Resep Indonesia cooking from the heart

Oseng-Oseng Sawi Putih

Bahan untuk 3 porsi:

  1. 500 gr sawi putih, potong sepanjang 2 cm
  2. 2 buah/200 gr wortel, kupas, iris bentuk korek api
  3. 2 batang daun bawang, iris menyerong sepanjang 1 cm
  4. 1 cm lengkuas, geprak atau iris tipis
  5. 2 lbr daun salam
  6. 1 sdt terasi matang, larutkan dengan sedikit air
  7. 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  8. 1 sdt garam atau sesuai selera
  9. minyak untuk menumis

Bumbu, iris halus:

  1. 7 bh cabe rawit merah/hijau/campur, iris tipis
  2. 5 butir/50 gr bawang merah, iris tipis
  3. 3 siung bawang putih, iris tipis
Bahan Oseng Sawi Putih
Racikan Oseng Sawi Putih
Bumbu Iris Oseng Sawi
Tumis Bumbu Sawi Putih
Wortel Untuk Oseng Sawi
Masak Oseng Sawi Putih
Terasi Untuk Oseng Sawi
Sawi Putih Dioseng-Oseng
Daun Bawang Oseng Sawi
Oseng Sawi Putih Matang
Oseng-Oseng Sawi Putih

Oseng-Oseng Sawi Putih

Rated 4.7/5 based on 3 reviews

Indonesian tempeh Oseng Oseng Sawi Putih, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Jawa

Catatan..

Satu lagi resep simpel untuk anda yang super sibuk atau sedang malas masak resep yang rumit dan neko-neko. Seperti pernah saya bilang saya suka sekali bereksperimen dengan resep oseng2 atau tumis karena banyak variasi bahan, mudah bikinnya, cepat matang dan rasanya lezat! Dan inilah salah satu resep hasil iseng2 berhadiah untuk anda ;-)

Catatan: Sawi putih termasuk salah satu sayuran netral yang tidak mempunyai rasa dominan, bisa dikatakan hampir hambar, lain dengan kacang panjang atau kangkung misalnya. Karena itu perlu paduan bumbu yang tepat supaya hasil oseng2 terasa sedap.

Dari uji coba, dengan bumbu klasik oseng2 (cabe rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas) dan garam anda sudah bisa mendapatkan tumis yang lezat dengan bahan kangkung atau sawi hijau, tapi bumbu yang sama tak akan berlaku dengan bahan sawi putih atau daun kol misalnya. Di sini kehadiran terasi, garam dan gula sangat menentukan hasil akhir dan rasa. Rasanya yang ideal harus pedas, asin sekaligus agak manis. Cobalah sambil iseng2 mengenali karakter sayuran, anda bisa melatih insting untuk meramu bumbu tumis atau oseng2 yang cocok dengan karakter bahan.

Bagi anda yang ingin mencoba variasi oseng-oseng lainnnya silahkan lihat resep, Oseng-Oseng Tempe Kacang Panjang Oseng Tahu Udang, Oseng Tempe Cabe Hijau, Oseng-Oseng Pare, Oseng Tahu Kacang Panjang, Oseng Tempe Teri dan lain-lain. Semoga menambah khasanah resep oseng-oseng di dapur anda. Selamat Mencoba dan semoga sesuai selera anda ;-).

Cara Membuat:

  1. Potong2 dan siapkan semua bahan sayuran. Sisihkan.
  2. Iris-iris bahan bumbu. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu iris sampai benar2 matang dan berbau harum. (kurang lebih 3 menit)
  4. Masukkan wortel dan batang sawi yang keras terlebih dulu. Masak sambil terus diaduk dengan suhu tinggi sampai sayuran lunak/layu. (kurang lebih 7 menit).
  5. Tambahkan larutan terasi, aduk-aduk hingga rata.
  6. Masukkan bagian daun sawi, aduk2 sebentar hingga layu.
  7. Atur dan cicipi rasa, tambahkan garam terlebih dahulu hingga terasa asin baru tambahkan gula sesuai selera.
  8. Terakhir masukan daun bawang, aduk2 sebentar hingga agak layu. Angkat dari api.
  9. Sajikan panas bersama nasi dengan lauk Ayam Goreng Terasi atau Tahu Tempe Goreng.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments

  |  2020-08-11 19:03:24
isti from klaten says:
Berarti oseng sawi putih campur sawi hijau nggak cocok ya, mbak? Pdhl br mw nyari resep oseng campur2 yg sesuai dgn sediaan sayuran d kulkas hihi
Ya cocok saja isti kan sama-sama keluarga sawi. Maksud keterangan saya di atas ada jenis sayur yang dibumbui oseng-oseng bumbu klasik tanpa trasi atau kecap sudah enak. Jadi kalau jenis ini ditambahin terasi atau kecap ya makin enak contohnya ya sawi hijau. Kalau sawi putih cuman dibumbui bamer, baput, cabe dan gram kurang nampol tapi kl ditambahin trasi, saus tiram atau kecap baru lebih terasa. Jadi kalau dicampur mending dgn bumbu oseng2 plus. Semoga penjelasan saya membantu :-). Salam..Endang

  |  2020-05-18 17:23:24
Kris Pudyastuti from Taman Mangu Indah, Pondok Aren says:
Sy suka tumis sawi, sehat dan simple. Baru tahu, bhw bisa dibumbui dengan terasi.
Ayo Kris buruan dicoba, bahanm bumbu dan proses masak simpel, tunggu apa lagi ?? :-). sudah ada beberapa yang recoook kayaknya cocok tuch. Selamat Memcoba Semoga rasanya sesuai harapan. Salam...Endang

  |  2020-05-02 10:56:18
Syri Rsjasa Tunggadewi from Magelang Jawa Tengah says:
Buat buka.... rasanya enak ... seger nikmat deh pokoknya. Biasanya ngga pernah pengin bikin sawi putih, eh ternyata cucuku juga suka.
Woi ya barusan makan enak ha ha. Bahan dan bikinnya juga simpel Dewi, cocok untuk yang lagi puasa :-). Terima Kasih sudah uji coba resep. Salam....Endang

  |  2020-02-17 17:16:21
Aciana from Surabaya says:
Pantesan dlu aku nggak begitu doyan sawi putih karena rasanya aneh , ternyata ini salah satu sayuran yg rasanya netral jd memang bumbu nya yg harus kuat. aku udh bikin dish ini, wortelnya aku ganti jagung manis pipil hehe :) menurutku, terasi yg bikin rasanya jd keluar mb :D
Ha ha ha ...selamat sudah membuktikan sendiri. Terasi emang bumbu ampuh, item tapi ngangeni wa ka kkkk. Orang Indonesia itu kalau sudah kehabisan akal menyusun bumbu senjatanya ada 2 : ditambahin terasi atau kecap manis. Tapi memang terbukti banyak masakan simpel oseng-oseng terasa sedap karena 2 items ini :-D.

  |  2020-02-08 17:19:54
HM from Jakarta says:
Tx banget Ya... Membantu saya untuk membuat masakan hasil karya pertama saya dan disukai anak istri, oh ya saya tambahkan tahu sekaligus lauk..Joss tenan...
Ha ha ha. Sip..sip suami idaman nich. Mau belajar turun ke dapur. Saya ikut senang foto step by step sudah meyakinkan Bapak-Bapak untuk terjun ke dapur ha ha : -) Bro HM koki berbakat nich sekali masak langsung disukai anak istri, pakai improvisasi dengan tambahan tahu lagi :-). Jos!! Ayo teruskan bakatnya Chef masih banyak resep lezat menunggu. Terima Kasih sudah mampir dan uji nyali :-). Salam...Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: