perbanyak terus variasi menu pilihan dan tetap jaga kualitas pelayanan :-). Terima Kasih juga sudah memberi kesempatan dan kepercayaan pada resep2 di blog ini menjadi bagian perjalalan Lestari dalam mengais rejeki :-). Acung jempol untuk Lestari, koki hebat nich ..percobaan resepnya sukses meraih pelanggan :-). Salam...Endang

  |  2020-01-30 19:07:10
Hardy San Tosa from Tulungagung, jawa timur says:
Saya selaku penjual olahan ikan air tawar dan laut keliling,merasa sangat terbantu dengan adanya resep2 mbak, maka dgn begitu saya bisa membuat menu ikan lebih banyak Varian Dan untuk mengetahui resep2 olahan ikan dari mbak bagai mana selanjutnyaa,,,, Terimakasih mbak ,,, salam sukses kuliner Nusantara...
Hallo Hardy. Wow salut sekaligus bangga saya baca komentar Bos :-). Saya juga ikut senang ternyata resep2 di website nyempil ini bisa menyumbang ide untuk usaha Hardy. Hebat di jaman sekarang berani membuka usaha olahan ikan khas nusantara. O ya khusus menu ikan, coba saat masuk website tekan menu "SEARCH" yang di atas itu Boss, trus pilih ikan, di situ akan muncul semua olahan dengan bahan Ikan. Banyak sekali resep Ikan Nusantara yang enak : Sumatra : Asam Pedas Ikan, Ikan Cuka, Tauco Ikan, Pindang Patin, Tongkol Kuah Pedas, Jawa: Gulai Ikan favorit pembaca, Ikan Coan-Coan, Pecel lele, Ikan Bakar, Pencok Ikan Lele, Kalimantan: Peda Kuah Asam, Sulawesi : Ikan Kuah Asam, Uilulia, Parepe Ikan, Ikan Garo Rica, Pampis, Maluku : Ikan Kuah Kuning, Ikan Saus Rica. Semoga membantu Bos. Tambah sukses usaha, banyak rejeki :-). Jangan lupa jaga kualitas. Salam..Endang

  |  2020-01-13 20:01:34
ratry from lampung says:
udah dicoba dan enak, terima kasih resepnya
Selamat Ratri..Pepesnya sukses dan enak :-). Terima Kasih juga sudah nyasar ke mari dan uji coba resep. Silahkan dilihat-lihat resep lainnya siapa tahu ada resep lain yang cocok. Salam ...endang

  |  2019-01-18 12:42:04
Hellen mega nur'aini from Sono wetan says:
Aku suka pepes dan bakar
Saya juga suka Hellen. Silahkan dicoba resepnya;-)

  |  2015-11-25 22:37:19
titi from solo says:
pas dipanggang perlu di bolak balik ngga mb endang??
Kalau dipanggang di bara api perlu dibalik Non Titi biar gak gosong. Kalau dipanggang di oven pakai api atas bawah gak perlu dibalik juga sudah OK. Selamat Mengeksplorasi....sudah siap nich jadi koki RT ha ha ;-). Salam...Endang

  |  2015-07-01 18:50:16
martha from slipi says:
itu ikannya yg sekilo 2 ekor?
Waduh lupa gak nimbang Martha. Yach kira2 sebesar telapak tangan orang dewasalah, yang bisa bikin orang dewasa kenyang ;-)

  |  2013-11-20 12:01:02
iin from bekasi says:

Thx untuk bintangnya Iin. Ngomong2 komennya mana nich...lupa yang keeenakan makan Pepes ha ha ;-)

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: