Resep Indonesia cooking from the heart

Orak Arik Bumbu Kecap

Bahan:

  1. 300 gr wortel, iris bentuk korek api.
  2. 200 gr buncis, iris menyerong tipis
  3. 2 daun bawang, iris menyerong tipis
  4. 2 bh telur ayam
  5. 2 cm jahe, iris tipis
  6. 1 sdt bubuk kaldu
  7. 3 sdm kecap manis

Bumbu Halus:

  1. 2-3 siung bawang putih
  2. 1/2 sdt merica butiran
  3. 4 bh bawang merah, ulek kasar
  4. 1 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Orak Arik Telor
Bumbu Orak Arik Telor
Telur Orak Arik
Telur Orak Arik
Buncis Wortel Di Orak Arik
Telur Untuk Orak Arik
Kaldu Untuk Orak Arik Telor
Bahan Orak Arik Telor
Masak Orak Arik Telor
Masak Orak Arik Telor
Masak Orak Arik Telor
Orak Arik Bumbu Kecap

Orak Arik Bumbu Kecap

Rated 5/5 based on 2 reviews

Indonesian main dish Orak Arik Bumbu Kecap, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia

Catatan..

Mirip orak arik telur tapi dengan sentuhan jahe dan kecap manis, Indonesia banget ;-). Salah satu lauk favorit keluarga. Bikinnya gampang, rasanya nendang! Jika anda ingin variasi lain dari Orak Arik Telur, cobalah siapa tahu sesuai dengan selera anda.

Tips: Ulek bawang putih, merica dan garam sampai halus. Khusus untuk bawang merah, tambahkan terakhir dan tumbuk secara kasar saja karena disinilah letak kelezatan rasa dan aromanya. Setelah masakan matang, buang irisan jahe supaya tidak terkena ranjau jahe saat menyantap ;-)

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak goreng, kocok telur dan bikin orak-arik, sisihkan.
  2. Tambahkan minyak goreng di wajan jika perlu, tumis bumbu halus hingga berbau harum.
  3. Tambahkan irisan jahe, aduk sebentar.
  4. Masukkan wortel dan buncis, masak sampai layu sambil terus diaduk.
  5. Masukan orak-arik telur, kemudian tambahkan kecap manis dan bubuk kaldu, aduk rata.
  6. Terakhir tambahkan irisan daun bawang. Masak sebentar hingga layu.
  7. Tambahkan garam sesuai selera.
  8. Sajikan hangat.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments

  |  2020-04-01 20:02:38
Aciana from Surabaya says:
Ketanggor itu apa mb? maksudnya kena ranjau?:D aku jg pernah tp lupa masakan apa ky nya rendang aku kira daging ternyata lengkuas :D hehe soalnya aku biasanya nyantumin juga khas daerah mana di note resep aku :)
Betul...kena ranjau ha ha..itu istilah orang jateng

  |  2020-03-30 22:27:24
Aciana from Surabaya says:
Selama ini klo bikin orak arik gapernah pakai kecap, ternyata resep ini dr Riau :D mantep aku kasih irisan rawit juga :D
Aci thx atas koreksinya. Itu typo error tentang asal-usul :-). Ya ampun saya justru baru tahu kalau ada kesalahan. Ini resep warisan dari almarhum Ibu saya Aci bukan dari Riau :-). Saya ingat betul dulu kami ngomel-ngomel ketanggor jahe. Saat di dapur agak gelap kami kirain suwiran ayam setelah digigit langsung gibras-gibras wa ka kak..

  |  2014-03-25 14:20:46
sulis from taiwan says:
Thanks
Sama2 Sulis. Ayo silahkan mencicipi resep2 yang lain ;-) Salam...Endang

  |  2014-02-05 09:06:31
from says:
Di gambarnya ada jahe. Kok ditulisan resepnya gk ada jahe?
Tahu aja Non he he. Sorry kelupaan. Udah saya koreksi. Thx untuk feedbacknya.

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: