Resep Indonesia cooking from the heart

Krengsengan Daging

Bahan:

  1. 500 gr daging sapi atau kambing tetelan
  2. 1 buah tomat besar, potong-potong
  3. 3 sdm kecap manis
  4. 2 sdm petis udang
  5. 300 ml air panas
  6. 1 sdt gula pasir
  7. minyak goreng untuk menumis bumbu
  8. bawang merah goreng untuk taburan (jika suka)

Bumbu Halus:

  1. 6 bh bawang merah
  2. 3 bh bawang putih
  3. 5 bh cabe rawit
  4. 5 butir kemiri
  5. 1/2 sdt merica butiran atau 1/4 sdt merica bubuk
  6. 1 sdt garam atau sesuai selera
Bahan Krengsengan Daging
Bumbu Halus Krengsengan
Daging Masak Krengsengan
Air Untuk Krengsengan
Petis Untuk Krengsengan
Kecap Untuk Krengsengan
Masak Krengsengan Daging
Tomaz Untuk Masak Krengsengan Daging
Krengsengan Daging

Krengsengan Daging

Rated 4.8/5 based on 11 reviews
RecipeYield 4 • PrepTime P0H45M Indonesian makanan utama Krengsengan Daging, resep, asli, Indonesia, step-by-step

Asal: Surabaya - Jawa Timur.

Catatan..

Anda pecinta petis udang dan tidak keberatan dengan baunya saat memasak??!! Kalau iya, tak ada salahnya anda mencoba hidangan khas dari kota Surabaya : Krengsengan. Bahan dasar boleh anda ganti apa saja sesuai selera, tetapi di Surabaya bahan yang sering dipakai yaitu daging kambing atau sapi. Rasanya mirip lontong balap menurut saya, mungkin karena kandungan petisnya he he. Rasanya merupakan paduan antara manis, pedas dan gurih yang berasal dari cabe rawit, petis udang dan kecap manis.

Catatan : Jika tidak suka daging, silahkan ganti dengan ayam, itik, hati atau daging apa saja sesuai selera. Masukkan tomat terakhir dan masak sebentar supaya tomat tidak hancur pada saat dihidangkan.

Bagi anda yang ingin mengenal masakan daerah lainnya yang mengandung bahan petis, silahkan coba resep Tahu Telur, Tahu Lontong atau Tahu Gimbal yang tak kalah sedap :-)

Cara Membuat:

  1. Potong-potong daging sapi sesuai selera, kalau memungkinkan potong melawan serat supaya daging tidak alot.
  2. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit minyak dlm blender untuk mempermudah proses penghancuran.
  3. Tumis bumbu halus dalam wajan cekung yang agak besar hingga matang dan berbau harum. ( kurang lebih 10 menit)
  4. Tambahkan daging. Masak sambil diaduk-aduk hingga daging berubah warna.
  5. Tuangkan air panas ***, petis udang dan kecap manis. Aduk rata.
  6. Kecilkan api dalam posisi kecil-sedang dan teruskan memasak sampai air menyusut dan daging benar-benar matang (kurang lebih 25 menit).
  7. Cicipi, jika perlu tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  8. Terakhir tambahkan irisan tomat, masak sebentar sampai tomat layu. Sajikan dengan nasi panas.

Tipp:

  1. *** Tambahkan air panas supaya rasa daging terkunci sehingga rasanya lebih sedap.
  2. Hati2 sebelum menambahkan garam karena beberapa jenis petis udang sudah terasa asin sehingga penambahan garam tidak perlu.
  3. Masak dengan suhu sedang supaya bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna dan terasa lebih sedap.

Tips:

  1. Untuk mencari resep lainnya silahkan lihat Resep Lestariweb.



Reviews & Comments:

Your Rating:

Name:

Location:


Write your review:




2020-12-17 17:45:42

Retno from Lombok tengah says:

Mbak...daginge bisa diganti sama kol sawah nggak? Aiiiiish...aku cari diresepnya mbak yg lain kok nggak ada yg mbahas kol sawah ya?

Ya bisa saja Retno kan tergantung yang masak ha ha :-). Ngomong2 memangnya jaman gini masih ada kol sawah ?? Dulu waktu saya masih kecil umuran SD kadang masih nemu kol sawah tapi jaman sekarang di kampung halaman saya yang termasuk kampung ndeso saja sudah gak ada, sawahnya sudah banyak dikasih pestisida sudah punah Retno apalagi di kota-kota besar mana ada kol sawah. Di tempai tinggal saya sekarang paling banter yang ada kerang laut :-). Ya sana dech silahkan coba, kayaknya enak juga :-). Salam..Endang


2020-05-25 17:37:13

Agung from Groningen says:

Mbak Endang, krengsenganku jadi. Berhubung aku orangnya nggak sabaran, tak pakai presto (snelkookpan, boso londonya). Terima kasih receptnya nggih.

Aguuuung :-). Sudah kelaparan kah sampai dipresto? (schnellkochtopf boso jermane) Semoga nggak ancur lebur itu dagingnya wa ka kkk :-D. Tapi terserah yang masak wong dimakan-makan sendiri ha ha :-). Matur nuwun nggih sampun nyobi resep kulo. Monggo dipun sekecak'aken, dipirsani taksih kathah resep ingkang lezat :-). Salam...endang


2020-05-12 18:20:01

Saraswati from Jember says:

Sist.. Itu tanpa dedaunan? Sere, salam, daun jeruk

Tidak pakai Sist. Kalau yang pakai daun-daunan silahkan pakai resep Tongseng Kambing. Tapi kalau Saras mau bikin Krengsengan dengan tambahan daunan ya monggo :-). Selamat Mencoba Semoga sesuai selera. Salam...endang


2019-12-25 23:34:30

Muhammad from Jakarta says:

Sy ada daging kambing ...karena dari Frezer gak sempet di olah. Jadi terpaksa sy rebus aja dulu. InsyaAllah akan saya olah bakdha Asyar sore ini...

Gimana hasilnya Bos? Semoga tetap enak meski dagingya direbus dulu. Semoga percobaan sukses dan rasanya nendang :-). Salam...Endang


2019-06-10 10:08:07

Fida from Jember says:

Uenak, sedep.. Ini testi dari orng Jakarta yg baru bisa masak jawatimuran seperti ini..

Aduh Jeng Fida semangat sekali bikin Krengsengan sudah berkali-kali dan selalu sukses. Kayaknya lidah sudah berintegritas dengan masakan Jawa Timur. Thx masih setia mengunjungi warung saya ;-). Salam...Endang


2019-05-17 15:52:37

from says:

mantab,,sdh saya coba

Selamat keenakan makan sampai lupa sebut nama dan asal usul ha ha...Terima Kasih sudah mampir dan uji coba ;-)


2019-05-10 18:30:49

Qumil laila from Bekasi jawa barat says:

Dpt request Dr tante yg org surabaya..ini baru pertama Kali may nyoba bikin kresengan daging... mudah2an berhasil

Hayo Laila tunjukkan ke Tante kamu bisa ;-). Gak susah kok bikin krengsengan yang penting masaknya dari hati. Selamat Uji Coba semoga sukses dan memuaskan Tante ;-). Salam....Endang


2018-07-06 15:09:19

Fida from Jember says:

Sdh berapa kali masak krengsengan ini dan hasilnya Alhamdulillah uenakk. Hari ini buat lagi utk teman2 anakku yg mau halal bihala besok...mudah2an masakanku juga mereka suka ya...

Hallo Fida. Sorry jawabannya telat. Selamat Krengsengannya sukses bahkan sudah berkali kali. Koki Hebat nich ha ha. Ayo keep cooking Sista. Salam...Endang


2016-11-25 19:31:30

Destya fitriana from Sidoarjo says:

Suami sy org surabaya dan saya orang solo jawatengah. Masakan kami jauh berbeda. Solo masakannya manis2. Kmrn dia minta masak krengsengan (denger namanya juga baru sekali itu) bingung deh. Mau bilang ga bisa #gengsi. Hahaha untung kebantu disini.. dan hasilnya ENAAAKKK BANGETTTT suami makan nambah terus.. Alhamdulillaah... makasih banyak mbaq.....

Hallo Destya. Selamat Krengsengannya sukses. Koki hebat juga nich cuman modal gengsi masakan Destya langsung Mak Nyuss ha ha :-). Semoga suami makin cinta. Salut untuk adaptasi lidah yang biasa makan manis2 menuju asin2 pedas ;-). Ayo silahkan coba resep2 jawa timuran yg lain. Siapa tahu disukai suami. Salam...Endang


2016-08-21 23:33:26

Reno from says:

Enak Bu....saya sudah coba. Mantep tenan

Selamat Reno..yang barusan masak nich kayaknya koki mantep tenan ;-)


2015-12-09 20:10:19

aryory from sby says:

Rasanya nendang abiiizz

Betul Ary, yang barusan masak juga koki TOP abizzzz nich sekali coba langsung nendang ;-). Ayo coba resep-resep yang lain biar ketendang sampai kenyang ha ha ;-). Salam...Endang


2015-10-22 21:59:32

Vega Komala Sari SE from Tebet Timur says:

Makasiiiiih banyak yaa resepnya sgt jelas....

Selamat Mencoba Vega. Semoga rasanya cocok dengan selera. Salam...Endang


2015-10-10 21:02:29

ima from sidoarjo says:

Makasih resepnya gan..... Tak cuba sekarang juga....

Sudah dibikin Ima? Gimana hasilnya? Semoga gado-gadonya Mak Nyuss. Salam....Endang


2015-09-13 15:21:06

Ny.Akbar from sidoarjo says:

tips x lumayan jelas dh mb. bsok lgsug cuzz nyoba praktek,biar suami tambah btah drumah. thankz resepx...

Wow cita-cita yang mulia Ny. Akbar membuat suami betah di rumah dengan sajian makanan yang lezat. Ayo..ayo Silahkan dicoba secepatnya semoga sukses. Terima Kasih juga sudah mau uji nyali. Salam...Endang


2014-12-17 07:26:43

vindy from surabaya says:

Mantab

Wow jadi GR nich saya dapat 5 bintang dari pengamat sejati kuliner Surabaya alias yang punya resep ha ha ha. Vindy koki jempol juga nich cuman bekal resep online sekali coba langsung mantap. Ayo cobain resep2 yang lain. Thx untuk appresiasinya Non. Salam...Endang


2014-09-21 16:27:00

nrmala from surabaya says:

kalau dipresto? kira2 bagaimana? hemat LPG hasilnya empuk lg, heheheheh

Hallo Nirmala. Kalau saya pakai presto untuk masakan yang dagingnya direbus dulu baru dicampurkan ke bumbu tumis misal : Soto Daging atau Rawon. Selain menghemat waktu juga bahan bakar dan daging dijamin empuk. Kalau untuk masakan di mana dagingnya dicampurkan ke bumbu dalam keadaan mentah yach tetap saya olah dengan metode smoor atau braising supaya bumbu meresap pelan2 seperti resep krengsengan ini. Tapi kalau Mala mau coba pakai Presto ya monggo asal dijaga supaya dagingnya gak hancur ;-). Salam...Endang


2013-11-18 07:25:52

RYEL from bandung says:

pasti aku cobain mbak,,makasiii

Nyobain pelan-pelan Ryel jangan ngebut ntar teler kepanasan. Memasak itu juga harus dihayati nggak grusa grusu biar enak ;-)


2013-11-16 22:54:46

RYEL from bandung says:

hehehe aku jadi seneng banget masakan jawa timur karena my hubby arek suroboyo. makasi resep resepnya yaaa

Jadi judulnya dari hati turun ke perut Ryel ha ha ha. Cobain tuch tahu telur sama pecel lele khas jawa timur juga. OK dech selamat berkreasi dengan selera baru. Salam...Endang


2013-11-15 21:13:14

RYEL from bandung says:

masakan kesukaan suamiku, di tambah sup kimlo dan balado udang...bisa ga berhenti dia makan hahahahaha

Ha ha Ryel...kalau hubby gak berhenti makan, situ dapat apanya??!! Bisa kurus kering dong ;-) Masakan yg berbau petis emang enak dech : krengsengan, pindang kudus, rujak cingur dan masih banyak lagi. Anyway makasih sudah mampir. Salam..Endang