Resep Indonesia cooking from the heart

Nasu Likku

Bahan untuk 4-5 porsi:

  1. 1 kg ayam utuh atau bagian ayam yang lain sesuai selera
  2. 500 santan kental
  3. 100 gr lengkuas (digiling bersama bumbu halus atau diparut terpisah)
  4. 50 gr kelapa parut, disangrai (ganti dengan 25 gr kelapa parut kering dan campur dengan 25 ml santan jika tak ada)
  5. 3 helai daun jeruk purut
  6. 1 serai, ambil bagian yang putih, geprak
  7. 1 sdt asam, larutkan dengan 2 sdm air

Bumbu Halus:

  1. 10 butir/100 gr bawang merah
  2. 5 siung/15 gr bawang putih
  3. 5 butir kemiri
  4. 2 cm/10 gr jahe
  5. 2 cm/6 gr kunyit atau 2 sdt kunyit bubuk
  6. 1/2 batang/10 gr serai bagian yang putih, iris halus
  7. 1 sdt merica butir atau 1/2 sdt merica bubuk
  8. 1 sdt ketumbar bubuk
  9. 1 sdt gula merah (ganti gula pasir jika tak ada)
  10. 1 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Nasu Likku
Nasu Likku Step 1
Nasu Likku Step 2
Nasu Likku Step 3
Nasu Likku Step 4
Nasu Likku Step 5
Nasu Likku Step 6
Nasu Likku Step 7
Nasu Likku Step 8
Nasu Likku Step 9
Nasu Likku Step 10
Nasu Likku Step 11
Nasu Likku Step 12
Nasu Likku Step 13
Nasu Likku Step 14
Nasu Likku

Nasu Likku

Indonesian main dish Nasu Likku, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Sulawesi Selatan

Catatan..

Inilah salah satu masakan kebanggaan saudara kita suku Bugis dari Sulawesi Selatan. Menurut resensi yang saya baca Nasu berarti "Masak" sedangkan "Likku" artinya Lengkuas. Jadi dari namanya sudah bisa ditebak bahwa lengkuas sangat mendominasi masakan ini. Bahan utama yang sering dimasak biasanya ayam atau dalam bahasa Bugis disebut Manu. Makanya sajian ini juga sering disebut Nasu Manu Likku, artinya Ayam Masak Lengkuas. Untuk rekan-rekan dari Makassar khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya, tolong dikoreksi jika saya ada salah dalam terjemahan. Terima Kasih :-).

Terus terang banyak sekali variasi resep Nasu Likku mulai dari teknik memasak dan paduan bumbu. Mulai dari bumbu sangat minimalis, sedang-sedang saja sampai yang sedikit melenceng misalnya dengan penambahan cabe. Kalau saya baca ulasan para pakar kuliner tradisional senior, resep autentik nasu likku memang tidak pedas jadi mirip Opor Ayam dari jawa tapi dengan penambahan kelapa kering sangrai yang dihaluskan, lebih tepatnya mirip Opor Ayam Kutai.

Resep yang saya posting ini adalah resep hasil eksperimen kedua, pertama dengan bumbu minimalis tapi menurut saya rasanya kurang nendang. Untuk uji coba kedua saya pakai bumbu lebih komplit, saya kurangi jumlah kelapa sangrai supaya tidak mendominasi bahkan menimpa aroma dan rasa bumbu halus dan sebagian serai ikut saya giling bersama bumbu halus, mirip teknik masakan a la Thailand dan hasilnya bumbu lebih beraroma dan rasanya benar-benar nikmat.

Nasu Likku bisa anda buat basah, artinya hentikan proses memasak lebih awal ketika kuah sudah mengental atau teruskan masak sampai santan berubah menjadi minyak dan kuah hampir mengering. Saya pribadi lebih suka jenis kering, menurut saya lebih mak nyus :-). Umumnya Nasu Likku dihidangkan di hari Lebaran bersama Burasa atau lontong bersantan khas Bugis tapi tentu saja anda bisa menyantapnya dengan nasi putih. Selamat Mencoba dan Semoga cocok dengan selera anda ;-)

Cara Membuat:

  1. Potong-potong ayam sesuai selera. Jika perlu lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis untuk mengurangi lemak. Cuci bersih dan tiriskan.
  2. Haluskan bahan bumbu dengan cobek atau blender hingga halus. (Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk membantu proses penggilingan).
  3. Lengkuas bisa anda haluskan bersama bumbu halus (cara saya) atau anda parut dengan parutan kelapa. Silahkan pilih sesuai selera. Hasilnya sama-sama enak.
  4. Tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk purut dalam wajan cekung yang agak besar sambil diaduk terus menerus hingga bumbu berbau harum dan benar-benar matang (kurang lebih 5 menit).
  5. (Catatan: Bumbu sudah benar-benar matang jika warnanya berubah dari kuning pucat menjadi kuning tua dan tekturnya bergerindil).
  6. Masukkan santan dan air asam, masak di atas api besar sampai mendidih. Aduk2 supaya santan tidak pecah/memisah.
  7. Masukkan ayam, aduk-aduk dan masak sampai ayam kaku dan berubah warna.
  8. Kecilkan api dan masak terus di atas api sedang hingga ayam lunak dan kuah mengental. Aduk sekali-kali.
  9. Sambil menunggu kuah mengental, sangrai kelapa parut dengan api kecil-sedang dan aduk terus menerus hingga matang dan berwarna kecoklatan. Hati-hati jangan sampai gosong.
  10. Haluskan kelapa sangrai dengan ulekan atau dry grinder/dry mill (penggiling bumbu kering)
  11. Tambahkan kelapa sangrai halus ke wajan dan aduk rata.
  12. Cicipi dan tambahkan gula atau garam sesuai selera. Angkat dari api jika anda ingin Nasu Likku basah atau berkuah.
  13. Jika anda suka versi kering, teruskan pemanasan dan aduk terus menerus pada saat santan mulai mengering dan berubah menjadi minyak supaya ayam tidak gosong.
  14. (Buang santan yang sudah berubah menjadi minyak dengan sendok supaya kuah yang sudah mengental dan mengering tidak terlalu berlumuran minyak.)
  15. Angkat dari api. Sajikan panas dengan burasa atau nasi putih.



Reviews & Comments

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: