Resep Indonesia cooking from the heart

Mie Rebus

Bahan:

  1. 100 gr mie telur, rebus sebentar dalam air mendidih, tiriskan
  2. ayam panggang jerman atau ayam goreng, disuwir-suwir
  3. 250 gr sawi hijau atau sawi putih, iris sesuai selera
  4. 2 batang daun bawang, iris sebesar 1 cm
  5. 1 bt telur, kocok
  6. 1 bh tomat, iris jadi 8 potong
  7. 1 lt air panas
  8. 1 sdt bubuk kaldu rasa ayam
  9. gula secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 5 buah bawang merah
  2. 3 buah bawang putih
  3. 5 buah kemiri
  4. 1/2 sdt merica butir
  5. garam

Bahan Taburan:

  1. Bawang Merah Goreng
Bahan Mie Rebus
Bumbu Mie Rebus
Merebus Mie Telur
Masak Mie Rebus
Masak Mie Rebus
Masak Mie Rebus
Masak Mie Rebus
Masak Mie Rebus
Masak Mie Rebus
Masak Mie Rebus
Mie Rebus

Mie Rebus

Rated 4.7/5 based on 7 reviews

Indonesian main dish Mie Rebus, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Indonesia

Catatan..

Ulek bawang putih, merica, kemiri dan garam sampai halus. Khusus untuk bawang merah, tambahkan terakhir dan tumbuk secara kasar saja karena disinilah letak kelezatan aromanya. Ide memakai ayam panggang Jerman asalnya iseng-iseng biar lebih praktis daripada bikin sendiri. Ternyata rasanya juga enak dan kini jadi resep favorite keluarga kami. Tapi kalau nggak ada ayam bisa diganti dengan ayam goreng biasa alias silakan goreng sendiri ;-)

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai berbau harum.
  2. Masukan air panas dan biarkan mendidih.
  3. Beri bubuk kaldu, garam dan gula sesuai selera. Kecilkan api.
  4. Berturut-turut masukan mie telur yang sudah direbus, sawi hijau dan irisan daun bawang.
  5. Berikutnya masukan telur kocok sedikit-dikit sambil diaduk.
  6. Angkat wajan dari api biar sayuran tidak terlalu matang.

Cara Penyajian:

  1. Tuang mie rebus dan sayurnya saja ( tanpa kuah) ke dalam mangkok.
  2. Taruh ayam panggang atau ayam goreng yang sudah disuwir-suwir lalu siram dengan kuah.
  3. Terakhir taburi bawang merah goreng.
  4. Bisa dimakan dengan cabe rawit hijau bagi yang suka pedas.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments

  |  2020-07-11 10:56:28
Aciana from Surabaya says:
Oh lagi summer segar sekali aneka salad :D Beberapa hari ini bikin menu yg kuah2 aja Chef soalnya tenggorokan rasanya kering , gara2 makan goreng2 mulu tahu berontak sm tumis2.. Happy weekend :)
Berarti tenggorokan mengalami dehidrasi itu :D. Kebalikan dari saya nich, tapi mulai kemaren cuaca sudah berubah lagi mendung kelabu sepanjang hari, cuaca yang pas untuk masakan panas-panas berkuah :-).

  |  2020-07-10 12:16:27
Aciana from Surabaya says:
Hello Chef :D Pagi ini buat dan pakai irisan rawit , ayam suir diganti bakso.. super yummy ;)
Halo Ms. Cabe Rawit wa ka kak... Semua dikasih cabe rawit. kalau saya lebih suka cabe utuh diklethus Aci, kadang saya padukan dengan acar timun jadi. Sekarang lagi panas-panasnya di sini, gak makan sup-sup an dulu, lebih sering salad eropa dan Indonesia : trancam, urap-urap, sambal lalapan. Aduh jadi ngiler sendiri :-D. Have a nice weekend :-)

  |  2020-04-30 19:41:14
Grace from Pasuruan says:
Mau coba juga :-)
Hallo Grace :-). Apa khabar? Ayo cepetan dieksekusi. Ditanggung simpel ,segar dan uenak dech :-). Selamat Bereksperimen Semoga kali ini juga sukses menyusul Soto Madura ha ha :-). Take Care...Endang

  |  2019-11-10 12:06:06
Dewy from Jkt says:
Mba Endang...asli enak bgt,aku sampe speechless bisa buat mie kuah kyk gini ya bukan beli or bumbu instant..Jd makin pengen coba semua resep disini rasanya ah..thanks y mba Share resepnya sangat bermanfaaat ..ditambahkan trs y mba resepnya :)
Hallo Dewi..waduh saya ikut bangga nich Selamat datang Koki baru ;-). Rajin banget masaknya! Selamat Mie Rebus sukses. Ayo silahkan diekplor masih banyak resep menunggu. Ditunggu hasil eksperimen berkutnya. Salam Hangat Mie Rebus ;-)....Endang

  |  2019-03-08 09:51:57
Anisah from Jakarta selatan says:
Mo nyoba ah, dilemari ada 2 bungkus mie telor boleh dikasih, hehe
Ayo Anisah. Lagi musim hujan cuaca dingin paling enak menyantap Mie Rebus ;-). Selamat Mencoba Semoga sukses. Salam...Endang

  |  2018-02-02 18:24:44
rohwayati from tangerang says:
Resep andalan kalo males masak, hehehehe. Cepat, sedap, mantap. Kesukaan anak&suami. Makasi sharingnya mba. Sangat bermanfaat
Hallo Sista..selamat jumpa lagi. Lama gak kedengaran semoga sehat2 dan masih rajin ke dapur. Lagi musim hujan nich di Indo makin pas menyantap Mi Rebus ;-). Selamat Berakhir Pekan. Salam...Endang

  |  2017-04-18 22:26:59
Adisty from semarang says:
Maknyus mbak ;-) enak bingit
Adisty lama gak nongol. Apa khabar? Semoga sehat dan tetap rajin ke dapur ;-). Waduh di sini lagi hujan nich jadi ngiler bayangin Mie Rebus. Selamat ya Mienya sukses. Resep simpel tapi enak gila nich ha ha. Salam Hangat Mie Rebus ;-)....Endang

  |  2017-02-24 21:17:47
from says:
lagi uji coba
Monggo..ditunggu laporannya ;-)

  |  2017-02-24 21:17:26
Indah from Jakarta says:
Waduh mbak enak sekali resepnya..barusan habisin sepiring penuh mie ini hhaha
Selamat Endah Mie Rebusnya sukses. Apalagi musim hujan cuaca dingin menyantap Mie Rebus panas-panas waduh nikmatnya ha ha ha ;-)

  |  2016-06-06 19:02:36
aisyah from jl purwomukti barat 3 semarang says:
Mamah sahur mau membuat mie rebus yang enakk banget segerrr
Gimana hasilnya Mama Aisyah? Semoga Mienya enak dan cukup buat bertahan puasa seharian ha ha ha ;-). Salam...Endang

  |  2014-12-20 22:23:01
Yanti from Medan says:
Enak bangetz mie rebus nya ne... Pa lgi mkan nya breng kluarga mkin mantaaaappp...
Hallo Yanti :-) Selamat Mie Rebusnya sukses. Di Indonesia lagi musim hujan nich..paling enak makan mie rebus panas-panas hmmmmmmmmmmm sedap. Thx sudah mampir. Ayo mau bakar mulut cobain tuch Mie Goreng Ekstra Pedaaaaaaas :-) . Salam...Endang

  |  2014-11-28 19:34:48
wahyu from surabaya says:
mie rebusnya enak bangettt... apalagi makanya pas hujan kayak gini thank's untuk resepnya
Hallo Wahyu..selamat woi...mie rebusnya sukses!! Bikin Mie Rebus yg enak ternyata tidak susah kan? he he. Pas hujan and dingin emang paling jos menyantap mie rebus panas2 sambil nglenthus cabe rawit hijau hmmm..kok jadi ikutan ngiler sendiri nich :-). Terima Kasih sudah berani uji coba. Ayo silahkan ngintip resep2 yang lain..banyak lho resep tradisional yang enak :-). Salam...Endang

  |  2014-08-06 21:19:11
nakita putri from bogor says:
mba, meriba itu apa ya?
Hallo Nikita ..ha ha ha sorry typo error. Maksudnya Merica Non. Makasih untuk masukannya, sudah saya betulin sekalian. Salam...Endang

  |  2013-10-06 22:51:52
Nova Ariana from sumatra says:
Manteeep bangeeep, apalagi cuaca dingin.. Tx yo..
Woii Nova. Setuju emang dingin-dingin enaknya makan mie rebus yang panas-panas. Perut kenyang hati tenang ha ha. Terima Kasih juga sudah mampir. Ayo silahkan dicoba resep yang lain. Salam...Endang

  |  2013-07-11 19:42:57
Indira Rj from palopo says:
Wenak mienya
Selamat Indira. Itu juga harapan terbesar saya. Ayo silahkan dicoba resep2 yang lain. Salam...Endang

  |  2013-06-19 09:09:25
Andry from Sukabumi says:
Ane copas gan.!!
Jangan cuman copas dong!!. Yang penting dipraktekin trus disantap. Copas gak bikin kenyang gan ha ha....

  |  2013-03-03 08:22:59
Chef Dedi from Medan says:
Terus lestarikan kuliner Indonesia u/ generasi kita ke depan
Siap Kapten. Perintah diterima dan akan segera dilaksanakan !!!! ha ha ha. Thx untuk motivasinya Chef. Salam Kuliner...Endang

  |  2013-02-14 17:55:05
samani from bogor says:
Oke sip sekali :)
Makasih Boss. Yang udah nyoba resep ini tangannya pasti siip nich ;-) Salam...Endang

Write your own review:

Your rating:



Your name:



Your location:



Write your text:

Write your review: