Resep Indonesia cooking from the heart

Nasi Goreng

Bahan:

  1. 500 gr nasi matang.
  2. 150 gr fillet ayam, iris kotak-kotak
  3. sayuran misal : wortel dan kol, iris tipis ( jika suka )
  4. 2 - 3 buah telur, diceplok
  5. 1 buah daun bawang, iris tipis
  6. 2 sdm kecap manis
  7. 1 sdm saus tomat
  8. 1 sdt garam

Bumbu Halus:

  1. 3 buah cabai merah, buang bijinya
  2. 5 buah cabai rawit ( jika suka pedas )
  3. 5 butir bawang merah
  4. 3 butir bawang putih
  5. 1 sdt terasi matang

Bahan Pelengkap:

  1. 1 buah tomat, iris tipis
  2. 1 buah timun, iris tipis
  3. Kerupuk udang secukupnya
Bahan Nasi Goreng
Bumbu Nasi Goreng
Ayam Untuk Nasi Goreng
Sayuran Untuk Nasi Goreng
Masak Nasi Goreng
Kecap Nasi Goreng
Saos Tomat Nasi Goreng
Nasi Goreng Matang
Nasi Goreng

Nasi Goreng

Rated 4.7/5 based on 19 reviews
RecipeYield 3 • PrepTime P1H0M Indonesian makanan utama Nasi Goreng, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia

Catatan..

Ada nggak ya orang Indonesia yang belum pernah makan nasi goreng he he.. Makanan rakyat ini sudah populer di seluruh pelosok tanah air bahkan akhir2 ini sudah mendunia. Dan kita patut bangga karena menu yang satu ini berhasil go internasional dengan menyandang nama aslinya kemanapun dia pergi. Paling tidak itu yang saya tahu dari menu restauran-restauran Asia dan paket2 instan beku yang tersedia di beberapa supermarket di Jerman. Sayangnya produk2 itu hampir semuanya bukan produksi asli Indonesia. Bangga tapi sedih juga. Tapi mau apa lagi? Era globalisasi Bung, makanan menglobal profit menebal, tentunya bagi yang jeli melihat situasi he he he. Lalu apa yang bisa kita lakukan? Satu2nya cara untuk membantu melestarikan masakan tradisional dan syukur2 mengajak orang luar untuk memasak sendiri ya dengan cara menyebar luaskan resep ini. So bagi anda yang tinggal di Indonesia, sudah sering makan nasi goreng tapi belum pernah bikin sendiri. Coba yukk :-)

O ya tips penting untuk membuat nasi goreng : Untuk nasinya di masak dengan cara konvensional ya. Alias dimasak dalam air sambil diaduk sampai setengah matang ( istilah bahasa jawa : dikaru), setelah itu ditanak di dandang sampai matang supaya nasi tidak menggumpal. Kalau anda terpaksa memakai Rice Cooker, masak nasi dengan sedikit air untuk mendapatkan tekstur nasi yang keras dan berbutir. Setelah matang, pindahkan nasi ke dalam nampan, ratakan dan angin2kan nasi sampai dingin sebelum dimasak untuk Nasi Goreng.

Catatan : Untuk beberapa resep dalam bahasa Inggris dan Jerman, saya sengaja kurangi porsi Terasi karena menurut hidung orang2 Eropa terasi baunya sangat aneh dan tidak biasa ;-) Paling tidak biar mereka sosialisasi dulu supaya terbiasa daripada pingsan di dapur gara2 bau terasi ;-). So jangan heran kalau tidak sama dengan edisi bahasa Indonesia. Kalau buat kita sich terasi baunya sedappp & langsung bikin lapar ha ha.

Catatan : Bagi anda yang ingin menikmati variasi nasi goreng lainnya, silahkan lihat resep Nasi Goreng Mawut atau Nasi Goreng Merah Ebi. Siapa tahu cocok dengan selera anda.

Cara Membuat:

  1. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Tambahkan sedikit minyak dlm blender jika perlu.
  2. Tumis bumbu halus dalam wajan cekung yang agak besar / wok hingga matang dan berbau harum.
  3. Masukkan ayam, aduk-aduk dan masak sampai ayam berubah warna dan matang.
  4. Masukkan sayur2an, aduk2 dan masak sebentar sampai sayuran layu.
  5. Kecilkan api dalam suhu sedang. Masukkan nasi matang, aduk rata.
  6. Tambahkan kecap manis, saus tomat dan daun bawang. Aduk rata.
  7. Tambahkan garam sesuai selera. Angkat.
  8. Buat telur mata sapi dgn cara: Oleskan sedikit mentega sebesar ukuran telur ceplok dalam wajan anti lengket.
  9. Panaskan dengan suhu sedang, tunggu sampai mentega mencair dan agak panas.
  10. Pecah telur dengan hati-hati, goreng sampai matang (tidak perlu dibalik). Angkat.
  11. Sajikan nasi goreng dengan telur beserta irisan tomat, ketimun dan kerupuk udang.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments:

Your Rating:

Name:

Location:


Write your review:




2021-02-22 18:12:00

oky ramadhini from sentul says:

kalo yang resep nasi goreng nya kan gak pake bubuk kaldu ayam kayak resep mie goreng yah... kayak nya kalo pake tambahan itu jadi lebih sedap, nikmat, dan gurih rasa nya. selamat mencoba, semoga bermanfaat dan berhasil

Sudah pakai terasi dan ayam Oky, makanya gak saya tambahi bubuk kaldu ayam. Biar rasa terasi sebagai ciri khas nasi goreng kampung lebih dominan. Kalau resep nasi goreng pengaruh chinese restaurant yang lebih banyak pemakaian saus saya tambahkan bubuk kaldu. Silahkan scroll ke atas tekan tombok menu, nanti akan keluar semua reseo . Silahkan lihat resep Nasi Goreng Udang dan Nasi Goreng Teri di situ saya pakai bubuk kaldu ayam :-). Salam...Endang


2021-02-22 18:05:07

Irmi Nurhayati from tegal says:

mohon maaf nih bu saya kebingungan dari balasan ibu tadi di bawah. saya mohon penjelasan nya. "kalau mau bikin nasi pera, airnya cuman setengah dari garis pertama jari tengah". maaf bu, ituh maksud nya garis pertama jari tengah itu yang mana nya? apakah itu air nya cuma setengah tinggi beras nya? apakah jari tengah yang d maksud itu jari tangan atau kah yang ada d panci? terima kasih

Nggak usah bingung Irmi. Setiap jari tangan mulai jari kelingking sampai jari telunjuk (kecuali jempol) itu kan punya dua garis pembatas yang membagi jari menjadi 3 ruas. Ya itu yang saya maksud, letakkan jari tengah di atas permukaan beras, kuku menyentuh permukaan beras bagian atas. Artinya jari bukan ditekan sampai dasar panci rice cooker tapi diletakkan tepat di PERMUKAAN BERAS. Kalau mau bikin nasi pulen, kasih air setinggi garis pertama atau 1 ruas. Kalau mau nasi pera, kasih air setinggi setengahnya saja dri garis pertama alias 1/2 ruas. Semoga bisa dipahami. Kalau masih bingung ya saya jg nggak tahu lagi njelasinnya :-) . Ini metode orang jawa jaman dulu dan sampai sekarang masih dipakai, kalau orang jawa umumnya tahu ilmu ini :-)


2021-02-21 14:36:55

Irmi Nurhayati from tegal says:

jangan pake Beras "Pulen" jika tidak mau hasil nya gagal dan lembek soal nya pengalaman saya pake beras itu hasil nasi goreng nya jadi lembek dan tidak enak rasa nya, maaf. semoga bermanfaat

Dulu saya juga beranggapan begitu Irmi tetapi sekarang tidak lagi. Saya pakai metode dari restoran cina, mereka selalu masak nasi putih dengan beras pulen dimasak dengan air yang tak banyak seperti saya jelaskan di jawaban sebelumnya (air cuman setengah), ditambah sedikit/1 sdm minyak goreng, lalu setelah matang nasi didinginkan sambil diaduk bolak balik sampai tidak menyatu butiran satu dengan lainnya dan disimpan di kulkas. Nasi putih itu dibuat untuk besok harinya. Silahkan dicoba, di tempat tinggal saya sekarang gak ada nasi pera, kalaupun ada nasi basmati a la india, saya gak suka. Satu2nya beras ya jenis pulen dari Thailand :-)


2021-02-21 14:29:21

Irmi Nurhayati from tegal says:

kalo ingin hasil kelembutan nasi yang keras dan berbutir saat masak pakai rice cooker (pemasak nasi) kan pakai air nya sedikit aja. Kira 2 berapa takaran perbandingan air (dalam mili liter) dan beras nya biar saya gak bingung nih (saya pengen ikutin cara bikin nya biar gak lembek nasi nya)? terima kasih

Kalau saya pakai metode orang tua jaman dulu yang gampang. Kalau masak di rice cooker, untuk bikin nasi pulen jumlah air setara dengan garis paling bawah jari tengah. kalau mau bikin nasi pera, airnya cuman setengah dari garis pertama jari tengah. Jadi diletakkan tepat di permukaan atas beras (bukan dasar rice cooker). Fleksibel dan gak perlu susah mikir2 pakai volume. Semoga membantu :-)


2021-02-21 14:18:33

Nuryawati Riandani Andriana from cibubur says:

makasih yah atas resep nya yang bagus dan enak ini. biar tambah enak (bisa jadi catatan tambahan buat resep ini bu), bisa coba tambahin Jamur Kancing ke dalam nasi goreng nya sesuai selera. Jangan lupa bu, saya berharap nanti ada resep Nasi Uduk di situs ter cinta ini, saya juga ingin bisa bikin Nasi Uduk sendiri. semoga bermanfaat yah

Hallo Andriana :-). Terima Kasih masukannya. Ini resep dasar nasi goreng kampung, untuk topping silahkan ditambah sesuai selera masing-masing. Mengenai jamur, tak semua orang suka jamur lho he he, ada teman kerja saya yang gak doyan jamur sama putih telur, kayak makan lemak rebus menurutnya :-D.


2021-02-21 14:14:40

ankita from bekasi says:

aku mau dong nasi goreng nya hehehe... kira 2 kapan nih ada resep nasi goreng hijau nya (soal nya di indo udah mulai terkenal makanan nya)?

Maaf Ankita :-). Di web ini saya memang hanya posting resep-resep daerah yang saya jaga keauntikannya biar tidak lenyap diserbu makanan fast food & junk food. Kalau resep-resep modern sudah banyak blogger lain yang menekuni :-) Salam...Endang


2021-02-21 14:09:49

Irmi Nurhayati from tegal says:

waaah yang ini baru makanan kesukaan saya hehehe... paling lezat, nikmat, dan gurih, dan asik. Catatan Tambahan: Bu, biar gak lengket nasi nya saat d goreng, bisa pakai Beras "Pera" atau jika tidak ada itu maka bisa di ganti ama Beras Setra "Ramos" (soal nya mirip kayak beras Pera saat di goreng asal jangan lembek saat setelah nasi matang abis di tanak beras nya)

Terima Kasih masukannya Irmi :-). Untuk nasi goreng memang lebih baik pakai nasi pera. Gak peduli apapun mereknya biasanya beras yang murah hasilnya lebih pera kalau ditanak :-)


2021-01-19 22:11:22

zulhan from Sumatera says:

Mantap bun, Resepnya bagi linknya

Selamat Bos :-). Koki bertangan dingin nich, nasgor bikinan mantap. Terima Kasih sudah mampir dan uji resep. Salam..Endang


2020-08-05 23:33:12

Mayang widya from Tangerang says:

Terimakasih resepnya bagus2 dan sangat jelas. Boleh tau merk wajan dalam resep nasi goreng ini? :)

Hallo Mayang ;-). Silahkan lihat-lihat semoga menemukan resep yang cocok untuk dicoba. Wajan cekung teflon alias wok pan yang saya pakai di atas merk Tefal. Maaf saya tidak bermaksud promosi lho ;-). Sebenarnya merk apapun gak masalah yang penting tidak lengket :-). Salam...Endang


2020-06-12 09:40:48

Retno from Bangkalan says:

Lagi pengen nasgor terus lihat resep versinya mbak Endang. Cucokk mbaak enak!! Bojo yg lagi gak enak badan malah abis banyak. Met beraktivitas mbak.

Ha ha ha Retno pagi-pagi baca komentar Retno bikin ketawa. Nasgor bisa bikin orang sakit jadi bregas ha ha :-). Selamat istri teladan mantab nich. Terima Kasih sudah uji coba dan sharing humor ;-) . Salam...endang


2020-04-07 21:15:25

Indri yanu from Semarang says:

300 gram nasi itu setara dengan berapa centong buk?

Kira-kira 6 centong kayaknya Indri, kurang lebih cukup untuk 3 porsi normal orang dewasa gitu lah. Semoga Indri bisa mengira-ngira sesuai porsi yang biasa Indri santap sehari-hari. Salam..Endang


2020-03-26 18:08:39

Nisa from Pekalongan says:

Hallo mbk indah,mau tanya donk mbk itu trasinya pke trasi udang/trasi biasa mbk??

Pakai terasi apa saja yang Nisa punya atau mana yang gampang dibeli di tempat Nisa. Silahkan dicoba Semoga Sukses. Salam....Endang - Nama saya bukan Indah ;-)


2020-03-08 14:50:46

Aciana from Surabaya says:

Weekend bikin nasgor meskipun gak pakai ayam mentah aku pakai fried chicken di suir2 hehe tetep mantap dong :D

Wow...kok kayak telepati, barusan saya bikin menu makan siang Nasi Goreng trus buka kolom komentar eh ternyata Aci barusan bikin juga :-). Yupp agree. You can add almost anything what you have in hand or whatever available in your fridge. That's the best thing about Nasgor :-)


2020-01-29 17:14:34

Rohwayati from Tangerang says:

Tnyta ditambah saus tomat malah bikin enak rasa nasgornya ya mba. Terpenting, anak + suami suka. Makasi mba ilmunya

Hallo Bunda :-). Lama gak absen, kemana aja ha ha.. Semoga Sista & keluarga semua sehat. Selamat Nasgornya sukses. Ada berbagai variasi bumbu Nasgor, kalau masaknya benar pasti semua rasanya enak. Good Job anak-anak dan suami suka :-). Salam....Endang


2019-11-10 12:06:40

Icha from Blora says:

Delicious.

Good chef Gratulation Icha he he ..


2019-11-10 12:01:04

ibnu from grobogan purwodadi jawa tengah says:

. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Tambahkan sedikit minyak dlm blender jika perlu. minyak goreng apa minyak yg lainnya bos.....?

Minyak goreng dong Boss. Ini trik penting u/ ngulek bumbu pakai blender biar cepet halus. Kl bumbu harus ditumis dl ya tambahin minyak goreng, kl bumbu hanya direbus sama santan, ya + sedikit santan, kl cuma direbus sama air yach + air. Jangan ketukar ya!


2019-01-16 21:31:57

wan from tanjungpinang says:

mantap jos.. nasi gorengnya

Salam Jos Gandos untuk Chef Wan yang barusan masak ;-)


2016-01-31 13:44:33

Indah from Kuala Lumpur says:

Iyaah, skrg kurang praktek nih huhu gak punya waktu mba, Alhamdulillah skrg Indah buka warung di Kuala Lumpur, berkat resep2 mba lestari :) pokoknya klu mba lestari main ke kl, mampir lah ke warung sederhana saya. Biar di traktir sampee kenyaanggg haha sbg ucapan rasa terimah kasih Indah hehe. udah 2x nyoba resep dari lapak sebelah sih soal nasi goreng ini, tp kurang maknyuz mba, kurang ngobatin kangen.. Biasa aja nasgor nya..

Hallo Indah !!!! Woi.....SELAMAT untuk usaha barunya. Salut dan hormat dari saya buat rekan dari tanah air yang berani membuka usaha di Luar Negeri. Saya yakin pasti penuh perjuangan untuk mewujudkan usaha Indah ini. Selamat Berjuang Semoga Sukses. Banyak berkah dan Rejeki. Amien. Thx untuk undangan makannya, di menunya ada Bakso gak?? ha ha. Salam...Endang


2016-01-23 10:38:07

Indah from Kuala lumpur says:

As'salam mba lestari, apakabar? Semoga baik baik saja ya mba. Indah mau nanya, mba lestari punya resep nasi greng merah dari makasssar gak? Klu ada boleh dong di share di mari mba.. Lg pengen nasi goreng itu huhuhu seperti biasa nih mba, malam malam nyari resep hahaha

Wassalam Indah....lama tak ada khabar. Semgoa Indah baik-baik saja ;-). Saya sudah cek semua buku referensi masakan daerah yang saya punya tapi sayangnya gak nemu resep yang Indah cari ;-(. Coba Indah cari di warung lain dulu ya tapi jangan lupa balik lagi he he. Selamat Berakhir Pekan. Salam...Endang


2015-08-03 18:05:26

dita from tangerang says:

mba aku tuh type org yg susah ngehafal bumbu...n bru bljr msk..krn mmh ud gda pas ak remaja jd gda deh yg ngjrin msk..alhamdulillah ak nemu web mba di fb..n ak cobain tuh resep2nya mba..wuih trnyta enk2 trus n gk prnh ggl...mksh mba endang uda berbagi ilmu masaknya... :)

Hallo Dita. Tak usah kuatir..sayapun gak bisa hapal semua resep kecuali resep keluarga atau resep dari Jawa umumnya. Kalau resep luar daerahpun saya juga musti merujuk ke buku kalau mau praktik ;-). Kata orang Jawa "Masak itu ilmu katon" setiap orang bisa masak kalau mau belajar. Sudah ada kemauan untuk belajar itu sudah bagus soalnya banyak lho perempuan jaman sekarang yang gak suka masak ;-). Ayo semangat terus belajar, masih banyak resep2 yang patut dicoba. Saya yakin almarhum Mamah pasti ikut bangga sama Dita ;-). Terima Kasih juga sudah sempat nyasar ke mari. Salam...Endang


2014-09-16 13:59:09

Natramanda from 13,01,2014 says:

Terimakasih y reseb nasi goreng nya ,aku bsa mmasakin nsi goreng keluargaku.coba klau gc ada reseb nasi goreng?q gc munkin bsa buat nasi goreng.q berterima kasih sebanyak banyaknya yaa!terimakasich

Hallo Manda, Wow selamat yang sudah nyasar ke sini gara2 Nasi Goreng. Makanan klasik yang tak akan terenggut jaman. Ayo silahkan coba resep2 yang lain jangan cuman Nasgor ha ha ha. Masih banyak lho resep gampang yang enak. Terima Kasih juga untuk kunjungannya. Salam Hangat Nasi Goreng...Endang


2014-02-01 19:36:27

erlin from finland says:

Hello mbak, terimakasih banyak atas resep nasi grg nya. Kata suamiku, nasi grg nya enak & excellent. Kata suamiku, nasi grg yg direstoran pd lewat.

Erlin!! Akhir pekan bukannya jalan2 malah sibuk nongkrongin kompor ;-). Bilang sama Hubby ya, dia punya juru masak yang hebat di rumah makanya nasi goreng di semua resto lewat semua ha ha. Resep cm satu faktor yang penting yang masak. Well done girl..keep it up ;-)


2013-09-08 09:01:19

vita from jakarta says:

kayanya nendang nih resepnya..aku klo buat nasgor suka ga pas bumbunya ..heheee maklum br belajar masak,:p

Ayo coba Vita, buktikan sendiri resepnya pas atau nggak. Kalau cocok silahkan pakai. Selamat Mencoba dan semoga sukses kali ini. Salam hangat nasi goreng ;-)...Endang


2013-04-08 18:51:57

from says:

enak manteb aq br cb resf nya.mksh

Selamat. Saya ikut senang kl hasilnya memuaskan dan sesuai selera. Itu juga harapan terbesar saya. Ngomong2 ini siapa ya??!! Keenakan makan nasi goreng jadi lupa nyebutin nama dan asal ya he he he ;-) ..Salam..Endang


2013-03-27 09:17:08

Agus from denpasar says:

Enak tenan ya nasi goreng nya. ?mak nyuuuusss..

Hallo Agus. He eh...Nasi Goreng emang gak ada matinya ;-)


2013-02-14 18:02:20

Tenri from says:

Bs mnta resep nasgor mawut yg ma'nyus dund Nasgor emng g da tdingn.a palge klo b.ak varisi.a tmbh lahap abis. Dri tenri

Pasti orang jatim nich nyari resep nasi goreng mawut.;-). Jd ingat dulu sy suka makan nas gor ini di warung punya Arema. Makasih masukannya Boss..tapi sabar ya...ntar saya bikin eksperimen dulu baru diposting. Salam..Endang


2013-02-07 21:43:01

Fathurrizqi Ash-Shidqu Aziz from Daerah Khusus Ibukota Jakarta says:

tidak terlalu lengkap

Yach silahkan dilengkapi sendiri dong Boss!! Resep yg saya posting ini hanya resep dasar untuk bumbu nasi goreng. Untuk isinya silahkan ditambah + divariasi sesuai selera. Thx ..Endang


2013-02-05 18:36:19

ateen from purwokerto says:

Sampe kapanpun nasi goreng akan ttp jadi favorit keluarga kuu!!!!!!

Ha ha ha supporter nasi goreng sejati. Setuju Ateen.. Nasi Goreng emang gak ada matinya dech . I love nasi goreng too apalagi yang pedasss . Salam..Endang


2012-11-21 22:14:44

Rifda from salatiga says:

sippp

He eh. Nasi goreng emang gak ada matinya ha ha..


2012-08-27 18:02:52

muhammad arifin from tenggarong says:

itu untuk brapa porsi,

Hallo Mas Arifin, kira2 untuk 3 orang. Kata para ahli nich porsi yang normal dan sehat untuk karbohidrat 1 porsi = 100 gram. Tapi kalau yang makan cowok semua mungkin nasinya perlu ditambahin dech ha ha. Becanda lho..Thx sudah mampir..Salam Endang


2012-05-04 17:44:08

Djoko from Berlin says:

Makan Enak....ditambah Merica hitam.....biar maknyos..

Hallo Bung Djoko...Apa nggak kepedasan tuch sudah pakai cabe masih ditambah merica hitam ;-)